Sebanyak 221 item atau buku ditemukan

Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi

Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal dapat didasarkan pada hasil penelitian atau kajian suatu permasalahan yang didasarkan pada hasil pemikiran dan kepustakaan yang relevan. Cara membuat artikel ilmiah tidak jauh berbeda dengan cara membuat jurnal atau karya ilmiah lainnya yang dibuat dan disusun berdasarkan hasil temuan fakta lapangan. Pembahasan dalam buku ini meliputi: Bab 1 Konsep Penulisan Ilmiah Bab 2 Etika Dalam Penerbitan Artikel Ilmiah Bab 3 Menghindari Plagiat Bab 4 Daftar Penulis Dan Afiliasi Bab 5 Membuat Abstrak (Abstract) Bab 6 Membuat Pendahuluan (Introduction) Bab 7 Bahan Dan Metode Artikel Ilmiah Bab 8 Menulis Hasil (Result) Bab 9 Menulis Diskusi (Discussion) Bab 10 Ucapan Terima Kasih (Acknowledgements) Bab 11 Penulisan Kutipan Dan Referensi Bab 12 Mengirimkan Artikel Ilmiah Ke Jurnal

Abstrak adalah ringkasan poin suatu tulisan yang disajikan dalam bentuk
kerangka (Merriam-Webster, 2020). Sebuah abstrak bersifat mandiri dan
independen terhadap manuskrip hasil penelitian. Isi abstrak harus membantu
peneliti untuk ...

Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Buku ini terdiri dari 9 (Sembilan) bab yang membahas tentang: Bab 1 Pendahuluan (Pengertian Menulis, Unsur-Unsur Menulis, Tujuan dan Fungsi Menulis, dan Berpikir Kritis dalam Literasi). Bab 2 Kenapa Harus Menulis (Alasan Kenapa Harus Menulis, Kewajiban Dosen Untuk Menulis, Dosen Menulis dan Tidak Menulis). Bab 3 Menulis Dimulai Dari Mana (Memulai Menulis, Memupuk Keterampilan Menulis, dan Tahapan dalam Proses Menulis) Bab 4 Menulis Dapat Distrategikan (Menulis dengan Konsisten, Menulis dengan Kolaborasi, dan Buat Jadwal Menulis). Bab 5 Ragam, Struktur dan Hibah Buku (Pengertian, Jenis Jenis Buku Nonfiksi, Ragam Buku, Format Struktur Penulisan Buku Ajar, Cakupan Penulisan Buku Ajar, Insentif dan Format Buku Ajar Dikti. Bab 6 Teknik Pengutipan dan Daftar Pustaka (Pengutipan, Gaya Penulisan Kutipan, Perangkat Lunak Manajemen Referensi, Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, Daftar Pustaka). Bab 7 Plagiarisme dan Hukumnya (Apa itu Plagiarisme? Jenis-jenis Plagiarisme, Penyebab Melakukan Plagiarisme, Menghindari Plagiarisme, dan Perangkat Pendeteksi Plagiarisme). Bab 8 Teknik Parafrasa (Definisi, Manfaat Parafrasa, dan Memahami Cara Menggunakan Parafrasa). Bab 9 ISBN dan Penerbitan (Pendahuluan, Penerbit, dan Mengirimkan Naskah).

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning

Proses belajar mengajar akan berhasil apabila adanya interaksi antara kedua pihak. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi khususnya internet dalam sistem informasi, proses belajar mengajar telah memanfaatkan teknologi informasi tersebut baik dari jenjang pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Khusus untuk pendidikan tinggi yang menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran, teknologi informasi dirasa sangat membantu bagi mahasiswa.

Proses belajar mengajar akan berhasil apabila adanya interaksi antara kedua pihak.

Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Di era ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu kata yang sering kita dengar. Secara sederhana kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan melihat suatu peluang di masa datang.

Kewirausahaan dan UMKM

Penulis berharap dengan hadirnya buku Kewirausahaan dan UMKM ini, semoga bisa menjadi sebagai alternatif buku referensi bagi mahasiswa untuk mendukung literasi menulis dan membaca. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Kewirausahaan Bab 2 Kewirausahaan di Era Revolusi 4.0 Bab 3 Pendidikan Kewirausahaan Bab 4 Kewirausahaan dan E-Commerce Bab 6 Memulai Usaha Dari Rumah Sebagai Peluang Usaha Baru Bab 7 Aplikasi Konsep Kewirausahaan Bidang Kesehatan Bab 8 Pemasaran Kewirausahaan Bab 9 UMKM dan Hak Kekayaan Intelektual Bab 10 Digitalisasi UMKM

Penulis berharap dengan hadirnya buku Kewirausahaan dan UMKM ini, semoga bisa menjadi sebagai alternatif buku referensi bagi mahasiswa untuk mendukung literasi menulis dan membaca.

Media Pembelajaran

Komponen dalam pembelajaran meliputi kurikulum, guru, siswa, metode, materi, alat (media) serta evaluasi pembelajaran. Sinkronisasi antara komponen tersebut menciptakan proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu komponen penting pada proses pembelajaran adalah alat (media) pembelajaran. Seiiring berkembangnya dunia pendidikan, keberadaan media pembelajaran juga ikut berkembang. Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dimaknai bahwa media pembelajaran yang diintegrasikan dengan TIK menjadi komponen penting dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebagai pendidik maupun calon pendidik, seyogianya wajib memahami media pembelajaran apa saja yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini. Selain itu, pendidik dan calon pendidik juga seyogianya mampu untuk mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan konten materi ajar yang akan diajarkan kepada siswa. Hal ini dikarenakan pendidik yang merupakan desainer, yang mengetahui runtut proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Proses pembelajaran akan sangat terbantu dengan kehadiran media pembelajaran. Buku Media Pembelajaran ini akan membahas: Hakikat Media dalam Pembelajaran, Klasifikasi Media Pembelajaran, Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran, Teknik Pemilihan Media, Mendesain Media Pembelajaran, Teknik Pembuatan Media Berbasis Komputer, Penilaian Media Pembelajaran, serta Media Pembelajaran berbasis TIK.

Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan di dalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan pengguna.

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak.

Methods of Social Movement Research

Citing the critical importance of empirical work to social movement research, the editors of this volume have put together the first systematic overview of the major methods used by social movement theorists. Original chapters cover the range of techniques: surveys, formal models, discourse analysis, in-depth interviews, participant observation, case studies, network analysis, historical methods, protest event analysis, macro-organizational analysis, and comparative politics. Each chapter includes a methodological discussion, examples of studies employing the method, an examination of its strengths and weaknesses, and practical guidelines for its application.

In this concluding chapter, we examine the processes through which social
movement theory has advanced, discuss some issues of controversy, assess the
field's strengths and challenges, and explore some areas of potential expansion.

Social Movements

Contemporary Perspectives

Social movements continue to provide rich fodder for social researchers in the twenty-first century. This reader gives range and depth to ongoing debates about what constitutes a social movement, what motivates actors to participate in social movements, and how social movements continue to evolve in post-industrial societies such as the United States. Not all social movements are about positive social change and some movements have been and will be destructive. The nine essays contained in this text represent classical movements such as the Oneida utopian movement of nineteenth century America and contemporary emerging movements such as the church-growth movement. The authors examine movements that are attempting to revitalize American health care and religious practice along with movements that are counter to social justice such as the white supremacist movement. Was Jonestown a cult or social movement? How does a charismatic leader such as John Humphrey Noyes sell the notion of selective breeding to Oneida communitarians? What is motivating people to participate in the contemporary communal movement in the United States? Such questions are fundamental to our understanding of the emergence and sustainability of social movements. This reader provides authoritative answers to these questions and many more as well as providing a basis for further thought and discussion among students of social movements. While this volume does not attempt to present a unified theory of social movements, the authors apply different theoretical approaches to their explanation of the movements they write about. Authors represent various disciplines such as anthropology, education, and sociology and specialty areas such as criminal justice, immigration, and religion. This multidisciplinary approach adds to the appeal of this reader; with the goal of accessibility to a wide range of audiences who are interested in social movement phenomena, both past and present.

While this volume does not attempt to present a unified theory of social movements, the authors apply different theoretical approaches to their explanation of the movements they write about.

Popular Intellectuals and Social Movements

Framing Protest in Asia, Africa, and Latin America

'Popular intellectuals', who speak in the name of the popular classes to inspire collective action.

The article examines the relationship between these individuals and the
movement itself – how issues have been framed by Patkar and Roy for local ,
national , and international audiences , how support for the antidam struggle has
been ...