Sebanyak 148 item atau buku ditemukan

Desain Pembelajaran

Keberhasilan mencapai tujuan dan kompetensi pembelajaran sangat ditentukan oleh desain pembelajaran yang disiapkan oleh guru sebelum memulai proses pembelajaran, karena desain merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran, melalui desain pembelajaran yang disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan berbagai pertimbangan, diharapkan dapat menciptakan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Desain pembelajaran pada dasarnya dimulai dari kegiatan analisis yang digunakan untuk menggambarkan masalah pembelajaran sesungguhnya yang perlu dicari solusinya. Setelah dapat menentukan masalah yang sesungguhnya maka langkah selanjutnya adalah menentukan alternatif solusi yang akan digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran. Seorang perancang program pembelajaran perlu menentukan solusi yang tepat dari berbagai alternatif yang ada, baik pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik/taktik pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Selanjutnya ia dapat menerapkan solusi tersebut untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Evaluasi adalah langkah selanjutnya, sehingga nantinya bisa mengetahui rancangan atau desain yang sesuai dengan pembelajaran dan desain tersebut bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Buku Desain Pembelajaran ini disusun sebagai buku ajar pada mata kuliah untuk Program Studi Pendidikan Guru baik tingkat dasar maupun menengah, buku ini dapat dijadikan sebagai sumber bacaan bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan proses perkuliahan.

A. Perencanaan Proses Pembelajaran Kenneth D. Moore (2001; Majid, 2013: 90) membagi perencanaan menjadi, rencana mingguan dan rencana harian. Menurutnya, rencana mingguan itu sangat perlu sebagai garis besar program pengajaran yang bisa ...

Etnografi Komunikasi: Testimoni Empiris Spirit Keragaman pada Komunitas Akar Rumput

Buku Etnografi Komunikasi: Testimoni Empirik Spirit Keragaman pada Komunitas Akar Rumput, sejatinya merupakan hasil riset lapangan yang mengeksplorasi dua isu pokok yakni pertama, bagaimana wujud solidaritas warga masyarakat yang majemuk (dari segi agama) dan kedua, faktor-faktor apakah yang memengaruhi terciptanya solidaritas dalam masyarakat yang berbeda agama tersebut? Riset ini secara serius berupaya mengungkap makna serta mendeskripsikan alasan-alasan apa di balik berbagai bentuk wujud solidaritas yang bisa ditampilkan di antara mereka. Oleh sebab itu, riset ini menggunakan paradigma fakta sosial yakni kenyataan empirik yang bersifat material ataupun nonmaterial tetapi mengatasi individu untuk kemudian mempertanyakan (akibat, konsekuensi atau efeknya) terhadap fakta sosial lain seperti integrasi nasional, demokrasi dan pranata politik lainnya. Pisau analisis etnografi komunikasi ini mengungkapkan secara jelas konteks sosio- kultural ketika terjadi ketegangan politik tingkat lokal yakni sewaktu terjadi suksesi kepemimpinan struktur politik level kepala desa ketika Orde Baru begitu dominan. Sekaligus menjadi refleksi memahami polarisasi antara kekuatan Islam dan Kristen (yang tahun 1966 sempat mencuat) ketika Indonesia memasuki era disrupsi ekonomi-politik 2020 ini. Tetapi menariknya, legasi ketegangan tersebut semakin lunak dan cair tatkala mereka menyadari bahwa sejatinya mereka adalah komunitas akar rumput satu trah. Kontribusi konkret kajian ini adalah pada masyarakat pluralis tetap terbuka pertukaran pesan yang mengokohkan ikatan solidaritas sosial dan spirit mengapresiasi keragaman. Struktur organisasi desa dengan aparatus yang terlibat di dalamnya menjadi aktor kunci bagaimana pesan-pesan komunikasi itu saling didistribusi dan diresepsi dengan menghilangkan prasangka yang kontraproduktif.

Prayitno pun mundur, sementara kubu Islam secara meyakinkan mencalonkan Mulyono yang lebih berhaluan Muhamadiyah. Memulihkan relasi yang agak retak baik di tingkat elite desa maupun antarwarga, pihak Islam yang keluar sebagai pemenang ...

Pesantren Multicultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan

Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan asli Indonesia (indigenous) yang bertujuan menjadikan, membina, mendalami agama yatafaqquhu finddin, mencetak manusia seutuhnya kaffah dan membentuk kepribadian manusia yang memiliki sikap yang dapat memosisikan dirinya sebagai hamba Allah Swt. dan sebagai khalifah di bumi, mengajarkan nilai-nilai Islam dan mengamalkan Islam yang ramah dan berjiwa rahmatan lil aalamin. Karakteristik Islam yang ditampilkan oleh para ulama pemangku pesantren sebagaimana Nabi Muhammad Saw. mengajarkannya adalah penanaman dan pengembangan nilai-nilai infitah (inklusif), tawassut (moderat), musawah (persamaan), dan tawazun (seimbang), karena itu pesantren tampil pula sebagai agen pembudayaan nilai, norma, sekaligus pesan-pesan keagamaan yang memiliki nilai harmoni, kerukunan, persatuan, dan kedamaian bahkan para ahli menilai pesantren mempunyai peran yang cukup signifikan dalam melestarikan budaya lokal, termasuk memelihara nilai-nilai dan tatanan sosial yang harmonis di sekelilingnya. Dalam hal ini Pesantren Ngalah menyelenggarakan keseimbangan ilmu umum dan ilmu agama secara integratif dan sistemik, dan juga mengajarkan secara seimbang antara trilogi Islam: tauhid, syariat/ibadah dan juga tasawuf/thoriqoh. Keilmuan bidang tauhid dan syariat/ibadah diajarkan di lembaga pendidikan formal dan nonformal, sedangkan bidang tasawuf/thoriqoh diajarkan melalui sistem informal. Buku ini menawarkan sejumlah gagasan yang cemerlang yang mudah dipahami dan diimplementasikan di dunia pesantren, di antaranya adalah konsep dasar pendidikan pesantren humanis religius, pendidikan karakter multikultural di pesantren, konsep dasar model pendidikan karakter di pesantren, model pendidikan karakter multikultural, desain pendidikan humanis religius dalam membentuk karakter multikultural santri, best practice nilai karakter multikultural, konstruksi model pendidikan pesantren humanis religius dan konstruksi pendidikan pesantren humanis religius. Buku ini sangat tepat menjadi bacaan dan sumber insprasi bagi mahasiswa S1, S2, S3, dosen, peneliti, serta pengembang teori pendidikan, dan juga masyarakat umum yang concern dengan dunia pesantren untuk mengenal, memahami, mengimplementasikan dan mempertahankan marwah pesantren ala Indonesia.

Sekretaris PPs PAI Multikultural UYP (2019-2020) Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam (2020-sekarang). ... Model Pembelajaran Madrasah Diniyah Ula di Pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan (2014), Upaya Peningkatan Kemahiran ...

Sengketa Kepegawaian dalam Sistem Peradilan Tata Usaha Negara

Sengketa kepegawaian merupakan perselisihan yang timbul akibat adanya suatu keputusan tata usaha negara di bidang kepegawaian oleh badan atau pejabat yang berwenang mengenai kedudukan, hak, kewajiban atau pembinaan PNS. Ini terjadi misalnya karena adanya ketidakseimbangan antara pelanggaran yang telah dilakukan dengan sanksi yang dijatuhkan sehingga menghasilkan putusan hukuman yang tidak tetap. Selain itu, bisa juga karena adanya prosedur-prosedur yang dilangkahi atau kelengkapan administrasi yang belum terpenuhi sehingga penjatuhan hukuman tersebut pun bisa jadi perbuatan hukum “sepihak”. Berkaitan dengan sengketa kepegawaian tersebut, buku ini membahas mengenai materi utamanya yang meliputi permasalahan, penyelesaian hingga analisa kasus atas sengketa kepegawaian itu. Adapun terkait sengketa kepegawaian tersebut penting untuk disampaikan karena selain sengketa kepegawaian adalah kasus yang acap terjadi di Indonesia, juga karena tak jarang pihak pencari keadilan dalam bidang sengketa kepegawaian tidak memperoleh kepastian hukum dan perlindungan hukum. Dengan kehadiran buku ini, selain dapat dijadikan sebagai bahan bacaan, baik bagi mahasiswa dan akademisi, diharapkan buku ini dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai arah pembentukan hukum yang seharusnya dalam rangka penyelesaian sengketa kepegawaian sehingga ada jaminan kepastian hukum.

