Sebanyak 4899 item atau buku ditemukan

ILMU FIQIH

Suatu Pengantar Komprehensif kepada Hukum Islam

Ilmu fiqih sudah menjadi disiplin ilmu tersendiri sebagaimana ilmu akhlak dan akidah. Buku ini akan mengantarkan pembaca pada pendalaman yang utuh tentang ilmu fiqih yang dimaksud dan membantu sesorang untuk memahami "wujud nyata makhluk" bernama ilmu fiqih

Ilmu fiqih sudah menjadi disiplin ilmu tersendiri sebagaimana ilmu akhlak dan akidah.

FIQIH KONTROVERSI Jilid 1

Beribadah antara Sunnah dan Bid'ah

Buku ini hadir untuk memberi pencerahan agar, dalam hal pelaksanaan ibadah, tidak lagi cenderung pada mitos, atau “ungkapan kata kyai”. Ulasan buku ini didukung oleh dalil-dalil yang jelas. Terhadap kehadiran buku ini, hindari pelampiasan emosi yang tidak pada tempatnya. Bukalah dengan keikhlasan sehingga kebaikan yang Allah anugerahkan akan menyelusup ke dalam kalbu kita.

Buku ini hadir untuk memberi pencerahan agar, dalam hal pelaksanaan ibadah, tidak lagi cenderung pada mitos, atau “ungkapan kata kyai”.

Kejahatan Transfer Dana

Evolusi Dan Modus Kejahatan Melalui Sarana Lembaga Keuangan Bank

Transfer dana merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat terutama nasabah bank. Seiring dengan perkembangan teknologi yang mempercepat dan mempermudah transfer dana. Proses transfer dana dilakukan melalui cara Lalu Lintas Giro (LLG) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Yang memudahkan nasabah melakukan kegiatan transfer dana. Kegiatan ini bukan tanpa risiko karena oknum tertentu berkolaborasi dengan internal bank dapat dan telah menyalahgunakan fasilitas yang tersedia. Penyalahgunaan tersebut berujung pada terjadinya tindak pidana yang merugikan nasabah secara finansial. Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera. Karya tulis ini cocok dipelajari oleh para praktisi, akademisi, pelaku bisnis, penegak hukum dan masyarakat khususnya nasabah suatu bank untuk semakin memahami perihal transfer dana.

Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera.

Tantangan Intelijen di Papua Menghadapi Evolusi Gerakan Papua Merdeka

Naskah buku ini berasal dari hasil penelitian intelijen Tim Peneliti Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berjudul “Tantangan Intelijen di Papua: Menghadapi Evolusi Gerakan Papua Merdeka”. Riset ini bertujuan untuk dapat mengurai permasalahan yang terjadi di Papua. Riset ini merupakan salah satu kontribusi STIN dalam bentuk intelligent estimates atau perkiraan intelijen dengan format akademis yang diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi aktor intelijen dan bahan referensi Pemerintah dalam mengatasi permasalahan di Papua. Riset intelijen ini disusun pada tahun 2017 di bawah naungan STIN, adanya dinamika di Papua menjadi latar belakang perlunya dilakukan riset intelijen di Papua yang dilaksanakan selama tiga bulan (Oktober-Desember 2017), dengan tahapan meliputi brainstorming permasalahan, rapat koordinasi internal dan eksternal, studi kepustakaan, focus group discussion terbatas, observasi lapangan, wawancara, pengolahan data serta analisa intelijen.

Secara positif dari sisi perekonomian dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhnya bisnis antar wilayah baik jasa maupun perdagangan. Posisi yang strategis ini tentunya menjadi salah satu penyebab mengapa Papua selalu diperebutkan.

