Sebanyak 49 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR ILMU GIZI OLAHRAGA

Buku ajar ini dimaksudkan sebagai penuntun bagi para pengajar, profesional serta mahasiswa yang baru mengenal dan pertama kali mempelajari Ilmu Gizi Olahraga.

Buku ajar ini dimaksudkan sebagai penuntun bagi para pengajar, profesional serta mahasiswa yang baru mengenal dan pertama kali mempelajari Ilmu Gizi Olahraga.

Kamus Arab-Indonesia Indonesia-Arab + Panduan Praktis Haji & Umroh

Kamus ini dibuat untuk melengkapi kebutuhan para pembelajar bahasa Arab agar dapat memahami bahasa Arab dengan mudah. Memuat ribuan entri yang disertai dengan huruf Arab serta arti dalam bahasa Indonesia. Disusun secara praktis sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Kamus ini juga dilengkapi dengan Panduan Praktis Haji dan Umroh, beserta Kumpulan Doa-doa Spesial di Tanah Suci. -IndonesiaTera-

Kamus ini dibuat untuk melengkapi kebutuhan para pembelajar bahasa Arab agar dapat memahami bahasa Arab dengan mudah.

Cara Mahir Menguasai Ilmu Nahwu: Skematik – Aplikatif – Praktis

Dalam al-Muqaddimah-nya, Ibnu Khaldun memandang “Ilmu Nahwu” sebagai bagian integral dari seluruh pilar linguistik Arab (‘Ulûm al-Lisân al-‘Arab). Ilmu nahwu juga merupakan pondasi kelimuan yang terpenting bagi setiap kajian ilmu-ilmu keislaman (al-‘Ulūm al-Islāmiyah) seperti Fiqh, Tafsir, Hadits, Tarikh dan disiplin ilmu keislaman lainnya. Tanpa ilmu nahwu kita tidak akan dapat menemukan maksud dan pemahaman utuh (al-fahm al-syāmil wa al-kully) yang terkandung dalam teks-teks keislaman tersebut. Hadirnya buku ini merupakan bentuk ijtihadi sederhana penulis yang berusaha menawarkan langkah-langkah praktis dan cara-cara cerdas dalam mempelajari ilmu nahwu dengan mudah yakni dengan menampilkan contoh-contoh i’rāb yang aplikatif, praktis dan berbasis skematik atau peta konsep (mind map) dalam uraian dan kajian ilmu nahwu. Buku ini juga melatih dan menumbuhkan kejelian dan ketelitian (diqqah) pembelajar dalam mengindentifikasi dan menganalisis posisi kata bahasa Arab dalam sebuah teks atau wacana sehingga pembelajar diharapkan dapat menemukan maksud dan pemahaman komprehensif terhadap teks-teks keislaman yang dipelajari. Disamping itu juga, buku ini sangat membantu bagi pembelajar pemula yang mempelajari ilmu nahwu khususnya tentang i’rab. Di dalamnya dipaparkan mengenai tata cara mengi’rab (analisis) kata bahasa Arab dengan berbagai variannya sesuai dengan tema kajiannya. Selamat membaca !

Dalam al-Muqaddimah-nya, Ibnu Khaldun memandang “Ilmu Nahwu” sebagai bagian integral dari seluruh pilar linguistik Arab (‘Ulûm al-Lisân al-‘Arab).

132 Jawaban Dokter Untuk Perawatan & Perkembangan Bayi

0 - 12 Bulan

Kelahiran bayi pertama adalah momen yang sangat membahagiakan untuk setiap pasangan orangtua. Perawatan bayi yang baru lahir pun menjadi perhatian utama, agar ia bahagia, sehat, dan bagus tumbuh kembangnya. Masa-masa awal kelahiran adalah masa dimulainya perkembangan bayi yang menakjubkan. Buku ini mencakup pertanyaan, info, dan tip seputar perawatan dan perkembangan bayi yang baru lahir sampai berusia 12 bulan, diantaranya: - Bagaimana cara memegang bayi yang benar saat mandi? - Perlukah bayi dimandikan setiap hari? - Mengapa bayi perlu dijemur? - Kenapa bayi yang baru lahir sering bangun di malam hari? - Dan juga pertanyaan-pertanyaan seputar ASI, MPASI, penyakit pada bayi, dan imunisasi. Nikmatilah waktu berharga Anda dengan buah hati. Awasi selalu perkembangannya, dan lihatlah bagaimana ia tumbuh dengan menakjubkan dari hari ke hari. -AnakKita-

