Sebanyak 5376 item atau buku ditemukan

Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum. Kurikulum PAUD itu sendiri adalah seperangkat bahan ajar yang diajarkan kepada peserta didik, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN Edisi Revisi

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan. Mengupas arti serta definisi pendidikan dalam segi filsafat, juga mendalami makna pendidikan dari sudut pandang filosofinya. Dalam buku ini dijabarkan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan, latar belakang, filosofi, sampai dengan kajian psikologi yang terdiri dari beberapa aliran, juga penelitian tindakan kelas terhadap para pendidik, guru maupun dosen. Manfaat buku ini diharapkan dapat memberikan pengertian tentang filsafat pendidikan dalam kehidupan. Manfaat pendidikan itu sendiri dijelaskan secara filsafat antara lain sebagai dasar dalam bertindak. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Untuk mengurangi salah paham dan konflik. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah. Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik, baik potensi fisik, potensi cipta, rasa maupun karsanya agar potensi tersebut menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan organis, harmonis, dan dinamis, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan.

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan.

Filsafat Islam

Telaah Tokoh dan Pemikirannya

Kajian filsafat Islam merupakan suatu kajian sistematis terhadap kehidupan, alam semesta, etika, moralitas, pengetahuan, pikiran, dan gagasan-gagasan yang dilakukan di dalam dunia Islam. Umat Islam atau para cendekiawan Muslim terdahulu banyak merupakan tokoh filsuf dan mereka menuangkan pemikiran mereka ke dalam ilmu filsafat tersebut. Berangkat dari kesadaran ini, terbesit dalam pemikiran penulis untuk melakukan pengkajian secara mendalam, menyadari hakikat kebenaran suatu ilmu yang berdasarkan pada kebenaran ajaran dan nilai-nilai agama Islam, maka lahirlah ide dan gagasan pemikiran mengenai Filsafat Islam: Telaah Tokoh dan Pemikirannya. Dalam buku ini, penulis menelaah para cendekiawan Muslim beserta pemikirannya, di antaranya: intelektual filsafat al-Kindi mengenai hubungan antara filsafat dan agama, serta falsafah al-Nafs; filsafat al-Razi mengenai Lima Kekekalan; Al-Farabi tentang filsafat al-Faidh dan al-Nafs; Ibnu Sina yang dikenal dengan Filsafat Ibnu Sina; Ibnu Tufail mengenai pemikirannya, falsafah Hay bin Yaqzan; Al-Ghazali dengan pemikirannya mengenai kritik terhadap filsuf; Ibnu Rusyd mengenai kritik terhadap al-Ghazali; Filsafat Ibnu Miskawaih; serta Ikhwan al-Shafa dengan konsep berpikirnya. Penulis berharap, para pembaca dapat memetik ilmu berharga dari sajian buku ini. Bahwa kerangka pemikiran filsuf Muslim adalah sebuah pijakan yang akan melahirkan pola pikir Islamisasi ilmu pengetahuan. Beranjak dari pola pikir tersebut maka terbentuklah keserasian terhadap nilai-nilai ajaran Islam dengan konsepsi manusia menurut Al-Qur’an, baik berkaitan dengan hakikat penciptaan, potensi dasar manusia, dan fungsi manusia sebagai makhluk yang berpikir. Insya Allah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Kajian filsafat Islam merupakan suatu kajian sistematis terhadap kehidupan, alam semesta, etika, moralitas, pengetahuan, pikiran, dan gagasan-gagasan yang dilakukan di dalam dunia Islam.

Stigmatisasi Terorisme

Telaah Hubungan Islam dan Negara

Penulis menyusun buku ini untuk menambah khazanah terorisme dan negara. Kajian terhadap terorisme harus senantiasa dilakukan mengingat begitu pentingnya persoalan ini di mana negara harus hadir secara tepat dalam menangani atau menyelesaikan persoalan ini yang tak kunjung selesai.

Penulis menyusun buku ini untuk menambah khazanah terorisme dan negara.

