Sebanyak 3466 item atau buku ditemukan

Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan prilaku siswa

studi penelitian lapangan pada madrasah aliyah se-Kota Banda Aceh

Impact of Islamic value teaching on high school students' character in Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Buku Pintar Akidah Islam

Buku ini membahas hal-hal mendasar yang wajib diketahui seorang muslim tentang ketuhanan dan kerasulan. Bahasan ini mencakup lima puluh topik penting (aqaid) yang harus dipahami. Kelimapuluh aqaid ini adalah 20 sifat wajib bagi Allah swt, 20 sifat mustahil bagi Allah swt, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib bagi Rasul, 4 sifat mustahil bagi Rasul, dan 1 sifat jaiz bagi Rasul. Kelimapuluh topik dijelaskan secara ringkas dan padat oleh Syeikh Ibrahim dalam buku ini secara argumentatif. Tidak hanya menggunakan basis argumen teks Quran Hadits (dalil naqli) saja, Syeikh Ibrahim juga menggunakan argumentasi rasio (dalil aqli) sehingga mudah dipahami. Pembahasan buku ini juga sangat padat. Karenanya, penerjemah menambahkan beberapa penjelasan agar bisa lebih mudah dicerna. Beberapa penjelasan penting disarikan dari syarah yang ditulis Syeikh Nawawi al-Bantani.

Pembahasan buku ini juga sangat padat. Karenanya, penerjemah menambahkan beberapa penjelasan agar bisa lebih mudah dicerna. Beberapa penjelasan penting disarikan dari syarah yang ditulis Syeikh Nawawi al-Bantani.

Antologi kajian pemikiran Islam

abstrak hasil-hasil penelitian tahun 2006

Collection of abstracts of research report for the year 2006 conducted by Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta, Indonesia.

abstrak hasil-hasil penelitian tahun 2006 Syamsir Salam, Jaenal Arifin,
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. ... manusia belum
mengalami masa peradaban bahkan belum menerima agama Islam yang
rahmatan lil'alamin itu.

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA bervisi sets dengan pendekatan savi

IPA merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal (Suyoso, 1998:23) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan dan dihubungkan dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai implementasi agar anak didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Belajar IPA berdasarkan aktivitas berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar, dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh/pikiran terlibat dalam proses pembelajaran. (Meier 2002:90). Belajar tidak akan berhasil jika hanya menyuruh peserta didik untuk membaca ataupun menulis saja. Pembelajaran yang baik adalah dengan menggunakan multi indra yang menekankan dan mengoptimalkan semua alat indra pada tubuh manusia dan terintegrasi pendidikan karakter. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan dan dapat berupa kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Kegiatan intra kurikuler guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam mata pelajaran dan pada kegiata ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam pelajaran. Batasan pendidikan karakter adalah membudayanya nilai karakter yang telah dikembangkan dan dilaksanakan sehingga peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku seperti yang di amanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) yang bertujuan untuk berkembangnya peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggun jawab.

IPA merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal (Suyoso, 1998:23) Ilmu ...

Ulumul Quran

Al-Quran merupakan sandaran Islam yang senantiasa dinamis dan mukjizat abadi, yang mampu mengalahkan dan senantiasa dapat mengalahkan kekuatan manusia manapun sepanjang sejarah kehidupan umat manusia. Ia merupakan aturan Islam yang mencakup seluruh aspek dasar kehidupan umat manusia yang sesuai dengan fitrah manusia dan bersumber dari kedalaman hati nurani manusia. Al-Quran sendiri memiliki kewibawaan yang tak tertandingi jika dibandingkan dengan kewibawaan umat manusia. Ia sama sekali tidak tunduk terhadap kekuatan yang batil, dan sebaliknya, mampu menjadikan mereka tunduk dan menerima kepemimpinan al-Quran yang adil dan bijaksana. Pada akhirnya, dengan mempelajari al-Quran, mereka dapat menerima al-Quran dengan rasa cinta, kerinduan, dan kesucian.

... hadis - hadis mereka , terdapat perkara yang muhkam dan yang mutasyâbih , seperti yang akan kami jelaskan pada pembahasan selanjutnya . 7. Hanya terfokus pada teks - teks ayat dan memisahkan antara satu dengan yang lainnya . 8 ...

Pendidikan Berwawasan Kebangsaan

Pendidikan adalah tiang pancang budaya dan fondasi utama untuk membangun peradaban sebuah bangsa. Kesadaran akan arti penting pendidikan menentukan kualitas kesejahteraan warganya. Oleh karena itu, substansi pendidikan, materi pengajaran, dan manajemen pendidikan yang akuntabel sudah seharusnya menjadi perhatian para penyelenggara negara. Terbukti, bangsa yang berhasil mencapai tingkat kemajuan kebudayaan dan teknologi tinggi mesti disangga oleh kualitas pendidikan yang kokoh. dalam konteks saat ini, jati diri dan kepribadian bangsa perlu dibentuk melalui pendidikan yang berbasis multikultural. Hal ini karena Indonesia dihuni oleh beragam agama, tradisi, dan budaya. Sekecil apa pun, buku ini mencoba memberi pencerahan dalam kerangka kesadaran multikulturalisme, tepat pada momentum Satu Abad Kebangkitan Nasional.

Pendidikan adalah tiang pancang budaya dan fondasi utama untuk membangun peradaban sebuah bangsa.

Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi

Penyusunan buku Pendidikan Kewarganegaraan ini mengacu pada Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang menempatkan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai bagian dari komponen Mata Kuliah Inti (MKI) dalam kurikulum pendidikan tinggi dan keputusan Departemen Pendidikan Nasional tentang Pendidikan Kewarganegaraan yang tertuang dalam keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 038/Dikti/Kep./2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mutu Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) di Perguruan Tinggi. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

... Citizenship Education . Pada tahun 2002 , Citizenship Education menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Inggris . Istilah ini memiliki konotasi lain , yang cenderung lebih menekankan hak dan ...

Pendidikan agama berwawasan multikultural

Multicultural approach to religious education in Indonesia.

Multicultural approach to religious education in Indonesia.