Sebanyak 234 item atau buku ditemukan

Statistik I

Statistik Deskriptif untuk Penelitian

Statistik digunakan dalam semua bidang ilmu. Pengembangan bidang ilmu yang dilakukan didasarkan pada bahasa ilmu pengetahuan yaitu bahasa, statistik, dan matematika. Buku ini ditulis dalam rangka melengkapi literatur perkuliahan Statistika untuk seluruh program studi serta memperluas cakrawala wawasan bahan bacaan atau textbook tentang ilmu statistika. Konsep-konsep dasar statistika dan probabilitas berupa simbol-simbol matematis dijabarkan melalui contoh-contoh penyelesaian soal, sehingga setiap pokok bahasan dapat dipahami dengan mudah. Buku ini berisi pelajaran statistik yang setiap bab selalu diisi dengan pendahuluan untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas, mendalami konsep pada contoh soal yang disertai dengan pembahasan, dan dilengkapi dengan kasus untuk diskusi dalam evaluasi mandiri. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada masing-masing, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap dan mantap, serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pada bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan definisi-definisi penting dalam memahami isi buku ini. Buku yang terdiri dari 9 bab dengan perincian sebagai berikut: • Penelitian dan Statistika • Variabel Penelitian dan Skala Pengukuran • Distribusi Frekuensi • Ukuran Pemusatan Data • Ukuran Penyebaran Data • Analisis Korelasi • Regresi Linear Satu dan Dua Prediktor • Analisis Data Berkala dan Peramalan • Angka lndeks

Statistik digunakan dalam semua bidang ilmu. Pengembangan bidang ilmu yang dilakukan didasarkan pada bahasa ilmu pengetahuan yaitu bahasa, statistik, dan matematika.

Pancasila - Eksistensi dan Aktualisasi

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri negara (the founding fathers and mothers) yang merupakan kristalisasi nilai-nilai sosial dan budaya nenek-moyang masyarakat dan bangsa Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka. Berbagai nilai positif dari seluruh aspek kehidupan masyarakat sebagai cikal bakal bangsa Indonesia terkristalisasi dalam rumusan Pancasila yang berisi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila adalah hanya satu-satunya dan tidak ada pembanding atau tidak ada saingannya dalam negara. Dari dasar negara itu kemudian penyelenggaraan negara dan pemerintahan dijalankan sesuai dengan nilai dan jiwa yang dikandung dalam Pancasila. Demikian pula kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia diimplementasikan dari nilai-nilai dan jiwa Pancasila. Secara substansial, Pancasila sudah final sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang sudah selesai dibicarakan, didiskusikan, bahkan diperdebatkan pada saat penggalian dan perumusannya dalam sidang Badan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Penggunaan Pancasila sebagai dasar negara dianggap sebagai tindakan yang tepat, sehingga tidak mendirikan negara agama atau negara berdasarkan agama tertentu. Pancasila akan menaungi seluruh kepentingan masyarakat yang berbeda-beda dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penerapan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara akan menunjukkan bahwa masyarakat dan bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Dalam pergaulan masyarakat dan bangsa Indonesia harus selalu dijiwai dan mencerminkan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia harus memahami dengan baik nilai-nilai tersebut sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga eksistensi dan sekaligus melakukan aktualisasi nilai-nilai tersebut.

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri negara (the founding fathers and mothers) yang merupakan kristalisasi nilai-nilai sosial dan budaya nenek-moyang masyarakat dan bangsa Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka.

KONSEP PENGETAHUAN, SIKAP, PERILAKU, PERSEPSI, STRES, KECEMASAN, NYERI, DUKUNGAN SOSIAL, KEPATUHAN, MOTIVASI, KEPUASAN, PANDEMI COVID-19, AKSES LAYANAN KESEHATAN – LENGKAP DENGAN KONSEP TEORI, CARA MENGUKUR VARIABEL, DAN CONTOH KUESIONER

