Sebanyak 100 item atau buku ditemukan

Buku Pendidikan Pancasila

Buku ini di khususkan untuk mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pendidikan Pancasila yang merupakan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) berbasis Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Pendidikan Pancasila.

Buku ini di khususkan untuk mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pendidikan Pancasila yang merupakan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) berbasis Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan belajar ...

The Learning Cell Dalam Pembelajaran Menulis Pantun

Masalah menulis tidak dapat dipisahkan dari masalah kehidupan berkomunikasi dengan bahasa. Dalam banyak hal, dunia seseorang dalam hidupnya terletak pada bahasanya. Melalui bahasa kita mengerti, memahami, menikmati, mengontrol, mengembangkan dan menciptakan dunia kehidupan manusia. Di dalam membangun dan mengembangkan siswa ke arah kemungkinan-kemungkinan berbahasa secara kreatif melalui pengajaran menulis, guru dapat membantu atau menolong para siswa untuk merentang dan meluaskan dunia mereka, untuk hidup lebih penuh dengan makna. Hasil pengamatan penulis menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pembelajaran pantun biasanya hanya bertumpu pada aspek membaca naskah pantun. Metode tersebut ternyata kurang memadai dan tidak memberikan solusi dalam melatih, memotivasi, dan mengekspresikan imajinasi peserta didik. Aspek keterampilan menulis pantun biasanya kurang mendapatkan perhatian bagi guru. Menurut pengamatan penulis keterampilan menulis pantun dianggap sulit oleh peserta didik, karena dalam pengajaran pantun biasanya guru memaksakan peserta didik untuk menulis pantun di dalam kelas dan harus selesai dalam satu pertemuan sehingga menghasilkan hasil karya pantun yang rendah kualitasnya dan tidak memberikan motivasi bagi peserta didik. The Learning Cell Dalam Pembelajaran Menulis Pantun ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dalam bahasa Minang, pantun berasal dari kata patuntun 'petuntun'. Dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan nama parikan, dan dalam bahasa Sunda pantun dikenal dengan paparikan, masyarakat Batak menyebut pantun dengan sebutan umpama ...

Model Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa

Penyusunan perencanaan pembangunan Desa harus dilengkapi dengan tersedianya data dan informasi yang lengkap dan akurat. Hal ini dapat memudahkan petugas atau perencana Desa dalam menyusun perencanaan pembagunan desa dan penetapan prioritas pembangunan desa yang diusulkan untuk program pembangunan yang di inginkan. Perencanaan pembangunan Desa yang telah disusun untuk selanjutnya dibahas pada forum Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang Desa) untuk memperoleh penetapan prioritas pembangunan desa.

Penyusunan perencanaan pembangunan Desa harus dilengkapi dengan tersedianya data dan informasi yang lengkap dan akurat.

Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar

Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar yang dijadikan sebagai judul kumpulan tulisan ini merupakan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2021. Penulis menggunakan frasa Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar karena dalam kata serentak bergerak mengandung makna filosofis yang sangat dalam. Tulisan ini dibuat ketika Corona Virus Disease (COVID-19) mulai memasuki Indonesia, sehingga proses pembelajaran di tempat penulis bekerja dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dan penulis lebih banyak di laboratorium komputer untuk mempersiapkan materi pembelajaran bagi peserta didik. Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Peserta didik tidak hanya disuguhkan dengan proses pembelajaran secara verbal, tetapi peserta ... video, dan melalui animasi yang dikirim secara digital.

BUKU AJAR TEORI PERILAKU ORGANISASI

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama. Teori organisasi adalah teori yang berusaha menerangkan/meramalkan bagai mana organisasi dan orang didalamnya berprilaku dalam berbagai struktur organisasi, budaya lingkungan, untuk mencapai tujuan.

Teori organisasi secara umum adalah bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama.

Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak

Disusunnya buku Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap kurangnya sumber-sumber atau referensi ilmiah yang dapat diperoleh oleh para orangtua, pemerhati pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan anak, para pendidik dan tenaga kependidikan lembaga pendidikan anak, psikolog bahkan dokter anak tentang kiat mengoptimalkan perkembangan bahasa, deteksi dini keterlambatan berbicara serta mencegah terjadinya kelainan-kelainan berbahasa pada anak. Kondisi anak yang mengalami keterlambatan berbicara, minimalnya kemampuan bahasa, atau kesulitan memperoleh pengayaan bahasa merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk menjelaskan tentang strategi pengembangan bahasa serta berbagai solusi permasalahan bahasa yang dialami anak. Segala hal yang menjadi masalah dan kendala dalam mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak menjadi bahasan utama dalam buku ini. Para orangtua bersama-sama pendidik diharapkan akan lebih kreatif lagi dalam menstimulasi bahasa, supaya perkembangan bahasa pada anak dapat dioptimalkan. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

... Development Vol . 28 ( 1 ) , 93-102 . Maccoby , E.E & Mcloby . 2008. The Two Sexes : Growing up a Part , Coming Together . Cambridge : Harvard University Press . Madyawati ... Children of Preschool Age was Planned ,. 219 Daftar Pustaka.

MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan)

Buku ini menyajikan sebagian regulasi, konsep, dan pemikiran dari beberapa tokoh yang dikenal mendalami persoalan manajemen kurikulum dan program pendidikan. Mengenai tokoh, masing-masing tentunya menggunakan asumsi dasarnya sebagai alat dalam upaya untuk memahami manajemen kurikulum dan program pendidikan. Penggunaan sudut pandang yang berbeda menghasilkan konsep dan pengertian yang berbeda pula.

Buku ini menyajikan sebagian regulasi, konsep, dan pemikiran dari beberapa tokoh yang dikenal mendalami persoalan manajemen kurikulum dan program pendidikan.

Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship)

Buku Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan; Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) dan Kewirausahawan (School-BasedEntrepreneurship) ini disajikan sebagai salah satu khazanah keilmuan tentang manajemen mutu pendidikan kejuruan, sehingga dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan, para peneliti, pemerhati dan penggiat pendidikan serta stakeholder lainnya yang membutuhkan. Buku ini terdiri dari tujuh bab yang membahas tentang berbagai isuisu krusial dalam dunia pendidikan kejuruan baik secara teoretis dan kontekstual terkait manajemen mutu pendidikan kejuruan. Kajian awal dimulai tentang keberadaan sekolah menengah kejuruan sebagai bagian sistem pendidikan nasional, keberadaan SMK sebagai penyedia tenaga kerja tingkat menengah, dan relevansi keberadaan SMK terhadap tuntutan dunia kerja dan tantangan global. Bab 2 membahas paradigma pengembangan manajemen sekolah kejuruan, konsep dasar manajemen sekolah menengah kejuruan, problematik yang dihadapi SMK dalam mengembangkan manajemen sekolah kejuruan dan pemberdayaan pendidikan kejuruan. Pada bab 3, penulis membahas tentang esensi sekolah menengah kejuruan sebagai sebuah organisasi pendidikan yang meliputi komponen pembentuk organisasi SMK, kerja sama antara SMK vi dengan dunia usaha dan industri dan stakeholder lainnya serta reaktualisasi partisipasi masyarakat terhadap pendidikan kejuruan. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (Dual-Based-System) Dan Kewirausahawan (School-Based Entrepreneurship) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan ...

MANAJEMEN LABORATORIUM PENDIDIKAN

Manajemen laboratorium (laboratory management) adalah usaha untuk mengelola laboratorium. Suatu laboratorium dapat dikelola dengan baik sangat ditentukan oleh beberapa faktor yang saling berkaiatan satu dengn yang lainnya. Beberapa alat-alat laboratorium yang canggih, dengan staf profesional yang tampil belum tentu dapat berfungsi dengan baik, oleh karena itu manajemen laboratorium adalah suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dan kegiatan laboratorium sehari-hari. Suatu (job description) yang jelas, pemanfaatan fasilitas yang efektif, efesien, disiplin dan administrasi laboratorium yang baik pula. Sedangkan manajemen laboratorium pendidikan adalah pengaturan dan pelaksanaan proses fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan) tempat riset (penelitian) ilmiah, eksperimen (percobaan), pengukuran ataupun pelatihan ilmiah guna memudahkan para peserta didik maupun pendidik dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Buku ini mengkaji tentang manajemen laboratorium dalam upaya meningkatkan ii mutu pembelajaran di sekolah, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen laboratorium di sekolah.

Penghapusan sarana dan prasarana pendidikan 6. Manajemen Hubungan Masyarakat Prinsip-prinsip manajemen hubungan masyarakat a. Komunikasi b.