Sebanyak 2797 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Mampu membedakan latar belakang penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. b. Mampu membedakan fokus penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. c. Mampu membedakan masalah penelitian yang membedakan ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Edisi Kedua

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Metodologi Penelitian Hukum Islam

Edisi Revisi

Buku Metodologi Penelitian Hukum Islam yang berada di tangan pembaca ini memaparkan berbagai pola, teknik, dan metode penelitian dalam hukum Islam. Materi dalam buku ini menguraikan mulai dari materi yang bersifat teori hingga praktik dan contoh proposal penelitian.Dengan kata lain, buku ini tidak hanya menghadirkan konsep dan teori, tetapi contoh praktis yang dapat dijadikan panduan. Semoga buku ini bermanfaat bagi para mahasiswa, dosen, peneliti hukum Islam, dan seluruh masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... process). Melihat substansi studi yang demikian, jelaslah bahwa studi ini tidak lagi merupakan studi hukum dalam arti ... legal research). Dalam konteks hukum Islam, tingkat keempirisan hukumnya terletak pada praktik. 108 Ibid., hlm. 104 ...

Dasar-Dasar Metodologi Penelitian

Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan referensi metodologi penelitian, khususnya bagi para peneliti pemula. Didukung dengan pengalaman luas diri penulis dalam meneliti, mengajarkan ilmu penelitian, dan menyampaikan gagasan dalam presentasi serta publikasi maka pengetahuan yang relatif sulit dikuasai karena erat kaitannya dengan penalaran ini menjelma menjadi bahan bacaan yang mudah diikuti dan inspiratif.

Buku ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan referensi metodologi penelitian, khususnya bagi para peneliti pemula.

METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan tetapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. Ilmu dan pengetahuan terkadang dirangkum menjadi satu kata majemuk yang mengandung arti tersendiri. Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ilmu disamakan dengan pengetahuan, sehingga ilmu adalah pengetahuan. Namun jika kata pengetahuan dan kata ilmu tidak dirangkum menjadi satu kata majemuk atau berdiri sendiri, akan tampak perbedaan antara keduanya. Berdasarkan asal katanya, pengetahuan diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu knowledge. Sedangkan pengetahuan berasal dari kata Science. Tentunya dari dua asal kata itu mempunyai makna yang berbeda.

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda.

Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif

Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, kontrol diri dan kematangan emosional, konsep diri dan pengembangannya, keteramPilan komunikasi diadik dan implikasinya dalam pembelajaran, dan keterampilan sosial serta perkembangarinya. Buku persembahan penerbit prenadaMedia

Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi guru (pendidik) yang profesional di masa mendatang.

2009, (2) diktat Ulumul Hadits tahun 2008, (3) diktat Sejarah Pendidikan Islam
tahun 2009, (4) diktat materi PAI tahun 2010, (5) diktat Filsafat Pendidikan tahun
2009, (6) Modul Manajemen Pendidikan Islam 2010. Penelitian yang dilakukan ...

Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.

Pengantar Pendidikan Inklusif

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman terbaik selama membantu kementerian pendidikan dan kebudayaan maupun pendidikan tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan selama memberikan pendampingan kepada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Indonesia. Buku ini disusun sebagai referensi utama bagi mahasiswa program kependidikan Unesa maupun para pemegang kebijakan kependidikan, serta pemerhati pendidikan inklusif di Indonesia. Sistematika yang dikembangkan dalam buku ini adalah: (1) latar belakang dan pemikiran-pemikiran baru dalam pendidikan inklusif, (2) filosofi dan prinsip-prinsip dasar pendidikan inklusif, (3) konteks sistem sosial pendidikan inklusif, (4) perspektif budaya pendidikan lokal, (5) asesmen kesiapan menuju pendidikan inklusif, (6) penyelenggaraan pendidikan inklusif berbasis budaya lokal, (7) kualifikasi pembinaan dan karier personal, dan (8) layanan kebutuhan khusus dalam pendidikan inklusif Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman terbaik selama membantu kementerian pendidikan dan kebudayaan maupun pendidikan tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan selama memberikan pendampingan kepada sekolah ...