Sebanyak 22517 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN KEPUASAN DAN KETERIKATAN PEGAWAI

Kepuasan, keterikatan, dan produktivitas pegawai yang tinggi adalah isu semua pimpinan, baik di instansi pemerintahan maupun industri. Saya senantiasa berusaha menulis tema-tema sentral yang sangat diperhatikan banyak orang, baik di instansi pemerintahan maupun industri. Hal ini disebabkan niat untuk memberikan dampak bagi banyak organisasi sekaligus. Buku Manajemen Kepuasan dan Keterikatan Pegawai ini, merupakan salah satu tema buku yang sudah lama sekali ingin saya tuliskan. Sejak mulai bekerja di Astra, saya melihat betapa perhatian manajemen pada kepuasan pegawai (saat itu belum ada konsep keterikatan pegawai) memanusiakan pegawai dan menguntungkan pengusahanya sekaligus. Selama berkarir di Astra saya mencermati bahwa peningkatan kepuasan pegawai memberikan biaya lebih tinggi bagi pengusaha. Tetapi dampaknya, memberikan keuntungan lebih tinggi juga bagi pengusaha. Itulah sebabnya saya sangat meyakini pentingnya manajemen kepuasan dan keterikatan pegawai dan bersyukur bisa menyusun buku ini. Kepuasan pegawai dan keterikatan pegawai adalah dua tema besar manajemen SDM dan manajemen organisasi yang sangat berkaitan. Dalam bahasa sederhana, pegawai yang puas umumnya akan memiliki keterikatan yang tinggi. Selanjutnya, pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Peningkatan produktivitas menciptakan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan produktivitas memungkinkan perusahaan menghasilkan output yang lebih besar untuk tingkat input yang sama, yang kemudian mendukung perusahaan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi, dan berdampak akhir menghasilkan Produk Domestik Bruto yang lebih tinggi. Bagi pegawai, peningkatan produktivitas juga memiliki manfaat signifikan. Peningkatan produktivitas akan membuat pegawai memperoleh upah yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik. Dengan upah lebih tinggi, kesejahteraan pegawai dan keluarganya akan membaik. Dengan kondisi kerja yang lebih baik, pegawai akan lebih bahagia dan sehat secara mental. Saya menulis buku ini dan bersemangat untuk membantu Indonesia agar lebih mengoptimalkan kepuasan dan keterikatan pegawai. Pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan meningkatkan produktivitas pegawai, unit kerjanya, organisasinya, dan pada akhirnya produktivitas bangsa Indonesia. Kementerian, lembaga atau perusahaan di Indonesia perlu melaksanakan pelatihan atau implementasi perbaikan sistem manajemen untuk peningkatan kualitas kepuasan dan keterikatan pegawai. Kepuasan dan keterikatan pegawai memiliki dinamika yang sangat kompleks. Tidak mudah memahami hubungan dua tema besar ini bila tidak mendalaminya secara serius. Membaca buku ini akan membuat Anda lebih memahami dinamika kepuasan dan keterikatan pegawai. Hubungan antar keduanya sangat kuat. Kadang selaras. Kadang bertentangan. Hal ini menimbulkan misteri manajemen. Sebagai contoh, pada situasi tertentu, pegawai yang puas belum tentu memiliki keterikatan yang tinggi. Mengapa demikian, dibahas detailnya dalam bagian khusus di buku ini. Menjaga pegawai agar tetap puas dan terikat membutuhkan lebih dari sekedar gaji dan tunjangan yang baik. Buku ini sangat cocok untuk dimiliki setiap pimpinan unit kerja. Pimpinan unit kerja di organisasi pemerintahan maupun bisnis akan terbantu menjawab berbagai misteri manajemen SDM terkait kepuasan dan keterikatan pegawai. Bila Anda dan para pimpinan unit kerja di kementerian/lembaga atau perusahaan memiliki perhatian dan kepedulian yang sama pada kepuasan dan keterikatan pegawai, maka buku ini sangat cocok untuk Anda. Berbagai aspek kepuasan dan keterikatan pegawai dielaborasi dengan super lengkap, terintegrasi dan menarik dalam buku ini. Dengan memahami isi buku ini, Anda dapat membangun tim yang lebih kuat di organisasi Anda. Dengan mencermati isi buku ini, Anda dapat membangun kinerja organisasi dan bisnis yang lebih baik sesuai target-target Anda. Dengan mengerti dan menerapkan isi buku ini, kita berkontribusi membangun masa depan Indonesia menjadi salah satu macan Asia di masa depan.