Teologi Kaum Postmodern

Telaah Kritis Atas Pemikiran Mohammed Arkoun

Buku ini secara khusus mengkaji dasar-dasar pemikiran teologi Mohammed Arkoun, pandangannya tentang konsep Ahl al-Kitab dan unsur filsafat postmodernisme dalam konsep Masyarakat Kitab yang ia usulkan. Kajian dalam buku ini ini setidaknya bermanfaat bagi kajian studi perbandingan agama dan akidah, serta dunia pemikiran Islam secara umum. Bagi religious studies dan akidah, buku ini diharapkan akan membuka sebuah wawasan kontemporer, bahwa ideologi-ideologi baru yang lahir di dalam gelombang globalisasi perlu ditelaah lebih jauh sebelum ditelan. Berbagai tawaran baru diajukan terutama tawaran metodologis yang berkembang di dunia para filosof postmodern juga harus disesuaikan dengan keadaan teologi Islam. Metodologi Barat sekular yang digunakan sebagaian sarjana muslim kontemporer terus berkembang akan menawarkan banyak konsep-konsep baru yang sebelumnya kita tidak mengenalnya. Seiring perkembangan metodologi baru, bisa diasumsikan akan lahir sebuah pemikiran-pemikiran baru yang belum tentu sesuai dangan tradisi Islam. Sehingga, tantangan perdebatan tentang konsep Ahl al-Kitāb masih besar, apa lagi muncul pemahaman beraliran postmo yang dikenalkan Arkoun melalui konsep Masyarakat Kitab. Hal ini menuntut para pengkaji untuk semakin memperkokoh worldvdiew Islam, sehingga mampu menjawab tantangan liberalisasi pemikiran. Penelitian ini juga diharapakan menjadi arah baru terhadap penelitian-penelitian terdahulu di perguruan tinggi Indonesia yang cenderung lebih diskrif-apresiatif tetapi perlu menanamkan sikap kritis terhadap ide-ide baru dalam studi agama yang berasal dari orientalis. Bukan berdasarkan sentiment agama atau teologi, tetapi didasarkan atas semangat ilmiah, beradab dan bertanggung jawab sebagai ilmuan Muslim.

Buku ini secara khusus mengkaji dasar-dasar pemikiran teologi Mohammed Arkoun, pandangannya tentang konsep Ahl al-Kitab dan unsur filsafat postmodernisme dalam konsep Masyarakat Kitab yang ia usulkan.

Pengembangan Wilayah

Terori & Aplikasi

Tujuan utama pengembangnan wilayah adalah pemerataan pengembangan antarwilayah baik secara fisik maupun sosial ekonomi wilayah. Dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung ilmu lain yang berhubungan dengan pengembangan fisik dan ekonomi wilayah, seperti ilmu evaluasi dan perencanaan penggunaan sumber daya lahan, ilmu penataan ruang dan pengembangan kawasan, ilmu pengembangan wilayah perdesaan dan perkotaan, ilmu pengembangan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta ilmu pemekaran wilayah administrasi. Di dalam buku ini membahas berbagai konsep perencanaan pendukung pengembangan wilayah, dimulai dari konsep tipologi dan teori pengembangan wilayah, seperti teori lokasi, pusat pertumbuhan, dan agropolitan. Di dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung evaluasi dan perencanaan penggunaan lahan baik secara fisik maupun sosial ekonomi, perencanaan pengembangan kawasan dan penataan ruang, agar pengembangan wilayah yang direncanakan dapat saling bersinergi bukan saling berantagonis. Perencanaan pengembangan wilayah perkotaan dan perdesaan sangat diperlukan dalam perencanaan pengembangan wilayah yang banyak berhubungan dengan pengelolaan lahan perkotaan dan prasarana kota. Pengembangan wilayah pesisir juga termasuk dalam perencanaan pengembangan wdayah yang membahas pengembangan potensi dan ekosistem wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, yang sangat berpotensi dalam pengembangan fisik maupun sosial ekonomi wilayah. Fenomena pemekaran wilayah yang banyak dilakukan saat ini perlu pula dicermati karena fenomena ini juga termasuk dalam ranah pengembangan wilayah, yaitu pengembangan wilayah administrasi. Kelayakan Pemekaran Wilayah juga dibahas dalam buku ini karena berhubungan dengan pengembangan wilayah administrasi, yang membahas dan mengevaluasi berbagai faktor penunjang pemekaran wilayah seperti kependudukan, kemampuan ekonomi daerah, potensi daerah, kemampuan keuangan daerah, kondisi Polbudhankam, kesejahteraan, luas daerah dan rentang kendali, untuk mengetahui apakah pemekaran wilayah yang dimaksud sudah layak atau belum.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung ilmu lain yang berhubungan dengan pengembangan fisik dan ekonomi wilayah, seperti ilmu evaluasi dan perencanaan penggunaan sumber daya lahan, ilmu penataan ruang dan pengembangan kawasan ...

Pengembangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang baik dibutuhkan suatu pemahaman terhadap sejarah perkembangan media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan karakteristik serta ciri-ciri media pembelajaran yang baik. Selain membahas mengenai hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, buku ini membahas bagaimana memilih media pembelajaran yang akan dikembangkan, serta bagaimana merancang, memproduksi dan mempresentasikan berbagai jenis media visual, audio dan audio visual. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media Pembelajaran Bab 6 Jenis–Jenis Media Pembelajaran Bab 7 Karakteristik Masing-Masing Media Pembelajaran Bab 8 Pemilihan Media Pembelajaran Bab 9 Perencanaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Visual Bab 11 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Audio Bab 12 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasikan Media Audio Visual

Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media ...

Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya

Buku ini ditulis sebagai bentuk usaha berbagi ilmu yang bermanfaat. Buku ini baik untuk di baca bagi praktisi di dunia pendidikan, orang tua siswa/ mahasiswa, peneliti pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa calon guru, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Penulis mengharapkan semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu dalam bidang pendidikan matematika.

Buku ini ditulis sebagai bentuk usaha berbagi ilmu yang bermanfaat.

Educational Psychology

Developing Learners

This widely used book is known for its exceptionally clear and engaging writing, its in-depth focus on learning, and its extensive concrete applications. Its unique approach helps readers understand concepts by encouraging them to examine their own learning and then showing them how to apply these concepts as teachers. The book concentrates on core concepts and principles and gives readers an in-depth understanding of the central ideas of educational psychology. More coverage of learning than any other introductory educational psychology book. This book contains unique, integrated coverage of diversity and inclusion and offers readers an opportunity to apply their knowledge of ed psych in an authentic context while strengthening their skills in assessment. For professionals in the field of Educational Psychology.

This widely used book is known for its exceptionally clear and engaging writing, its in-depth focus on learning, and its extensive concrete applications.

Handbook of Educational Psychology

Sponsored by Division 15 of APA, the second edition of this groundbreaking book has been expanded to 41 chapters that provide unparalleled coverage of this far-ranging field. Internationally recognized scholars contribute up-to-date reviews and critical syntheses of the following areas: foundations and the future of educational psychology, learners’ development, individual differences, cognition, motivation, content area teaching, socio-cultural perspectives on teaching and learning, teachers and teaching, instructional design, teacher assessment, and modern perspectives on research methodologies, data, and data analysis. New chapters cover topics such as adult development, self-regulation, changes in knowledge and beliefs, and writing. Expanded treatment has been given to cognition, motivation, and new methodologies for gathering and analyzing data. The Handbook of Educational Psychology, Second Edition provides an indispensable reference volume for scholars, teacher educators, in-service practitioners, policy makers and the academic libraries serving these audiences. It is also appropriate for graduate level courses devoted to the study of educational psychology.

Provides coverage of the field of educational psychology. This book includes topics, such as, adult development, self-regulation, changes in knowledge and beliefs, and writing.