Penelitian menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bangsa sehingga penelitian adalah tuntutan bagi peneliti, baik mahasiswa, dosen, maupun profesi lainnya. Sebelum proposal penelitian disusun, peneliti wajb memahami tentang topik yang akan diteliti atau masalah yang diangkat dalam penelitian. Pemahaman tersebut sangat penting sebagai dasar dalam mengembangkan proposal penelitian sehingga pelaksanaan penelitian dapat berjalan dengan baik. Sering kali peneliti, terutama mahasiswa kebingungan dalam mencari sumber teori maupun konsep tentang topik atau masalah yang diangkat dalam penelitian. Selain itu, hal lain yang sering kali menyulitkan mahasiswa atau peneliti adalah cara mengukur variabel dan instrumen penelitian yang akan digunakan dalam. penelitian. Oleh karena itu, penulis sangat mempertimbangkan semua hal tersebut dengan menyusun buku ini, yang dilengkapi dengan topik-topik yang banyak diangkat oleh mahasiswa atau peneliti dalam melakukan penelitian, baik bidang kesehatan maupun sosial. Harapannya, kehadiran buku ini dapat membantu mahasiswa maupun peneliti dalam menyusun proposal penelitian. Buku ini banyak mengulas tentang konsep, pengukuran variabel, dan contoh-contoh kuesioner dani variabel penelitian yang terangkum dalam 13 bab, yaitu: Bab I Konsep Pengetahuan Bab lI Konsep Sikap Bab lI Konsep Perilaku Bab IV Konsep Persepsi Bab V Konsep Stres Bab VI Konsep Kecemasan Bab VIl Konsep Nyeri Bab VIll Konsep Dukungan Sosial Bab IX Konsep Kepatuhan Bab X Konsep Motivasi Bab XI Konsep Kepuasan Bab Xl Konsep Pandemi Covid-19 Bab XIll Konsep Akses Pelayanan Kesehatan

Penelitian menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bangsa sehingga penelitian adalah tuntutan bagi peneliti, baik mahasiswa, dosen, maupun profesi lainnya.

Buku Ajar Lengkap Bahasa Jepang Pemandu Wisata untuk SMK Pariwisata

Buku Ajar Bahasa Jepang Pemandu Wisata adalah buku terbaru dari penulis Drs. Isa Wahjoedi Dwi Poetranto, M.M. yang selama ini aktif menulis buku-buku bahasa Jepang yang berkaitan dengan bahasa Jepang pariwisata. Materi buku ini mengacu pada Buku Pengajaran Bahasa Jepang untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata yang dibuat oleh Tim Penyusun dari Jakarta dan penulis kembangkan materi dialog, kosa kata, dan latihannya dengan memilih tema kegiatan memandu di Bali dan Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi turis, termasuk turis dari Jepang. Latihan soal, pola kalimat yang ada sangat membantu pelajar berlatih membuat kalimat bentuk sopan yang wajib diucapkan pemandu wisata saat menjelaskan pada tamu Jepang selama memandu wisata. Buku ini penulis rekomendasikan untuk digunakan oleh Guru Bahasa Jepang dan menjadi buku ajardi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata dengan pertimbangan bentuk-bentuk latihan dan kosa kata sesuai dengan daerah wisata Bali dan Yogyakarta yang menjadi pusat tujuan wisata di Indonesia, bagi guru buku ajar ini akan memudahkan pemberian materi tiap tatap muka, dan bagi siswa sebagai latihan bagaimana menjadi pemandu wisata (guide) bahasa Jepang dengan kalimat dan kosakata yang benar dan sesuai di lapangan.

Buku Ajar Bahasa Jepang Pemandu Wisata adalah buku terbaru dari penulis Drs. Isa Wahjoedi Dwi Poetranto, M.M. yang selama ini aktif menulis buku-buku bahasa Jepang yang berkaitan dengan bahasa Jepang pariwisata.

MANAJEMEN STRATEGIS Dilengkapi Kasus-Kasus Manajemen Strategis dari Perusahaan Indonesia yang Go Internasional

