Sebanyak 19126 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Biologi SMA

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Biologi SMA PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-470-1 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Tes untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil tahun 2020 hampir tiba. Sudahkah kamu mempersiapkan diri dengan belajar materi yang akan diujikan? Materi ujian CPNS memang cukup banyak, sehingga tanpa manajemen yang baik, mustahil semua materi dapat dikuasai dalam waktu singkat. Belajar materi ujian CPNS pun perlu memperhatikan kisi-kisi ujian. Harapannya, belajar jadi lebih efektif dan kamu tidak perlu belajar materi yang tidak diujikan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) adalah sebuah tahapan seleksi dari rangkaian seleksi CPNS. Tahap ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan peserta CPNS menguasai ilmu pada jabatan dan formasi yang dilamar. Jika kalian ingin mendapatkan nilai yang memuaskan dalam Ujian SKB Guru Biologi. Maka kalian harus berusaha semaksimal mungkin dan belajar kisi-kisi soal SKB Guru Biologi, dan sering latihan mengerjakan Contoh Soal SKB Guru Biologi. Buku ini akan mempermudah dan membantu kalian dalam menghadapi Tes SKB CPNS Guru Biologi karena berisi tentang panduan umum tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pendidik, Soal-Soal Biologi dan Jawabannya, Soal-Soal Biologi dan Pembahasannya, Paket Soal Latihan Biologi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Guru Biologi SMA PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-470-1 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Tes untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil tahun 2020 hampir ...

Implementasi Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif

Buku pedoman ini terdiri dari lima bab baik teori maupun petunjuk penugasan. Berikut isi buku pedoman ini: 1) Hakikat Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif, 2) Hakikat Kompetensi Berbicara, 3) Petunjuk Implementasi Kompetensi Berbicara, 4) Hakikat Kompetensi Menulis, dan 5) Petunjuk Implementasi Kompetensi Menulis. Buku pedoman ini juga disertai contoh karya yang memudahkan pembaca khususnya para mahasiswa agar dapat menghasilkan karya sebagaimana luaran dari perkuliahan pada matakuliah Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia

Berikut isi buku pedoman ini: 1) Hakikat Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif, 2) Hakikat Kompetensi Berbicara, 3) Petunjuk Implementasi Kompetensi Berbicara, 4) Hakikat Kompetensi Menulis, dan 5) Petunjuk Implementasi ...

Model Pembelajaran - Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21, Berkarakter, Merdeka dan Literat di Era Kenormalan Baru

Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru. Namun, Guru yang tak mau belajar teknologi terbaru akan ditinggal peserta didiknya. Ala bisa karena biasa. Guru harus berani mencoba hal-hal baru yang dulu tidak didapatkan di bangku kuliah. Pemanfaatan media video conference dapat digunakan guru untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Sehingga nama anda akan dikenal sampai anak cucu. Guru bisa menjadi blogger dan youtuber sehingga menjadi ahli dalam menjadi konten kreator yang kreatif.

Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru.

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-664-8 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik di sekolah, perlu memiliki seperangkat ilmu tentang bagaimana ia harus mendidik anak. Guru bukan hanya sekadar terampil dalam menyampaikan bahan ajar, namun disamping itu ia juga harus mampu mengembangkan pribadi anak, mengembangkan watak anak, dan mengembangkan serta mempertajam hati nurani anak. Pedagogik adalah ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing anak, bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Buku ini akan membantu kalian dalam mempermudah mempelajari soal-soal SKB Pedagogik karena berisi tentang Panduan Umum Soal SKB Pedagogik, Soal dan Kunci Tes Pedagogik www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Soal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik PENULIS: Taufik Hidayat Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-664-8 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik di ...

Analisis kompetensi guru dalam pembentukan karakter anak di TK UIN Ar-Raniry

Analysis of teacher competence in character formation of children in UIN Ar-Raniry kindergarten, Banda Aceh, Indonesia.