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses siklus mencari tahu tentang peserta didik dan merespons belajarnya berdasarkan perbedaan. Sehingga guru dituntut untuk terus belajar tentang keberagaman peserta didiknya, agar pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif dapat diwujudkan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses siklus mencari tahu tentang peserta didik dan merespons belajarnya berdasarkan perbedaan. Sehingga guru dituntut untuk terus belajar tentang keberagaman peserta didiknya, agar pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif dapat diwujudkan. Melalui buku ini semoga semakin memperkaya wawasan dan kompetensi guru dalam mengajar serta dapat menjawab keberagaman peserta didik dalam belajar. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi.

Model Inovatif Logo Konseling Website

Model inovatif logo konseling website terdiri atas pengembangan model, kekuatan model, efektivitas model, esensi model, dan implementasi model. Tahap pengembangan model berorientasi pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk penanganan masalah harga diri spiritual rendah klien. Dalam perecanaannya, pendekatan ini terintegrasi dengan sumber daya manusia yang ada, dengan menekankan kolaborasi antara peneliti dengan mereka yang bertanggung jawab atas layanan konseling aktual klien. Kekuatan model mendeskripsikan dinamika perubahan perilaku klien yang buruk ke perilaku positif dan konstruktif. Efektivitas model mengindikasikan bahwa penggunaan program intervensi logo konseling website yang dikenakan pada klien menunjukkan peningkatan secara statistikal signifikan maupun praktikal signifikan. Selanjutnya, esensi model sebagai kerangka teoretis dan berpikir logo konseling website. Implementasi model sebagai pedoman pelaksanaan logo konseling website. Model inovatif logo konseling website sebagai gagasan dasar untuk menjembatani keterbatasan waktu dan tempat, media penghubung untuk keterbukaan, dan media komunikasi yang memudahkan klien untuk curhat dengan gadget mereka. Keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien menjadi penghambat untuk dilakukan sesi tatap muka sehingga melahirkan ide mengembangkan model inovatif logo konseling website. Stigma budaya terhadap perasaan dihakimi, rentan bagi klien yang menjadi korban pemerkosaan dan pelecehan seksual memilih melakukan konseling tanpa tatap muka. Keterbatasan, stigma, dan keengganan itu memunculkan pemikiran tentang upaya mengembangkan pendekatan logo konseling online yang inovatif, yang dapat diakses oleh semua kalangan sehingga bermanfaat bagi klien dan masyarakat luas. Pada era digital saat ini, keterbatasan waktu dan tempat antara konselor dan pribadi setiap individu yang bermasalah (klien) dapat diatasi. Model inovatif logo konseling website sebagai upaya dalam mengatasi keterbatasan mobilitas fisik dan psikis klien.

Teknik dan pendekatan yang dipakai, yaitu modifikasi sikap. Tujuannya untuk mengembangkan evaluasi diri seimbang dengan sasaran pencapaiannya, yakni tanggung jawab diri. Selanjutnya, pencapaian tanggung jawab diri menjadi kebutuhan ...

MODEL PENDIDIKAN ISLAM

Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0

Nusantara sedang merasakan berbagai permasalahan yang tidak kunjung berhenti. Masalah ini bagaikan pohon yang dipotong setengah dan setengahnya lagi tinggal menunggu kapan akan tumbuh. Kurangnya kajian yang matang sering kali memunculkan kebijakan dan Undang-Undang yang kurang tepat sasaran. Alih-alih mencegah, namun malah muncul masalah baru. Salah satunya Undang-Undang Perlindungan Anak yang terus disosialisasikan dua institusi negara, yakni Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas HAM. Berdasarkan beberapa pengamatan dua lembaga institusi ini, keduanya menyimpulkan bahwa kekerasan anak di negara ini semakin mengkhawatirkan. Dari pihak lain–terutama para pendidik–merasa terkekang dengan segala aktivitas pendidikannya. Bagaimana tidak!, memarahi anak saja dapat di meja hijaukan. Apalagi mencubit atau menampar, sudah pasti tinggal menunggu panggilan dari pihak yang berwajib. Kerap kali pendidik melakukan tindakan yang dianggap mendidik justru malah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Buku ini hadir untuk mengurai problematika di atas. Penulis berusaha menjelaskan secara ilmiah keberadaan sanksi atau ta`zîr yang ada di lembaga pendidikan, terutama pondok pesantren. Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Kemudian merumuskannya dalam bentuk temuan berupa konsep model sanksi dalam prespektif pendidikan Islam secara lebih tepat.

