Sebanyak 119 item atau buku ditemukan

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (Konsep dan Implementasi)

Judul : PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (Konsep dan Implementasi) Penulis : Prof. Dr. Hj. Ade Tutty R. Rossa, M. M. Pd Dr. Wahyu Satya Gumelar, M.M.Pd A. Suganda Ai Sumarni Fuad Rinaldi Hani Hadiati Pujawardani Marpuah Miftahussalam M. Firman S. M. Matin Shopwan A. Nendi Sugandi Siti Saadah Sofa Sari Miladiah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-267-2 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsis Buku ini berjudul “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Standar Nasional Pendidikan (Konsep dan Implementasi)”. Buku ini penulis kontribusikan untuk pendidikan di Indonesia. Buku Ini terdiri dari sebelas bab. Adapun masing-masing bab membahas tentang : Bab 1 Konsep dan Implementasi Standar Proses Kurikulum Merdeka Bab 2 Pengelolaan Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan Bab 3 Keteladanan Guru dalam Perkembangan Karakter Bab 4 Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik Bab 5 Pengembangan dan Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Mandiri Bab 6 Program Unggulan di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Warga Bandung Bab 7 Konsep dan Implementasi Standar Penilaian Kurikulum Merdeka Bab 8 Implementasi Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Bab 9 Komparasi Tata Kelola Dana BOS Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Bab 10 Konsep dan Implementasi Standar Isi Kurikulum Merdeka Bab 11 Implementasi Uji Kompetensi Keahlian dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Standar Nasional Pendidikan (Konsep dan Implementasi).

Judul : PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (Konsep dan Implementasi) Penulis : Prof.

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Sambutan : Guru Besar Univesitas PTIQ Jakarta Prof. Dr. HM. Darwis Hude, M.S.i Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-497-204-7 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsi Buku Dalam dunia pendidikan Islam, guru merupakan faktor penting dan utama, karena guru adalah orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif peserta didik, dalam isltilah agama disebut dengan Aqliyah, Ruhiyyah dan Jismiyah peserta didik, terutama di sekolah, untuk mencapai kedewasaan peserta didik sehingga ia menjadi manusia yang paripurna dan mengetahui tugas-tugasnya sebagai manusia. Dalam arti khusus dapat dikatakan bahwa pada setiap diri guru terletak tanggung jawab untuk membawa peserta didik kearah kedewasaan atau taraf kematangan tertentu. Dalam rangka itu guru tidak semata-mata sebagai “pendidik” yang transfer of knowledge, tapi juga seorang “pendidik” yang transfer of values dan sekaligus sebagai “pembimbing” yang memberikan pengarahan dan menuntun peserta didik dalam belajar menuju suskses dunia dan akhiratnya. Orang tua memiliki peranan yang sangat strategis dalam menanamkana nilai-nilai pendidikan agama Islam, mengingat orang tua lebih banyak berinteraksi dengan anak, terutama dalam kehidupan di rumah, sehingga wajar kalau pendidikan pertama dan utama itu ada pada orang tua atau ibu, “Al-Ummu Madrastul Ula” Proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik di sekolah atau Madrasah, merupakan salah satu pembentukan karakter baginya, hal ini harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh guru dan seorang guru harus bekerjasama dengan orang tua agar apa yang telah dilakukan dan dibiasakan di sekolah atau Madrasah dapat ditindaklanjuti oleh orang tua di rumah, karena itu bagian dari nilai perhatian dan tanggungjawab orang tua terhadap pendidikan anaknya. Guru dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran bagi anak, keduanya harus bersinergi dalam pembentukan dan pembiasaan serta penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak agar tercapai generasi insan kamil.

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Sambutan : Guru Besar Univesitas PTIQ Jakarta Prof.

PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Judul : PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 204 Halaman No ISBN : 978-623-497-123-1 Sinopsi Buku Pendidikan Agama Islam sudah mendapat prioritas utama masyarakat muslim sejak awal perkembangan Islam. Hal tersebut sejalan dengan kegiatan pendidikan Islam yang lahir dan tumbuh sejalan dengan berkembang agama Islam di Indonesia. Terwujudnya karakter Islami yang baik haruslah sejalan antara pendidikan dan pengajarannya mengingat keduanya sangat dibutuhkan dalam rangka perbaikan dan pengembangan karakter peserta didik agar mampu dan bisa memperbaiki kualitas hidup, terutama bagaimana meraih kualitas hidup di dunia dan juga di akhirat. Oleh karena itu orang tua dan guru sertat tokoh masyarakat harus bersinergi dalam rangka pembentukan karakter anak. Apa yang sudah dibina dan dibentuk disekolah harus sejalan dengan apa yang dilakukan di rumah, begitu pula di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan karakter peserta didik itu tergantung pada sinergitas dan implementasi tri fungsi pendidikan itu sendiri, yaitu guru, orang tua dan pemerintah. Salah satu penunjang terwujudnya karakter baik bagi peserta didik secara langsung dipengaruhi oleh kesungguhan orang tua dan guru serta pemerintah, dalam mengajar dan mendidik, seta menciptakan suasana yang baik, jika ketiga unsur tersebut besinergi maka tidak menutup kemungkinan akan hadir energi yang baik.

Judul : PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 204 Halaman No ISBN : 978-623-497-123-1 Sinopsi Buku Pendidikan Agama Islam sudah mendapat prioritas utama ...

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...

Konsep & Teori Manajemen Umum

Judul :Konsep & Teori Manajemen Umum Penulis : Kasmi, SE., MM., Dr. Fauzi, ME., M.Kom., Akt., CA., CMA., dan Rita Irviani, SE., MM. Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 120 Halaman No ISBN : 978-623-5314-98-3 Tahun Terbit : Juli 2022 SINOPSIS Buku Konsep & Teori Manajemen Umum merupakan buku yang ditulis untuk membantu para mahasiswa, peneliti, dan stakeholder untuk memberikan pemahaman secara sederhana tentang ilmu manjeman. Buku ini memiliki banyak keistimewaan dan kelebihan dibandingkan dengan buku yang membahas Manajeman lainya. Keistimewaan buku ini yaitu antara lain disusun dari referensi yang up to date bersumber dari artikel-artikel ilmiah dan relevan dengan perkembangan isu manajemen saat ini. Buku ini juga sangat menarik karena memberikan ulasan-ulasan ilmiah yang secara empiris dalam mendukung penguatan organisasi. Selain itu, bahasa yang digunakan pada buku ini sangat mudah dipahami pembaca. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu: Arti Sarana Dan Fungsi Manajemen, Pimpinan Dan Kepemimpinan, Pengorganisasian Dan Sturtur Organisasi, Pucuk Pimpinan Perusahaan, Delegasi, Menejemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Manajeman Proyek, Sistem Pengambilan Keputusan, Implementasi Sistem Informasi Manajeman. Keseluruhan pembahasan pada buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang komprehensif berkaitan dengan isu yang dibahas dan memberikan kontribusi bagi literatur di bidang manajemen di Indonesia.

Memakai pendekatan sistem (system approach to management). • Mempunyai hierarki (arus kegiatan) horisontal di samping hierarki vertikal. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa manajemen proyek tidak bermaksud meniadakan arus kegiatan ...

AKUNTANSI MANAJEMEN PADA ENTITAS PUBLIK

Judul : AKUNTANSI MANAJEMEN PADA ENTITAS PUBLIK Penulis : Alexander Anggono Editor : Prasetyono Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 320 Halaman No ISBN : 978-623-5687-43-8 Upaya mewujudkan corporate governance pada organisasi publik maupun institusi pemerintah merupakan sebuah mimpi bagi seluruh masyarakat di belahan dunia. Terjadinya fraud dalam pengelolaan organisasi publik merupakan sebuah riak-riak dan fenomena yang tak terelakan, mengingat beraneka ragam perilaku dan motivasi aparatur dan stakeholders. Ini menggambarkan pentingnya organisasi publik harus dikelola dan dikendalikan untuk mewujudkan tujuan organisisasi yang optimal. Beda halnya dengan entitas privat yang berorientasi pada profit, entitas publik cenderung bertujuan untuk melayani dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga dengan pengelolaan keuangannya, entitas publik tidak dapat mengelola keuangannya secara penuh. Kondisi ini disebabkan entitas publik tidak banyak yang dapat mengelola penerimaan dan pemanfaatan keuangan secara langsung seperti pada entitas privat. Buku ini membahas urgensi perencanaan dan pengendalian manajemen, good governance, aspek perilaku dalam organisasi, manajemen strategi, program dan penganggaran, pendapatan asli daerah, pusat pertanggungjawaban, manajemen keuangan, reward dan punishment, pengukuran kinerja, manajemen risiko, pengendalian intern, evaluasi dan pelaporan pada entitas publik. Pembahasan dalam buku ini meliputi aspek teori, praktik dan dilengkapi berbagai fenomena dan contoh sederhana yang terkait entitas publik. Buku ini cocok dibaca oleh akademisi dan peneliti yang bermaksud mendalami aspek akuntansi manajemen pada entitas publik serta bagi praktisi yang diharapkan dapat menjadi masukkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Buku ini juga menjabarkan urgensi penerapan good government yang secara konsep menopang dalam pengelolaan entitas publik. Seperti halnya entitas privat, organisasi sektor publik juga harus dikelola baik dengan mendasarkan pada prinsip-prinsip manajemen yakni perencanaan (plan), pelaksanaan (do), evaluasi (check) dan tindak lanjut (action). Oleh karenanya pembahasan dalam buku ini juga mengarah pada PDCA yang terkait upaya entitas publik dalam mencapai tujuan dan kinerjanya serta dalam merealisasikan visi dan misinya. Adanya konsep PDCA ini menjadi pemicu, alat strategi dan penilaian kinerja untuk aparatur dan entitas publik, sehingga dapat dirumuskan implementasi pengendalian yang tepat. Merupakan hal yang wajar jika entitas publik harus dikelola dengan baik, sehingga harapan dan keinginan semua pihak agar entitas publik dapat melayani masyarakat dengan baik dan mewujudkan kesesjahteraan masyarakat.

... kerja sama dengan institusi masyarakat sipil, kebebasan berasosiasi dan partisipasi, akuntabilitas birokratis dan keuangan (finansial), manajemen sektor publik yang efisien, kebe–basan informasi dan ekspresi, sistem yudisial yang ...

Satu Anak Satu Kurikulum

Judul : Satu Anak Satu Kurikulum Penulis : Rohmani, SPd., MA. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 216 Halaman No ISBN : 978-623-497-141-5 Sinopsi Buku Dunia pendidikan dewasa ini tereduksi menjadi dunia sekolah, sistemnya menjadi system persekolahan. Itu pun menjadi kegiatan belajar di kelas. Tetapi, Pendidikan formal di sekolah telah mendominasi klaim Pendidikan dan kesuksesan hidup murid. Pendidkan yang masih memandang kelas sebagai kumpulan murid-murid. Interaksi antara guru dengan sekumpulan murid-murid di kelas. Padahal setiap murid adalah berbeda, unik dan special. Bahkan Murid selalu berbeda dari waktu ke waktu. “Guru tidak pernah menemui kelasnya dua kali, karena pasti Guru yang berbeda dan murid yang lain” Satu Anak Satu Kurikulum. Menelusuri filsafat pendidikan yang menjadi pangkal ontologinya. Membedah dan menawarkan tata kelola dan kurikulumnya. Desentralisai parsial dan otonomi satuan Pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Guru yang akan menjadi eksekutor kurikulum. Kritik yang tajam paradigmatik, provokatif, tetap subtantif disertai tawaran yang solutif.

Judul : Satu Anak Satu Kurikulum Penulis : Rohmani, SPd.

