Sebanyak 438 item atau buku ditemukan

Reformasi administrasi

Kajian komparatif pemerintahan tiga presiden : Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahid, Soekarnoputri

63 Nilai - nilai HAM juga mulai disosialisasikan di dalam tubuh ABRI dengan
memasukkan materi HAM dalam kurikulum pendidikan di lingkup TNI AD , mulai
dari tingkat tamtama ( Secaba ) hingga perwira ( Seskoad ) . Sejumlah kasus ...

Etika Profesi

Semua profesi berhubungan erat dengan etika, yang menyangkut nilai, norma, dan kewajiban moral. Oleh karena itu, setiap anggota suatu profesi harus selalu menyadari bahwa pekerjaannya mempunyai implikasi moral tertentu. Kesadaran itu, bersama dengan berbagai macam bentuk kode etik yang disepakati, misalnya etika kedokteran, etika keperawatan, etika hukum, atau etika akuntansi, memastikan tanggung jawab profesi dapat dipraktikkan dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan etis yang menyertainya. Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika. Dalam buku ini, dibahas dengan jernih dan tajam: - bagaimana istilah profesi terbentuk, hakikat profesi, serta berbagai pandangan terhadap profesi dan keterbatasannya; - peranan etika dalam profesi; - beberapa masalah khusus dalam etika profesi, seperti otonomi dalam profesi dan kesulitannya; konflik kepentingan dalam profesi; serta profesi di era digital. Buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang penting bagi para profesional, organisasi profesi, lembaga pendidikan profesi, perusahaan, serta akademisi.

Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika.

KOMUNIKASI ORGANISASI Dr. Irene

Buku ini berisi tentang sejarah perkembangan ilmu komunikasi, pengertian serta konsep dasar komunikasi organisasi, komunikasi dan struktur organisasi, dime

Buku ini berisi tentang sejarah perkembangan ilmu komunikasi, pengertian serta konsep dasar komunikasi organisasi, komunikasi dan struktur organisasi, dime

Landasan Bersama di Kepulauan Kei: Telur dari Satu Ikan dan satu Burung (The Commond Ground in The Kei Islands)

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi. Pada saat menulis laporannya, ini adalah saat mengakhiri pendidikan formalku di antropologi, saya tidak bisa menahan diri untuk tidak bertanya pada diriku sendiri: “Apa artinya studi sepuluh tahun itu secara khusus terhadap disertasi ini?” Saya harus mengakui bahwa pelatihan akademik saya tidak ada kaitannya dengan keakrabanku dengan orang Kei, karena saya bukan seorang yang terlibat dalam wacana Budaya Kei, dan saya baru saja mengenal budaya Kei. Jawaban atas pertanyaan saya kemudian harus ditemukan di luar pengetahuan faktual saya. Selama studi, saya telah berkenalan dengan berbagai teori, atau berbagai lensa melalui beberapa di antaranya saya seharusnya -pada waktu yang diharuskan- untuk memfokuskan pikiran dan inderaku pada objek pengamatanku. Dalam pengertian ini, pendidikanku dalam antropologi telah mengkondisikan bentuk disertasi ini (etnografi masyarakat Kei). Refleksi singkat pada saat-saat tertentu dalam studi saya di antropologi dapat mengungkapkan kondisi -selektivitas pengamatan saya dan interpretasi fenomena yang diamati- di mana disertasi ini ditulis.

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi.

Menelusuri buku kehidupan

sebuah perjalanan mencari keutuhan

Jika Murid Sudah Siap , Sang Guru Akan Datang “ Life is a path that you beat
while you walk . ” Machado , seperti dikutip Arie de Geus dalam The Living
Company INTISARI AR 22 SEKALIPUN berstatus nonaktif di kantor berita Antara
 ...

Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program-program sosial di Indonesia. Tujuan buku ini adalah untuk meluruskan pemahaman Focus Group Discussion yang aslinya dipakai sebagai alat atau metode riset kualitatif, bukan untuk mendapat konsensus bersama. Focus Group Discussion yang dijabarkan dalam buku ini adalah FGD sebagai salah satu metode riset kualitatif yang masih diperlukan dan dipakai untuk pembuatan strategi yang menyangkut masyarakat sebagai konsumen ataupun sebagai sasaran program sosial atau program komunikasi. Dengan demikian, buku ini bisa menjadi panduan bagi pelaku bisnis, pelaku organisasi sosial, peneliti maupun oleh mahasiswa yang ingin belajar praktik riset kualitatif. Bagi pemula, buku ini menjelaskan langkah-langkah praktis untuk melaksanakan FKD, mulai dari persiapan, organisasi tim lapangan, seleksi dan rekrutmen responden, persiapan pedoman diskusi, persiapan ruangan FGD, teknik memandu FGD, hingga analisis hasil, disertai dengan contoh-contoh konkret. Buku ini juga membandingkan secara ringkas FGD daring dan FGD luring untuk menyambut era perubahan.

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program ...

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

(Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus dilakukan dalam menyampaikan materi /informasi/pesan pada Pebelajar (siswa- mahasiswa). Gejala dalam proses pembelajaran dan bagaimana mendinamiskan proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam menyajikan bahan/materi yang menarik dan tidak membosankan bagi pebelajar.

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus ...

Ekonomi sumber daya alam dan lingkungan

teori dan aplikasi

Selain mengajar , ia juga aktif menulis , baik untuk jurnal ilmiah nasional maupun
internasional . Tulisan ilmiah populernya juga dimuat di media massa . Ia juga
sering menjadi pembicara pada seminar - seminar nasional dan internasional ...