Sebanyak 2280 item atau buku ditemukan

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Paradigma baru pembelajaran bahasa, sastra Indonesia dalam kurikulum 2013 dan implementasinya

On study and teaching of Indonesian language and literature for 2013 school curriculum in Indonesia; papers of a seminar.

Mudahnya mengisi nilai dan rapor kurikulum 2013 dengan “Si nidra” : dilengkapi dengan CD aplikasi dan panduan pemakaiannya

Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi menggunakan teknologi komputer. Pada kesempatan kali ini penulis menawarkan sebuah aplikasi berbasis microsoft Office Excel sebagai solusi membantu kerja gurumatapelajaran ataupun wali kelas dengan nama “SI NIDRA” yang merupakan singkatan dari Apikasi Nilai dan Rapor.

Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas.

Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis

“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)

Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...

Buku Panduan Guru

(Edmodo sebagai Media E-Learning Kimia Berbasis Smartphone)

Buku ini menyajikan panduan secara lengkap bagi Guru, khususnya bidang studi KIMIA dalam menggunakan Edmodo sebagai media pembelajaran. Buku ini disajikan secara lengkap mulai dari cara membuat akun hingga melaksanakan pembelajaran E-learning.

Hal ini sesuai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara e-learning dan motivasi peserta didik, ketika guru menerapkan
e-learning lebih banyak motivasi dihasilkan oleh peserta didik dan sebaliknya.

Metode Penelitian

Menjadi seorang peneliti pastinya harus paham benar bagaimana metode-metode untuk meneliti dan melakukan sebuah penelitian. Seorang peneliti, terutama peneliti pemula seringkali merasa bingung tentang apa yang ia lakukan pada tahap tertentu. Buku ini menawarkan sebuah panduan yang cukup komprehensif, mulai dari awal memulai penelitian hingga praktik teknis penulisan. Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah akademik, metode penelitian ini juga disiapkan untuk penelitian-penelitian untuk cakupan ilmu yang lebih luas. Maka, dengan adanya buku ini, penelitian Anda akan lebih baik dan berkualitas.

Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah ...

Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen

Buku dengan judul “Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen)” merupakan buku ketiga yang ditulis penulis. Buku ini memberikan panduan terkait dengan langkah-langkah penelitian kuantitatif dengan bantuan software SPSS dan SmartPLS, dimana dalam buku ini diberikan contoh-contoh analisis kuantitatif dengan berbagai teknik analisis yang sering digunakan dalam penelitian manajemen, teknik, eksperimen dan penelitian kuantitatif lainnya. Buku ini juga disertai dengan data-data penelitian dalam bentuk Microsoft Excel yang dapat didownload melalui link: bit.ly/dataexcel1 dan data input SPSS dapat didownload di link: bit.ly/inputspss. Apabila pembaca mengalami kesulitan dalam memahami buku ini, maka dapat menghubungi penulis melalui email penulis.

Buku dengan judul “Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen)” merupakan buku ketiga yang ditulis penulis.

Belajar dan Pembelajaran

Buku ini menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran beserta berbagai hal kaitanya dengan kegiatan pembelajaran. Belajar merupakan suatu proses aktivitas mental yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang bersifat positif dan menetap relatif lama melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek kepribadian baik scara fisik ataupun psikis, sedangkan pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu dengan bantuan guru untuk memperoleh perubahan perubahan perilaku menuju pendewasaan diri secara menyeluruh sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkunganya. Belajar dan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, dengan adanya proses belajar dan pembelajaran maka akan tercipta pengetahuan baru yang lebih baik. Mahasiswa sebagai calon pendidik di kemudian hari harapanya bisa menguasai pembelajaran dengan baik, dengan disususnya bahan ajar ini maka harapanya mahasiswa bisa lebih memahami belajar dan pembelajaran lebih mendalam serta dapat mengaplikasikanya dengan baik.

Buku ini menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran beserta berbagai hal kaitanya dengan kegiatan pembelajaran.

Seri Panduan Belajar Dan Evaluasi Bahasa Inggriss Untuk SMP/MTs Kelas VII

Seri Panduan Belalar Evaluasi Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua
hal yang saling terkait . Materi - materi pelajaran yang disampaikan dalam
kegiatan belajar dievaluasi melalui serangkaian proses yang saling
berhubungan .