Sebanyak 438 item atau buku ditemukan

Filsafat Pendidikan Akhlak

Kenapa harus menamakan buku ini “filsafat”, karena isinya lebih dominan berupa essay-essay filsafat. Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater, karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika, moral, adab, dan juga karakter. Selain itu, kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam. Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara filosofis tentang pendidikan akhlak. Buku ini juga tetap memperhatikan teori-teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif. Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak. Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Penulisan Ilmiah Kolej Komuniti Ledang Johor 2015

E-book ini gabungan 15 pensyarah Kolej Komuniti Ledang yang terdiri dari pelbagai bidang. Di antaranya Pastri, Akauntansi, Program Wajib Kolej, Servis Kenderaan Ringan, Pengoperasian Perniagaan dan Servis Penyejukan dan Penyaman Udara.

E-book ini gabungan 15 pensyarah Kolej Komuniti Ledang yang terdiri dari pelbagai bidang. Di antaranya Pastri, Akauntansi, Program Wajib Kolej, Servis Kenderaan Ringan, Pengoperasian Perniagaan dan Servis Penyejukan dan Penyaman Udara.

Sejarah peradaban Islam di Indonesia

History of Islamic civilization in Indonesia; collection of articles.

History of Islamic civilization in Indonesia; collection of articles.

Sejarah Kelahiran, Perkembangan dan Masa Keemasan Peradaban Islam

SALAH satu investasi terbesar dari amal akademik dosen ketika ia melahirkan cetusan gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisan. Buku daras karya Dr. H. Munir Subarman, M.Ag. ini di antara serakan karya-karya lain sejenis yang mengarusutamakan (maintsream) sejarah sebagai bagian pengabdian intelektualnya. Untuk itu saya amat mengapresiasi tinggi pada setiap produk karya dosen dalam penyemaian dan pengayaan khazanah intelektual dari berbagai sudut metodologi dan materi kajiannya. Sejarah adalah alat utama untuk mendekati bidang kajian–kajian keislaman dari perspektif ilmiah akademik yang digelutinya itu. Pada mulanya, panorama sejarah Islam dilihat sebagai sejarah eksternal Islam belaka (sejarah tahun–tahun penting, tanggal–tanggal peperangan, dan sejenisnya). Belakangan, para sejarawan berusaha memahami institusi–institusi dan gerakan–gerakan Islam tertentu dengan memandangnya dalam konteks latar belakang sejarah ekonomi, sosial, dan politik. Selain itu, di antara sejarawan–sejarawan umum dan sejarawan–sejarawan agama, terdapat sejarawan–sejarawan budaya yang mencermati perkembangan–perkembangan agama dalam kerangka kebudayaan yang lebih luas, yang pada saatnya juga berkaitan dengan sejarah politik dan sejarah militer. Di Indonesia, misalnya, kita mengenal nama Marshal G.S. Hodgson lewat The Venture of Islam (Chicago & London: The Univ. of Chicago Press, 1975 [3 jilid]), secara gemilang berusaha meletakkan sejarah total Islam dalam konteks sejarah dunia dengan Islam sebagai sumbunya.

Sejarah dan Kebudayaan Islam, Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Depag RI, Ujung Pandang, IAIN Alaudin. ... Alih Bahasa Hendro Prasetyo, Islam dan Peradaban Dunia, Pengaruh Islam Atas Eropa Abad pertengahan. Jakarta, PT.

Health, Nutrition and Development in the Islamic World

Proceedings of the Conference on Health, Nutrition and Developement [sic] in the Islamic World, Held in Dakar, Senegal, on 22-27 November 1993

... needs a careful consideration keeping in view the legal and ethical issues ,
providing counseling and support services ... careful consideration . f ) Adequate
clinical management of HIV infection , case management , and counselling have
to ...

New Trends in Qur'anic Studies

Text, Context, and Interpretation

The essays in this volume discuss recent trends and issues in the scholarly study of the Qur'ān and its exegesis. The last few years have witnessed an unprecedented development in qur'anic studies in terms of both the number of volumes that have been produced and the wide range of issues covered. It is not an exaggeration to say that the field of qur'anic studies today has become the 'crown' of Islamic studies. In this book, scholars of diverse approaches critically engage with the Qur'ān and its exegesis, including questions about the milieu in which the Qur'ān emerged, the Qur'ān's relation to the biblical tradition, its chronology, textual integrity, and its literary features. In addition, this volume addresses recent scholarship on tafsīr (qur'anic exegesis), including thematic interpretation, diacronic and syncronic readings of the Qur'ān. Various approaches to understanding the Muslim scripture with or without tafsīr are also discussed.

The essays in this volume discuss recent trends and issues in the scholarly study of the Qur'ān and its exegesis.