Sebanyak 55 item atau buku ditemukan

AKUNTANSI MANAJEMEN

Akuntansi merupakan salah satu alat manajemen dalam mengelola perusahaan. Karena adanya keterbatasan informasi dalam akuntansi keuangan, muncullah akuntansi manajemen. Dengan sistem akuntansi manajemen, perusahaan dapat menyediakan informasi untuk penentuan harga pokok produk atau jasa; untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan untuk pengambilan keputusan. Lingkungan ekonomi yang dihadapi perusahaan semakin kompleks menuntut adanya perkembangan terhadap praktik-praktik akuntansi manajemen yang inovatif dan relevan. Untuk menyesuaian kebutuhan perusahaan (pasar), maka buku akuntansi manajemen ini disusun dengan maksud untuk menambah sumber referensi bagi mahasiswa sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah akuntansi manajemen. Buku ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa serta mempermudah dalam pembelajaran akuntansi manajemen. Pembahasan dalam buku ini mempunyai dua kajian, yaitu: pengkajian tentang konsep teoritis yang terkait dengan akuntansi manajemen dan aplikasi berupa contoh-contoh yang relevan dengan kebutuhan perusahaan dan atau organisasi dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

... Manajemen (management accounting) : akuntansi yang memberikan informasi kepada manajemen untuk membantu pengelolaan suatu perushaaan dan pengambilan keputusan ekonomi. Activity analysis : mengidentifikasi, mendeskripsikan, mengevaluasi ...

METODOLOGI PENELITIAN EKONOMI

Pada prinsipnya, buku ini hampir sama dengan buku-buku metodologi penelitian lainnya yang menyajikan urutan langkah dalam melakukan penelitian. Meski demikian buku ini menyajikan dalam bentuk yang agak berbeda karena memuat pola-pola dalam melakukan penelitian sesuai dengan bidang kajian ekonomi baik untuk bidang manajemen, akuntansi dan ilmu ekonomi. Selain itu buku ini disajikan dengan pendekatan praktis disertai dengan berbagai contoh usulan penelitian untuk memudahkan para mahasiswa pada saat menyusun skripsi. Buku ini terdiri dari 10 bab pembahasan. Bab 1 berisi tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan dan proses berfikir dilanjutkan dengan Bab 2 yang berisi tentang dasar-dasar dalam melakukan penelitian. Pada Bab 3-sampai dengan Bab 9, merupakan langkah-langkah dalam memlakukan penelitian, yang dimulai dari proses pemilihan dan perumusan masalah, menentukan kerangka pemikiran dan hipotesis, menentukan identifikasi variabel penelitian, penarikan sampling, metode pengumpulan dan pengolahan datan serta analisis data penelitian. Pada bagian akhir yaitu bab 10 berisi teknik menyusun sebuah laporan penelitian yang baik disertai dengan contoh-contoh proposal penelitian. Meskipun buku ini tergolong sederhana, namun dari berbagai materi yang dibahas akan memberikan pengetahuan dasar bagi mahasiswa pada saat mereka melakukan penelitian untuk menyusun tugas akhir.

Pada prinsipnya, buku ini hampir sama dengan buku-buku metodologi penelitian lainnya yang menyajikan urutan langkah dalam melakukan penelitian.

Desain Penelitian Kualitatif Sastra

Buku ini dapat menjadi pegangan dalam melakukan penelitian sastra, utamanya bagi mahasiswa. Hal ini menjadi penting karena banyak ditemui mahasiswa yang kesulitan, alih-alih menyusun rancangan penelitian, memahami hakikat sebuah penelitian. Dengan mengacu pada desain penelitian kualitatif, diharapkan buku ini dapat menjadi “pemandu” mahasiswa dalam memahami, merumuskan, dan merancang desain penelitiannya. Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, pemahaman terhadap metodologi penelitian sastra yang memusatkan pada sifat objektifitas berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah perlu diketengahkan. Karenanya, buku ini dirancang sedemikian rupa agar memudahkan pembaca untuk merancang penelitiannya. Buku ini tidak didesain untuk mengemukakan berbagai perkembangan asumsi teoretis dalam penelitian sastra, tetapi lebih mengedepankan prinsip praktis. Artinya, dengan membaca buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami dengan baik langkah demi langkah yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam menyusun desain penelitian sastranya.

Buku ini dapat menjadi pegangan dalam melakukan penelitian sastra, utamanya bagi mahasiswa.

Telaah Kurikulum

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab V perkembangan kurikulum sekolah dari masa ke masa, 6) Bab VI kurikulum 2013, 7) Bab VII penelitian berbasis kurikulum. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Penggunaan buku ini semoga bermanfaat untuk semuanya.

Buku ini berisikan 7 bab materi diantaranya adalah 1) Bab I model konsep kurikulum, 2) Bab II azas dan prinsip pengembangan kurikulum, 3) Bab III model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum, 4) Bab IV evaluasi kurikulum, 5) Bab ...

