Sebanyak 67 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Desain Grafis

Salah satu kekhasan dari model pembelajaran desain grafis berbasis multimedia ditemukan pada langkah-langkah pembelajaran. Karena langkah-langkah pembelajaran menempatkan aktifitas pendidik (dosen) dan peserta didik (mahasiswa) secara seimbang. Keseimbangan aktifitas ini disebut dengan aktifitas moderat. Kelebihan aktifitas moderat dalam proses pembelajaran adalah akan membantu penyerapan materi pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki kemampuan menengah kebawah. Proses pembelajaran harus terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran. Agar model pembelajaran Desain Grafis berbasis Multimedia berjalan sesuai dengan baik dan benar, maka diperlukan pedoman-pedoman yang berfungsi sebagai tuntuan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Petunjuk pelaksanaan model pembelajaran Desain Grafis berbasis Multimedia terdiri dari pedoman kerja dosen (PKD), pedoman kerja mahasiswa (PKM), modul pembelajaran, CD Interaktif Multimedia dan pengamatan pelaksanaan model. © 2018 UNP Press

Salah satu kekhasan dari model pembelajaran desain grafis berbasis multimedia ditemukan pada langkah-langkah pembelajaran.

Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VII

Bab 4 Etika Penggunaan komputer A. Posisi Duduk .......... B. Etika dalam
Pemakaian Teknologi Informasi dan Komunikasi Info Teknologi ...... Kata Penting
....... Uji Kompetensi 46 51 53 54 54 Bab 5 Perkembangan Sistem Operasi A.
Mengatur ...

INOVASI TEKNOLOGI UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Sejak berdiri tahun 1986, Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) UKDW telah mengalami berbagai nuansa pergumulan untuk bertumbuh semakin baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Buku ini diterbitkan sebagai salah satu bentuk syukur kepada Tuhan dan sekaligus ingin membagikan pemikiran-pemikiran dari para penulis tentang peran Teknologi Informasi bagi bangsa Indonesia. Seluruh artikel yang dipublikasi di buku ini telah melalui tahapan pratinjau agar tetap dapat menghadirkan nuansa akademis di dalamnya. Sebagai sebuah bunga rampai, buku ini berisi berbagai topik yang pada prinsipnya berkaitan dengan peran Teknologi Informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

terbebani oleh banyaknya informasi dan dak melihat kebutuhan untuk
menerapkan literasi informasi. Mereka cukup memilih yang tampak sesuai atau
cocok dengan kebutuhan informasinya (Proboyek & Widyaningrum, 2015).
Situasi ini tentu ...

Panduan Media Pembelajaran

Buku Panduan Pembuatan Media Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus dengan Menggunakan Adobe Flash

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya. Tentunya pembelajaran seperti ini tidak sesuai dengan tingkat per­kembangan berpikir anak SD yang masih pada taraf operasional konkrit dan lambat laun akan membuat siswa bosan. Selain itu, akan terbentuk dalam pikiran siswa bahwa matematika sulit dipelajari dan sebagai pelajaran yang membosankan. Penting untuk memotivasi anak dengan merangsang dan memelihara ketertarikannya da­lam matematika. Upaya yang dapat dilakukan adalah menurunkan tingkat keabstrakan matematika dengan menghubungkan konsep matematika yang abstrak men­jadi konkrit melalui pengalaman langsung dengan benda-benda nyata. Buku petunjuk ini berisikan tata cara menggunakan Adobe Flash untuk menyusun media pembelajaran mate­matika dengan topik jaring-jaring kubus untuk siswa kelas V. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk mem­bantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran secara mandiri, kreatif dan inovatif.

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya.

MANAJEMEN MODEL PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Buku ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk ikut mengembangkan dan memberikan alternatif referensi dalam pembelajaran Sistem Pendukung Keputusan. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pedoman yang mampu mengupas tuntas materi.

Buku ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk ikut mengembangkan dan memberikan alternatif referensi dalam pembelajaran Sistem Pendukung Keputusan. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pedoman yang mampu mengupas tuntas materi.

Sistem Informasi Geografis

Buku ini dibuat sebagai bahan ajar untuk mata kuliah SIG pada program studi Teknik Informatika, yang lebih menekankan pada penggunaan teknologi informasi (software aplikasi dan pemrograman) sesuai dengan bidang ilmu informatika. Pembahasan materi pada buku ajar ini dilakukan dengan cara memaparkan landasan teori tentang sistem informasi geografis dan praktikum menggunakan beberapa software, baik aplikasi maupun pemrograman desktop dan online. Penggunaan beberapa software aplikasi SIG seperti ArcGIS, ArcView, dan MapInfo digunakan untuk membuat dan mengolah data spasial. Di samping itu, beberapa software pemrograman seperti MapObject dan MapServer digunakan untuk mengolah dan menghasilkan data spasial, baik yang berbasis desktop (MapObjects) maupun yang berbasis online (WebGIS).

Pembahasan materi pada buku ajar ini dilakukan dengan cara memaparkan landasan teori tentang sistem informasi geografis dan praktikum menggunakan beberapa software, baik aplikasi maupun pemrograman desktop dan online.

BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI

Perkembangan teknologi sekarang ini yang cukup pesat dan menakjubkan. Keberadaan teknologi informasi sangat memudahkan dalam memberikan informasi–informasi yang ada di seluruh kehidupan dan profesi pekerjaan menngunakan teknologi informasi sehingga kita harus dapat mengikutu dan menggunakannya. Buku bahan ajar ini membahas mulai dari konsep dasar sistem informasi sampai teknologi yang digunakan serta penerapannya. Buku bahan ajar ini ditulis sebagai pegangan kegiatan belajar mengajar di universitas, khususnya jurusan sistem informasi. Buku bahan ajar ini terdiri dari beberapa bab mulai dari bab 1 yang membahas tentang Konsep Dasar Sistem, Data Dan Informasi, Bab 2 tentang Sistem Informasi Manajemen, Bab 3 tentang Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management). Bab 4 berisi tentang Sistem Manajemen Basis Data (Data Base Management). Bab 5 tentang Pemodelan Proses Perangkat Lunak. Bab 6 tentang Data Warehouse. Bab 7 tentang entity Relasionship Diagram (ERD).

Buku bahan ajar ini membahas mulai dari konsep dasar sistem informasi sampai teknologi yang digunakan serta penerapannya.