Model Pelayanan Kesejahteraan Sosial Adiksi Narkoba

Semakin banyaknya bermunculan Institusi Pengguna Wajib Lapor (IPWL) serta Pusat Rehabilitasi Narkoba setiap tahunnya, semakin menunjukkan masih tingginya kasus narkoba yang perlu penanganan pelayanan Adiksi Narkoba, khususnya pelayanan kesejahteeraan sosial Adiksi Narkoba di Sumatera Utara yang memiliki korban penyalahgunaan Narkoba terbanyak di Indonesia. Terdapat 8 Model pelayanan Adiksi Narkoba yang selama ini digunakan oleh Pusat Rehabilitasi Narkoba dibawah naungan pemerintah maupun Non Gowerment Organization (NGO), Rumah Sakit, Puskesmas, Pondok pesantren, Gereja, dan komunitas masyarakat yang perduli terhadap permasalahan narkoba. Model pelayanan tersebut adalah: 1). Therapic Community, 2). Model Medik, 3). Model Minnoseta, 4) Model Elektrik, 5) Model Multi Disiplin, 6) Model Tradisional, 7) Faith Based Model, 8) Model Penanggulangan Narkoba berbasis masyarakat. Dari semua model ada yang dijalankan secara tersendiri maupun secara gabungan, kemudian ada model pelayanan yang diadopsi maupun dikembangkan dengan model lainnya dalam pelayanan Adiksi Narkoba tetap memiliki kelemahan hal tersebut terbutkti dari tingginya angka relaps (kambuh) residen yang telah keluar dari Panti Rehabilitasi Narkoba. Tujuan utama dari semua model tersebut mengembalikan fungsi sosial dari klien/residen agar mampu terlepas dari jerat narkoba, kemudian meningkatkan partisipasi residen dengan harapan residen dapat mengikuti program rehabilitasi dan siap untuk kembali ke masyarakat tanpa terlibat narkoba. Buku ajar ini dapat digunakan dalam mata kuliah Metode-Metode Pekerjaan Sosial, khususnya pembahasan Metode Group Work, yang merupakan salah satu dari 19 mata kuliah inti dari Asosiasi Pekerjaan/Kesejahteraan Sosial Seluruh Indonesia (ASPEKSI) dimana penulis tergabung dan mengajarkan mata kuliah tersebut di Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU.

Panti Rehabiliasi perintah konselor tanpa diberikan hak untuk bertanya Narkoba menggunakan Model Therapeutic ... ini berjumlah 114 orang dapat berkomunikasi dengan intensif kepada Teknik pengumpulan data melalui konselor / pekerja ...

Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika

Perubahan paradigma yang terjadi di Negara Indonesia, membuat kita mengerti bahwa perlunya penilaian pembelajaran di abad 21 ini. Penilaian dalam pandangan kurikulum dianggap memiliki fungsi yang sangat penting. Banyak sekali literatur penilaian yang dikatakan sebagai dasar bagi pengembangan pembelajaran. Salah satu sumber penilaian yang digunakan guru adalah tugas. Namun tetap dengan skema pembelajaran daring. Penilaian pembelajaran matematika memerlukan beragam teknik. Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model-model penilaian pada kelas online akan anda temukan di dalam buku ini. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan

Buku ini saya persembahkan kepada Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) dan Majelis Kehormatan Etik Keperawatan (MKEK) Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan kesempatan saya untuk berkunjung dan belajar tentang pengelolaan etika keperawatan di Thailand. Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Model Hap (High Alert Patient) Dalam Praktik Etika Keperawatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.