Sebanyak 4531 item atau buku ditemukan

7 MODEL RISET OPERASI & APLIKASINYA

Riset Operasi adalah peralatan manajemen yang memaduserasikan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam pemecahan masalah secara optimal. Salah satu peran matematika terapan yang telah banyak memberikan andil dalam pembangunan adalah Ilmu Riset Operasi. Dua faktor penting dalam pertumbuhan riset operasi yang maju pada saat ini adalah berkat kemajuan teknik-teknik pemecahan masalah yang berbasis pada kekhasan proses penemuan solusi dan perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang membuat waktu hitung lebih efsien dan kualitas akurasinya lebih memuaskan. Metode ini sampai sekarang masih banyak digunakan dalam bidang ilmu ekonomi, pertanian, pemasaran, akuntansi, pemerintahan, bank, transportasi dan lainnya dengan tujuan untuk menentukan nilai optimal dari sumberdaya yang terbatas. Buku ini membahas tentang teknik model pemrograman linear (linear pogramming), pemrograman dinamik (dynamic programming), teori antrian (queuing theory), teori persediaan (inventory theory), transportasi (transportation), perencanaan jaringan kerja (network planning), teori permainan (game theory), yang relatif sudah berkembang dengan baik dari tahun 1950-an sampai sekarang. Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemahaman bagi pembaca, terutama bagi para pengambil keputusan dalam menggunaan model-model riset operasi.

Riset Operasi adalah peralatan manajemen yang memaduserasikan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam pemecahan masalah secara optimal.

Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika

Secara umum pendekatan materi dari buku ini adalah penekanan pengelolaan pelaksanaan penelitian mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada akhir kegiatan berbasis penggunaan program komputasi statistika praktis, dengan harapan si peneliti punya panduan dan tuntuan yang komprehensif dalam melaksanakan penelitian. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Manajemen Riset, komputerisasi, Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bahrul ‗Ulum Tambakberas Jombang]

Secara umum pendekatan materi dari buku ini adalah penekanan pengelolaan pelaksanaan penelitian mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada akhir kegiatan berbasis penggunaan program komputasi statistika praktis, dengan harapan si ...

Manajemen Strategik - Konsep Keunggulan Bersaing

Buku ini dibuat untuk membantu kebutuhan literatur para mahasiswa S-1 dan S-2, khususnya yang berlatar belakang ilmu manajemen. Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik dengan judul Manajemen Strategik: Konsep Keunggulan Bersaing.

Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik ...

Manajemen Operasional: Teori dan Strategi

Manajemen operasi merupakan kegiatan untuk mengolah sumber daya yang tersedia secara optimal dalam suatu proses transformasi, sehingga menjadi produk yang memiliki manfaat lebih dari sebelumnya. Oleh karena itu, manajemen operasi yang efektif dan efisien dipandang sangat perlu dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, perusahaan dituntut beradaptasi sehingga mampu secara berkelanjtan memproduksi produk ataupun jasa dengan kualitas yang terbaik secara efisien tanpa melupakan dampak lingkungan yang dapat merugikan masyarakat. Untuk memahami lebih mendalam mengenai manajemen operasi, buku ini sangat penting dibaca khususnya bagi dosen, mahasiswa/i, dan praktisi yang berminat karena di dalamnya dijelaskan mengenai teori dan starategi manajemen operasi pada beberapa bab berikut ini : Bab 1. Teori Manajamen Operasional Bab 2. Manajemen Operasi dan Produksi Bab 3. Ruang lingkup Manajemen operasi dan produksi Bab 4. Perencanaan Bangunan dan Strategi layout Bab 5. Perencanaan Bangunan Fasilitas Produksi Bab 6. Penentuan lokasi dan fasilitas produksi Bab 7. Strategi Proses Produksi Bab 8. Persaingan Bab 9. Penilaian dan Peningkatan Kerja Bab 10. SDM Dalam Manajemen Operasional Bab 11. SIM Dalam Manajemen Operasional

Manajemen operasi merupakan kegiatan untuk mengolah sumber daya yang tersedia secara optimal dalam suatu proses transformasi, sehingga menjadi produk yang memiliki manfaat lebih dari sebelumnya.

Manajemen Merek dan Strategi E-Commerce

Pendekatan Praktis

Manajemen merek adalah salah satu praktik pemasaran yang spesifik menangani produk. Merek berdampak penting terhadap citra kualitas produkyang ingin ditarnpilkan ke konsumen. Merek juga dapat meningkatkan penjualan dan membuat produk Lebih mudah bersaing. Dengan merek, harga bisa dinaikkan sehingga berimplikasi pada naiknya omset dan keuntungan penjualan. Dalam konteks era digital, pengelolaan manajemen merek menghadapi tantangan baru. Banyak faktor atau variabel baru yang berbeda dan membutuhkan pemahaman dan pengelolaan dengan cara-cara tertentu agar merek dapat bertahan dan berkembang sehingga tetap dapat memberikan manfaat dan keuntungan. Buku ini ditunjukkan untuk para praktisi, peminat branding, dan bagi setiap orang yang percaya bahwa merek merupakan keunggulan kompetitif untuk kemajuan suatu produk atau jasa. Di akhir setiap bab diberi test formatif dan test unjuk kerja, sehingga buku ini sangat cocok digunakan untuk para mahasiswa S-I dan S-2 di perguruan tinggi, dan panduan workshop terkait branding yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan; Dinas Koperasi dan UMKM dan workshop branding lainnya Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

Manajemen merek adalah salah satu praktik pemasaran yang spesifik menangani produk.

