Sebanyak 5317 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Islam

(Analisis Kajian Teori-Teori Kekinian)

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik. Prinsip-prinsip manajemen seperti planning, organizing, actuating, budgeting dan controlling seharusnya mendapatkan perhatian. Sebab tanpa itu semua, pengelolaan pendidikan akan berkualitas rendah dan pemborosan (watages) atau yang dikenal dengan ekonomi biaya tinggi yang merugikan dan mengakibatkan rendahnya produktivitas. Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan. Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan, salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya. Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi) adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial. Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu, pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan, Kedua, praktek manajemen yang sentralistik, Ketiga, penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku, dan Keempat, manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif. Buku ini adalah salah satu bentuk usaha memberikan acuan bacaan konseptual-teoritis dalam bidang manajemen pendidikan. Oleh karena itu saya memberi apresiasi terhadap penerbitan buku ini di tengah-tengah masih terbatasnya buku manajemen pendidikan.

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik.

Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan jawaban atau pemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran (isme), oleh karena itu filsafat dimulai oleh rasa heran, bertanya dan memikirkan tentang asumsi-asumsi kita yang fundamental (mendasar). Adapun pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan Islam adalah sebuah agama samawi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada menusia dengan pengutusan Nabi Muhammad Shalallohu ‘alaihi wa Salam untuk kebahagian umat manusia di dunia dan akhereta. Sehingga Islam sebagai agama adalah jalan hidup, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dipegang oleh umatnya. Menurut Islam pendidikan adalah pemberi corak hitam putihnya perjalanan hidup seseorang. Oleh karena itu ajaran islam menetapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya bagi pria dan wanita, dan berlangsung seumur hidup, semenjak dari buaian hingga ajal datang. Tetapi, kalau lah disatukan ke tiga kata tersebut, Filsafat Pendidikan Islam, maka ia menjadi sebuah objek pembahasan ilmu dan pengetahuan, yang memiliki definisi tersendiri. Yaitu, sesuatu disiplin ilmu yang mengkajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al Qur’an dan al Hadist sebagai sumber primer, dan pendapat para ahli, khususnya para filosof Muslim, sebagai sumber sekunder.

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda.

STATISTIKA PENDIDIKAN EDISI KEDUA (DENGAN STATISTIKA AL-QUR'AN)

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal penting dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an.

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

STATISTIKA: Teori dan Aplikasi Pendidikan

Statistika memiliki peranan penting dalam banyak bidang, terutama dalam penelitian-penelitian ilmiah, maupun penerapannya di bidang pendidikan. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisis data senantiasa membutuhkan penerapan metode statistik tertentu, yang mana penggunaannya memberi dasar penjelasan yang logis mengenai hubungan-hubungan yang terdapat antara variabel-variabel yang menjadi kajian.

Statistika memiliki peranan penting dalam banyak bidang, terutama dalam penelitian-penelitian ilmiah, maupun penerapannya di bidang pendidikan.

Statistika Inferensial untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan

Buku ini berisikan pengertian dasar-dasar statistika, uji Perbandingan, hubungan, dan analisis regresi. Uji perbandingan meliputi uji 2 sampel berkorelasi, uji 2 sampel tidak berkorelasi dan analisis ragam serta uji asumsi normalitas dan homogenitas. Alat perhitungan yang digunakan Microsoft Excel dan SPSS. Selain itu buku ini juga dilengkapi tabel-tabel yang dibutuhkan dalam perhitungan. BELANJA

Buku ini berisikan pengertian dasar-dasar statistika, uji Perbandingan, hubungan, dan analisis regresi.

Metode Statistika Multivariat Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out hingga membahas hasil analisis secara memadai masih belum banyak ditemukan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, buku ini ditulis, dengan melakukan pengembangan dari modul yang telah digunakan beberapa kali dalam kegiatan pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop. Beberapa umpan balik dari peserta pendidikan pelatihan, semiloka, dan workshop diyakini memberikan sumbangsih perbaikan yang sangat berarti dalam penulisan buku ini. Saran-saran tentang teknis tata tulis dapat membuat buku ini mudah dipahami, sedangkan saran-saran yang bersifat substantif menjadi inspirasi diberikannya ilustrasi mulai dari proses analisis, interpretasi print out, dan cara melakukan pembahasan hasil secara memadai. Inspirasi penulisan buku ini bersumber dari pengalaman penulis dalam memberikan bimbingan dan konsultasi kepada mahasiswa S2 dan S3 di bidang Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Publik, Ilmu Ekonomi, Kedokteran, dan lain-lain, di berbagai perguruan tinggi. Kegiatan perkuliahan pada progam Magister (S2) dan Doktor (S3) pada beberapa bidang dan di berbagai perguruan tinggi, juga menjadi sumber inspirasi penulisan buku ini. Dorongan dari sejawat dosen, terutama di PDIM FEB UB, PDIM FE UNMUL, dan di MM UNUD, juga sangat menginspirasi untuk segera merealisasikan penulisan buku ini. Metode analisis ini sangat bermanfaat pada penelitian yang menyidik tentang sistem, dengan melibatkan multivariabel, multihubungan dan berjenjang, serta variabel laten. Kekuatan utamanya adalah mampu menganalisis model indikator refektif, atau formatif, dan atau campuran. Di samping itu, metode GSCA mempunyai keunikan dapat digunakan untuk menganalisis model tidak rekursif yang di dalamnya ada hubungan resiprokal (saling memengaruhi). Berkembangnya analisis variabel moderasi multigrup juga dibahas di dalam buku ini. Hadirnya buku ini juga dimaksudkan untuk menambah sumber dan bahan bacaan tentang metode kuantitatif bagi para mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3 pada berbagai bidang keilmuan. Bagi para sejawat dosen, buku ini dapat digunakan sebagai sumber dan bahan bacaan untuk pengayaan metode kuantitatif. Demikian halnya bagi para peneliti di berbagai lembaga, organisasi, dan instansi serta perusahaan, juga dapat menggunakan buku ini sebagai sumber dan bahan bacaan serta acuan tentang metode analisis data kuantitatif.

Ketersediaan buku teks statistika di Indonesia, khususnya analisis multivariat dengan penekanan pada pemodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan pendekatan GSCA, yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan cara interpretasi print out ...

Statistika dan Rancangan Percobaan

Penerapan dalam Bidang Peternakan

Penelitian di bidang peternakan terus mengalami perkembangan, baik dari segi materi yang beragam dan juga teknologi yang selalu berkembang. Buku Statistik dan Rancangan Percobaan (Penerapan dalam Bidang Peternakan) menjawab perkembangan tersebut yang tidak bisa disamakan dengan ilmu lain. Penerapan penelitian diarahkan di bidang peternakan. Buku ini berisi tentang seluk beluk statistik dasar, chi square, uji T, regresi dan korelasi, rancangan acak lengkap, rancangan acak kelompok, rancangan bujur sangkar latin, percobaan faktorial, percobaan tersarang, rancangan beralih, analisis peragam dan transformasi data.

Penelitian di bidang peternakan terus mengalami perkembangan, baik dari segi materi yang beragam dan juga teknologi yang selalu berkembang.

Belajar Statistika: Siapa Takut dengan SPSS

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang menganggap SPSS dan penelitian kuantitatif merupakan sosok yang menakutkan dan enggan jika harus berurusan dengan SPSS. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa ahli dalam pengolahan data penelitiannya, sehingga membuat mahasiswa tidak mandiri dan akan mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai contoh yang praktis sehingga mudah untuk dipahami. Materi pada buku ini menitikberatkan pada pendekatan mahasiswa S1 untuk berbagai Fakultas dan Program Studi seperti Ekonomi, Pendidikan, Psikologi, Peternakan, Sosial, dan lain-lain. Dalam pembahasan buku ini penulis menggunakan program SPSS 24, dan bagi pembaca yang mengunakan SPSS versi d iatas ataupun di bawahnya tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti karena tidak banyak terdapat perbedaan dalam pengaplikasiannya.

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif.