kepemimpinan ini menempati posisi esensial yang mewarnai seluruh dinamika kependidikan serta mendinamisasikan perubahan, terutama pada situasi yang transisional. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)
Saat ini penulis mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar di Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Malang (FAI-UMM). Sambil beraktivitas di dunia akademik,
penulis terus ...
Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat kemajuannya sekarang dan di masa mendatang. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Teori, Kebijakan, Dan Praktik Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, ...
Buku ini mencoba memotret berbagai permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dengan melacak kronologi transformasi sistem pendidikan di Bumi Nusantara dan berbagai isu penting yang muncul, berkembang, dan masih mendapatkan perhatian serius dari pada pakar pendidikan Islam. Dengan demikian, diharapkan akan ditemukan solusi dan terobosan untuk mengatasi akar permasalahan yang selama ini masih menjadi penghambat kemajuannya sekarang dan di masa mendatang. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Dengan merujuk kepada berbagai sumber kependidikan Islam yang otoritatif serta melalui analisis induktif, makalah ini tidak berpretensi dapat memberikan jawaban memuaskan terhadap berbagai pertanyaan tersebut, melainkan hanya memberikan ...
Buku ini berisi tentang bagaimana evaluasi pembelajaran dapat dilaksanakan untuk menilai ranah kognitif, afektif, dan psikomotor terkait dengan penilaian dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Dengan menggunakan prinsip pendekatan pembelajaran komunika-tif, penulis mencoba untuk menguraikan bagaimana evaluasi pem-belajaran yang komunikatif itu dapat dilaksanakan. Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris ini disusun untuk memenuhi kebutuhan buku referensi yang spesifik membahas tentang evaluasi pembelajaran bahasa Inggris untuk dapat digu-nakan di tingkat pendidikan dasar dan menengah maupun di pergu-ruan tinggi.Ê ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)
digunakan, dan kesesuaian tes yang digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Semuanya saling menunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran diawali dengan merancang ...
Disajikan dalam 14 bab mengenai diskursus dalil-dalil yang menjadi dasar dalam penemuan dan pengembangan hukum ekonomi syariah dan inovasi berbagai produk akad di perbankan syariah. Pada Bab 1 diawali dengan pengenalan ushul fiqh secara umum dan pengaruhnya dalam ijtihad ekonomi syariah. Pada bab berikutnya disusul dengan berbagai teori pene_ muan/istinbat hukum seperti ijma qiyas, istihsan, istishab, sad zari'ah, masla_ hah mursalah, 'urf Bab 12 khusus membahas peran fatwa Dewan Syariah Nasional dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Bab 13 men_ gurai ta'arudh dan tarjih dalam aplikasi ekonomi syariah; serta Bab 14meny_ ajikan kaidah ushuliyah dan implikasinya dalam praktik ekonomi syariah. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)
anNisâ' [4]:29, dapat dipahami bahwa kegiatan muamalah atau ekonomi dapat dilakukan didasarkan atas adanya kerelaan kedua belah pihak yang melakukan transaksi. Asas suka sama suka untuk melakukan kegiatan bisnis atau perniagaan sangat ...
Kemampuan menafsirkan "ayat-ayat pendidikan" ini diajarkan di seluruh Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) dan di Perguruan Tinggi Agama Islam pada umumnya. Bidang studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan ini merupakan matakuliah yang diwajibkan untuk rnahasiswa Fakultas Tarbiyah/Fakultas Pendidikan. Namun disadari, ketersediaan literatur/referensi berbahasa Indonesia untuk matakuliah Tafsir Ayat-ayat Pendidikan ini masih tergolong langka. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Hal ini dapat dipahami dari keharusan orang-orang yang beriman agar memperkuat keimanannya dengan dalil-dalil, baik yang bersifat naqli (Al-Qur'an-al-Hadis), maupun dalil aqli yang dibangun dari argumentasi yang rasional.
Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Pada bagian awal, dikupas paradigma baru pendidikan dan manusia sebagai makhluk belajar serta hubungan jiwa dan fitrah dengan kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, pokok bahasan berkisar pada berbagai aliran dalam pendidikan dan pembelajaran, konsep, teori, dan metode dalam belajar serta mengajar. Di bagian akhir, buku ini ditutup dengan paparan mengenai keberhasilan belajar mengajar, faktor yang memengaruhinya dan pandangan Islam mengenai keberhasilan belajar mengajar. --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana
Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.
Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Nonparametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, kesimpulan penelitian yang dihasilkan akan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.