Berhujjah Dengan Al Qur'an

Judul : Berhujjah Dengan Al Qur'an Penulis : Drs. Busyroni Majid, M.Si Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 96 Halaman No ISBN : 978-623-497-241-2 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Allah swt., berfirman dalam Surat Al Nahl (16) ayat 78 وَٱللَّهُ أَخۡرَجَكُم مِّنۢ بُطُونِ أُمَّهَٰتِكُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ شَيۡا وَجَعَلَ لَكُمُ ٱلسَّمۡعَ وَٱلۡأَبۡصَٰرَ وَٱلۡأَفۡ‍ئدةَ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. Jika manusia tidak mengetahui apa pun maka korelasinya tentunya tidak dapat melakukan apa pun. Allah swt., Maha Sembada dengan menganugerahkan segala perangkat yang dibutuhkan manusia untuk menjalani kehidupan dengan segala dinamika yang ada. Saat manusia dapat melakukan dan meraih apa yang diinginkan, semestinya memahami modal yang telah diberikan. Rasa tahu diri, harus menghasilkan rasa introspeksi dan mawas diri, apakah yang dilakukan, diucapkan dan dicanangkan telah sesuai dengan hujjah yang ada dalam Al Qur’an. Al Qur’an di hari kiamat bagi diri kita akan menjadi salah satu dari dua fungsi al Qur’an, apakah menjadi hujjah ataukah menjadi penghujjah kita. Keuntungan jika menjadi hujjah dan kecelakaan jika menjadi penghujjah kita.

Judul : Berhujjah Dengan Al Qur'an Penulis : Drs.

CORPORATE GOVERNANCE : Konsep dan Implementasinya Pada Emiten Saham Syariah

Judul : CORPORATE GOVERNANCE : Konsep dan Implementasinya Pada Emiten Saham Syariah Penulis : Dr. Evan Hamzah Muchtar, S.E., M.E.Sy Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 274 Halaman ISBN : 978-623-6872-54-3 Pelaksanaan Tata kelola perusahaan (Corporate Governance) dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan meningkatkan kinerja keuangannya yang diukur melalui kualitas laba. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan atau kualitas laba yang baik. Kinerja keuangan atau kualitas laba perusahaan merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh calon investor untuk menemukan investasi saham. Semakin baik pertumbuhan kualitas laba perusahaan berarti prospek perusahaan di masa depan dinilai semakin baik, artinya nilai perusahaan juga akan dinilai semakin baik di mata investor. Indikator-indikator pada tata kelola perusahaan yang terdiri dari hubungan perusahaan dengan pemegang saham, fungsi dan peran Dewan Komisaris, fungsi dan peran Direksi, partisipasi pemangku kepentingan dan keterbukaan informasi perlu diterapkan lebih makasimal untuk meningkatkan profitabilitas sehingga meningkatkan nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syaiah Indonesia (ISSI). Dalam buku ini akan dibahas : 1. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap profitabilitas pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 2. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 3. Bagaimana mengkaji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 4. Bagaimana mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Sumber : Tobin's Q versi Chung dan Pruitt (1994) D. Pasar Modal Syariah 1. Perkembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia Keberadaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal menjadi pemicu kehadiran beragam ...

Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah

Judul : Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah Penulis : Dr. H. Ahmad, M.Ag., Dr. Rasto, M.Pd. Mohammad Akmal Haris, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-62333-3-7 SINOPSIS Karya ilmiah termasuk di dalamnya skripsi berbeda dengan tulisan lepas biasa. Di dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah yang baik dan benar. Melalui karya ilmiah, mahasiswa dapat mengungkapkan pikirannya secara sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Dengan mengacu pada hasil kajian pustaka yang bersumber baik dari publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal, artikel, buku teks, makalah, prosiding, atau juga publikasi internet lainnya, mahasiswa melakukan pengamatan lapangan, melakukan penelitian historis atau kajian kepustakaan. Buku pedoman ini dibuat dalam rangka meramu kaidah-kaidah yang berlaku tersebut agar terjadi penyelarasan dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah di lingkungan STIT Al-Amin Indramayu, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan dosen dengan sifat yang seragam.

Judul : Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah Penulis : Dr. H. Ahmad, M.Ag., Dr. Rasto, M.Pd. Mohammad Akmal Haris, M.Pd. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-62333-3-7 SINOPSIS Karya ilmiah termasuk di dalamnya ...