Hal ini disebabkan niat untuk memberikan dampak bagi banyak organisasi sekaligus. Buku Manajemen Kepuasan dan Keterikatan Pegawai ini, merupakan salah satu tema buku yang sudah lama sekali ingin saya tuliskan.

Refleksi manajemen qolbu

Dakwah bil Hal egiatan dakwah dan taklim memang telah lama dilakukan secara
luas oleh para ulama maupun aktivis Muslim . Sejumlah majelis taklim pun
bertebaran di manamana . Kita dapat melihat betapa banyak kaum muda , baik
di ...

Manajemen Media di Indonesia

Manajemen media identik dengan adanya faktor ketidakpastian. Faktor inidisebabkan beberapa kondisi seperti perubahan regulasi, fluktuasi ekonomi, sistem permodalan, perkembangan teknologi, keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas, meningkatnya kesadaran dan tuntutan publik, serta pergeseran minat konsumen media. Dalam kaitan ini, kajian manajemen media memiliki posisi yang sangat penting untuk menjelaskan berbagai fenomena tersebut. Sayangnya, manajemen media, sebagai kajian yang relative baru di Indonesia, masih sangat jarang dilakukan dengan serius. Padahal, kehidupan media di Indonesia sangat dinamis dan tumbuh pesat, khususnya sejak era reformasi dan keterbukaan informasi tahun 1998. Tidak banyak referensi mengenai manajemen media dalam bahasa Indonesia. Lebih sedikit lagi referensi yang membahas manajemen media dalam konteks Indonesia. Buku ini menjadi langkah awal yang sangat strategis untuk menjawab kekosongan literatur manajemen media di Indonesia. Kajian dalam buku ini dibagi menjadi tiga isu utama: ‘Memahami Kajian Manajemen Media’, ‘Menyikapi Perkembangan Teknologi’, dan ‘Riset Manajemen Media: Tantangan dan Peluang’. Sejumlah nama profesional di bidang kajian komunikasi memberikan kajian kritis, antara lain, Amir Effendi Siregar, Ishadi S.K., dan Ana Nadhya Abrar.

Garis positif atau lebih tepat akibat konstruktif fenomena globalisasi media
massa di Indonesia adalah perubahan sosial ... dipunyai oleh pelaku media 2
Akan terlihat benturan kepentingan antara sidang redaksi dengan perusahaan
media, ...

Manajemen Pertelevisian Modern

Seiring dengan kemajuan era globalisasi, seluruh kegiatan bisnis harus unggul secara kompetitif, yaitu bersaing untuk memberikan nilai yang berkualitas dengan biaya yang efisien. Industri televisi telah menjadi bisnis yang sangat penting dan sorotan berbagai pihak. Pada kondisi ini, saya tertarik untuk mendalami lebih detail sebagai organisasi yang dikelola dengan manajemen yang modern. Jika dicermati lebih lanjut, perkembangan industri televisi semakin hari semakin menarik dan bergairah untuk dikaji. Untuk itu saya ingin mencatatnya dalam tulisan ini.

Purchasing, Revenue and Treasury Departement Head 1 Analyst Competence 32. Accounting, Tax and Budget Dept. Head 1 Analyst Competence Accounting 5 Sertifikasi Capability Treasury 2 Sertifikasi Capability Tax Officer 2 Sertifikasi ...

Kebijakan & manajemen privatisasi BUMN/BUMD

... regional dengan pemikiran kecil kepada kedekatannya terhadap pasar atau kemampuan akses bahan mentah . Hasilnya adalah bahwa departemen keuangan ( treasury ) nasional harus memberikan kompensasi atas aliran kas negatif yang terus ...

Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor

Pentingnya kegiatan ekspor/impor di pelabuhan khususnya, dan di suatu negara pada umumnya, menunjukkan mobilitas besarnya penawaran maupun permintaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Pelabuhan sendiri merupakan pintu suatu negara bagi keluar-masuknya berbagai arus, yakni arus barang ekspor/impor dan interinsuler; arus penumpang ke/dari luar negeri dan ke/dari antarpulau; arus kapal baik kapal bendera nasional maupun kapal bendera asing; arus dokumen komoditas yang melindungi barang ekspor impor; arus dokumen kapal yang melindungi kapal asing maupun kapal domestik; arus uang baik mata uang asing maupun mata uang nasional; arus virus/bakteri baik yang dibawa oleh para penumpang kapal dan anak buah kapal, contohnya flu hongkong, AIDS, kolera; serta yang dibawa oleh muatan kapal, baik yang berupa hewan, misal penyakit sapi antrax, flu burung, maupun muatan kapal yang berupa tumbuhan, yakni kutu (insect) seperti kutu loncat, hama wereng, kutu pengerat padi, penyakit kulit pohon kopi, jeruk, lamtoro, dan lainnya. Pelabuhan juga merupakan pintu keluar masuknya arus kapal, baik kapal asing maupun kapal domestik (deadweight ships' call), juga arus hewan dan produk asal hewan serta arus tumbuhan dan produk asal tumbuhan. Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak peluang maupun kekuatan yang dimiliki oleh negara kita, sehingga di kemudian hari diharapkan bangsa kita akan semakin banyak memiliki ahli-ahli perdagangan internasional dalam dunia ekspor impor.

Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak ...

Manajemen Produksi Program Acara TV - Format Acara Drama

""" Telah terjadi perubahan besar dalam dunia penyiaran di Indonesia selama satu dasawarsa terakhir ini. Di Indonesia, munculnya beberapa stasiun Televisi Nasional dan Televisi Lokal merupakan salah satu indikasi adanya lahan ekonomi yang besar, yaitu bidang broadcasting. Berbagai macam program acara dikemas dalam berbagai bentuk, di antaranya: film, dokumenter, sinetron, reality show, variety show, talk show, komedi situasi (sitcom), dan lain-lain yang tentunya menghibur, informatif, mendidik, serta unik dan menarik. Pertanyaan mendasar adalah bagaimana kita bisa masuk dalam industri penyiaran tersebut? Jawaban paling utama adalah: kompetensi. Buku Manajemen Produksi Program Acara TV. Format Acara Drama ini berisi langkah-langkah yang detail dan terperinci, sehingga cocok sebagai pegangan. Buku ini akan sangat membantu Anda untuk belajar melakukan tugas sebagai manajer produksi acara TV secara baik. Kuasailah cara-cara: merancang produksi program acara TV, membuat desain produksi, mengembangkan skenario, dan lain sebagainya. “Semoga dengan terwujudnya buku ini, SMK Broadcasting Pertelevisian di Indonesia semakin berkembang & tetap jaya!” Non Iriany, S.Pd., Penggagas dan Pendiri SMK Broadcasting Pertelevisian Pertama di Indonesia.Telah terjadi perubahan besar dalam dunia penyiaran di Indonesia selama satu dasawarsa terakhir ini. Di Indonesia, munculnya beberapa stasiun Televisi Nasional dan Televisi Lokal merupakan salah satu indikasi adanya lahan ekonomi yang besar, yaitu bidang broadcasting."""

Jawaban paling utama adalah: kompetensi. Buku Manajemen Produksi Program Acara TV. Format Acara Drama ini berisi langkah-langkah yang detail dan terperinci, sehingga cocok sebagai pegangan.

Manajemen Periklanan

Teori dan Praktik

Menarik untuk disampaikan bahwa iklan pada dasarnya mengusung dua kepentingan besar. Pertama, sebagai sebuah karya dengan kreativitas yang diusungnya dapat merepresentasikan kepribadian, positioning, dan diferensif produk. Di sisi lain, kedua iklan tentu saja sebagai salah satu promotion tools untuk dapat merangsang adanya pembelian produk. Untuk menjawab dua hal inilah, kehadiran buku ini saya pikir dapat menjadi salah satu alternatif wacana. Setelah membaca buku ini, saya memandang bahwa kajian-kajian periklanan telah secara jernih dan jelas dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Sebagai buku ajar, saya optimis buku ini dapat memudahkan proses transfer informasi tentang seluk-beluk dunia periklanan. Dilengkapi pula dengan contoh-contoh yang memudahkan penjelasannya.” (Dr. Bambang D.P, S.Sos, M.Si -Ketua program pascasarjana Ilmu Komunikasi UB Malang – dalam kata pengantar di buku ini). Buku Manajamen Periklanan ini dapat digunakan oleh para pelaku periklanan maupun sebagai materi ajar mata kuliah Manajamen Periklanan. Buku ini membahas secara detail dan komprehensif proses manajemen periklanan, Mulai dari perencanaan, penyusun tujuan, implomentasi hingga evaluasi kampanye periklanan. Selain itu, buku ini juga membahas faktor-faktor lain yang mempengaruhi berjalannya proses tersebut, seperti perilaku konsumen maupun kode etik dan regulasi periklanan.

Buku ini membahas secara detail dan komprehensif proses manajemen periklanan, Mulai dari perencanaan, penyusun tujuan, implomentasi hingga evaluasi kampanye periklanan.