Sebanyak 4098 item atau buku ditemukan

Analisis Sistem Teknik Kimia

Sistem dalam bidang teknik diartikan sebagai rangkaian subsistem atau rangkaian alat yang saling terkait satu dengan lainnya untuk menjalankan fungsi tertentu tergantung pada besar-kecilnya sistem tersebut. Jika kita memandang sebuah pabrik sebagai suatu sistem maka pabrik tersebut disusun dari beberapa subsistem, misalnya subsistem penyiapan bahan baku, subsistem konversi bahan baku menjadi produk, dan subsistem pemurnian hasil. Masing-masing subsistem tersebut tersusun dari sejumlah alat yang biasa disebut komponen. Pemahaman tentang sistem dalam teknik kimia sangat penting karena dalam bekerja para sarjana teknik kimia sering kali harus melakukan perancangan sistem, membangun sistem, mengoperasikan sistem, dan bahkan melakukan optimasi untuk mendapatkan kinerja sistem yang paling menguntungkan. Berkaitan dengan hal tersebut maka buku Analisis Sistem Teknik Kimia yang dilengkapi dengan soal dan penyelesaiannya sangat diperlukan baik bagi dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan sistem maupun bagi para mahasiswa yang sedang mempelajari sistem. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk menyediakan buku ajar bagi para dosen dan mahasiswa jurusan/departemen teknik kimia di Indonesia. Dengan adanya buku ini, dapat mempermudah para dosen di bidang sistem teknik dalam menyiapkan materi kuliahnya dan para mahasiswa akan lebih mudah dalam memahami materi kuliah terkait dengan persoalan tentang sistem, khususnya sistem di bidang teknik kimia. Para lulusan dari jurusan/departemen teknik kimia juga dapat menggunakan buku ini dalam menghadapi persoalan terkait dengan berbagai sistem yang dijumpai di tempat kerjanya. Dalam buku ini, selain disajikan konsep dan teori terkait dengan sistem, juga disajikan soal-soal dan penyelesaiannya dengan tujuan untuk mempermudah para pembaca dalam memahami konsep dan teori tentang sistem. Keragaman jenis soal yang disajikan dari yang paling sederhana hingga yang kompleks dapat mempermudah para pembaca dalam mempelajari analisis sistem teknik, khususnya analisis sistem-sistem dalam bidang teknik kimia. Pemahaman yang baik terhadap konsep dan teori tentang sistem akan mempermudah para pembaca untuk mempelajari optimasi sistem. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Berkaitan dengan hal tersebut maka buku Analisis Sistem Teknik Kimia yang dilengkapi dengan soal dan penyelesaiannya sangat diperlukan baik bagi dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan sistem maupun bagi para mahasiswa yang sedang ...

Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya

Salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah adalah guru. Peran guru sangatlah penting, sebab di dalamnya terdapat upaya dan aktivitas guru itu sendiri dalam menciptakan proses pembelajaran yang baik dan terarah kepada sasaran. Guru harus sadar bahwa dalam melaksanakan tugasnya, mereka selalu dituntut untuk bersunggung-sungguh dan tanggap terhadap perubahan-perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar wawasan mereka bertambah, serta kemampuan atau kompetensinya di bidang pendidikan semakin meningkat, tidak hanya kemampuan mengajar di kelas tetapi juga mampu tampil di tengah-tengah masyarakat dalam rangka membimbing dan memberikan pandangan-pandangan yang bermanfaat dari segi moral maupun spiritual. Tuntutan yang paling mendesak saat ini adalah akan diberlakukannya era perdagangan bebas ASEAN (AFTA) tahun 2016. Suatu era persaingan pasar bebas, bukan hanya dari aspek ekonomi dan perdagangan saja tetapi dari dunia pendidikan yang menawarkan institusi serta tenaga sumber daya pendidik yang bersaing dan andal dari kawasan ASEAN, yang relatif kualitas pendidikannya lebih tinggi. Untuk itu kompetensi guru dituntut lebih baik lagi. Kompetensi guru berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Dengan guru mempunyai kompetensi, maka kinerja guru pun cenderung akan meningkat ke arah yang lebih baik. Keunggulan sumber daya manusia merupakan kunci daya saing, karena inilah yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan, perkembangan dan kemenangan dalam persaingan. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana upaya peningkatan kinerja guru, sebagai salah satu upaya menjaga kelangsungan dan kemenangan dalam persaingan tersebut, yang ditinjau dari tataran konsep, strategi dan implementasinya, sehingga bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, terutama kepala sekolah, sangat penting untuk memiliki buku ini guna dijadikan rujukan dalam peningkatan kinerja guru tersebut. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah adalah guru.

Konsep, proses, dan implementasi rencana jangka panjang perusahaan

Restructuring and long-term planning for the Indonesian business enterprises.

Restructuring and long-term planning for the Indonesian business enterprises.

Konsep, proses, dan implementasi rencana kerja dan anggaran perusahaan

studi kasus PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (PERSERO)

Management and cost accounting for PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari, Indonesian dock and shipping company.