BUKU BAHAN AJAR KOMPETENSI DIGITAL BAGI CALON PENDIDIK BIOLOGI

Berawal dari sebuah kongres nasional Biologiwan di Amerika, dirangkumlah keputusan dari konferensi tersebut dalam bentuk sebuah buku berjudul New Biology for the 21 st Century. Buku tersebut menyatakan bahwa di era digital ini, riset Biologi telah berubah menjadi lebih terintegrasi antarbidang (Conelly et al., 2009). Permasalahan-permasalahan sains dan sosial berkembang menjadi sub pokok bahasan baru yang memerlukan integrasi lintas biologi dan dengan sains dan teknik lainnya. Para ilmuwan sadar bahwa tantangan abad 21 atau abad digital, membutuhkan suatu pendekatan terpadu untuk penelitian Biologi, suatu pendekatan yang disebut komite sebagai The New Biology (Biologi Era Baru). Inti dari Biologi Era Baru ini, sebagaimana didefinisikan oleh komite, adalah integrasi—re-integrasi dari banyak sub-disiplin ilmu biologi, dan integrasi dari para ilmuwan biofisika, kimia, ilmuwan komputer/ informatika, teknik, dan matematikawan dan ahli ilmu sosial untuk menciptakan komunitas penelitian dengan kapasitas besar untuk menangani berbagai masalah ilmiah dan sosial. Mengintegrasikan pengetahuan dari banyak disiplin ilmu akan memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang sistem biologis, yang akan mengarah pada karakteristik penelitian baru dengan memanfaatkan potensi keilmuan lintas bidang (Conelly et al., 2009). Adapun dari dunia pendidikan dan pedagogi, pendidik atau guru saat ini menghadapi tuntutan yang berubah dengan cepat, yaitu kebutuhan mereka yang semakin luas akan kompetensi yang lebih maju dari sebelumnya. Secara khusus, perangkat digital sudah menjadi kebutuhan dan keseharian, baik untuk mengerjakan tugas atau untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Menjadi kompeten secara digital membutuhkan tutor/pendamping untuk mengembangkan kompetensi digital setiap pendidik. Di tingkat internasional dan nasional sejumlah kerangka kerja, alat penilaian diri dan pelatihan program telah dikembangkan untuk menggambarkan aspek kompetensi digital untuk pendidik dan untuk membantu mereka menilai kompetensi mereka, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan mereka dan menawarkan pelatihan yang ditargetkan. Berdasarkan analisis dan perbandingan instrumen-instrumen ini, laporan ini menyajikan Kerangka Kerja Eropa yang umum untuk Kompetensi Digital Pendidik (DigiCompEdu). DigiCompEdu adalah latar belakang ilmiah yang sehat kerangka kerja yang membantu memandu kebijakan dan dapat langsung disesuaikan dengan pelaksanaan regional dan nasional alat dan program pelatihan. Selain itu, ini memberikan bahasa dan pendekatan umum yang akan membantu dialog dan pertukaran praktik terbaik lintas batas. Kerangka DigiCompEdu ditujukan untuk pendidik di semua tingkat pendidikan, dari anak usia dini ke pendidikan tinggi dan orang dewasa, termasuk pendidikan dan pelatihan umum dan kejuruan, pendidikan kebutuhan khusus, dan konteks pembelajaran non-formal. Program ini bertujuan untuk memberikan kerangka acuan umum bagi pengembang model Kompetensi Digital, yaitu Negara, pemerintah daerah, lembaga yang relevan, organisasi pendidikan itu sendiri, dan penyedia pelatihan profesional publik atau swasta (Ghomi & Redecker, 2019) Buku bahan ajar ini berisi tentang konsep, kerangka kerja dan simulasi pelatihan Kompetensi Digital bagi pendidik dan mahasiswa calon guru Biologi yang sedang dan akan berkecimpung dalam dunia pendidikan/ pengajaran. Adaptasi terhadap karakter pendidikan di Indonesia dilakukan oleh penyusun berdasarkan dari kerangka kerja Digicomp Uni Eropa tersebut dan diperkaya dengan program Literasi Digital Indonesia yang lebih menyentuh sisi-sisi nyata “keindonesiaan”. Buku ini bukan berisi petunjuk teknis untuk menguasai perangkat lunak atau algoritma tertentu, lebih dari itu buku ini memberikan kerangka kerja, langkah dan cara untuk menjadi pembelajar digital sepanjang hayat. Pembelajar sepanjang hayat ini penting karena dunia digital berlari sedemikian cepatnya, sehingga jika “hanya” petunjuk teknik untuk menggunakan aplikasi atau program tertentu yang mendukung pembelajaran misalnya, buku ini akan segera menjadi bacaan yang tertinggal atau out of date. Oleh karenanya, buku ini bertujuan untuk memberi tata cara dan sikap untuk terus berinovasi dan mengkreasi cara-cara menggunakan kail dan pancing, alih-alih memberi kail dan pancing saja. Akhirnya, penyusun mengucapkan selamat berlatih untuk meningkatkan kompetensi digital bagi para pendidik dan calon pendidik Biologi di Indonesia. Semoga bermanfaat

Program ini bertujuan untuk memberikan kerangka acuan umum bagi pengembang model Kompetensi Digital, yaitu Negara, pemerintah daerah, lembaga yang relevan, organisasi pendidikan itu sendiri, dan penyedia pelatihan profesional publik atau ...

Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Buku Mengenai Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Buku Mengenai Cara Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar