Sebanyak 58 item atau buku ditemukan

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal

Buku ini berlandaskan dan berakar dari skripsi yang penulis tulis sebagai syarat sarjana pendidikan bidang bimbingan dan konseling pada Universitas Negeri Padang. Penulis mengeksplorasi ide-ide yang terdokumentasi secara sistematis dalam skripsi tersebut ke dalam buku ini. Banyak pengembangan teori yang sengaja penulis buat, khususnya dalam mengklasifikasikan pelayanan konseling. Dengan mengucapkan asma Allah swt dan puji syukur ke hadirat Yang Maha Kuasa yang mana telah menganugerahkan kekuasaan Nya kepada penulis untuk menguasai waktu dalam menyelasaikan buku yang berjudul “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal”. Buku ini juga dilengkapi bagian refleksi dan oasis sebagai penyegaran materi motivasi sehingga motivasi pembaca juga meningkat setelah membaca buku ini khususnya bagi konselor atau guru BK.

Buku ini berlandaskan dan berakar dari skripsi yang penulis tulis sebagai syarat sarjana pendidikan bidang bimbingan dan konseling pada Universitas Negeri Padang.

Sejarah Pendidikan Islam

Diandra Kreatif

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun (dibaca syajarah), diartikan sebagai pohon kayu. Kata ini menunjukkan sifat, bentuk kejadian,perkembangan atau pertumbuhan tentang ihwal peristiwa yang terjadi secarakesinambungan (kontinuitas). Selain itu, ada pula pakar yang menyatakanbahwa istilah syajarah seperti dikemukakan di awal tidak sama dengan maknasejarah sebagaimana dimaksud dalam ilmu sejarah, sebab sejarah tidak hanyadapat dimaknai seperti halnya pohon keluarga, asal usul atau silsilah dari kajiansejarah.

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun (dibaca syajarah), diartikan sebagai pohon kayu.

Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam : Paradigma Membangun Sekolah Ramah Anak

Diandra Kreatif

Penulisan buku “Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam (Paradigma Membangun Sekolah Ramah Anak)” ini ditujukan untuk lebih mengembangkan dan memperdalam kajian Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Kajian Tafsir, Kajian Tokoh serta acuan untuk mengkondisikan sekolah yang ramah terhadap anak, sehingga dapat menyempurnakan dan melengkapi berbagai hal yang belum dibahas dalam kajian yang telah ada sebelumnya. Ketika buku ini digunakan oleh para mahasiswa, maka secara praktis wawasan mahasiswa terhadap kajian ke-Islaman akan semakin luas dan mendalam. Sedangkan ketika buku ini digunakan oleh praktisi pendidikan, maka dapat dijadikan dalam membangun dan mengembangkan sekolah yang bersahabat dengan anak. Dengan demikian, pelaksanaan pendidikan akan semakin arif, bijaksana, matang, mendalam, universal dan sistematik sehingga mampu membangun kondisi yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis terhadap anak. Pendidikan harus bisa menghadirkan sudut senyum bagi setiap anak, mereka datang ke sekolah atas dasar hati yang senang baik untuk si kaya maupun miskin, keragaman latar belakang, karakteristik (laki-laki ataupun perempuan), kelompok difabel, cepat atau lambat kemampuannya dalam proses belajar mengajar, namun gerbang dan pintu sekolah tetap terbuka lebar bagi mereka dalam menyambut amanah-amanah Allah swt.

Masyarakat secara proaktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kebijakan dan alokasi anggaran penerapan SPM PAUD/pendidikan dasar/pendidikan menengah/madrasah dalam upaya penerapan Sekolah Ramah Anak. 5. Dunia Usaha a.

Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi

Elmatera

Buku Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi ini mengupas metodologi dan teknik penulisan skripsi tesis disertasi serta berbagai cara untuk menangani permasalahan-permasalahan yang seringkali dialami mahasiswa sosial-humaniora. Buku ini akan membantu anda memulai, mengerjakan, hingga menyelesaikan karya ilmiah anda dengan cepat, tepat dan akurat.

harus bisa dikuantitatifkan ke dalam angka-angka, misalnya 70% berita Kompas selama setahun adalah bertema politik. Analisis isi kuantitatif lebih memfokuskan diri pada isi ilmu-ilmu sosial yang tampak manifes.

Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional

Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menganugerahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayat melalui firman-firmanNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berjudul “Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional: Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Dari judul tulisan ini, maka tentunya berisi tentang analisis terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang berkenaan dengan Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Kebijakan seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat profesi bimbingan dan konseling di Indonesia. Kebijakan ini berharap menjadi landasan hukum sekaligus pedoman dalam pelaksanaan BK di sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Harapan lainnya adalah untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang BK oleh masyarakat dan personil sekolah termasuk siswa. Walaupun demikian, setiap yang diciptakan manusia termasuk kebijakan ini, tentunya juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan dari kebijakan ini. Oleh karena itu, penulis berusaha memberikan masukan, ide, pendapat, pandangan dan kritikan terhadap kebijakan ini beserta kebijakan lain yang masih terkait.

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menganugerahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayat melalui firman-firmanNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berjudul “Langkah Awal Sistem Konseling ...

Studi Al-Qur’an (Teori dan Aplikasinya dalam Penafsiran Ayat Pendidikan)

Diandra Kreatif

Secara komprehensif, buku Studi Al-Qur’an (Teori dan Aplikasinya dalam Penafsiran Ayat Pendidikan) menyajikan dan memaparkan hal-hal yang berhubungan dengan ‘Ulum al-Qur’an, seperti pewahyuan, Al-Makkiyah dan Al-Madaniyah, Nasikh dan Mansukh, Munasabah, Hermeneutika, tafsir tematik dan sebagainya yang diaplikasikan terhadap ayat-ayat pendidikan. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan warna baru dalam proses pendidikan Islam terutama di kalangan mahasiswa, pendidik serta semua pihak yang terlibat dalam pendidikan Islam, berupa pengembangan konsep pendidikan berlandaskan Al-Qur’an yang kemudian dikontekstualisasikan dalam menjawab persoalan-persoalan kehidupan yang semakin kompleks.

Pettinato penerjemah naskah-naskah kuno dari Universitas Roma sebagaimana dikutip oleh M. Quraish Shihab mengidentifikasi bahwa ... 306. 192 a STUDI ALQURAN: Teori dan Aplikasinya dalam Penafsiran Ayat Pendidikan Muhammad Nur Faizin, S.Pd.

Peserta didik dan guru bimbingan konseling dalam pembelajaran

Diandra Kreatif

Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program. Sebagaimana dalam hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling (studi kasus SMA di Sorong), secara umum siswa menilai guru pembimbing yang bertugas memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah senantiasa menunjukkan sikap yang positif, dan ternyata latar belakang pendidikan guru bukan menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan. Sehingga dalam proses pelaksanaannya masih ada beberapa metode yang perlu ditingkatkan. Akan tetapi ditinjau dari aspek perilaku guru pembimbing, penampilan guru pembimbing, maupun unjuk kerja guru pembimbing dalam setiap layanan bimbingan dan konseling dinilai positif oleh siswa didalam pelaksanaannya. Buku ini memaparkan persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong, bahwa guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong telah melakukan kinerja dengan baik atau positif dengan berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan

Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program.