Sebanyak 22596 item atau buku ditemukan

Surat Kabar Pemimpin Belajar 004 - Pemimpin yang Menyukseskan Pembelajaran Berbasis Proyek

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik perencanaan proyek pembelajaran mencakup praktik yang memfasilitasi guru menerjemahkan kurikulum satuan pendidikan menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian projek pembelajaran lintas pelajaran. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada identifikasi cakupan pembelajaran, penentuan asesmen, menyusun strategi pembelajaran, penentuan sumber belajar dan perencanaan kegiatan belajar. Topik refleksi dan pengembangan mencakup praktik yang memfasilitasi guru, tenaga kependidikan dan warga sekolah dalam melakukan refleksi pengelolaan kurikulum satuan pendidikan sebagai dasar dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum satuan pendidikan. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pengumpulan data hasil belajar, refleksi berkala, pengumpulan umpan balik, analisis data hasil belajar, perbaikan dan pengembangan kurikulum satuan pendidikan.

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 002 - Menghidupkan Visi Satuan Pendidikan melalui Komunikasi dan Pelibatan Komunitas

Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Penguatan Visi Satuan Pendidikan. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi satuan pendidikan mempunyai visi yang jelas dan kontekstual. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pemetaan potensi & aspirasi, refleksi visi, perumusan visi, komunikasi visi, penerjemahan visi, pelibatan komunitas dan lainnya. Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Isi tidak sepenuhnya mewakili pandangan redaksi.

Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Penguatan Visi Satuan Pendidikan. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi satuan pendidikan mempunyai visi yang jelas dan kontekstual.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 001

Bergerak Tingkatkan Kapasitas Sekolah

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik yang dibahas dalam edisi kali ini adalah Peningkatan Kapasitas. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi kesiapan guru, tenaga kependidikan, dan warga sekolah dalam melaksanakan kurikulum yang memberdayakan konteks. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pelatihan, mentoring, coaching, sosialisasi, manajemen perubahan, pengenalan potensi lokal, pelibatan komunitas dan lainnya.

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan.

Surat Kabar Pemimpin Belajar 003 - Pengembangan Kurikulum Sekolah yang Merdeka

Surat Kabar Pemimpin Belajar lahir sebagai upaya mengajak calon dan pemimpin pendidikan berkolaborasi menyediakan dukungan kepemimpinan. Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Kurikulum Satuan Pendidikan. Topik ini mencakup praktik yang memfasilitasi kesiapan guru, tenaga kependidikan, dan warga sekolah dalam melaksanakan kurikulum yang memberdayakan konteks. Cakupan tersebut bisa meliputi tapi tidak terbatas pada pelatihan, mentoring, coaching, sosialisasi, manajemen perubahan, pengenalan potensi lokal, pelibatan komunitas dan lainnya.

Dukungan dalam bentuk kumpulan praktik baik kepemimpinan pendidikan yang praktis, terbukti dan merdeka belajar. Topik yang akan kita bahas dalam edisi kali ini adalah Kurikulum Satuan Pendidikan.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas 9

Pada tahun 2013, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai acuan penyelenggaran sistem pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia. Diberlakukannya kurikulum 2013 bertujuan untuk menggantikan kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Pada perjalanannya, kurikulum 2013 mengalami revisi pada tahun 2016. Ada sejumlah perubahan pada kurikulum 2013 revisi 2016 ini. Beberapa poin penting dari kurikulum revisi ini diantaranya menggunakan metode pembelajaran aktif, proses berpikir siswa yang tidak dibatasi, penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru, meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta penerapan teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta). Seiring dengan direvisinya sistem kurikulum 2013, maka setiap mata pelajaran di sekolah pun turut mengalami perubahan, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” disusun mengacu pada standar kurikulum 2013 revisi 2016. Dalam buku karya Moh. Suyono ini, setiap materi disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga diajak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui buku ini. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” dapat dijadikan sebagai rujukan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 SMP sederajat yang menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016.