Sengketa kepegawaian merupakan perselisihan yang timbul akibat adanya suatu keputusan tata usaha negara di bidang kepegawaian oleh badan atau pejabat yang berwenang mengenai kedudukan, hak, kewajiban atau pembinaan PNS.

Aspek Hukum Penyelesaian Sengketa Secara Mediasi di Pengadilan

Secara teoritis dan konsepsional, mediasi adalah cara penyelesaian sengketa di luar pengadilan, namun dalam perkembangannya, mediasi dimasukkan ke dalam cara penyelesaian sengketa melalui pengadilan sehingga menimbulkan pertanyaan banyak pihak. Buku ini menjawab pertanyaan tersebut yang dirinci atas lima bab. Bab I tentang pendahuluan, Bab II tentang Konsep dan Teori Peradilan, Bab III tentang Dari Sengketa Perdata ke Gugatan Perdata, Bab IV tentang Beberapa Aspek Mengenai Mediasi dan Bab V tentang Mediasi; Dari Luar Pengadilan ke Dalam Pengadilan yang dilengkapi dengan PERMA Nomor 01 Tahun 2008 serta Mediasi Perbankan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, merupakan bagian penting dalam mencari penyelesaian secara mediasi. Buku ini diperuntukkan bagi para penegak hukum, praktisi hukum, pelaku usaha serta kalangan mahasiswa

Secara teoritis dan konsepsional, mediasi adalah cara penyelesaian sengketa di luar pengadilan, namun dalam perkembangannya, mediasi dimasukkan ke dalam cara penyelesaian sengketa melalui pengadilan sehingga menimbulkan pertanyaan banyak ...

Hotel Syariah: Teori dan Praktek - Rajawali Pers

Di tengah euforia berkembangnya pariwisata syariah di Indonesia serta tren wisatawan nusantara dan mancanegara yang terus mengalami peningkatan, kehadiran hotel syariah telah menjadi motor penggerak yang sangat signifikan bagi industri Hospitality di Indonesia. Di tengah kehadirannya ini, banyak di antara masyarakat bahkan umat Islam sendiri yang masih bertanya-tanya, apa itu hotel syariah, apa perbedaannya dengan hotel lainnya, bagaimana menjalankan hotel syariah, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah tantangan yang harus kita jawab bersama. Namun lagi-lagi hal ini tidak bisa dijawab dengan mudah semudah membalikkan telapak tangan, selain SDM yang belum memadai juga kebutuhan akan literatur mengenai hotel syariah masih sangat sedikit. Kehadiran buku ini sangat dibutuhkan, baik oleh kalangan masyarakat umum yang ingin mengetahui seperti apa hotel syariah itu, para akademisi yang ingin meneliti lebih dalam tentang hotel syariah, kalangan investor yang ingin ber’hijrah’ membangun hotel yang berkonsep syariah yang kemudian disambut oleh operator hotel, maupun para pemangku kebijakan dalam rangka pertimbangan membuat standardisasi hotel syariah. Dengan menyajikan konsep serta penerapannya, buku ini diharapkan akan mampu menambah khazanah keilmuan di Indonesia, serta dapat membantu perkembangan hotel syariah di Indonesia.

... ibadah fardhu serta kewajiban penting lainnya. Hiburan juga tidak boleh membuat seseorang berbuat suatu perkara yang hukumnya haram seperti membuka aurat, serta qimâr yang sudah sangat jelas keharamannya. Oleh karena itu hotel syariah ...

MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PAUD

Teori dan Praktik dalam Pembelajaran PAUD

Dalam dunia pendidikan, siapapun harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Makna kesenangan yakni bagaimana dalam kegiatan pendidikan tidak terjadi tekanan mental dan fisik baik pada diri pendidik maupun peserta didik. Proses kegiatan pembelajaran seyogiyanya dalam kondisi menyenangkan, pikiran jernih, tidak menimbulkan suasana tegang dan terciptanya suasana yang mendorong tumbuh kembangnya aspek fisik, mental serta berbagai kecerdasan peserta didik. Strategi pembelajaran yang membantu anak melakukan kegiatan, pada akhirnya akan dapat mengkontruksi pengetahuan yang mereka pelajari dengan baik serta merangsang perkembangan nilai moral agama, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Edutaintment merupakan salah satu strategi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan aspek kesenangan dan keceriaan sehingga yang timbul adalah suasana hiburan yang menyenangkan. Strategi edutainment bukan lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bagi anak, namun menjadi sesuatu yang menarik dan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik. Unsur kebahagiaan dalam proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting agar anak antusias dan menambah motivasi dalam diri anak. Tentunya pembelajaran akan berlangsung dengan efektif serta kreativitas anak pun pada akhirnya dapat muncul dengan baik.

“Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda”. Jurnal Thufula, 4(1), 44–62. Sumanto. (2005). ... Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Uno, H. B. (2008).

Analisis Jalur (Perhitungan Manual dan Aplikasi Komputer Statistik)

Analisis jalur (path analysis) merupakan suatu teknik analisis statistika yang dikembangkan dari analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara satu atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikatnya, baik secara simultan maupun parsial. Teknik analisis jalur dikembangkan oleh Sewal Wright pada tahun 1934 sebagai alat untuk mengkaji hubungan antar variabel dalam produksi ternak, namun penerapannya sekarang meluas ke bidang-bidang lain, seperti genetika terapan dan ekonomi. Buku ini menjelaskan mengenai menghitung analisis jalur dengan menggunakan perhitungan manual dan dengan menggunakan aplikasi komputer (Aplikasi SPSS). Pada buku ini penulis membagi pada pokok bahasan menjadi tiga, pertama membahas analisis satu jalur. Pada analisis satu jalur dijelaskan dua model yaitu: model dengan dua variabel eksogen dan satu variabel endogen dan model dengan tiga variabel eksogen dan satu variabel endogen. Pokok bahasan kedua dibahas mengenai analisis dua jalur. Pada analisis dua jalur dijelaskan dua model yaitu: model dengan satu variabel eksogen dan dua variabel endogen dan model dengan dua variabel eksogen dan dua variabel endogen. Pokok bahasan ketiga adalah analisis tiga jalur. Pada analisis tiga jalur dijelaskan model dengan dua variabel eksogen dan tiga variabel endogen.

Analisis jalur (path analysis) merupakan suatu teknik analisis statistika yang dikembangkan dari analisis regresi.

Sejarah Dan Politik Hukum Hak Cipta

Ketika tulisan tentang hukum yang kerap kali bernuansa normatif bermunculan, OK. Saidin mencoba untuk membuka cakrawala baru menawarkan pendekatan hukum dengan paradigma lain, yang sebenarnya bukan juga hal yang baru. Sekalipun tulisan ini semula adalah sebagian dari naskah disertasi beliau – yang oleh penulisnya dimodifikasi dengan penambahan data dan informasi ter- mutakhir – tetapi bagi siapa pun yang membacanya akan larut dalam pemikiran penulisnya. Pembaca akan terbawa jauh ke alam masa lampau, ketika menelusuri perjalanan sejarah Undang-undang Hak Cipta Nasional. Tidak itu saja pembaca akan menukik ke kedalaman seolah-olah menyelam di dasar laut, lalu terbang membubung ke angkasa ketika pembaca masuk ke bab yang meng- uraikan tentang pendekatan filosofis. Pembaca pun akan terbawa ke jalan berliku dan terjal menembus lereng dan bukit ketika pembaca mulai memasuki babak uraian tentang pilihan politik hukum. Inilah paradigma hukum yang ditawarkan oleh OK. Saidin dalam buku ini. Karenanya buku ini menjadi perlu dibaca oleh siapa pun yang berkecimpung dalam dunia hukum, antara lain: 1. Para akademisi dan mahasiswa terutama mereka yang sedang melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S2 dan S3. 2. Para politisi, terutama yang duduk di lembaga Badan Legislatif Nasional. Dewan Perwakilan Rakyat dan siapa pun yang berkecimpung dalam proses pembuatan undang-undang. 3. Para eksekutif dan para pengambil kebijakan dalam bidang hukum Hak Cipta. 4. Para aparat penegak hukum dan pelaku penemuan hukum, terutama polisi, jaksa, advokat, notaris dan para hakim.

Widjaja, Gunawan, Transplantasi Trusts dalam KUH Perdata, KUHD dan Undangundang Pasar Modal Indonesia, Rajawali, ... Soetandyo., Dari Hukum Kolonial ke Hukum Nasional Dinamika Sosial-Politik dalam Perkembangan Hukum di Indonesia ...