Management and cost accounting for PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari, Indonesian dock and shipping company.

Konsep dan Strategi Pemasaran

Marketing Concepts and Strategies

Secara khusus, penulisan buku ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsepkonsep dan strategi pemasaran sebuah perusahaan yang membahas tentang : Konsep dan Ruang Lingkup Pemasaran, Proses Pemasaran, dan Perencanaan Strategis, Menganalisis Pasar Konsumen, Menganalisis Pasar Bisnis, Identifikasi Segmentasi Pasar, Menciptakan Ekuitass dan Positioning Merek, Strategi Bersaing Dalam Pasar, Komunikasi Pemasaran, Strategi Marketing Mix, Sistem Informasi dan Riset Pemasaran, Pemasaran Relasional, dan Persaingan Pasar Global.

Secara khusus, penulisan buku ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsepkonsep dan strategi pemasaran sebuah perusahaan yang membahas tentang : Konsep dan Ruang Lingkup Pemasaran, Proses Pemasaran, dan ...

Konsep Ideal Labschool

Di Indonesia, problem Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tidak hanya pada bahan ajar, penelitian, dan juga sistemnya, namun juga adanya Labschool yang kurang ideal. Labschool yang dikelola LPTK, selama ini masih sekadar menyesuaikan selera pasar dan belum sepenuhnya menjawabbasic need (kebutuhan dasar) serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan tantangan disruption yang terjadi pada ketercerabutan dalam berbagai hal. Ada tiga elemen yang akan dibangun jika Labschool yang dikelola di LPTK berjalan ideal. Pertama, dosen dan pengelola atau guru di Labschool itu sendiri. Dosen di LPTK yang menaungi Labschooltersebut bisa melakukan sebuah penelitian, ekperimen, dan bersinergi untuk mendesain sebuah program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan uji coba program dalam Labschool itu sendiri. Selama ini yang dimaksud Labschool hanya peran gurunya, padahal kelebihan Labschool itu bisa diteliti dosen atau peneliti dari dalam LPTK maupun dari luar yang berkepentingan. Kedua, bagi mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool bisa melakukan penelitian dalam menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun peneitian itu bisa dilakukan dalam menunjang perkuliahan metode penelitian pendidikan, penelitian kolaborasi dengan dosen, dan peneliti, atau melakukan penelitian pengembangan di Labschool yang terdiri atas banyak variabel. Bisa model, metode, media pembelajaran di Labschool atau berkaitan dengan kurikulum yang dikembangkan di sana. Ketiga, bagi orang tua dan pihak berkepentingan. Selain dosen dan guru Labschool serta mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool itu, juga bisa dimanfaatkan semua pihak yang berkepentingan termasuk orang tua peserta didik di Labschool itu sendiri. Banyak sekali proyek-proyek penelitian yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebab, semua harus berbasis riset dan tidak bisa sekadar deskripsi tanpa pembuktikan dan pendekatan ilmiah. Bisa dari unsur Dinas Pendidikan, LPTK lain, organisasi PGRI, IGI, HIMPAUDI, atau dari USAID Prioritas, dan lainnya. Semua itu harus disinergikan dalam rangka bisa mendongkrak Labschool yang dikelola LPTK untuk selalu menggenjot akselerasi dan inovasi. Buku ini merupakan hasil penelitian, dan gagasan ilmiah dari beberapa buku dan jurnal serta hasil penelitian lain yang terdiri atas beberapa bab. Pada BAB I menjelaskan “Konsep Labschool dalam Pendidikan Indonesia”. Kemudian pada BAB II mengkaji tentang “Labschool sebagai Fondasi LPTK Berkualitas”. Bab III mengkaji tentang “Konsep Ideal Labschool” yang di dalamnya ada desain ideal Labschool, inovasi Labschool menjawab tantangan zaman, integrasi E-learning di Labschool, penguatan Literasi diLabschool, dan program akselerasi Labschool. Terbitnya buku ini menjadi sejarah perkembangan Labschool dengan hasil sebuah gagasan dan tawaran konsep pengelolaan, manajemen, dan juga kurikulum, metode, model, dan strategi pembelajaran Labschool yang selalu update dalam menyesuaikan zaman. Labschool memang bukan segalanya, namun penguatan kualitas LPTK sebagai pencetak guru profesional berawal dari sana. (*)

Ada beberapa dasar Kemendikbud mengimplementasikan K13. Pertama, UUD 1945, UU Sisdiknas (20/2003), ... Pertama, peningkatan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan nonformal dan pendidikan informal.

Konsep Dasar Pengolahan dan Pemrograman database Dengan SQL Server,MS.Access, dan MS.Visual Basic

BAB II SISTEM MANAJEMEN DATABASE RELASIONAL odel data relasional
pertama kali diperkenalkan oleh Edgar F . 1 " Ted " Codd , seorang ilmuwan
komputer yang lahir tanggal 23 Agustus 1923 di Porland , Ingris . Kuliah di
Universitas ...