Sebanyak 3283 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Khusus di TK dan SD kelas rendah pembelajaran tematik maka software yang mendukung tema yang sedang dipelajari. 4. Kerjasama dengan orangtua menjadi penting. Komputer bisa menjadi pusat kegiatan belajar bagi anak di dalam keluarga.

MANAJEMEN HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN

Lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat strategis sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, selanjutnya yang menjadi salah kunci sukses sebuah lembaga pendidikan berhasil menjalankan tugas dan perannya adalah terdapatnya kemampuan lembaga pendidikan dalam membina hubungan baik antara lembaga pendidikan dengan lingkungan atau masyarakatnya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan yang tidak dapat memanfaatkan dan melibatkan bidang hubungan masyarakat dalam pengelolaan lembaga pendidikannya, akan tertinggal karena tidak mampu menyerap dan menyebarkan informasi yang strategis baik bagi institusi atapun bagi masyarakat lingkungannya (Public). Aktifitas Hubungan masyarakat pada lembaga pendidikan secara substasi dapat dimakani sebagai sarana komunikasi dua arah atau dikenal dengan istilah two way traffic communication antara lembaga pendidikan dengan masyarakatnya, sekaligus sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam rangka menjalin simbiosis dan sinergi demi tercapainya proses pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik. Selain itu, hubungan masyarakat juga dapat dimaknai sebagai upaya untuk membangun hubungan baik dan kesepahaman (Mutual understanding) antara lembaga pendidikan dengan masyarakatnya (Public), salah satunya dilakukan melalui proses pelibatan masyarakat (Public) dalam proses penyelenggaraan pendidikan, seperti dalam bentuk keterbukaan informasi publik, penerimaan saran dan kritik dan hal lain yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi positif dari lembaga pendidikan kepada masyarakat atau sebaliknya dari masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Dengan demikian untuk menjembatani kepentingan kedua pihak tersebut diperlukan satu bidang khusus yang membidangi aktifitas hubungan masyarakat dikelola dengan baik, professional, efektif dan efisien demi tercapainya tujuan organisasi lembaga Pendidikan, dan yang paling strategis adalah terciptanya hubungan baik dan kesepahaman (Mutual understanding) antar stakeholders, yang terdiri dari pimpinan lembaga pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

... akuntabilitas (Gregory, 2010). C. STUDI KASUS MANAJEMEN STRATEGIS HUMAS DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL “ABC” Sebagai contoh salah satu lembaga pendidikan “ABC” yang baru berusia tiga tahun memiliki sejumlah permasalahan yang terkait ...

Manajemen Pendidikan

Buku Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai ilmu pengetahuan itu sendiri telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Manajemen juga sebagai suatu seni, karena di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, bagaimana cara memerintahkan orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakikatnya kegiatan manusia umumnya adalah managing (mengatur). Untuk mengatur di sini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasi-kan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Manajemen pendidikan merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan, sehingga menghasilkan impact yang diinginkan. Kenyataannya, banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya. Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan.

Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan. Buku Manajemen pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

METODEDE PERENCANAAN EVALUASI DAN PENGENDALIAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI

Buku ini disusun sebagai salah satu komitmen penelitian atas bantuan hibah dari pemerintah Indonesia melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Kementerian Riset,Teknologi, dan pendidikan Tinggi. Kepercayaan yang diberikan kepada Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar dalam bentuk Pelaksanaan Penelitian hibah kompetitif Tim pascasarajana dengan Judul penerapan konsep Earned Value pada Pelaksanaan Proyek Kontruksi ini, telah berlansung sema tiga tahun berturut-turut dari tahun 2104 sampai dengan tahun 2016

Buku ini disusun sebagai salah satu komitmen penelitian atas bantuan hibah dari pemerintah Indonesia melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Kementerian Riset,Teknologi, dan pendidikan Tinggi.

Evapro (Evaluasi Proyek)

Teori dan Aplikasi pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla sp)

Potensi sumber daya perikanan ikan sidat masih belum banyak dimanfaatkan, padahal ikan sidat ini baik dalam ukuran benih maupun ukuran konsumsi kuantitasnya cukup melimpah. Sebagai akibat belum banyak dikenal umum terhadap ikan sidat ini, maka tingkat pemanfatannya masih sangat rendah. Sehingga pada umumnya penduduk Indonesia belum mengenal dalam mengonsumsinya. Untuk mengoptimalkan sumber daya ikan sidat ini dalam pengelolaannya, maka diupayakan beberapa langkah strategis, yaitu pertama mengenali daerah yang mempunyai potensi sumber daya benih dan ukuran konsumsi kemudian upaya selanjutnya adalah pemanfatannya untuk dikonsumsi, baik untuk pasar lokal maupun pasar ekspor. Evapro (Evaluasi Proyek) adalah suatu studi untuk melakukan penilaian terhadap instansi pada proyek tertentu yang sedang atau akan dilaksanakan. Studi ini digunakan untuk memberikan arahan apakah investasi pada proyek tertentu itu layak dilaksanakan atau tidak. Atas dasar risk and uncertainty (risiko dan ketidakpastian) dimasa yang akan datang, diperlukan studi Evapro secara multidisipliner sebelum pengambilan keputusan. Hal ini berdampak bahwa untuk melakukan studi Evapro ini melibatkan team work dari berbagai keahlian disiplin ilmu yang kuat misalnya: managerial skill, rekayasa teknologi (teknokrat), hukum (advokat), ekonomi, policy maker (birokrat), akuntan, psikologi kesehatan dan lain-lain yang terkait dengan investasi proyek tertentu.

Tujuan dilakukannya Evapro atau evaluasi proyek yaitu untuk mengurangi resiko kerugian, memudahkan perencanaan, memudahkan pelaksanaan pekerjaan, memudahkan pengawasan, serta untuk memudahkan pengendalian. Tahapan yang dilakukan dalam ...

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini di lengkapi dengancontoh soal dan latihan untuk mempermudah pembaca memahami dan merefleksi pemahaman terkait mater yang di bahas pada masing-masing bab. Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai bahan referensi untuk menjadi seorang pendidik.

Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai ...