Sebanyak 513 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Hukum Normatif dalam Justifikasi Teori Hukum

Dalam pemaparan itu, penulis berpendapat ada empat bagian materi teori hukum jika dikaitkan dengan metode penelitian hukum yakni tiga bagian sesuai pandangan Gijssel & Hoecke, Meuwissen berupa: ajaran hukum, hubungan hukum dan logika, metodologi hukum, dan identifikasi-aplikatif bagian-bagian filsafat hukum yang relevan untuk pemecahan permasalahan penelitian hukum atau pemecahan permasalahan dalam praktik hukum. Diuraikan juga tentang perbedaan ruang lingkup filsafat hukum dan teori hukum, perkembangan mutakhir teori hukum, kritik terhadap masing-masing ragam teori hukum dan juga kritik terhadap basi5 teoretis putusan Hakim Sarpin dalam kasus pra-peradilan Budi Gunawan 2015. Bab III tentang justifikasi eksistensi masing-masing jenis metodologi penelitian hukum terkait dengan perkembangan teori hukum dewasa ini. Bab IV dan V menguraikan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelitian hukum normatif. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Dalam pemaparan itu, penulis berpendapat ada empat bagian materi teori hukum jika dikaitkan dengan metode penelitian hukum yakni tiga bagian sesuai pandangan Gijssel & Hoecke, Meuwissen berupa: ajaran hukum, hubungan hukum dan logika, ...

METODOLOGI PENELITIAN BISNIS

Metodologi penelitian bisnis merupakan strategi penelitian yang memelajari metode, teori atau prinsip yang digunakan untuk mengembangkan pendekatan penelitian sesuai dengan tujuan penelitian.

Metodologi penelitian bisnis merupakan strategi penelitian yang memelajari metode, teori atau prinsip yang digunakan untuk mengembangkan pendekatan penelitian sesuai dengan tujuan penelitian.

METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF

Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif ini berisi tentang suatu metode penelitian yang berbasis bukti empirik. Bukti empirik diperlukan untuk membuktikan suatu fenomena melalui prinsip statistik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pembuktian teoritis dan hipotesis yang dibangun oleh peneliti. Oleh karena itu, pengumpulan data dan pengukuran yang tepat menjadi hal yang penting dalam buku ini, agar peneliti dapat mempresentasikan suatu fenomena secara nyata. Buku ini ditujukan untuk para peneliti yang sedang menyusun skripsi, tesis, dan disertasi, khususnya yang menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitiannya. Di samping itu, buku ini dapat menjadi sumber bacaan bagi para akademisi untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa dan akademisi junior. Selain itu juga patut dijadikan referensi bagi penelitian dengan pendekatan kuantitatif di bidang ilmu sosial, humaniora, pendidikan, psikologi, dan ekonomi.

Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif ini berisi tentang suatu metode penelitian yang berbasis bukti empirik.

Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas. Kehadiran buku ini memberikan suatu wacana dan arah tentang langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum dengan paradigma inklusif. Langkah-langkah dimulai dengan asesmen kondisi peserta didik untuk menemukan kebutuhan belajarnya, serta penentuan kompetensi yang dicapai dan rumusan tujuan melalui indikator capaian belajar, penentuan materi, metode, sumber belajar, media belajar, serta evaluasi belajar dengan mengakomodasi peserta didik yang beragam. Untuk itu, kehadiran buku ini wajib dibaca, dikaji, dan dipergunakan oleh semua pihak yang peduli terhadap pendidikan yang benar dan yang ramah untuk semua anak, serta tidak diskriminatif.

Buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pembelajaran Inklusi Sekolah Dasar ini merupakan sumber rujukan bagi para peneliti, mahasiswa calon guru, maupun para guru yang akan mengimplentasikan pembelajaran inklusi di kelas.

Islamic Risk Management for Islamic Bank

"Bank merupakan unit bisnis yang terbanyak diatur dibandingkan dengan unit bisnis lainnya, serta bisnis yang dilengkapi dengan berbagai pagar dan rambu-rambu pengaman sebagai proteksi agar bisnis bank tetap terpelihara dengan baik, sebagaimana kita tahu bahwa bank sebagai unit bisnis yang lebih mengedepankan atau menjadikan ?lembaga bisnis yang amanah?. Rambu-rambu pengamanan untuk memproteksi dipersiapkan baik untuk bank itu sendiri maupun untuk pengelolanya dari Komisaris, Direksi, dan manajemen pelaksana (dari Kepala Divisi hingga jabatan terendah yang ada pada bank), namun demikian masih saja terjadi adanya kesalahan urus yang berdampak pada kerugian bisnis dan yang lebih fatal lagi akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kepercayaan stake holder atau customer pada bank tersebut. Buku Islamic Risk Management for Islamic Bank ini selain mengurai aspek manajemen risiko yang lazim dalam bisnis perbankan, juga lebih mengemukakan perlunya bank diurus oleh figur-figur yang menjunjung tinggi etika bisnis dalam perspektif Islam, berakhlak mulia sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw., sehingga para bankir bukan saja mahir dan piawai dalam operasional bank akan tetapi juga memiliki akhlaqul karimah dan beretika, sehingga dalam setiap aktivitasnya lebih mengedepankan Clean Governance. Buku Islamic Risk Management for Islamic Bank ini dipersiapkan untuk praktisi perbankan Islam, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), BMT, mahasiswa Program Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3) serta masyarakat pengamat dan pencinta ilmu pengetahuan untuk melengkapi dan memutakhirkan pengetahuan. Di samping itu buku ini pun patut pula dibaca para bankir perbankan konvensional, sehingga ke depan diharapkan kemungkinan risiko yang akan dialami bank dapat diminimalisir dan bahkan dihilangkan."

