Sebanyak 23694 item atau buku ditemukan

Merenungkan Musibah Sebagai Suatu Pembelajaran

Mengkaji secara singkat ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan musibah. Di samping mempelajari pula berbagai hadits Rasul yang terkait dengan musibah. Tulisan ini diharapkan diperoleh gambaran tentang musibah dan penyebabnya sebagai suatu pembelajaran, dan berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, serta timbulnya kesadaran bahwa jagad raya beserta segala isinya ini diatur oleh sunnatullah yang berlaku sepanjang zaman.

Mengkaji secara singkat ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan musibah.

Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas

(Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21)

Buku ini menghadirkan pemikiran hasil penelitian mengenai pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas yang dapat diterapkan pada pembelajaran di Abad 21. Di dalamnya dilengkapi gambaran beserta contoh bagaimana membelajarkan sains yang mudah dan menarik bagi siswa SD yang selama ini dirasakan sulit bagi guru. Bagi calon guru buku ini juga memberikan bekal dan pengalaman untuk mengajarkan sains bagi siswa SD. Buku Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas (Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku ini menghadirkan pemikiran hasil penelitian mengenai pembelajaran berbasis konteks dan kreativitas yang dapat diterapkan pada pembelajaran di Abad 21.

Perempuan dan masyarakat pembelajaran

Emancipation of women through Islamic education in Indonesia.

Dalil Kepemimpinan Wanita dalam Politik Pengangkatan kekhalifahan (istihklaf)
yang didalamnya mengandung konsep ... Kalimat al insan dalam bahasa Al Qur'
an mempunyai makna salah seorang anak manusia lelaki maupun perempuan.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Materi Pembelajaran Perguruan Tinggi

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

Buku ini disusun dengan tujuan agar para mahasiswa bisa belajar secara efektif dan efi sien dan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran PAI.

METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, yakni pengamatan (observation) dan penalaran (reasoning). Metode ilmiah didasari oleh pemikiran bahwa apabila suatu pernyataan ingin diterima sebagai suatu kebenaran maka pernyataan tersebut harus dapat diverivikasi atau diuji kebenarannya secara empirik (berdasarkan fakta) Data dan informasi yang andal (reliable) dan sahih (valid) digunakan untuk menjelaskan suatu gejala dan atau membuat solusi atas suatu maslaah empiris hanyalahdata dan informasi yang diperoleh dengan menggunakan metode ilmiah. Sementara keandalan (reability) dan kesahihan (validity) data dan informasi ditentukan oleh ketepan menggunakan metode penelitian. Ketepatan menggunakan metode penelitian jika peneliti memiliki pengetahuan tentang metode penelitian secara komprehensif dan mampu mengaplikasikanya secara empiris. buku ini menyediakan pengetahuan tentang metode penelitian dan didalamnya juga dikemukakan beberapa aplikasi dan dikemukanan sejumlah contoh. Buku ini dapat digunakana oleh mahasiswa yang sedang mempelajari metodelogi penelitian atau yang sedang menyelesaikan tugas akhir kemahasiswaan, para peneliti-peneliti muda atau yang ingin menggunakannya, baik sebagai bahan perbandingan maupun hbahan acuan atau bahan kepustakaan

Penelitian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang harus didasari oleh proses berpikir ilmiah yang dituangkan dalam metode imiah.Penelitian yang dilakukan menggunakan merode ilmiah mengandung dua unsur penting, ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

Metodologi Penelitian Pendidikan

buku ajar praktis cara membuat penelitian

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian. Agar bisa mengusai materi tersebut maka mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber belajar. Untuk itulah penulis mencoba menyusun sebuah Metodologi Penelitian ini agar bisa bermanfaat sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Buku ajar ini diperuntukan bagi dosen, mahasiswa dan siapa saja yang berminat melakukan peneltiian sebagai bahan perkuliahan dengan penyajian yang lebih praktis, dimulai dengan uraian atau penjelasan yang singkat padat tetapi bisa dipahami pembaca. Buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang relatif singkat, karena bahan disajika sedemikian rupa. Dengan buku ini pembaca bisa membedakan mana penelitian kuantitatif dan mana penelitian kualitatif, penelitian konvensional dan penelitian tindakan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat untuk menadakan riset dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang disajikan dalam buku ini hanyalah merupakan garis besar materi kuliah. Untuk memperluas dan memperdalam wawasan dalam bidang ini diharapkan hahasiswa membaca berbagai refensi yang relevan, terutama yang buku-buku dijadikan acuan dalam penulisan diktat ini. Penulis menyadari bahwa banyak kelemahan yang terdapat pada buku ini, ”Tiada gading yang tak retak”, buku ini masih perlu terus disempurnakan, baik yang menyangkut isi, pengungkapan, maupun sistematika penulisan. Untuk itu saran serta kritik yang konstruktif senantiasa penulis harapkan.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dirinya berhasil dengan baik dalam menulis skripsi, tesis dan disertasi adalah dikuasainya materi metodologi penelitian.

Metodologi penelitian kualitatif

Metodologi penelitian ialah ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian ilmu tentang alat-alat dalam penelitian. Metodologi penelitian membahas konsep teoretis dari berbagai metode, baik dari segi kelebihan maupun kekurangan, yang dalam karya tulis ilmiah itu nantinya dilanjutkan dengan pemilihan metode yang akan digunakan. Metodologi penelitian dibagi menjadi dua cabang, yaitu metodologi penelitian kuantitatif dan metodologi penelitian kualitatif. Dalam buku ini memfokuskan dalam metodologi penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut.

Metodologi penelitian dibagi menjadi dua cabang, yaitu metodologi penelitian kuantitatif dan metodologi penelitian kualitatif.

Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Statistika

Buku Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika ini terdiri atas VIII Bab. Bab I Pendahuluan, pokok bahasan meliputi pengertian dan perbedaan antara Penelitian Kuantitatif dengan Penelitian Kualitatif.