Sebanyak 19652 item atau buku ditemukan

Perekonomian Indonesia

kajian teoritis dan analisis empiris

On Indonesian economy and its economic policy.

On Indonesian economy and its economic policy.

BUKU AJAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah untuk pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan yang optimal. Manajemen peserta didik juga mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik dari mulai masuk sekolah sampai lulus sekolah. Pengaturan kegiatan peserta didik tersebut diarahkan pada peningkatan mutu kegiatan pembelajaran baik intra maupun ekstrakurikuler, sehingga memberikan konstribusi bagi pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah serta tujuan pendidikan secara keseluruhan.

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah untuk pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan yang optimal.

BUKU AJAR MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Buku Ajar Manajemen Peserta Didik ini sebagai buku panduan komprehensif yang mengulas pentingnya manajemen peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya Program Studi Manajemen Pendidikan atau bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini umum dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah Manajemen Peserta Didik menyesuaikan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari Konsep dasar Manajemen Peserta Didik, Perencanaan Manajemen Peserta Didik & Problematika, Penerimaan Peserta Didik Baru & Problematika, Kehadiran dan Ketidakhadiran Peserta Didik & Problematika, Pengelompokan Peserta Didik & Problematika, Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik & Problematika, Analisis terhadap konsep manajemen peserta didik, Mutasi dan Drop Out Peserta Didik & Problematika, Kode Etik, Pengadilan, Hukuman dan Disiplin Peserta Didik & Problematika, dan di tutup dengan materi mengenai Adiwiyata & Problematika. Buku Ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Semoga buku ini memberikan manfaat dan dapat memberikan wawasan yang berharga dan menjadi panduan yang berguna dalam upaya Anda untuk mengelola peserta didik dengan lebih baik.

Buku Ajar Manajemen Peserta Didik ini sebagai buku panduan komprehensif yang mengulas pentingnya manajemen peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Manajemen Peserta Didik

Manajemen Peserta Didik adalah upaya pengaturan terhadap peserta didik mulai dari masuk ke sebuah sekolah s.d. lulus atau keluar dari sekolah tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik. Buku Manajemen Peserta Didik karya Desi Eri Kusumaningrum akan membantu Anda untuk meningkatkan manajemen peserta didik yang sudah atau belum Anda lakukan. Buku ini sangat tepat sebagai panduan bagi lembaga pendidikan dalam mengelola peserta didiknya karena memuat berbagai kajian dalam meningkatkan manajemen peserta didik, antara lain: Mengetahui konsep dasar manajemen peserta didik; penerimaan peserta didik; orientasi peserta didik baru; pengelompokan peserta didik; kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik; evaluasi hasil belajar peserta didik; sistem tingkat dan non tingkat; Pengelolaan dropout dan mutasi peserta didik; pembinaan disiplin peserta didik; organisasi siswa dan wawasan wiyata mandala; serta pengintegrasian karakter dalam manajemen peserta didik. Materi tersebut menjadi landasan teoretis dan praktik dalam mengelola peserta didik untuk menciptakan generasi yang terbaik. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh format administrasi peserta didik, mulai dari peserta didik mendaftar sampai dengan mereka lulus dari sekolah yang dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan sekolah. Selain mengulas secara teoritis manajemen peserta didik, buku ini juga dilengkapi dengan telaah praktik terhadap pengelolaan peserta didik. Sinopsis Buku Peserta didik adalah subjek utama yang diberikan layanan oleh lembaga pendidikan. Berbagai layanan akademik dan administrasi yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pada intinya bertujuan agar peserta didik berkembang secara optimal sesuai bakat, minat, serta potensi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, manajemen peserta didik menjadi hal yang sangat penting untuk diselenggarakan oleh lembaga pendidikan secara baik dan tepat. Manajemen peserta didik yang dikelola secara profesional akan berdampak pada proses pengembangan diri peserta didik, baik dari aspek personal maupun kepribadiannya. Berbagai kajian yang dikupas dalam buku ini antara lain: konsep dasar manajemen peserta didik; penerimaan peserta didik; orientasi peserta didik baru; pengelompokan peserta didik; kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik; evaluasi hasil belajar peserta didik; sistem tingkat dan nontingkat; pengelolaan dropout dan mutasi peserta didik; pembinaan disiplin peserta didik; organisasi siswa dan wawasan wiyata mandala; serta pengintegrasian karakter dalam manajemen peserta didik. Kajian tersebut menjadi landasan teoretis dan praktik dalam mengelola peserta didik agar menjadi insan yang baik. Kajian tersebut mengukuhkan betapa pentingnya peserta didik agar diperhatikan secara saksama oleh lembaga pendidikan melalui manajemen peserta didik yang andal. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh format administrasi peserta didik, mulai dari peserta didik mendaftar sampai dengan mereka lulus dari sekolah. Berbagai contoh format tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan sekolah. Buku ini sangat tepat sebagai panduan bagi lembaga pendidikan dalam mengelola peserta didiknya. Selain mengupas secara teoretis manajemen peserta didik, buku ini juga dilengkapi dengan telaah praktik terhadap pengelolaan peserta didik. Buku ini dianjurkan bagi para administrator pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, guru, kepala sekolah, mahasiswa, dosen, peneliti, pegiat pendidikan, dan para akademisi. Detail Informasi lain : - Pengiriman : minimal 1 hari kerja - Cover : Soft Cover - Tebal : 271 Halaman - Tanggal Terbit: 1 Agustus 2019 - ISBN : 9786024257439 - Penulis: Desi Eri Kusumaningrum - Penerbit : Raja Grafindo Persada - Berat : 0.327 kg - Dimensi : 23 x 15 cm

Oleh sebab itu, manajemen peserta didik menjadi hal yang sangat penting untuk diselenggarakan oleh lembaga pendidikan secara baik dan tepat.

Manusia, Filsafat, dan Sejarah

Manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang erat. Manusia memiliki peran dalam sejarah, baik sebagai subjek sejarah, maupun sebagai objek sejarah. Adapun sejarah memiliki peran menjernihkan jiwa dan pemikiran manusia untuk menempuh fase kehidupan (phase of life) selanjutnya dengan lebih baik. Oleh karena itu, perlu pemahaman yang utuh tentang keterkaitan antara manusia dan sejarah, karena melalui pesan-pesan yang terkandung dalam sejarah, manusia dapat belajar banyak tentnag makna kehidupan dan hakikat eksistensi manusia (human existence) itu sendiri. Buku ini membahas panjang lebar keterkaitan antara manusia, filsafat, dan sejarah yang dikupas dalam 9 (sembilan) bab, tersaji secara runtut dan apik sesuai dengan kurikulum satuan acara perkuliahan manusia, filsafat, sejarah. Tidak hanya berisikan kajian secara teoretis, dalam tatanan praktis, penulis juga memaparkan pengalaman-pengalaman sejarah yang pernah terjadi dalam kehidupan manusia, di dunia maupun di tanah air, sehingga pembaca dapat memahami aspek-aspek kajian manusia, filsafat, dan sejarah secara utuh. Buku yang berkualitas ini patut dijadikan referensi bagi dosen dan mahasiswa fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu pendidikan dan keguruan pengambilan program studi sejarah, dan tentunya masyarakat umum yang memiliki minat pada masalah sejarah. Semoga bermanfaat.

... Philosophy muncullah karangan Carl G. Hempel dengan judul The Function of General Laws in History, yang oleh William Dray, seorang ahli filsafat sejarah, disebut sebagai ”Covering Law Model” (CLM). Menurut Hempel eksplanasi di segala ...