76. Kapan bayi mulai diberikan ASI? Sejak lahir. Begitu bayi lahir, segera
lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Terlebih dahulu keringkan bayi, lalu
letakkan bayi di dada ibu. Kira-kira dalam setengah jam, bayi akan mulai aktif
menggerakkan ...

Manusia Dalam Pandangan Psikologi

Pada dasarnya keilmuan yang berkembang tidak lain diperuntukkan untuk kehidupan umat manusia, berkenaan dengan hal tersebut buku ini akan mengupas sisi manusia dari pandangan mazhab psikologi secara sederhana, buku ini juga sangat berguna bagi mahasiswa Sarjana, Pascasarjana, Doktoral, dan juga umum baik berbackgraund pendidikan maupun lainnya yang ingin mengetahui beberapa mazhab psikologi, sebab buku ini didasari oleh teori-teori dasar dari mazhab psikologi mulai dari mazhab psikoanalisis atau psikodinamik, mazhab transpersonal hingga pada persepektif islam yang semuanya dikemas secara sederhana untuk memudahkan pembaca menggali informasi secara ringan dan simple, kemudian didukung dengan penelitian yang update. Manusia Dalam Pandangan Psikologi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Manusia Dalam Pandangan Psikologi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pembelajaran IPS di SD/MI

Sasaran penulisan buku ini terutama ditujukan bagi mahasiswa pada Program Studi (Jurusan) PGSD/PGMI; tidak menutup kemungkinan bagi para guru SD/MI di seluruh nusantara yang menaruh harapan besar dalam rangka optimalisasi peran pendidik (guru) untuk selalu mengasah dan memperbaharui pengetahuan serta kecakapan keilmuan. Buku ini juga diperuntukkan bagi para peneliti pemula, pemerhati pendidikan IPS, juga para pemerhati sosial dan budayawan di negeri ini. Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik Sosial 6) Dinamika Kebudayaan 7) Ruang dan Waktu dalam Sejarah 8) Kenampakan Muka Bumi 9) Perekonomian dan Perilaku Ekonomi 10) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan 11) Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS 12) Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran IPS SD/MI 13) Model – Media Interaktif dalam Pembelajaran IPS SD/MI.

sosial diajarkan sebagai pendidikan kewarganegaraan (citizienship
transmmision), studi sosial diajarkan sebagai ilmu sosial, dan studi sosial yang
diajarkan sebagai reflective inquiry. Adapun definisi yang diajukannya sebagai
berikut.

Konsep Dasar IPS untuk SD/MI

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan. Implikasinya, berbagai tradisi dalam IPS termasuk konsep, struktur, cara kerja ilmuwan sosial, aspek metode, maupun aspek nilai yang dikembangkan dalam ilmu-IPS, dikemas secara psikologis, pedagogis, dan sosial budaya untuk kepentingan pendidikan. Berdasarkan perspektif tersebut, secara umum IPS dapat dimaknai sebagai seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu-IPS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan apa yang terurai di atas, diperlukan suatu buku ajar bagi guru SD/MI, mahasiswa/ calon guru SD/MI atau para pemerhati pendidikan yang haus akan bidang keilmuan IPS. Secara ringkas buku ini membahas mengenai konsep dasar IPS di SD/MI. Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup kajian IPS. Pembahasan selanjutnya meliputi kurikulum dan pembelajaran. Kemudian, pembahasan secara terstruktur analogis mengenai stuktur pranata dan proses sosial, prinsip dasar hukum dan pemerintahan, manusia dan lingkungan, pengaruh budaya asing terhadap kebudayaan sejarah perjuangan bangsa, perekonomian, dan pembangunan nasional Indonesia.

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan.