Sebanyak 4108 item atau buku ditemukan

TELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN Edisi Revisi

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan. Mengupas arti serta definisi pendidikan dalam segi filsafat, juga mendalami makna pendidikan dari sudut pandang filosofinya. Dalam buku ini dijabarkan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan, latar belakang, filosofi, sampai dengan kajian psikologi yang terdiri dari beberapa aliran, juga penelitian tindakan kelas terhadap para pendidik, guru maupun dosen. Manfaat buku ini diharapkan dapat memberikan pengertian tentang filsafat pendidikan dalam kehidupan. Manfaat pendidikan itu sendiri dijelaskan secara filsafat antara lain sebagai dasar dalam bertindak. Sebagai dasar dalam mengambil keputusan. Untuk mengurangi salah paham dan konflik. Untuk bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah. Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik, baik potensi fisik, potensi cipta, rasa maupun karsanya agar potensi tersebut menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan organis, harmonis, dan dinamis, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan.

Buku dengan judul Telaah Filsafat Pendidikan ini adalah sebuah buku yang mengangkat tema Filsafat dalam dunia pendidikan.

Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif

Pedagogik merupakan suatu ilmu yang bersifat fundamental yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan pendidikan. Dalam perkembangannya pedagogik saat ini sudah tidak lagi dipandang suatu ilmu yang hanya terbatas pada hal yang bersifat praksis dan pembahasan sempit lainnya yang akan membuat pedagogik sebagai suatu ilmu lepas dari esensinya, melainkan lebih jauh dan lebih dalam dipandang suatu ilmu yang memiliki prinsip-prinsip secara teoritis dan bernuansa filosofis dalam membangun pilar-pilar kehidupan umat manusia. Artinya, bahwa pedagogik sebagai suatu ilmu terikat dengan manusia dan seluruh dimensi didalamnya, sehingga berdasarkan hal tersebut, persoalan manusia merupakan tema sentral dan titik tolak dalam memaknai pendidikan. Selain itu, pedagogik sebagai suatu ilmu, dibangun berdasarkan struktur fundamental yang jelas dengan didasarkan pada landasan yang tidak hanya bersifat konseptual, melainkan kontekstual dan filosofis serta dimensi-dimensi lain didalamnya. Dalam konteks ke Indonesiaan, pedagogik Indonesia didasarkan pada fundamen yang bersifat prinsipal bagi pengembangannya, yaitu didasarkan pada nilai-nilai yang berakar dari filsafat pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia.

Pedagogik merupakan suatu ilmu yang bersifat fundamental yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan pendidikan.

Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan

Buku ini hadir secara khusus untuk memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, dosen muda, dan para peneliti pemula pada khususnya, untuk segera membumikan ide-ide kreatifnya, segera mengadakan berbagai penelitian. Salah satunya adalah penelitian pengembangan yang memang secara khusus diprioritaskan untuk memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada. Buku ini dilengkapi dengan kajian teoretis, untuk menambah wawasan pembaca tentang penelitian pengembangan, utamanya di bidang pendidikan. Selain itu, pembaca juga disuguhkan dengan contoh-contoh konkret bagaimana menemukan ide dan menyusunnya dalam sebuah proposal penelitian. Kemudian, segera dilakukan pengembangan berbagai hal dan berakhir pada terpublikasikannya pada berbagai sarana publikasi ilmiah seperti prosiding, buku, dan atau jurnal.

Buku Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis

Buku Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis merupakan salah satu wujud kontribusi UGM dalam mewujudkan visi kerakyatan yang tertuang dalam pengembangan sektor UMKM. Sektor UMKM merupakan pilar perekonomian nasional yang memiliki peran strategis dalam menopang perekonomian rakyat, antara lain dalam hal pemerataan pendapatan, penyerapan tenaga kerja, serta wadah sosial ekonomi masyarakat. Akan tetapi, pengembangan sektor UMKM masih mengalami berbagai kendala, seperti persoalan klasik dalam hal akses permodalan yang terbatas, pemasaran, dan teknologi, serta persoalan yang menyangkut kebijakan yang kurang memihak sektor UMKM, seperti tarif dasar listrik, pajak UMKM, liberalisasi perdagangan, dan sebagainya. Lemahnya daya saing produk-produk UMKM dengan produk-produk luar negeri menjadi tantangan UMKM di era global. Melihat realitas tersebut, perlu ada peran dari berbagai pihak untuk mengembangkan sektor UMKM sehingga dapat lebih mandiri dan berdaya. Peran dari berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, perbankan, perguruan tinggi, dan berbagai asosiasi bisnis lainnya sangat diperlukan untuk mendorong pemberdayaan sektor UMKM ini. Perguruan tinggi memiliki peran sebagai lembaga inkubasi bisnis yang dapat mendorong dan memberikan produk-produk inovasi teknologi serta pendampingan kepada para pelaku UMKM. Fungsi-fungsi technopreneurship dalam pengembangan UMKM diharapkan mampu dilakukan oleh perguruan tinggi. Sebagai perguruan tinggi, Universitas Gadjah Mada juga dituntut memainkan peran penting di dalamnya. Tulisan dalam buku ini mengupas mengenai kompleksitas permasalahan UMKM dan peran Universitas Gadjah Mada khususnya LPPM dalam pengembangan UMKM. Secara singkat, buku ini memuat definisi UMKM, peran strategis UMKM dalam perekonomian nasional dan tantangan UMKM di era global, permasalahan-permasalahan UMKM, peran technopreneurship dalam pengembangan UMKM di Indonesia, strategi pengembangan UMKM, serta langkah-langkah yang telah dilakukan LPPM UGM dalam pengembangan UMKM. Buku ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan UMKM, memberikan inspirasi dalam pengelolaan UMKM, serta dapat menggugah partisipasi dari berbagai lembaga lain untuk ikut bersama-sama mendorong pengembangan UMKM.

Buku Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis merupakan salah satu wujud kontribusi UGM dalam mewujudkan visi kerakyatan yang tertuang dalam pengembangan sektor UMKM.

PENGEMBANGAN PARIWISATA ALTERNATIF

Pengembangan pariwisata alternatif dalam bentuk desa wisata, secara substansial pengembangannya senantiasa berbasis pada pemberdayaan masyarakat (community-based tourism development) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Pengembangan desa wisata sebagai salah satu produk pariwisata yang berbasis pada masyarakat tersebut dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pengelolaan pariwisata di desanya. Keberhasilan pengembangan desa wisata di suatu daerah akan sangat ditentukan oleh potensi daya tarik pariwisata yang harus dimiliki desa tersebut. Salah satu konsep yang menjadi faktor penentu keberhasilan pembangunan dan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat adat (indigenous tourism) yang sesuai dengan konsep desa wisata di suatu daerah adalah elemen “4H” yang meliputi (1) habitat (tempat permukiman asli), (2) history (sejarah/asal usul), (3) handicraft (barang kerajinan tangan), dan (4) heritage (warisan/pusaka budaya). Pembahasan dalam buku ini penulis mengangkat kasus mengenai pengembangan pariwisata alternatif Desa Pakraman Jasri. Di desa ini tentu banyak hal menarik yang perlu dikaji salah satunya mengenai tentang pengembangan pariwisata alternatifnya karena pada dasarnya desa ini terletak di Bali yang tentu sudah sangat terkenal dengan wisatanya yang begitu menawan dan sayang untuk di lewatkan.

Pengembangan pariwisata alternatif dalam bentuk desa wisata, secara substansial pengembangannya senantiasa berbasis pada pemberdayaan masyarakat (community-based tourism development) dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal Desain Kriya, Kriya Tradisional & Aset Budaya Lokal

Buku yang berdasarkan pada hasil penelitian ini disusun untuk dapat menjadi rujukan bagi dosen, mahasiswa dan peneliti di Perguruan Tinggi Seni, Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas Ilmu Budaya, serta pihak yang berkepentingan dengan warisan seni budaya bangsa. Buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi tentang metode pengembangan desain produk kriya berbasis budaya lokal. Pengembangan desain kriya berbasis kriya tradisi dapat menambah referensi dan khasanah ilmu pengetahuan seni budaya yang berbasis penelitian dan pengembangan (Research and Development Based). Materi buku ini disusun dengan uraian yang diawali gambaran umum tentang salah satu contoh kondisi kerajinan tradisional di Sumatera Barat, yaitu kerajinan Tarompa Datuak. Hal ini bertujuan untuk mengantarkan pada pokok bahasan dan sub pokok bahasan tentang merevitalisasi potensi kerajinan tradisional, strategi pengembangan desain, langkah-langkah pengembangan desain dan proses pembuatan desain. Khusus untuk kuliah Desain Kriya, buku ini juga dapat menginspirasi dosen dan mahasiswa dalam mendesain berbagai macam bentuk media untuk produk kriya (kriya kayu, kulit, logam, keramik dan tekstil) dan kemungkinan-kemungkinan produk kriya dalam karya fungsional berupa fashion, alas kaki, suvenir interior dll. Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal Desain Kriya, Kriya Tradisional & Aset Budaya Lokal ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal Desain Kriya, Kriya Tradisional & Aset Budaya Lokal ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan faktor yang penting menentukan dalam setiap organisasi karena sebagai salah satu unsur kekuatan daya saing organisasi juga sebagai penentu utama organisasi dalam meningkatkan produknya atau pelayanannya kepada masyarakat. Oleh karena itu sumber daya manusia harus berkualitas memiliki kompetensi dan kinerja yang tinggi. Maka dalam pengelolaan sumber daya manusia perlu dilakukan perencanaan dan pengembangan sehingga dimasa datang dapat tersedia SDM yang berkualitas dan unggul. SDM tidak saja dituntut professional sebagai pembangun citra pelayanan public, tetapi juga dituntut sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan upaya yang sistematis agar mampu bekerja optimal dalam memberikan pelayanan terbaik atau untuk menghasilkan produk terbaik. Hal tersebut hanya mungkin dicapai melalui peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan keahlian melalui program pengembangan SDM. Upaya perbaikan pengelolaan sumber daya manusia terus dilakukan tanpa henti sehingga produktifitas kerjanya dapat meningkat dan dapat dicapai efektivitas dan efisiensi organisasi.

Maka dalam pengelolaan sumber daya manusia perlu dilakukan perencanaan dan pengembangan sehingga dimasa datang dapat tersedia SDM yang berkualitas dan unggul.

Educational Psychology for Learning and Teaching

Educational Psychology for Learning and Teaching introduces key theories of development and learning to help you understand how learners learn, and how educators can be more effective in their teaching practice. Featuring current research on the various dimensions of learning and teaching alongside traditional theories, it provides a clear framework of theory and evidence that supports modern education practices. Taking a comprehensive approach, this text investigates how to apply psychology principles to education contexts to enhance learning and teaching quality, particularly for accommodating individual student needs. This wholly Australian and New Zealand text caters for those who are planning to work with any age range from early childhood to adolescence and beyond. With a greater focus on resilience in education settings, the discussion of creativity alongside intelligence and a broader discussion on diversity, this new edition is up-to-date for the pre-service teacher. New, print versions of this book come with bonus online study tools on the CourseMate Express and Search Me! platforms Premium online teaching and learning tools are available to purchase on the MindTap platform Learn more about the online tools cengage.com.au/learning-solutions

New, print versions of this book come with bonus online study tools on the CourseMate Express and Search Me! platforms Premium online teaching and learning tools are available to purchase on the MindTap platform Learn more about the online ...

Educational Psychology

"Educational Psychology explores the role of the educational psychologist, firstly by examining cognitive development, cognitive psychology and individual differences and secondly through the analysis of social development and social psychology. Controversies and dilemmas in research and professional practice are discussed throughout the book. An initial chapter focuses on the development, contemporary nature and context of educational psychology as a profession, outlining especially the requirements forand the nature of professional training. Current debates and challenges are introduced within a diverse range of topics in cognition, learning and instruction, such as, intelligence, language development, dyslexia, maths anxiety, instructional psychologyand inclusion. Similarly, topics covering social, emotional and behavioural issues in school - behaviour management and attributions, bullying, autism, school phobia, pupil identity and school ethos - are explored in terms of their roots in psychology theory and research and their high profile within public policy and decision making. The integrated and interactive approach, combined with the comprehensive coverage, make this book the ideal companion for courses in applied educational psychology"--

The integrated and interactive approach, combined with the comprehensive coverage, make this book the ideal companion for courses in applied educational psychology"--