Sebanyak 41483 item atau buku ditemukan

Paradigma baru pembelajaran keagamaan di madrasah ibtidaiyah

Essays on religious learning in Islamic elementary school in Indonesia.

Dalam teori dan praktik pembiayaan pendidikan , baik pada tataran makro
maupun mikro , dikenal beberapa kategori biaya pendidikan ( Anwar , 1991
dalam Supriadi , 2003 ) . Pertama , biaya langsung ( direct cost ) dan biaya tidak
langsung ...

Perempuan dan masyarakat pembelajaran

Emancipation of women through Islamic education in Indonesia.

Dalil Kepemimpinan Wanita dalam Politik Pengangkatan kekhalifahan (istihklaf)
yang didalamnya mengandung konsep ... Kalimat al insan dalam bahasa Al Qur'
an mempunyai makna salah seorang anak manusia lelaki maupun perempuan.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Pada bagian awal, dikupas paradigma baru pendidikan dan manusia sebagai makhluk belajar serta hubungan jiwa dan fitrah dengan kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, pokok bahasan berkisar pada berbagai aliran dalam pendidikan dan pembelajaran, konsep, teori, dan metode dalam belajar serta mengajar. Di bagian akhir, buku ini ditutup dengan paparan mengenai keberhasilan belajar mengajar, faktor yang memengaruhinya dan pandangan Islam mengenai keberhasilan belajar mengajar. --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.

Metodologi Penelitian Kesehatan [Edisi Revisi]

Tuntunan Praktis Pembuatan Proposal Penelitian untuk Mahasiswa Keparawatan, Kebidanan, dan Profesi Bidang Kesehatan Lainnya.

Penelitian adalah hal penting dalam berbagai bidang kehidupan manusia di bumi ini. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari aktivitas dunia penelitian, demikian juga di bidang pendidikan dan kesehatan. Perkembangan ataupun kemajuan di berbagai hal di kedua bidang tersebut sangat dipengaruhi oleh aktivitas atau keberhasilan penelitian di bidangnya masing-masing. Kehadiran buku ini adalah ingin menjawab semua permasalahan di atas, baik yang dihadapi oleh peneliti, terutama penelitipemula maupun kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa baik sarjana maupun pasca sarjana dalam membuat proposal penelitian bidang kesehatan (keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, dan lain-lain).

Penelitian adalah hal penting dalam berbagai bidang kehidupan manusia di bumi ini.

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, yakni pengamatan (observation) dan penalaran (reasoning). Metode ilmiah didasari oleh pemikiran bahwa apabila suatu pernyataan ingin diterima sebagai suatu kebenaran maka pernyataan tersebut harus dapat diverivikasi atau diuji kebenarannya secara empirik (berdasarkan fakta) Data dan informasi yang andal (reliable) dan sahih (valid) digunakan untuk menjelaskan suatu gejala dan atau membuat solusi atas suatu maslaah empiris hanyalahdata dan informasi yang diperoleh dengan menggunakan metode ilmiah. Sementara keandalan (reability) dan kesahihan (validity) data dan informasi ditentukan oleh ketepan menggunakan metode penelitian. Ketepatan menggunakan metode penelitian jika peneliti memiliki pengetahuan tentang metode penelitian secara komprehensif dan mampu mengaplikasikanya secara empiris. buku ini menyediakan pengetahuan tentang metode penelitian dan didalamnya juga dikemukakan beberapa aplikasi dan dikemukanan sejumlah contoh. Buku ini dapat digunakana oleh mahasiswa yang sedang mempelajari metodelogi penelitian atau yang sedang menyelesaikan tugas akhir kemahasiswaan, para peneliti-peneliti muda atau yang ingin menggunakannya, baik sebagai bahan perbandingan maupun hbahan acuan atau bahan kepustakaan

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

Metodologi Penelitian Kebidanan

Panduan Penulisan Protokol dan Laporan Hasil Penelitian

Buku Metodologi Penelitian Kebidanan terdiri atas 2 bagian yaitu Bagian I tentang Topik-topik yang Mendasari Penelitian dan Bagian II tentang Panduan Penulisan Protokol dan Laporan Hasil Penelitian. Bagian I berisi 10 bab yaitu Ilmu Pengetahuan dan Metodologi Penelitian, Perkembangan Kebidanan dan Kebutuhan Penelitian, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Kebidanan, Benang Merah dalam Protokol dan Laporan Hasil Penelitian, Jenis-jenis Desain Penelitian, Populasi dan Sampel, Pengumpulan Data, Pengolahan dan Analisa Data, Penilaian Hasil Penelitian, dan Inferensi Penyebab Masalah. Bagian II berisi panduan penulisan protocol dan laporan hasil penelitian untuk D-3 Kebidanan, Skripsi untuk D-4 Kebidanan atau S-1 Kesmas dengan Peminatan Kebidanan dan Karya Ilmiah Magister untuk S-2 Kesmas Peminatan Kespro atau S-2 Kebidanan.

Buku Metodologi Penelitian Kebidanan terdiri atas 2 bagian yaitu Bagian I tentang Topik-topik yang Mendasari Penelitian dan Bagian II tentang Panduan Penulisan Protokol dan Laporan Hasil Penelitian.

Metodologi Penelitian Pendidikan

buku ajar praktis cara membuat penelitian

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.