Sebanyak 41606 item atau buku ditemukan

Pendidikan nonformal

pengembangan melalui pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Indonesia : sebuah pembelajaran dari kominkan di Jepang

Nalar Kritis Pendidikan

Kualitas pemikiran di masa depan ditentukan oleh kualitas pendidikan saat ini. Proses pembelajaran formal anak didik menentukan arah masa depan mereka. Dalam konteks ini, Dr. M. Arfan Mu’ammar mengemukakan isu-isu penting dari pendidikan yang butuh untuk dikaji ulang. Robert John Pope, Direktur Equal Access International, Australia. Buku “Nalar-Kritis Pendidikan” karya Dr. M. Arfan Mu'ammar ini memberi kita banyak insight bagaimana memecahkan masalah pendidikan di Indonesia... Sebuah percikan pemikiran yang sangat aktual dan mencerahkan Dr. Budhy Munawar-Rachman, Aktivis di Yayasan The Asia Foundation dan Living Values Education. * Merebaknya anarkisme moral etis siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah mencerminkan terjadinya dekadensi nalar-etis, nalar-literasi dan nalar ilmiah dalam kehidupan bangsa. Situasi pendidikan kita seakan paradoksal. Secara konseptual, tujuan pendidikan begitu luhur, namun secara operasional terdapat jurang yang kian lebar antara idealitas pendidikan dan realitas pembumiannya. Buku ini mencoba mengurai berbagai persoalan pelik pendidikan, sekaligus menawarkan solusi alternatif yang bisa kita manfaatkan untuk kebaikan pendidikan di masa-masa yang akan datang. Selamat menikmati!

Proses pembelajaran formal anak didik menentukan arah masa depan mereka. Dalam konteks ini, Dr. M. Arfan Mu’ammar mengemukakan isu-isu penting dari pendidikan yang butuh untuk dikaji ulang.

Kelestarian dan Dinamisme Kearifan Tempatan Dalam Pendidikan (Penerbit USM)

Buku ini mengandungi tujuh makalah yang berkisar tentang pelbagai pendekatan melestarikan ilmu kearifan tempatan dalam bidang pendidikan, sama ada dalam sistem formal atau sistem tidak formal. Kekuatan ilmu kearifan tempatan dalam pendidikan ditonjolkan dalam bentuk animasi Upin dan Ipin, seni silat cekak, pemainan galah panjang, alam sekitar, pengajaran sains dan sosiobudaya masyarakat Penan. Kearifan tempatan ialah ilmu yang penting untuk dipelihara agar kekal lestari dan boleh terus digunakan bagi menyumbang kepada perkembangan positif dunia pendidikan formal dan pendidikan tidak formal. Ilmu kearifan juga bersifat dinamik dan boleh digunakan dalam pelbagai peringkat pendidikan dengan pendekatan yang berbeza.

Buku ini mengandungi tujuh makalah yang berkisar tentang pelbagai pendekatan melestarikan ilmu kearifan tempatan dalam bidang pendidikan, sama ada dalam sistem formal atau sistem tidak formal.

Pedoman penerapan pendekatan "beyond center and circle time (BCCT)", pendekatan sentra dan lingkaran dalam pendidikan anak usia dini

The use of "beyond center and circle time" methods in early education system in Indonesia.

The use of "beyond center and circle time" methods in early education system in Indonesia.

Etika & Moralitas Pendidikan

Peluang dan Tantangan

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi. Buku ini dapat dipersembahkan kepada sidang pembaca setelah melalui perjalannan panjang. Penulisan buku mengenai etika pendidikan ini tela dimulai sejak tahun 2004 yang dilatarbelakangi adanya keresahan di kalangan masyarakat yang merasakan adanya penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari dan menguatnya isu dekadensi moral. Di lain pihak, kualitas penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal maupun nonformal tentu saja dapat memengaruhi penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi.

Mengurus & membiayai pendidikan di Malaysia

Educational budget and cost in Malaysia.

Mempunyai asas pendidikan formal yang kukuh . 2 . Mempelajari cara belajar . 3
. Memiliki tabiat atau kebiasaan belajar sepanjang hayat . 4 . Menjadi pakar atau
mahir . 5 . Berkemampuan bekerja secara berpasukan . Kebolehan seseorang ...

100 Panduan Membina Amalan yang Baik dalam Pendidikan Awal Kanak-kanak

Hal ini boleh berlaku biarpun dalam situasi yang paling formal dan telah
ditentukan. Sikap suka bermain, yang kami gelar sebagai 'faktor keseronokan',
menyatukan fleksibiliti dalam struktur, kespontanan dan improvisasi yang kreatif.