Memasuki era Industri 5.0, suka atau tidak suka akan mendorong manajemen organisasi untuk mendesain ulang praktik manajemen strategis pada organisasi, agar dapat mengeskalasi tingkat efisiensi dan efektivitas pekerjaan, sehingga lebih optimal menuju pencapaian tujuan organisasi. Tiga strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi, yaitu meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), memperkuat jaringan bisnis, dan penggunaan teknologi yang tepat. Strategi- strategi yang mau diterapkan dalam sebuah organisasi merupakan wilayah kajian manajemen strategis. Manajemen strategis menganalisis tentang bagaimana penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan manajemen dalam sebuah organisasi, baik itu organisasi bisnis maupun nonbisnis. Manajemen strategis mengombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategis memberikan arahan secara menyeluruh untuk perusahaan dalam merumuskan, mengimplementai, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut dalam kebijakan-kebijakan strategis organisasi, sekaligus untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi di era disrupsi menuju Industri 5.0 yang penuh dengan ketidakpastian. Peran strategis dari manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber daya, dan bagaimana sumber daya yang ada dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis organisasi. Isi buku terdiri atas 17 bab dan diperkaya dengan kasus-kasus manajemen strategis dari perusahaan-perusahaan milik Indonesia yang berskala bisnis multinasional dan sudah go internasional. Pada bagian akhir, dimuat pula jurnal ilmiah hasil penelitian yang sudah diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi dengan mengambil topik Persoalan Manajemen Strategis di Perbankan Syariah di Indonesia. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa program S-l, S-2, dan S-3 di berbagai fakultas, baik Ilmu Ekonomi maupun fakultas lain yang mengambil mata kuliah Manajemen Strategis. Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi manajemen perusahaan atau organisasi nonperusahaan nirlaba, seperti perguruan tinggi, yayasan, dll. dalam rangka merumuskan strategi pengembangan, implementasi,evaluasi, dan tindak lanjut organisasi ke depan.

Memasuki era Industri 5.0, suka atau tidak suka akan mendorong manajemen organisasi untuk mendesain ulang praktik manajemen strategis pada organisasi, agar dapat mengeskalasi tingkat efisiensi dan efektivitas pekerjaan, sehingga lebih ...

Aplikasi Komputer untuk Akuntansi

Program Studi S-1 Akuntansi

Buku ini membahas penggunaan komputer untuk mengolah transaksi akuntasi menggunakan aplikasi paket aplikasi software Accurate serta Microsoft Excel. Buku ini ditekankan pada pemberian dasar untuk perancangan sistem akuntansi.

Buku ini membahas penggunaan komputer untuk mengolah transaksi akuntasi menggunakan aplikasi paket aplikasi software Accurate serta Microsoft Excel. Buku ini ditekankan pada pemberian dasar untuk perancangan sistem akuntansi.

Pengantar Ilmu Administrasi

Buku ini merupakan materi kuliah untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi yang memiliki 2 SKS pada Semester 1 (satu), Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan. Buku ini membahas 8 (delapan) unit kompetensi: (1) Gambaran Umum Administrasi, (2) Hakikat Ilmu Administrasi, (3) Pokok-Pokok Pikiran Administrasi, (4) Sejarah Perkembangan Administrasi, (5) Pembagian Ilmu Administrasi, (6) Hubungan Ilmu Administrasi Dengan Ilmu Lainnya, (7) Unsur-Unsur Administrasi, dan (8) Perbedaan Administrasi Negara dan Niaga. Semua kompetensi ini diajarkan kepada mahasiswa/i dengan tujuan agar mereka dapat memahami Ilmu Administrasi secara komprehensif ketika menyelesaikan studi dari Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan.

Buku ini merupakan materi kuliah untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi yang memiliki 2 SKS pada Semester 1 (satu), Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Medan.

PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM PENERAPAN

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang studi yang sedang berkembang di masyarakat. Melalui buku ini penulis mencoba menyajikan tulisan sebagai panduan untuk mengenali prinsip dan teori yang terkandung di dalam Desain Komunikasi Visual (DKV). Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bagian dalam berkomunikasi, baik itu untuk menyampaikan sesuatu, mengkritik atau memengaruhi orang terhadap suatu hal, menjelaskan sistem yang rumit atau mendemonstrasikan suatu proses. Dengan menggunakan media visual, seperti poster, membuat logo bisnis, majalah, cover album, bahkan dengan membuat hasil cetakan dari komputer, kita telah menggunakan sarana komunikasi visual. Desain Komunikasi Visual merupakan proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk menyampaikan sebuah ide. Para desainer bekerja dengan beragam alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari klien kepada audience, yang dituju dan yang menjadi komponen utamanya adalah gambar dan tulisan. Melalui buku ini diharapkan masyarakat semakin merasakan betapa perlunya ilmu Desain Komunikasi Visual sebagai salah satu bagian dari teknik berkomunikasi. Bukan hanya sekedar sarana komunikasi, tetapi juga sebagai pemberi citra pada sesuatu yang ingin dikomunikasikan. Dengan demikian, penerima informasi bukan hanya tahu akan informasi yang disampaikan, tetapi dapat memengaruhi atau tersugesti dengan pesan yang disampaikan.

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang studi yang sedang berkembang di masyarakat.