Sebanyak 244 item atau buku ditemukan

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi. Keempat komponen tersebut searah dengan kebijakan SNPT yang disepakati dalam dokumen KPT. Selanjutnya, implementasi kurikulum dapat dilakukan secara berkesinambungan antara kurikulum yang dirancang (planned curriculum) dengan kurikulum yang diterapkan (implemented curriculum).

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi.

Ekonomi politik internasional

Para ahli Ekonomi Internasional tidak lagi memperdulikan faktor - faktor politik
internasional dalam proses dan kebijakan ekonomi internasional , begitu pula
sebaliknya . Setelah Perang Dunia II berakhir konsepsi liberal mulai goyah alias
 ...

Literasi Media dan Peradaban Masyarakat

Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media. Menekankan pada aspek edukasi di kalangan masyarakat, agar mereka tahu bagaimana mengakses, memilih program yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan. Perkembangan media saat ini semakin pesat ada dampak positif maupun negatif, sangat berbahaya apabila tidak dibarengi dengan ilmu yang ada di dalam masyarakat apa lagi di media sosial siapapun bisa mengakses-nya yang dan tidak semua paham tentang media literasi tersebut. Informasi yang faktual dengan data-data yang bisa dipertangungjawabkan cenderung akan diabaikan karena tidak sesuai dengan keyakinannya. Buku ini berisi hasil riset mahasiswa dengan tema utama literasi media. Diolah dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami pembaca.

Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media.

Menjadi Guru Paud

Guru PAUD merupakan pribadi unggul; yang begitu memiliki semangat berdegar untuk memberikan yang terbaik demi perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Para guru ini juga akan dengan semangat mengikuti pelatihan, seminar, workshop, maupun short course untuk meningkatkan kualitasnya sebagai seorang pendidik. Semua usaha di atas dilakukan dalam rangka memperbaiki kualitas sang guru PAUD. Secara substansial, semua usaha di atas dilakukan karena masyarakat sudah sadar dan paham bahwa pendidikan bagi anak usia dini sangat penting atau fundamental. Pemerintah pun sudah memberikan arahan, petunjuk, atau panduan dalam menjalankan tugas mulianya sebagai seorang guru PAUD. Panduan yang penulis maksud adalah Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 2: Kompetensi Pendidik). Semuanya dikupas tuntas dalam buku ini. Menjadi Guru PAUD benar-benar merupakan buku panduan untuk menjadi Guru PAUD yang berkualitas.

Panduan yang penulis maksud adalah Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 2: Kompetensi Pendidik). Semuanya dikupas tuntas dalam buku ini. Menjadi Guru PAUD benar-benar merupakan buku panduan untuk menjadi Guru PAUD yang berkualitas.

Pendidikan Islam

Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III

Tradisi pendidikan Islam mempunyai sejarah yang panjang, setua Islam itu sendiri. Dalam perkembangannya, tradisi pendidikan Islam, baik di Timur Tengah maupun di Indonesia, telah mengalami masa-masa pasang surut yang kerap terkait dengan situasi dan kondisi sosial, budaya, politik, ekonomi, dan bahkan ortodoksi Islam. Dalam menapaki perubahan zaman yang terus bergerak ini, tradisi pendidikan Islam telah memberikan berbagai respons pembaruan (modernisasi). Namun memasuki alaf baru di Milenium III ini, pendidikan Islam kembali menghadapi tantangan yang tidak sederhana. Padahal, pada saat yang sama, ia masih merupakan institusi strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia, yang diharap memiliki keunggulan kompetitif untuk bertahan (survive) dan memenangi tantangan atau persaingan untuk kemudian menjadi hamba yang kamil. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tradisi pendidikan Islam mempunyai sejarah yang panjang, setua Islam itu sendiri.

World Clinics in Obstetrics and Gynecology: Anemia

Volume 6, Number 2

Part of the World Clinics: Obstetrics & Gynecology series, this new volume presents clinicians and trainees with the latest developments in the diagnosis and management of anaemia. Beginning with an introduction to the classification, pathology and diagnosis of the condition, the following chapters cover different types of anaemia including iron deficiency, folic acid and Vitamin B12 deficiency, haemolytic, aplastic, sickle cell, and more. The book concludes with discussion on special situations such as severe anaemia in labour and antepartum haemorrhage. Presented as a collection of evidence-based reviews, each article is enhanced by photographs and figures, and concludes with a summary and comments by the editors highlighting their own clinical experience. Other volumes in the series include: Endometriosis, Polycystic Ovary Syndrome, Recurrent Miscarriage, Contraception, Ovulation Induction, Perimenopausal Health, Postpartum Hemorrhage, Preeclampsia, and Preterm Labor. Key points Latest volume in the World Clinics: Obstetrics & Gynecology series Covers diagnosis and management of different types of anaemia Each article concludes with a summary and comments by the editors Enhanced by photographs and figures throughout

Part of the World Clinics: Obstetrics & Gynecology series, this new volume presents clinicians and trainees with the latest developments in the diagnosis and management of anaemia.

Islam in Indonesia

A to Z Basic Reference

Introduction to Islamic terms, movements, and thought in Indonesia.

Muslim moderates play an ISLAM MODERAT important part in the efIslam
moderat ( moderate fort to bridge Islam and the Islam ) is the kind of Islam West
and to halt the spread that promotes interfaith dia- of Islamic terrorism . [ ] log and
 ...