Sebanyak 787 item atau buku ditemukan

Sejarah Peradaban Islam

Islam lahir di Arabia pada abad ke-6 M, dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Islam lahir dengan membawa peradaban manusia yang sangat tinggi, mengantarkan masyarakat Arab yang jahiliah menjadi masyarakat muslim yang memiliki landasan tauhid, yaitu kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (the faith of unity of god). Pada masa puncaknya Islam telah mampu menguasai peradaban dunia dalam berbagai bidang seperti filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, arsitek, sastra, dan seni bangunan. Sebut saja peradaban Islam di Andalusia Spanyol, Usmani di Turki, Baghdad, Mongol India, Afrika Utara, maupun di Asia Tenggara. Demikian pula peradaban Islam telah memunculkan tokoh-tokoh berkaliber dunia seperti Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Khawarizmi, Ibnu Rusyd (Averros), dan Ibnu Sina (Avicenna) yang berada di belahan dunia Barat, karya-karya mereka dijadikan literatur wajib bagi para pengkaji ilmu pengetahuan. Namun, mengapa peradaban Islam saat ini mengalami kemunduran? Mengapa peradaban Islam belum bangkit menguasai peradaban dunia? Bagaimana perjalanan sejarah peradaban Islam dari masa ke masa? Buku ini membahas Sejarah Peradaban Islam sejak awal munculnya Islam di Arabia hingga peradaban Islam kontemporer saat di berbagai kawasan dunia Islam. Oleh karena itu, buku Sejarah Peradaban Islam ini sangat penting bagi para mahasiswa UIN, IAIN, STAIN, PTAIS, maupun Perguruan Tinggi Umum lainnya, dan siapa pun yang ingin mengetahui sejarah peradaban Islam secara komprehensif dan utuh.

Drs. Samsul Munir Amin, M.A.. Saya yakin buku teks kuliah Sejarah Peradaban Islam (History of Islamic Civilization) ini akan sangat banyak bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi yang ingin mengetahui sejarah peradaban agamanya ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Sebuah Pengantar Untuk Membangun Karakter Bangsa

Apa pentingnya belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)? PKN membekali kita pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berperan aktif dan konstruktif dalam masyarakat. Ini mencakup pembangunan karakter bangsa, seperti menanamkan nilai-nilai Pancasila; kebinekaan; demokrasi; toleransi, keadilan sosial; dan kemanusiaan, memahami konstitusi dan sistem pemerintahan, memahami berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, serta bagaimana menghadapi tantangan global dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk menghadapi globalisasi. Secara keseluruhan, belajar kewarganegaraan itu penting untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik dan berkontribusi pada kemajuan bangsa. Buku ini disusun dengan harapan dapat menjadi salah satu sumber informasi bagi para pembaca, khususnya bagi siswa dan mahasiswa, tentang pentingnya PKN dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Buku ini membahas tentang beberapa aspek penting dalam PKN, yaitu: Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Negara dan Kewarganegaraan Konstitusi Identitas dan Integrasi Nasional Demokrasi Hak Asasi Manusia Geopolitik dan Konsep Wawasan Nusantara Geostrategi Indonesia Ketahanan Nasional Otonomi Daerah Buku ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik dan bertanggung jawab.

... civic education, citizenship education, demokrasi education, serta education for citizenship. Istilah-istilah tersebut sering kali digunakan oleh para ahli sebagai terminologi lain dalam menjelaskan tentang pen- didikan kewarganegaraan ...

Filsafat Pendidikan

... Citizenship . Secara terminologis , istilah kewarganegaraan ( citizenship ) , yang dalam berbagai hal sering dirancukan dengan ilmu kewarganegaraan ( civics ) dan pendidikan kewarganegaraan ( civic education ) . Citizenship lebih ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara agar hidup sesuai aturan, tujuan dan cita-cita bangsa. Pendidikan kewarganegaraan ini mulai diajarkan sejak para peserta didik berusia dini sampai perguruan tinggi, hal ini dilakukan agar dihasilkan para penerus bangsa yang memiliki kompeten dan siap menjalankan hidupnya dengan Benar di masyarakat dan paham menjadi masyarakat yang beretika, berbudaya dan berbangsa. Selain itu, hakikat pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan di sekolah dan instansi pendidikan tinggi yakni sebagai bentuk program pendidikan bernilai Pancasila yang dipelajari untuk dilestarikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yang terdiri dari: hakikat, fungsi, dan tujuan pendidikan kewarganegaraan; identitas dan integrasi nasional; negara dan konstitusi; model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan; sistem pemerintahan di Indonesia; ketahanan nasional Indonesia; penegakan hukum di Indonesia; hubungan negara dengan warga negara; hak asasi manusia; demokrasi di Indonesia dan pendidikan demokrasi.

... Civic Education. Citizenship Foundation. (2003). Running a Mock Trial: A Guide and Materials for Teachers, Participants and Organisers. London: Citizenship Foundation. Citizenship Foundation. (2006). CPD Handbook, Section 3. Citizenship ...

Manajemen Multikultural dalam Satuan Pendidikan

Buku Ajar ini adalah suatu buah pikiran dalam para penulis terkait implementasi manajemen multikultural dalam satuan pendidikan.

... Multikultural " . Jurnal Edueksos , 3 ( 2 ) , 23-44 . Suparta , M. ( 2008 ) . Islamic Multicultural Education . Al Ghazali Center . Suryana , Yaya , dan R. ( 2015 ) . Pendidikan Multikultural : Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa ...

MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR MULTIKULTURAL STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN INKLUSIF DI DUNIA GLOBAL

Dunia kita sedang berubah. Perbatasan kultural semakin kabur, dan pengalaman hidup kita dipengaruhi oleh arus global yang dinamis. Setiap hari, kita berinteraksi dengan tradisi, bahasa, dan perspektif yang berbeda—baik di ruang kelas, tempat kerja, maupun dunia maya. Buku ini, "Merancang Pengalaman Belajar Multikultural: Strategi untuk Mengembangkan Sumber Daya Pendidikan Inklusif di Dunia Global", lahir dari urgensi untuk menyiapkan para pendidik dan lembaga pendidikan dalam menghadapi realitas baru ini.

... Cultural Diversity: A Primer" oleh Julie Lee • Artikel: "The Importance of Multicultural Education" oleh Dr. Jane Smith, "Teaching Diversity in the Classroom" oleh Dr. Michael Johnson 176 Merancang Pengalaman Belajar Multikultural ...

ULUMUL HADIS

Untuk Mahasiswa Tarbiyah/Ilmu Keguruan

Ulumul Hadis merupakan ilmu yang wajib dipelajari oleh seorang muslim khususnya para calon pendidik yang berkaitan dengan agama Islam, dalam hal ini mahasiswa Tarbiyah/Ilmu Keguruan, karena kedudukan hadis yang sangat penting yakni sebagai mubayyin (penjelas) terhadap al-Qur’an. Untuk itu, tanpa memahami dan menguasai hadis, siapapun tidak akan bisa memahami al-Qur’an. Sebaliknya, siapa pun tidak akan bisa memahami hadis tanpa memahami al-Qur’an, karena al-Qur’an merupakan dasar hukum pertama, yang di dalamnya berisi garis besar syariat, dan hadis merupakan dasar hukum kedua, yang di dalamnya berisi penjabaran dan penjelasan al-Qur’an. Dengan demikian, antara hadis dan al-Qur’an memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain dan tidak bisa dipisah-pisahkan atau berjalan sendiri-sendiri. Hadirnya buku ini diharapkan dapat membuka pintu pengetahuan mengenai hadis khususnya mengenai hubungan hadis dengan al-Qur’an; penghimpunan dan pengkodifikasian hadis, sanad dan matan hadis, pengklasifikasian hadis, penelitian sanad dan matan; takhrij hadis; ahwal ar-riwayah wa anwa’uha; kehujahan hadis dhaif dan mursal; ilmu rijalul hadis, ilmu al-jarh wa ta’dil; ilmu talfiqul hadis; ilmu asbabul wurud hadis; ilmu nasikh wa mansukh hadis.

... hadits-hadits ahad tersebut lupa atau berbuat salah; ketiga, sejarah telah membuktikan bahwa tidak sedikit orang-orang atau golongan-golongan tertentu membuat hadits palsu. Pembuatan hadits palsu tersebut digunakan untuk maksud tertentu ...