Sebanyak 41598 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelum melakukan hal ini seseorang membutuhkan pengetahuan yang memadai dan metode yang benar agar bisa melaksanakan penelitian dan mendapatkan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan secara objektif. Dalam kaitan dengan itu seo rang peneliti perlu melengkapi diri dengan kedua hal tersebut. Buku ini sesungguhnya dirancang untuk itu. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kepedulian penulis terhadap mahasiswa yang sering mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian saat menyusun skripsi atau tesis di akhir masa studinya. Kesulitan itu justru muncul karena kurangnya pengetahuan tentang metode penelitian itu sendiri. Buku ini berisikan pengetahuan tentang bagaimana serta langkah langkah apa yang diperlukan dalam melakukan penelitian kuantitatif sekaligus mendasarkan diri dari pengalaman sang penulis yang bertahuntahun mengampu Matakuliah Metodologi Penelitian di Program Strata Dua (S2) Magister Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana, Jatiwaringin, Jakarta serta pengalaman mengajar di Fakultas Ilmu Adminis trasi Bisnis dan Komunikasi (FIABIKOM) di Unika Atma Jaya Jakarta. Bahasa yang disajikan penulis dalam mengurai topik-topik di setiap bab sangat sederhana sehingga pembaca dengan mudah menangkap isinya. Sesuai dengan tujuan penyusunannya, kehadiran buku ini sangat membantu bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Tentu tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi bagi siapa saja yang terjun dan berminat dalam penelitian, termasuk dosen yang mengajar metode penelitian, kehadiran buku ini bisa menambah wawasan.

Penelitian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.

METODE PENELITIAN SOSIAL

Konsep-konsep Kunci (Sampel halaman)

Buku ini menjelaskan lebih dari 250 konsep dalam metode penelitian sosial, termasuk di dalamnya adalah konsep-konsep dalam statistik. Selain dijelaskan secara definitif, setiap konsep dalam buku ini juga diuraikan secara lebih mendalam dengan menjelaskan berbagai isu atau permasalahan utama dalam praktik penelitian berkaitan dengan konsep yang dijelaskan. Di setiap akhir uraian, dijelaskan beberapa konsep yang berhubungan dengan konsep yang dibahas. -------- Untuk mempelajari konsep-konsep dalam metode penelitian sosial, mahasiswa perlu melihat konteks yang berada di sekitarnya serta menghubungkan dengan konsep-konsep tersebut. Karena itu, posisi buku karya Martono ini menjadi sangat penting. Buku ini tidak hanya menyajikan setiap konsep yang terisolasi, namun buku ini juga menyoroti hubungan antaride. Strategi ini membuat mahasiswa lebih mudah mempelajari ide-ide, dan menunjukkan kepada mereka mengapa mereka harus kembali ke konsep tertentu selama beberapa kali jika mereka ingin mempelajarinya secara mendalam. William L. Neuman Profesor Sosiologi University of Wisconsin – Whitewater

A Abstrak (Abstract) Academia.edu Aksiologi (Axiology) Alpha Cronbach Analisis
(Analysis): Univariat, Bivariat, Multivariat Analisis Data (Data Analysis) Analisis
Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis) Analisis Data Kuantitatif (Quantitative ...

Metode Penelitian Kesehatan

Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Edisi Revisi)

Buku ini terdiri atas 2 bagian yaitu Bagian I berisi Metodologi Penelitian Kesehatan dan Bagian II yang menerapkan Metode Ilmiah untuk Panduan penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bagian I berisi sembilan bab yaitu, Metode Ilmiah, Metodologi Penelitian Kesehatan, Keterkaitan Judul dengan Bab-bab Penelitian, Desain dalam Penelitian Kesehatan, Sampel Penelitian Kesehatan, Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif, Pengolahan dan Analisa Data Kualitatif dan Kuantitatif, Validitas, Reabilita dan Objektifitas dalam Penelitian, dan Pembahasan Sebab Akibat. Keunikan dari buku ini terletak pada Bab III Bagian I yaitu Keterkaitan Judul dengan Bab-Bab Penelitian. Tiap-tiap universitas, fakultas, sekolah tinggi, bahkan program studi mempunyai format tersendiri dalam penulisan skripsi, tesis dan disertasi yang mungkin berbeda dari apa yang dibahas dalam Bab III Bagian I tersebut. Hal ini bukan merupakan halangan untuk mempelajari buku ini, dari mana diharapkan agar pembaca sebagai pembimbing, penguji dan mahasiswa yang dibimbing serta peneliti mengerti tujuan dan memanfatkan Keterkaitan tersebut. Buku ini membahas kualifikasi atau kompetensi yang ingin dicapai untuk masing-masing gelar kesarjanaan yang berpedoman kepada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yaitu Level 6 bagi Kualifikasi S1 (Sarjana) yang menghasilkan Skripsi, Level 8 bagi S2 (Magister) yang menghasilkan Tesis, dan Level 9 bagi S3 (Doktor) yang menghasilkan Disertasi, yang contoh-contohnya dijelaskan dan dibahas pada Bagian II, yang merupakan penerapan metodologi yang tetulis pada Bagian I dari buku ini. Dengan demikian, buku ini tidak hanya untuk mempelajari metodologi penelitian, namun juga sebagai pedoman penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.

Buku ini terdiri atas 2 bagian yaitu Bagian I berisi Metodologi Penelitian Kesehatan dan Bagian II yang menerapkan Metode Ilmiah untuk Panduan penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi.