Sebanyak 48 item atau buku ditemukan

Sejarah Peradaban Islam

Sejarah peradaban Islam merupakan salah satu bidang kajian studi Islam yang banyak menarik perhatian para peneliti, baik dari kalangan muslim maupun nonmuslim. Sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial, yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu. Buku ini menguraikan tentang sejarah peradaban Islam secara umum; Jazirah Arab sebelum Islam dari berbagai aspeknya, Umayah Timur dan Barat, Abbasiyah, dinasti-dinasti lain di dunia Islam, tiga dinasti besar; imperialisme Barat terhadap dunia Islam; Islam dan peradabannya di Nusantara dan Indonesia; serta kontribusi Islam terhadap ilmu pengetahuan dan filsafat. Maka diharapkan buku ini berfungsi sebagai sumber belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membaca literature sejarah peradaban Islam dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

... History masih menambahkan aspek-aspek lain dari gejala peradaban, yaitu contacts between civilization in space, dan ... Islam terhadap Ilmu Pengetahuan dan Filsafat A. Ilmuwan Muslim Terbesar dalam Sejarah.

Sejarah Peradaban Islam di Indonesia

Sejarah peradaban Islam merupakan salah satu bidang kajian studi Islam yang banyak menarik perhatian para peneliti, baik dari kalangan muslim maupun non-muslim. Sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial, yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu. Buku ini menguraikan tentang sejarah peradaban Islam secara umum; sejarah masuk dan kerajaan Islam di Indonesia: peradaban Islam di Indonesia. Buku ini berfungsi sebagai sumber belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membaca literature sejarah peradaban Islam dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Akan tetapi, kekuatan yang ada pada buku ini adalah pembahasan yang menonjol pada aspek peradaban Islam yang sejalan dengan perkembangan Islam (penganut dan wilayah kekuasaan).

Buku ini menguraikan tentang sejarah peradaban Islam secara umum; sejarah masuk dan kerajaan Islam di Indonesia: peradaban Islam di Indonesia.

Metodologi Tafsir Tarbawi

Alquran sebagai sumber primer pendidikan Islam memerlukan pengkajian dan analisis mendalam. Untuk itu, diperlukan metode tafsir khusus yang dapat mengupas kandungan Alquran yang berkaitan dengan pendidikan. Buku ini memuat langkah-langkah metodologis-aplikatif tafsir tarbawi dalam mengkaji ayat-ayat pendidikan. Metodologi ini menggunakan metode tafsir tematik Al-Farmawi sebagai kerangka teoretis. Selain itu, buku ini menjadikan perpaduan analisis tafsir lughawi, tafsir tahlili, dan tafsir tarbawi sebagai pisau analisis. Buku ini sangat tepat dijadikan referensi bagi mahasiswa, khususnya yang sedang mengkaji tentang pendidikan perspektif Alquran. Bagi praktisi pendidikan Islam, buku ini akan memperdalam pengetahuan terhadap ayat-ayat Alquran mengenai pendidikan

... . Pembahasan Allah Ø berfirman dalam Surah Al-'Alaq: 1–5: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan 98 Metodologi Tafsir Tarbawi Bab 5 Contoh Produk Tafsir Tarbawi Untuk Kepentingan Nonakademik.

Tafsir surah Al-Fatihah

Hanya hamdalah sebagai bentuk ucapan syukur yang dapat menggambarkan pengagungan Allah terhadap segenap nikmat-Nya. Hal itu merupakan simpul rasa syukur dan pangagungan terhadap Zat yang Mahaagung dan Maha segalanya. Demikianlah hamdalah sebaiknya dipraktikkan dalam beragam aktivitas manusia dan jin sebagai wujud penghambaan mereka kepada Allah. Hamdalah ini diturunkan oleh Allah kepada seluruh Hamba-Nya sebagaimana termaktub dalam Surah Al-Fatihah, surah yang menjadi fokus utama buku ini. Manusia diciptakan untuk disayangi oleh Allah, bahkan semua isi kandungan Alquran yang tersimpul dalam Surah Al-Fatihah merupakan bentuk kecintaan-Nya kepada para hamba. Realitas Allah memutlakkan lahirnya kesimpulan utama bagi manusia sebagai hamba, yaitu hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Pertolongan yang menjadi prioritas bagi hamba adalah mendapatkan hidayah menuju jalan lurus, yaitu jalan yang mencakup ilmu yang benar dan amal yang tepat berdasarkan Alquran dan sunnah. Kesatuan ilmu dan amal merupakan jalan lurus yang seharusnya ditempuh oleh umat Islam agar terhindar dari kemurkaan dan kesesatan. Sasaran pembaca buku ini adalah mahasiswa, pelajar, guru agama, pemerhati tafsir Alquran, masyarakat umum yang peduli terhadap isu-isu keislaman, serta mereka yang telah memiliki basis pemahaman keislaman yang cukup mendasar.

Perhatian ini dapat dikatakan sebagai pendidikan yang diberikan Allah terhadap ciptaan-Nya. Dengan demikian, pendidikan seringkali disebut tarbiyah yang merupakan pecahan (derivasi) dari kata “rab”. Pendidikan dalam Islam diartikan ...

Pendidikan Karakter Islam

Pendidikan Karakter adalah inti dari Pendidikan Islam yang semula dikenal dengan pendidikan akhlak. Pendidikan ini sudah ada sejak islam didakwahkan oleh Nabi kepada para sahabatnya. Seiring dengan Penyebaran Islam, pendidikan karakter tidak pernah terabaikan karena islam yang disebarkan oleh Nabi adalah Islam dalam arti yang utuh, yakni keutuhan dalam iman, amal saleh, dan akhlak mulia. Buku ini menguraikan secara singkat tentang latar belakang pentingnya pendidikan karakter serta keterkaitan karakter dengan akidah dan syariat Islam. Setelah itu, diuraikan tentang konsep dasar pendidikan karakter dalam Islam dan pola pengembangannya. Selanjutnya, dijelaskan implementasi pendidikan karakter dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, di setiap akhir bab ditambahkan catatan akhir yang diharapkan dapat memberikan penyadaran kepada para pembaca akan arti pentingnya pendidikan karakter. Target buku ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah serta mahasiswa Jurusan PKn dan IPS. Tidak hanya itu, buku ini juga menjadi penting bagi praktisi dan pihak-pihak lain yang peduli dengan pendidikan karakter.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, kata karakter diartikan dengan tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, dan watak. Dengan demikian, orang berkarakter berarti orang yang ...

Komunikasi Islam

Praktik Komunikasi Islam pada era revolusi industri 4.0 sangat diperlukan sebagai langkah strategis untuk menumbuhkan, menjaga, dan mengembangkan peradaban Islam. Penerapan komunikasi Islam yang benar, akan mampu menghantarkan perubahan perubahaan komunikasi yang sehat, dengan tidak menghilangkan keunikan Islam di berbagai belahan dunia. Karena Islam bukanlah agama yang lahir dalam ruang hampa tanpa terikat budaya setempat. Tetapi justru selalu terjadi komunikasi yang berkelanjutan antara ajaran Islam dan yang tumbuh berkembang di masyarakat, sehingga melahirkan budaya maju yang dpat melahirkan peradaban Islam. Penulisan buku ini diperuntukkan untuk bahan ajar di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yang diharapkan dapat menjadi dorongan untuk kajian selanjutnya. Sebab buku yang membahas tentang komunikasi Islam relatif masih sedikit jumlahnya. Buku ini berisi berbagai pembahasan tentang komunikasi Islam mulai dari ruang lingkup komunikasi Islam, praktik komunikasi Islam dari masa ke masa, manusia dalam perspektif komunikasi Islam, unsur-unsur, bentuk, dan fungsi komunikasi. Termasuk juga membahas korelasi komunikasi Islam, metode dan strategi komunikasi Islam, komunikan sebagai penerima pesan, efek dan prinsip-prinsip komunikasi Islam.

Kontennya, dapat berupa ilmu pengetahuan Islam ditinjau dari berbagai aspek, hiburan Islami, informasi Islami, dan nasihat mengajak kepada kebaikan Islam. Ketiga, metode (thariqah) komunikasi Islam adalah ilmu yang mempelajari tata cara ...

Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak. Buku ini mengetengahkan mengenai tahap awal prapendidikan, mulai dari memilih pasangan suami maupun istri karena berkaitan dengan perkembagan anak, pola asuh, dan perlindungan hak-hak anak dalam pembentukan karakter di dalam keluarga, disertai bacaan doa-doa dan sebagainya dalam dimensi ke-Islaman. Karya tulis ini dipandang penting bagi para akademisi, orangtua, dan praktisi pendidikan anak usia dini sebagai bahan rujukan dalam menjalankan aktivitas pendidikan bagi anak usia dini.

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak.

Tasawuf Kontemporer

Masyarakat abad global kebanyakan telah kehilangan visi keilahian, krisis spiritual, intelektual, sosial dan dekadensi moral, akibat pola hidup yang cenderung rasional, hedonis, pragmatis, materialis, sekuler dan individualis yang menjauhi nilai-nilai agama bahkan meninggalkan agama untuk mendewakan dunia, ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka beranggapan bahwa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memenuhi segala kebutuhannya, dan dunia sebagai tempat untuk melampiaskan segala hasrat dan segala keinginan tak terkontrol. Sehingga lama-kelamaan mereka mengalami kekeringan spiritual, jiwa mereka gersang, rohani mereka layu dan hati mereka mati. Akibatnya, berdampak pada cara pikir (paradigma), moral, sosial mereka yang cenderung menurun. Untuk itu, diperlukan solusi yang konkret untuk mengatasi permasalahan rohaniah tersebut. Di antara solusi yang mengarah kepada aspek rohani dalam ajaran Islam yang paling mendekati adalah tasawuf, melalui siraman ajaran tasawuf ini diharapkan masyarakat abad global ‘kembali’ kepada pengkuan ilahi dengan tetap eksis mengarungi kehidupan dunia. Sehingga akan mengantarkan mereka kepada kebahagiaan dunia dan akhirat secara seimbang (tawazun). Inilah yang dinamakan dengan “Tasawuf Kontemporer”, yang mengedepankan nilai-nilai keselarasan, sinergitas, integrasi dan keseimbangan antara rohani-jasadi, individu-sosial, dunia-akhirat, syari’at-hakikat, fiqih-tasawuf, vertikal-horizontal dan dzhahir–batin yang dapat mengantarkan manusia hidup secara seimbang, toleran, aktif, solutif, reaktif, optimistis, agamis, humanis dan berbudi luhur.

Masyarakat abad global kebanyakan telah kehilangan visi keilahian, krisis spiritual, intelektual, sosial dan dekadensi moral, akibat pola hidup yang cenderung rasional, hedonis, pragmatis, materialis, sekuler dan individualis yang menjauhi ...

Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tasawuf

Islam yang dijumpai dalam sejarah ternyata tidak sesempit yang dipahami pada umumnya. Dalam sejarah dijumpai bahwa Islam bersumber pada Alquran dan Sunnah dapat berhubungan dengan pertumbuhan masyarakat luas. Dari persentuhan ini melahirkan berbagai disiplin ilmu keislaman seperti teolog, filsafat, dan tasawuf. Bagi umat Islam umumnya dan kaum cendikia khususnya adalah panggilan sejarah untuk terus mengembangkan warisan intelektual mereka, studi, dan penelitian yang tiada henti. Buku ini membahas sejarah timbulnya masalah aqidah; aliran-aliran ilmu kalam; kontak pertama kaum muslimin dengan filsafat Yunani; rasional dan tradisional dalam pemikiran kalam; para filosof di dunia Islam bagian Timur dan Barat; masalah-masalah dalam filsafat Islam; filsafat Islam pasca Ibn Rusyd; arti dan asal usul tasawuf dalam Islam; zahid-zahid masa awal; sufi-sufi besar; perkembangan modern dalam teologi, filsafat, dan tasawuf. Buku ini untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari Dirasah Islamiyah IV tentu sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan bacaan bagi kaum muslimin pada umumnya.

Buku ini membahas sejarah timbulnya masalah aqidah; aliran-aliran ilmu kalam; kontak pertama kaum muslimin dengan filsafat Yunani; rasional dan tradisional dalam pemikiran kalam; para filosof di dunia Islam bagian Timur dan Barat; masalah ...

Ilmu Tasawuf

Tasawuf merupakan salah satu aspek esoterik Islam dan intisarinya adalah kesadaran akan adanya komunikasi rohaniah antara manusia dan Tuhan melalui kontemplasi. Dengan bertasawuf, seseorang akan menjadi lebih bersih hati dan jiwanya, sekaligus dia akan dibimbing oleh cahaya Ilahi secara intens. Dengan demikian, perilaku seorang sufi akan terefleksikan dalam berbagai tindakan dan berkomunikasi secara baik dengan Tuhan sebagai perwujudan hablun minallah (hubungan vertikal) sekaligus berhubungan baik dengan sesama manusia sebagai perwujudan hablun minannas (hubungan horizontal). Buku ini membahas tentang; Apa itu Tasawuf; Posisi Tasawuf dalam Islam; Tujuan Tasawuf; Sejarah Tasawuf; Epistemologi Filsafat dan Tasawuf; Hubungan Tasawuf dengan Ilmu Tauhid; Filsafat, Fiqh, dan Psikologi; Tasawuf Akhlaki; Tasawuf Irfani; Tasawuf Falsafi; Ajaran-Ajaran Tasawuf; Tokoh-Tokoh Tasawuf dan Pemikirannya; Tarekat dan Sejarah Perkembangannya; Tasawuf dan Tokoh-Tokoh Tasawuf di Indonesia; serta Studi Kritis Terhadap Ajaran Tasawuf. Buku ini menjadi referensi “wajib” bagi Mata Kuliah Ilmu Tasawuf di berbagai perguruan tinggi agama Islam di UIN, IAIN, STAIN, serta PTAIS khususnya di Fakultas-Fakultas Tarbiyah, Dakwah, Syariah, Ushuluddin, dan Adab. Buku ini juga perlu dibaca bagi siapa saja yang ingin mendalami tasawuf secara mendalam dan komprehensif.

Buku ini menjadi referensi “wajib” bagi Mata Kuliah Ilmu Tasawuf di berbagai perguruan tinggi agama Islam di UIN, IAIN, STAIN, serta PTAIS khususnya di Fakultas-Fakultas Tarbiyah, Dakwah, Syariah, Ushuluddin, dan Adab.