Secara disadari atau tidak, setiap usaha seseorang dan bagaimanapun sederhananya tentu memerlukan administrasi. Hal ini bila kita perhatikan orang di sekitar kita setiap waktu dan setiap harinya memiliki kegiatan yang bermacam-macam. Kegiatan-kegiatan itu mempunyai tujuan-tujuan tertentu. Agar tujuan itu dapat tercapai lebih efektif dan efisien, maka mereka melakukan perencanaan-perencanaan atau perhitungan-perhitungan yang matang. Hal semacam demikian mereka dapat dikatakan telah melakukan kegiatan administrasi. Dengan kata lain mereka telah melakukan keseluruhan proses atau langkah-langkah dalam perhitungan untuk mencapai tujuan yang diharapkan secara tepat atau efektif dan efisien.
Buku ini berjudul: “Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Teori dan Praktek“ Judul buku ini berangkat dari pemikiran bahwa administrasi pendidikan itu merupakan proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang ada sangkut pautnya dengan tugas-tugas pendidikan. Administrasi pendidikan itu mencakup kegiatan-kegiatan yang luas yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, khususnya dalam bidang pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Selain itu supervisi pendidikan adalah usaha atau tindakan yang dilakukan oleh pemimpin sekolah untuk memajukan sekolah berupa bantuan pembenahan kinerja guru dalam pendidikan dan pembelajaran agar dilakukan secara efektif dan efisien. Buku Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Teori Dan Praktek ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Didorong oleh keinginan memberikan jawaban kepada para guru, melalui buku ini penulis mendemonstrasikan sebuah ijtihad tentang cara menanamkan nilai keimanan kepada Allah dan ajaran Islam dalam pembelajaran IPA melalui buku teks. Meskipun model ini menggunakan buku sebagai medianya, namun para guru dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk media pembelajaran lainnya. Bahkan, pendekatan ini sebenarnya dapat juga diterapkan pada pelajaran-pelajaran lain seperti IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Penulis berharap suatu saat ada di kalangan guru yang berbakat dalam menulis bisa menulis buku pelajaran IPA (atau pelajaran lainnya) yang islami dengan menggunakan konsep-konsep yang telah diuraikan di dalam buku ini. Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Media massa memang bukan tuntunan hidup tapi tidak dapat dipungkiri lagi jika media massa menjadi bagian hidup, bahkan tanpa disadari terkadang isi media massa mampu memprovokasi hati manusia untuk intim dengannya. Tidak ada yang salah dalam hal ini, sepanjang isi media yang beragam itu sehat. Ibarat mengonsumsi makanan, akal budi dan hati nurani manusia juga membutuhkan ‘makanan’ yang kandungan nilai kemanusiaan dan kebudayaannya tinggi sehingga mampu untuk kebutuhan interaksi sosial manusia yang ideal. Ketika media menjadi bagian kehidupan manusia. Maka sudah sepatutnya media massa mentransformasikan nilai kemanusiaan dan nilai kebudayaan yang luhur. Sekarang hal ini seolah menjadi utopia, ketika melihat tindak tanduk media massa yang mengejar profit baik itu materi serta keuntungan buat pencitraan atau penanaman idealisme tertentu.
Kehidupan manusia sebenarnya penuh dengan pergulatan, dan kemenangan dalam pergulatan ini sangat tergantung pada sejauh mana kesabaran yang dimiliki seseorang dalam menghadapi pergulatan itu. Karena sabar merupakan jalan yang bisa membawa seseorang pada kemenangan yang diinginkan, senjata yang efektif untuk menaklukkan musuh, apapun bentuknya, baik yang tersembunyi maupun yang tampak. Buku Tafsir Maudhu’iy ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Sebagaimana dikutip dari Ahmad Tafsir52 bahwa pendidikan merupakan arti dari kata 'Tarbiyah' kata tersebut berasal dari tiga kata yaitu; rabba-yarbu yang bertambah, tumbuh, dan 'rabbiya-yarbaa' berarti menjadi besar, ...
“Pengantar Hukum Indonesia" merupakan materi pengantar untuk mempelajari hukum yang berlaku di Indonesia. Buku ini dapat menjadi pedoman dalam proses perkuliahan sehingga dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa Fakultas Hukum selama mengikuti proses perkuliahan, serta dapat dengan mudah dimengerti bagi siapa saja yang sedang mempelajari hukum yang berlaku di Indonesia
Buku ini didasarkan pada pengalaman penulis sebagai dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan mata kuliah yang diampu: Hukum Acara Perdata, Hukum Perdata dan PLKH Perdata. Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, berisi sebagai berikut: Bab I tentang Pengertian, Asas dan Sumber Hukum Acara Perdata, Bab II tentang Gugatan, Bab III tentang Kompetensi (Kewenangan Mengadili), Bab IV tentang Pemeriksaan Gugatan di Persidangan, Bab V tentang Pembuktian, Bab VI tentang Putusan Pengadilan, Bab VII tentang Upaya Hukum, Bab VIII Eksekusi, dan Bab IX tentang Mediasi. Hukum Acara Perdata Di Indonesia: Permasalahan Eksekusi Dan Mediasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Oleh karena berdasarkan asas konkordansi, sistem hukum acara perdata Indonesia mengadopsi hukum acara perdata dari Belanda, Sumber hukum acara perdata adalah tempat di mana dapat ditemukannya ketentuan-ketentuan hukum
...
Mencermati potret dualisme pendidikan di Indonesia saat ini antara lembaga pendidikan Islam dan umum. Pesantren sebagai penyelenggara pendidikan Islam semakin menancapkan eksistensinya dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Sebagian besar pesantren bertransformasi dari sistem pengelolaan tradional ke arah modern dalam aspek manajerial, kepemimpinan maupun kurikulum. Sebagai penyelenggara pendidikan yang aktif beroperasi selama 24 jam tentunya menghadirkan berbagai macam problematik. Untuk itu pimpinan pesantren harus memiliki kepekaan dalam hal mengelola konflik. Salah satu strategi dalam pengelolaan konflik adalah faktor komunikasi. Komunikasi yang efektif berperan signifikan dalam resolusi konflik yang terjadi hingga pada akhirnya organisasi mampu mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Pencapaian visi dalam ilmu manajemen dikenal dengan efektivitas. Melalui penerbitan buku ini, para praktisi pendidikan -pengelola pesantren- dapat menanamkan sikap kompetitif santri di era disrupsi saat ini. Buku ini juga menawarkan teori-teori, konsep efektivitas organisasi, serta penerapan dalam organisasi. Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan – Komunikasi - Konflik Organisasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*
Dalam konteks lembaga pendidikan, kondisi objektif bangsa Indonesia saat ini adalah sebuah potret dualisme pendidikan, yaitu pendidikan umum dan pendidikan Islam. Lembaga pendidikan umum diwakili oleh SMP, SMA dan SMK dan pendidikan ...
Sepanjang pengetahuan penulis, hingga tahun 2019 perguruan tinggi di Indonesia yang membuka program pasca sarjana dalam bidang ilmu pendidikan kedokteran atau kesehatan adalah Universitas Padjadjaran (program studi Magister Kebidanan dalam Ilmu Pendidikan Bidan), Universitas Gajah Mada (program studi Magister dan Doktor Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan) dan Universitas Indonesia (Magister Pendidikan Kedokteran). Tentu saja jumlah magister dan doktor dalam bidang pendidikan tenaga kesehatan ini masih sangat terbatas, sehingga kelangkaan kepustakaan di bidang ini dapat dipahami. Buku ini dapat menjadi referensi untuk mata kuliah terkait rancangan kurikulum dalam program studi pasca sarjana dalam bidang ilmu pendidikan kedokteran atau kesehatan di Indonesia. Buku ini dapat pula menjadi referensi untuk tenaga pendidik dalam ilmu terkait, terutama dalam menjalankan tugas menyusun, mengevaluasi kurikulum. Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Berbeda dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Kurikulum 2013 yang didesain sebagai kurikulum nasional dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah yang memiliki fokus dan spesifikasi indikator dalam bidang perencanaan sampai pada evaluasi proses pembelajaran pada madrasah ataupun sekolah tingkat nasional. Kurikulum pesantren merupakan serangkaian bahan, tujuan, isi dan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek “tafaqquh fiddien” nya guna mengukuhkan identitas kultur sekaligus sebagai pola yang berbeda dengan institusi pendidikan Islam dengan negara-negara lain, baik pada pesantren salaf maupun khalafnya. Salah satu fenomena yang urgen di pesantren salaf maupun pesantren khalaf tentang kurikulum khususnya pada metode dalam pembelajaran bahasa arab adalah pada pesantren salaf lebih menekankan penguasaan qowā’id nya daripada muhādasah saja, dan sebaliknya, pada pesantren khalaf lebih menekankan pada muhādasah saja daripada qowā’id nya, sehingga terdapat tantangan yang serius untuk dipecahkan agar pesantren salaf dan khalaf tetap survive dengan tidak meninggalkan substansi diktum pesantrennya, yaitu (al-muhāfadlatu ‘ala al-qodhīmi ash shālih ma’a al akhzu bī al jadīdi al ashlāh) (memelihara hal-hal baik yang telah ada sambil mengembangkan hal-hal yang baru yang lebih baik), sehingga penelitian berbasis pesantren merupakan suatu keharusan sebagai bentuk media ibadah ilmiah. Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak