Sebanyak 19831 item atau buku ditemukan

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BIDANG TEKNOLOGI

Terminologi, Prosedur dan Pengembangan Program dan Instrumen

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama. Alhamdulillahirobbil-‘alamin, penulis panjatkan puji syukur ke hadlirat Alloh SWT atas segala limpahan rahmat-Nya, sehingga buku ini dapat dipersembahkan kepada para pembaca. Paparan teoretik yang terkait dengan konteks dan ranah bidang teknologi beserta pembelajarannya, serta berbagai terminologi terkait dengan evaluasi yang dilengkapi dengan kiat-kiat dalam prosedur pengembangan program dan instrumen evaluasi menjadi isi utama dalam buku ini. Tampilan dan bentuk kemasan paparan buku ini lebih berdasarkan pada karakteristik isi bidang kajian, penggunaan bahasa dan kerangka pikir yang mudah dipahami oleh pembaca. Berbagai contoh kiat pengembangan program dan instrumen evaluasi diangkat dari pengalaman penulis, antara lain sebagai konsultan pengembangan bidang pembelajaran, evaluator berbagai program hibah perguruan tinggi, evaluator proposal dan laporan penelitian, serta akreditasi jurnal perguruan tinggi di Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M), tim pengembang instrumen seleksi untuk masuk perguruan tinggi, tim Pengembangan instrumen sertifikasi guru dalam jabatan dan pra-jabatan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, peneliti dalam bidang pembelajaran, pembimbing dosen muda dan mahasiswa program S1, S2, dan S3, dan fasilitator berbagai kegiatan seminar dan pelatihan yang terkait dengan pengembangan pembelajaran dan evaluasi yang relevan dengan rumpun bidang keahlian guru besar penulis yaitu Teknologi Pembelajaran Kejuruan Teknik.

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian Keterampilan Berbahasa, (7) Penilaian Apresiasi Sastra, dan (8) Uji Kemahiran Berbahasa. Pembaca diharapkan berkompeten; a. Mampu membedakan konsep evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes. b. Mampu mendeskripsikan sejarah kebijakan ujian nasional di Indonesia, penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan mekanisme penilaian pembelajaran. c. Mampu merumuskan prinsip-prinsip penilaian. d. Menerapkan penilaian berbasis HOTS. e. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kebahasaan dan kesastraan. f. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berbahasa. g. Mengembangkan instrumen penilaian apresiasi sastra. h. Menguasai uji kemahiran berbahasa Indonesia.

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian ...

MONITORING DAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penelitian dari karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berjudul : “Efektifitas Monitoring dan Evaluasi Melalui Model Pendekatan Face To Face Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di SMP Muhammadiyah Parepare Tahun Pelajaran 2015/2016” Disadari bahwa selesainya penulisan buku ini tidak terwujud tanpa bantuan, dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak. Penelitian untuk buku ini tidak dapat terselesaikan sebagaimana yang diharapkan, olehnya itu rasa terima kasih dengan dedikasi yang tinggi diucapkan kepada ; Drs. Mustafa Mappangara, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, atas segala arahan dan motivasinya dalam meningkatkan Profesionalisme Pengawas di Lingkungan Dinas pendidikan Kota Parepare, Drs. H. Mujahidin Rauf, M.Pd., selaku Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Parepare yang telah banyak memberikan konstribusi terhadap pelaksanaan dan penyelesaian Laporan Penelitian Tindakan Sekolah ini, Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada rekan-rekan Pengawas Dinas Pendidikan Kota Parepare, atas kerjasamanya dalam melakukan penelitian ini, Anwar Ali, S.Pd., selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah yang ikut membantu dalam pengolahan data penelitian dan tak lupa Guru Mata Pelajaran PKn dan IPS yang telah berkolaborasi dengan penulis dalam melancarkan proses penelitian ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelenggaraan penelitian ini.

Perencanaan pembelajaran merupakan langkah yang sangat penting sebelum pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang matang diperlukan upaya pelaksanaan pembelajaran berjalan secara efektif. Perencanaan pembelajaran dituangkan ke dalam ...

EVALUASI PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan ...

Evaluasi Penanggulangan Bencana : Pembelajaran Peran Pusat Studi Bencana IPB dalam Penanggulangan Bencana

Buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana dari sudut pandang perguruan tinggi sebagai salah satu stakeholder penanggulangan bencana, yang diharapkan dapat menguatkan sistem nasional penanggulangan bencana melalui penguatan komponen IPTEKs-nya. Dengan demikian, buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana sesuai tingkat partisipasi, keterlibatan, dan pengalaman yang diperoleh Pusat Studi Bencana selama ini dalam penanggulangan bencana. Sesuai dengan tridarma yang diemban perguruan tinggi maka buku ini juga meliputi empat bab yang menguraikan tridarma, yaitu pendidikan, pengabdian, dan penelitian. Adapun substansi yang diangkat dalam setiap darma tersebut sesuai dengan keterlibatan Pusat Studi Bencana IPB dalam penanggulangan bencana sampai buku ini ditulis.

Buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana dari sudut pandang perguruan tinggi sebagai salah satu stakeholder penanggulangan bencana, yang diharapkan dapat menguatkan sistem nasional penanggulangan bencana melalui penguatan ...

Decision-Oriented Educational Research

Decision-Oriented Educational Research considers a form of educational research that is designed to be directly relevant to the current information requirements of those who are shaping educational policy or managing edu cational systems. It was written for those who plan to conduct such research, as well as for policy makers and educational administrators who might have such research conducted for them. The book is divided into three main parts. Part I is background. Chapter 1 describes some of the basic themes that are woven throughout subsequent chapters on decision-oriented research. These themes include the impor tance of taking a systems view of educational research; of understanding the nature of decision and policy processes and how these influence system re search; of integrating research activities into the larger system's processes; of the role of management in the research process; of researchers and managers sharing a sense of educational purposes; and of emphasizing system improvement as a basic goal of research process. Chapter 2 is a discussion of the background of the research activities that form the bases of this book. Our collaboration with the Pittsburgh public school system is described, as are the methods and structure we used to build the case histories of our work with the district. Part II, encompassing chapters 3 through 9, addresses basic generaliza tions about decision-oriented educational research that we have derived from our experiences.

Unpublished manuscript, Center for Urban Studies, Cambridge. Eichhorn, D.H. (1966). The Middle School. New York: The Center for Applied Research in Education. Ein-Dor, P., and Segev, E. (1978). Organizational context and the success of ...

Educational Leadership: Perspectives on Preparation and Practice

This book identifies core knowledge that educational leaders need to learn in pre-service preparation and throughout in-service professional development. The contributors discuss established pedagogical and experiential learning models as well as provocative new paradigms of their own to help prepare leaders and reinforce leadership effectiveness.

Unpublished manuscript, Department of Educational Leadership & Policy Studies, Southern Connecticut State University, New Haven, CT. Berk, L. E. (1986). Relationship of elementary school children's private speech to behavioral ...

Encyclopedia of Educational Research

A Project of the American Educational Research Association

Goetsch ( 29 ) Covert ( 14 ) , on the other hand , describes current found that early manuscript training did not appear practices in that state in terms of the extent to to have an adverse effect upon the quality of cursive which ...

Handbook of Research for Educational Communications and Technology

A Project of the Association for Educational Communications and Technology

First Published in 2008. Routledge is an imprint of Taylor & Francis, an informa company.

To illustrate how such an integration could be useful, we recall conducting an editorial review of a manuscript submitted by Klein and Pridemore (1992) for publication in ETR&D. The focus of their study was the effects of cooperative ...

International Handbook of Interpretation in Educational Research

This handbook focuses on the often neglected dimension of interpretation in educational research. It argues that all educational research is in some sense ‘interpretive’, and that understanding this issue belies some usual dualisms of thought and practice, such as the sharp dichotomy between ‘qualitative’ and ‘quantitative’ research. Interpretation extends from the very framing of the research task, through the sources which constitute the data, the process of their recording, representation and analysis, to the way in which the research is finally or provisionally presented. The thesis of the handbook is that interpretation cuts across the fields (both philosophically, organizationally and methodologically). By covering a comprehensive range of research approaches and methodologies, the handbook gives (early career) researchers what they need to know in order to decide what particular methods can offer for various educational research contexts/fields. An extensive overview includes concrete examples of different kinds of research (not limited for example to ‘teaching’ and ‘learning’ examples as present in the Anglo-Saxon tradition, but including as well what in the German Continental tradition is labelled ‘pädagogisch’, examples from child rearing and other contexts of non-formal education) with full description and explanation of why these were chosen in particular circumstances and reflection on the wisdom or otherwise of the choice – combined in each case with consideration of the role of interpretation in the process. The handbook includes examples of a large number of methods traditionally classified as qualitative, interpretive and quantitative used across the area of the study of education. Examples are drawn from across the globe, thus exemplifying the different ‘opportunities and constraints’ that educational research has to confront in different societies.

Studying in a blended learning environment: Researching congruency between learning environment and student characteristics and the ... Manuscript accepted for publication in The International Journal of Cyber Society and Education.