Bianglala Catatan Harian Facebook Didin S. Damanhuri 2014-2019 Buku 1
Buku berjudul Buku 1 Ekonomi Pancasila dalam Pusaran Global karya Prof Didin S. Damanhuri. Pancasila merupakan nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dan sudah sepatutnya menjadi dasar bagi kerangka ekonomi politik Indonesia. Pancasila adalah platform nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara yang harus tercermin dalam pemikiran maupun praktik ekonomi. Buku ini memiliki format unik dan menarik karena disusun dari kumpulan tulisan dan tanggapan penulis yang pernah diposting pada media sosial Facebook. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang eklektik dan heterodoks yang bersumber dari arus besar pemikiran ekonomi selama ini: ekonomi liberal dan ekonomi radikal (Marxian economy maupun sosialisme demokrat). Buku ini memperhatikan konteks ekonomi dalam ideologi Indonesia.
Perkembangan ilmu manajemen agribisnis (bio-bisnis) Indonesia pada dasawarsa terakhir secara nyata banyak mewarnai pemikiran-pemikiran para pakar birokrasi dan praktisi agribisnis. Bio-bisnis menjadi wacana perdebatan nasional dan diskusi pada berbagai forum baginya bersifat lokal, domestik, maupun internasional dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi indonesia dari keterpurukan terutama sejak pertengahan tahun 1997 yang lalu. Segenap pihak meyakini bahwa pengembangan agribisnis merupakan prasyarat pemulihan ekonomi Indonesia. Dengan demikian, pada masa yang akan datang kinerja biobisnis seyogianya dijadikan barometer dan katalisator pemulihan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia.
Kritik DH Haslet terhadap sistem ekonomi kapitalis mumi (pure capitalism) dalam pengantar bukunya “capitalism with moralist” (Oxsford, 1994) menyatakan bahwa “current capitalism is indeed morally deficient”. Oleh karena itu kesadaran ...
Buku ini menjelaskan tentang Penyusunan yang berisi dan dimotivasi oleh penulis untuk memberikan pemahaman tentang peran negara dalam kebijakan persaingan usaha khususnya pengaturan dalam tataniaga industri strategis tepung terigu.
Buku ini menjelaskan tentang Penyusunan yang berisi dan dimotivasi oleh penulis untuk memberikan pemahaman tentang peran negara dalam kebijakan persaingan usaha khususnya pengaturan dalam tataniaga industri strategis tepung terigu.
Nalar ekonomi-politik Indonesia yang berdasarkan konstitusi ekonomi UUD 1945 mengarahkan strategi pembangunan Indonesia kepada pengolahan sumber daya alam yang merupakan keunggulan komparatif. Namun kita jangan sampai terjebak nalar pada pembagian kerja sama internasional yang membagi wilayah dunia menjadi dua, yaitu penghasil bahan mentah dan penghasil barang industri.
Nalar ekonomi-politik Indonesia yang berdasarkan konstitusi ekonomi UUD 1945 mengarahkan strategi pembangunan Indonesia kepada pengolahan sumber daya alam yang merupakan keunggulan komparatif.
Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu buku teks utama mata kuliah Manajemen Pemasaran atau Strategi Pemasaran di Program Studi Manajemen atau Program Studi Administrasi Bisnis baik jenjang sarjana maupun master. Buku ini dapat digunakan untuk memberikan wawasan teoritis dan praktis bagi para praktisi pemasaran yang bekerja di perusahaan besar, menengah atau kecil.
Strategi Distribusi Seringkali konsumen mendapatkan bahwa harga produk di pasar tradisional lebih mahal dibandingkan dengan yang dijual oleh swalayan, minimarket, atau departemen store. Hal tersebut dapat terjadi karena swalayan yang ...
Buku ini membahas berbagai teori dan konsep pemasaran: strategi bersaing, segmentasi, targeting, diferensiasi, positioning, strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa bab tentang studi kasus berdasarkan riset perilaku konsumen dan implikasinya terhadap strategi pemasaran. Dengan memahami perilaku konsumen, para pembaca dapat merumuskan strategi pemasaran untuk vi Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen meningkatkan kinerja bisnisnya. Bagian akhir buku ini membahas panduan bagaimana menyusun rencana pemasaran sehingga para pembaca diharapkan mampu menyusun rencana pemasaran dengan baik setelah membaca buku ini. Agar pembaca dapat memahami bagaimana menyusun rencana pemasaran dengan baik, maka buku ini dilengkapi dengan sebuah kasus rencana pemasaran yang ditulis dengan lengkap yaitu Rencana Pemasaran untuk Produk Biskuit.
Mengelola Pujian Konsumen untuk Keberhasilan Perusahaan di Masa Mendatang : Kasus untuk Bab 7. Perilaku Konsumen: Proses Keputusan Konsumen memuji agar perusahaan dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan layanannya, ...
Kerancuan pandangan terhadap ilmu kebijakan kehutanan dan lingkungan terjadi (salah satunya) karena sejauh ini di Indonesia belum ada buku teks yang khusus membahas ilmu kebijakan kehutanan dan lingkungan secara terstruktur. Buku ini adalah buku teks pertama yang membahas kebijakan pembangunan kehutanan dan lingkungan di Indonesia yang tidak hanya mengupas berbagai teori kebijakan secara padat dan runut, tetapi juga sangat relevan dengan realitas permasalahan di lapangan.
Kartel merupakan kelembagaan pemasaran yang merupakan Kartelakan efektif, jika: suatu bentuk monopoli dari ▫ profit yang diperoleh masing-masing suatu kelompok produsen produsen/anggotakarteltinggi, untuk menguasai pangsa pasar ...
Buku ini membahasan tentang pelbagai topik yang aktual seperti problem-problem: globalisasi; kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan; industrialisasi, pertanian dan informalisasi ekonomi; korupsi, inefisiensi dan kebocoran; utang luar negeri; dan kerusakan lingkungan. Topik-topik tersebut dibahas secara empiris-historis dan dianalisis dalam perspektif teori ekonomi-politik dan pembangunan dalam rangka kepentingan NSB umumnya dan Indonesia khususnya.
Buku ini membahasan tentang pelbagai topik yang aktual seperti problem-problem: globalisasi; kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan; industrialisasi, pertanian dan informalisasi ekonomi; korupsi, inefisiensi dan kebocoran; utang luar ...
Buku ajar perdagangan internasional ini menyajikan prinsip dan teori dasar yang diperlukan untuk memahami perdagangan internasional khususnya terkait kebijakan perdagangan internasional. Cara penyajian dibuat secara sederhana tanpa mengorbankan substansinya. Sejumlah studi kasus yang diambil fenomena yang terjadi di Indonesia dan berdasarkan beberapa kajian penulis disajikan untuk membuat buku ajar ini lebih konkret dan mudah dipahami.
Buku ajar perdagangan internasional ini menyajikan prinsip dan teori dasar yang diperlukan untuk memahami perdagangan internasional khususnya terkait kebijakan perdagangan internasional.
Buku ini membahas model ekonomi yang dapat menganalisis pasar secara komprehensif dan interaktif satu sama lain. Model CGE dapat mengidentifikasi, menyimulasi, dan menganalisis secara bersama-sama dampak dari penerapan suatu atau beberapa kebijakan ekonomi terhadap kondisi di ekonomi di level makro maupun sektoral dengan landasan struktural mikroekonomi.