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Konsep dan Strategi dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran. Banyak guru yang tidak mampu membuat perencanaan pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal pelaksanaan dan evaluasi pembelajaranpun masih banyak guru yang mengalami kesulitan, tak terkecuali guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Padahal manajemen pembelajaran dalam SKI sangat berpengaruh dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Buku yang ditulis berdasarkan riset ini mencoba mengidentifikasi berbagai unsur terkait manajemen pembelajaran SKI untuk meningkatkan akhlak peserta didik. Unsur-unsur tersebut antara lain meliputi: perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; dan evaluasi pembelajaran SKI. Dengan manajemen pembelajaran yang baik, diharapkan akhlak peserta didik pun dapat lebih meningkat menuju akhlak al-karimah.***

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran.

Manajemen Strategis

Dalam buku ini menyajikan 12 bab dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan. Buku ini terdiri atas dua belas bab, dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan, strategi perusahaan, strategi fungsional perusahaan, strategi pilihan, evaluasi dan pengendalian strategi, serta studi kasus manajemen strategi pada beberapa perusahaan mulai dari jasa, ritel, asuransi, jasa perbankan dan manufaktur. Dipahami bahwa manajemen strategik diperlukan untuk menghadapi daya saing strategis, dalam hal ini bagaimana perusahaan berusaha mencapai daya saing strategis dan keuntungan di atas rata-rata. Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata. Manajemen strategi tidak selalu membutuhkan proses formal untuk menjadi efektif. Praktik-praktik perencanaan dari organisasi-organisasi nyata menunjukkan bahwa nilai riil suatu perencanaan strategis harus lebih mengarah ke orientasi pada masa depan dari proses perencanaan itu sendiri dibandingkan hasil perencanaan strategis tertulis.

Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata.

Manajemen Operasi

Misalnya , Treacy dan Wierserma ( 1995 ) menentukan tiga tipe umum dari
strategi bisnis , yaitu : a ) Dekat dengan pelanggan ; b ) Menjadi pemimpin
produk ; c ) Unggul dalam operasi . Strategi operasi harus berhubungan dengan
strategi ...

STRATEGI MANAJEMEN Hubungan Pelanggan dan Orientasi Pasar

Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furniture di Jawa Timur

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya. Komunikasi yang terjalin seharusnya bukanlah monolog atau satu arah, namun diperlukan adanya dialog dua arah, yaitu yang melibatkan dua pihak atau lebih dalam proses saling memberi dan menerima informasi. Orientasi pasar perusahaan-perusahaan furniture di Indonesia yang juga masih kalah dengan perusahaan-perusahaan furniture Cina yang memiliki keunggulan bersaing lebih tinggi dari industri furniture di Indonesia dan akhirnya berdampak pada pencapaian kinerja pemasarannya yang juga masih tertinggal dibanding dengan Cina dalam hubungan perdagangan kedua Negara. Kecenderungan orientasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan furniture Cina adalah kemampuan produk furniture Cina dengan desain baru dan harga yang murah ternyata mampu meningkatkan kinerja pemasarannya. Tampilan desain futuristik dan dengan harga jauh lebih murah menunjukkan bahwa manajemen perusahaan-perusahaan furniture Cina mampu melakukan intelejen pasar dalam mendapatkan informasi terkait kehendak dan harapan konsumen ketika konsumen mempertimbangkan membeli sebuah produk furniture.

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Topik-Topik Riset Manajemen Strategi

sesuai dengan judulnya, sistematika buku ini terdiri atas delapan topik yang banyak dipersoalkan dalam manajemen strategi. Topiktopik yang dibahas meliputi dilema strategi, strategi turn around, modal intelektual dan kinerja perusahaan, pengaplikasian balanced scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja pemerintah daerah, strategi sektor publik, transformasi organisasi sektor publik, dan menyelaraskan personal scorecard dengan organizational scorecard: sebuah pendekatan strategis peningkatan kinerja pegawai negeri sipil. Domain topik tersebut telah mencakup strategi korporat, strategi bisnis, dan topik strategi di sektor publik.

sesuai dengan judulnya, sistematika buku ini terdiri atas delapan topik yang banyak dipersoalkan dalam manajemen strategi.