Beliau piawai mengelola waktu sehingga berhasil melahirkan buku: Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi; Kiat Memimpin dalam Abad ke-21; Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan; Credit Management Handbook; Bank and Financial ...

BUKU MODEL FLIPPED BLENDED LEARNING

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang memuat sintak teridiri dari a). Learning orientation, b) Acess content material and activities, c). Group assignment project, d). Discuss to monitoring project, e). Test the results of the project dan f). Evaluation. Kemudian juga memuat adanya sistem sosial, sistem pendukung, dampak instruksional dan dampak pengiring, konsep Pendidikan Vokasi, revolusi industri 4.0, kompetensi 4C, HOTS, serta dilengkai panduan menggunakn e-learning bagi dosen dan mahasiswa. Model blended learning yang dikembangkan dimana pembelajaran dilakukan secara face to face/tatap muka dan online sehingga memiliki proporsi pola pembelajaran yang jelas. Tejadinya fleksibelitas belajar dimana dan kapan saja dan waktu yang bebas melalui fasilitas komunikasi secara tatap muka, maupun interaksi online menggunakan chat dan forum untuk menggali berfikir kritis melalui diskusi. Memuat pula unsur-unsur mahasiswa untuk berkreatif dan inovasi dalam menghasilkan produk melalui adanya penugasan dan proyek. Serta bahan ajar daring yang dibuat menarik dengan adanya komponen multimedia (teks, gambar, video).

Buku ini mengekplorasi pengembangan model blended learning, jenis-jenis model blended learning yang telah ada sebelumnya, model blended yang dikembangkan, berisikan tentang langkah-langkah atau sintak pembelajaran blended learning yang ...

Model-Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku

Belajar Tuntas Berprogram Langsung Simulasi

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Materi yang terkandung dalam model pembelajaran merupakan materi utama yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pendidikan program Magister dan Doktoral. Bagi mahasiswa pendidikan program Sarjana, materi yang terkandung dalam model pembelajaran diajarkan supaya mempunyai wawasan mendasar mengenai model pembelajaran. Buku ini disusun dengan pertimbangan menjadi salah satu bahan bacaan untuk mahasiswa pendidikan program Sarjana, Magister, maupun Doktoral. Dengan demikian, kedalaman materi yang digunakan sesuai dengan perkembangan wawasan mahasiswa. Kontributor buku ini adalah para Dosen mata kuliah desain dan implementasi kurikulum fisika Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tulisan dari berbagai bab merupakan sumbangan dari Himawan Putranta, Nita Mei Sulastriningsih, Rizky Nur Apriliasari, dan Rosita Madjis Mudjid. Terimakasih kepada kontributor yang telah memberikan masukan dan saran terhadap kerangka tulisan buku ini. Terimakasih kepada Prof. Djumadi atas bantuan dan fasilitas yang diberikan mulai dari penyusunan sampai penerbitan buku ini. Semoga bernilai ibadah. Terimakasih kepada UNY Press yang berkenan menerbitkan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Tulisan dari berbagai bab merupakan sumbangan dari Himawan Putranta, Nita Mei Sulastriningsih, Rizky Nur Apriliasari, dan Rosita Madjis Mudjid.

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Buku model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar sangat sederhana, mudah dipahami dan dapat diterapkan dari segi kesesuaian, variasi permainan, serta kemasan yang sangat menarik dari produk buku yang dilengkapi dengan media pembelajaran sehingga memudahkan para guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar dapat memberikan kontirbusi yang positif dalam menunjang pencapaian tujuan pembelajaran, karena selain dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek juga siswa dapat tertarik dengan variasi model pelatihan lari jarak pendek. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan model pembelajaran ini dapat pula diterapkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek. Disamping itu model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar menampilkan model pembelajaran yang variasi permainannya menarik dan menyenangkan serta sistematis mulai dari model permainan yang sederhana dan mudah dipahami sampai pada model permaianan dengan gerakan kombinasi yang sulit.

Buku model pembelajaran nomor lari (ASAHI) berbasis permainan pada siswa sekolah dasar sangat sederhana, mudah dipahami dan dapat diterapkan dari segi kesesuaian, variasi permainan, serta kemasan yang sangat menarik dari produk buku yang ...

MODEL PEMBELAJARAN SEA MEA

Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia. Dalam kehidupannya, manusia pasti selalu berhadapan dengan masalah. Di era abad 21, keterampilan penyelesaian masalah sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan outcome pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan keterampilan abad 21 dan sering disebut keterampilan 4C. Keterampilan yang dibutuhkan di era abad 21, yaitu: 1) berpikir kritis dan inovasi, 2) komunikasi, 3) kolaborasi, dan 4) kreativitas (Framework for 21st Century Learning, n.d.). Problem solving skill merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berikut ini gambar outcome pembelajaran abad 21.

Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia.

MODEL PEMBELAJARAN PME

(PLANNING - MONITORING – EVALUATING) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter

Kita sepakat bahwa kegiatan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting tercapainya tujuan pendidikan dan efektivitas kegiatan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran. Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.

Seyogyanya implementasi suatu model pembelajaran dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi pembelajar yang handal. Implementasi model pembelajaran PME dapat menjadi jawaban untuk tantangan tersebut.