Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Buku Metodologi Penelitian Hukum Islam yang berada di tangan pembaca ini memaparkan berbagai pola, teknik, dan metode penelitian dalam hukum Islam. Materi dalam buku ini menguraikan mulai dari materi yang bersifat teori hingga praktik dan contoh proposal penelitian.Dengan kata lain, buku ini tidak hanya menghadirkan konsep dan teori, tetapi contoh praktis yang dapat dijadikan panduan. Semoga buku ini bermanfaat bagi para mahasiswa, dosen, peneliti hukum Islam, dan seluruh masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
... process). Melihat substansi studi yang demikian, jelaslah bahwa studi ini tidak lagi merupakan studi hukum dalam arti ... legal research). Dalam konteks hukum Islam, tingkat keempirisan hukumnya terletak pada praktik. 108 Ibid., hlm. 104 ...
Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan referensi metodologi penelitian, khususnya bagi para peneliti pemula. Didukung dengan pengalaman luas diri penulis dalam meneliti, mengajarkan ilmu penelitian, dan menyampaikan gagasan dalam presentasi serta publikasi maka pengetahuan yang relatif sulit dikuasai karena erat kaitannya dengan penalaran ini menjelma menjadi bahan bacaan yang mudah diikuti dan inspiratif.
Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan tetapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. Ilmu dan pengetahuan terkadang dirangkum menjadi satu kata majemuk yang mengandung arti tersendiri. Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ilmu disamakan dengan pengetahuan, sehingga ilmu adalah pengetahuan. Namun jika kata pengetahuan dan kata ilmu tidak dirangkum menjadi satu kata majemuk atau berdiri sendiri, akan tampak perbedaan antara keduanya. Berdasarkan asal katanya, pengetahuan diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu knowledge. Sedangkan pengetahuan berasal dari kata Science. Tentunya dari dua asal kata itu mempunyai makna yang berbeda.
Penelitian kebidanan merupakan suatu kegiatan penelitian yang membahas masalah kebidanan yang timbul berdasarkan teori-teori ilmiah dan kenyataan objektif sehingga dapat dibuat suatu analisis untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang benar dalam menjawab masalah yang sedang dibahas. Masalah kesehatan terjadi apabila terdapat kesenjangan antara apa yang seharusnya ada dengan apa yang sekarang ada. selain kesenjangan, juga dapat berupa kontroversi, inkonsistensi maupun perbedaan. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Kesehatan]
Penelitian kebidanan merupakan suatu kegiatan penelitian yang membahas masalah kebidanan yang timbul berdasarkan teori-teori ilmiah dan kenyataan objektif sehingga dapat dibuat suatu analisis untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang benar ...
Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, kontrol diri dan kematangan emosional, konsep diri dan pengembangannya, keteramPilan komunikasi diadik dan implikasinya dalam pembelajaran, dan keterampilan sosial serta perkembangarinya. Buku persembahan penerbit prenadaMedia
Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, ...
Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut. Perbincangan dalam buku ini mencakup bagaimana keterampilan lunak dan motorik anak berkembang; apa pengaruh media pada anak di periode tersebut serta bagaimana anak dapat terpengaruh, sampai perkembangan peran gender dan seks serta emosi anak yang terjadi dan berlangsung pada periode tersebut. Dari cakupan pembahasan yang ada di dalamnya, buku ini penting bagi semua orang yang hendak dan sedang menggeluti perkembangan anak usia dini Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Psikologi Belajar Aplikatif mengkaji aspek praktis psikologi belajar. Tidak teoritis membosankan, tetapi kajianya nyata serta dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Aplikasinya tidak terlepas dari guru, memberikan pemahaman penunjang dan penghambat keberhasilan belajar, serta memberikan bantuan mengatasi masalah belajar sesuai dengan karakteristik usia belajar,karena setiap usia belajar memiliki karakteristik tersendiri. Guru bijaksana memahami perkembangan dan karakteristik anak didiknya sehingga memberikan cara yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar. Keberhasilan belajar tidak dapat dicapai tanpa memahami cara belajar. Cara belajar efektif harus dipahami sehingga menemukan cara tepat sesuai individu. Akhirnya belajar jadi menyenangkan dalam kehidupan sehingga tumbuh manusia cinta belajar. Kelemahan dari hasil belajar yakni lupa. Lupa sebuah penyakit yang harus diobati. Jadi, bagaimana cara mengobatinya? Penulis memberikan kiat praktis untuk mengobati lupa! Belajar kunci kecerdasan. Tanpa belajar, hilang kemampuan pikiran dalam merespon yang kaitannya dengan akal. Oleh karena itu, jadilah manusia cinta belajar.
Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi guru (pendidik) yang profesional di masa mendatang.
2009, (2) diktat Ulumul Hadits tahun 2008, (3) diktat Sejarah Pendidikan Islam
tahun 2009, (4) diktat materi PAI tahun 2010, (5) diktat Filsafat Pendidikan tahun
2009, (6) Modul Manajemen Pendidikan Islam 2010. Penelitian yang dilakukan ...
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.