Buku Rekayasa Sosial Model Pendidikan Karakter Dinamika Historis Model Pendidikan Karakter Bangsa Dari Masa Orla - Orba - Reformasi

Konten dan kelahiran buku ini berdasarkan hasil kajian teoritik dan penelitian dilapangan dalam rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang telah penulis lakukan secara intensif selama dua tahun terakhir. Buku ini merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan dalam mencari makna Pendidikan Karakter sebagai model baru Rekayasa Sosial dan paradigma pendidikan karakter yang dieksplorasi dengan sungguh-sungguh berdasarkan kajian historis, teoritik dan empiris pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang amat kaya dan beragam. Penulis sebagai peneliti dan praktisi Pendidikan Karakter merasa terpanggil dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai landasan praktek pendidikan di perguruan tinggi dan penyiapan pendidikan guru yang profesional di LPTK. Walaupun demikian, penulis secara jujur juga menyampaikan bahwa terdapat sejumlah konsep yang dikutip dan merupakan kompilasi dari beberapa referensi yang ada. Penulis juga menyadari bahwa dalam proses penyusunan buku ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan kontribusi pemikiran sehingga buku ini bisa kami hadirkan kehadapan pembaca. Untuk itu penulis tidak lupa mengucapkan penghargaan dan terimakasih atas kontribusinya dan kepada penerbit, terimakasih atas kerjasamanya. Kami menghaturkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Universitas Muhammadiyah Malang yang telah membiayai riset ini.

pendidikan karakter di sekolah. Oleh sebab itu, setiap perguruan tinggi hendaknya memiliki pola pembentukan karakter mahasiswa sesuai dengan visi, misi dan karakteristik masing-masing perguruan tinggi. Dengan begitu dimungkinkan pola ...

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi. Keempat komponen tersebut searah dengan kebijakan SNPT yang disepakati dalam dokumen KPT. Selanjutnya, implementasi kurikulum dapat dilakukan secara berkesinambungan antara kurikulum yang dirancang (planned curriculum) dengan kurikulum yang diterapkan (implemented curriculum).

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi.

Ekonomi Internasional

Pengalaman mengajarkan mata kuliah ekonomi internasional memberikan petunjuk akan kebutuhan untuk dapat menjelaskan berbagai fenomena perdagangan dan bisnis internasional melalui berbagai media atau pendekatan baik perangkat matematik, grafik dan uraian kualitatif dengan baik. Untuk itu buku ini ditulis dengan menekankan pendekatan grafis yang didukung oleh penjelasan empiris berbasis pada berita-berita dan artikel di media masa untuk memperkuat penjelasan konseptual teoritis yang disajikan. Harapannya hal ini akan menginspirasi mahasiswa dalam meminati pembelajaran di bidang ini. Sehingga semakin meningkat jumlah mahasiswa yang akan memilih topik-topik perdagangan dan bisnis internasional sebagai karya tulis akhir mereka dalam menyelesaikan pendidikan di strata-1.

Pengalaman mengajarkan mata kuliah ekonomi internasional memberikan petunjuk akan kebutuhan untuk dapat menjelaskan berbagai fenomena perdagangan dan bisnis internasional melalui berbagai media atau pendekatan baik perangkat matematik, ...

Pedoman Pembelajaran Interkultural Berbasis Pendidikan Karakter

Pedoman ini dirancang sebagai upaya menyambut kebijakan baru Mendikbud RI di bidang pendidikan dengan adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) yaitu PP Nomor 64 Tahun 2008 menjadi PP Nomor 19 Tahun 2017. Pada PP tersebut Kemendikbud mendorong perubahan paradigma para guru agar mampu melaksanakan perannya sebagai pendidik profesional yang tidak hanya mampu mencerdaskan anak didik, namun juga membentuk karakter positif mereka agar menjadi generasi emas Indonesia dengan kecakapan abad ke- 21. Mendikbud juga menekankan bahwa pendidikan pada era saat ini diarahkan pada penguatan karakter. Sebagai upaya menyambut kebijakan pendidikan tersebut, penulis berupaya untuk mendukung keterlaksanaannya dengan melaksanakan dan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pembelajaran bagi guru di tingkat SD. Pendampingan pembelajaran interkultural berbasis penguatan karakter pada pelajaran bahasa Inggris yang ditujukan bagi guru SD di Kota Malang ini tidak lepas dari kekurangan dan kelemahan, untuk itu berbagai kritik dan saran sangat penuis harapkan demi kesempurnaan pedoman pembelajaran ini. Pedoman ini tersusun berkat kerja keras tim pengabdian masyarakat yaitu tim dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan beberapa pihak yang terkait dengan program pengabdian ini. Untuk itu penulis mengucapkan terima kepada Kepala Sekolah beserta guru SD Muhammadiyah 4 Malang dan SD Muhammadiyah 3 Assalaam Malang yang telah bekerjasama dengan baik dan membantu terlaksananya program pengabdian ini serta terselesaikannya pedoman ini. Semoga pedoman guru yang tersusun ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan terutama bagi peningkatan pembelajaran bahasa Inggris di SD.

Sebagai upaya menyambut kebijakan pendidikan tersebut, penulis berupaya untuk mendukung keterlaksanaannya dengan melaksanakan dan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pembelajaran bagi guru di tingkat SD. ...