Smp/Mts Kelas IX Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kurikulum 2013 edisi revisi 2016

Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX

Untuk versi cetak, silakan kunjungi link: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2021/2/pasti-bisa-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti-untuk-smpmts-kelas-ix#.YW1DyFVBxhE Seri buku PASTI BISA merupakan buku pengayaan yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini berisi materi dan soal-soal latihan untuk membantu siswa menghadapi ulangan harian dan ulangan akhir semester. Buku yang membantu siswa mempersiapkan diri agar sukses meraih nilai tinggi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut. • Berisi ringkasan materi pelajaran sesuai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013. • Dilengkapi contoh-contoh soal pada setiap subbab yang dibahas secara gamblang dan mudah dipahami (belajar melalui contoh). • Dilengkapi soal-soal latihan yang komprehensif di bagian akhir bab untuk menguji pemahaman materi di setiap bab. • Dilengkapi soal-soal Penilaian Hasil Belajar Semester 1 dan Penilaian Hasil Belajar Semester 2 sebagai latihan untuk menghadapi ulangan akhir semester. Seri PASTI BISA membantu mencapai kesuksesan meraih nilai tinggi pada ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Untuk versi cetak, silakan kunjungi link: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2021/2/pasti-bisa-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti-untuk-smpmts-kelas-ix#.YW1DyFVBxhE Seri buku PASTI BISA merupakan buku pengayaan yang disusun ...

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas 8

Pada tahun 2013, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai acuan penyelenggaran sistem pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia. Diberlakukannya kurikulum 2013 bertujuan untuk menggantikan kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Pada perjalanannya, kurikulum 2013 mengalami revisi pada tahun 2016. Ada sejumlah perubahan pada kurikulum 2013 revisi 2016 ini. Beberapa poin penting dari kurikulum revisi ini diantaranya menggunakan metode pembelajaran aktif, proses berpikir siswa yang tidak dibatasi, penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru, meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta penerapan teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta). Seiring dengan direvisinya sistem kurikulum 2013, maka setiap mata pelajaran di sekolah pun turut mengalami perubahan, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” disusun mengacu pada standar kurikulum 2013 revisi 2016. Dalam buku ini, setiap materi disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga diajak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui buku ini. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” dapat dijadikan sebagai rujukan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 SMP sederajat yang menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016.

Smp/Mts Kl.Viii Pai & Budi Pekerti Kurikulum 2013 Ed 2016

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas 7

Buku ini merupakan bahan ajar mata pelajaran PAI untuk pegangan siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan Kementerian Agama Republik Indonesia 2021 dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar PAI. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kementerian Agama Republik Indonesia 2021, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS 7. Kurikulum ini sendiri memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Buku Sekolah Penggerak tingkat SMP ini disusun sebagai upaya untuk menyiapkan siswa agar menjadi peserta didik yang mewujudkan visi dan misi yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian seperti Pelajar Pancasila. Buku Teks Pelajaran sekolah penggerak dibuat berdasarkan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020–2035 dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terutama faktor perbaikan kurikulum nasional, pedagogi, dan penilaian. Detail Jumlah Halaman 272 Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Tanggal Terbit 22 Jul 2022 Berat 0.485 kg ISBN 9786022444343 Lebar 17.8 cm Bahasa Indonesia Panjang 25 cm

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS 7.

Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti untuk SMP/Mts Kelas VIII

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan keterampilan. Diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik. Memang, dalam buku ini tidak semua pengetahuan dan keterampilan dijabarkan secara luas. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta didik mau mencari informasi lain sebagai pendalaman dan perluasan materi. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari tahu, bukan diberi tahu. Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Pengantar Matematika Ekonomi

Buku ini berisikan pelajaran matematika ekonomi dimana setiap bab selalu dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar, mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep-konsep yang telah dibahas. Pendalaman konsep pada contoh soal yang disertai dengan penyelesaiannya dan dilengkapi juga dengan soal-soal latihan. Dengan demikian ketika mengakhiri pembahasan pada masing-masing bab, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul.

Buku ini berisikan pelajaran matematika ekonomi dimana setiap bab selalu dilengkapi dengan pendahuluan sebagai pengantar, mengarahkan pikiran pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep-konsep yang telah ...