Sebanyak 287 item atau buku ditemukan

Pelayanan Sosial Remaja Putus Sekolah

Studi Layanan di UPT. Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang-Jawa TImur

Tingginya angka putus sekolah anak di Indonesia dalam satu dekade terakhir ini mengalami penurunan. Sejak 2014, pemerintah berhasil menurunkan hingga 30% (200.000 siswa). Dari rentang 2016-2018, angka ini terus berkurang hingga mencapai kurang dari 200.000. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) merilis angka jumlah anak yang tidak bersekolah mencapai 4.586.332, dengan usia 7-12 tahun yakni 1.228.792 anak, usia 13-15 berjumlah 936.674, sedangkan pada usia 16-18 tahun mencapai 2.420.886. Dari data di atas terlihat bahwa angka tertinggi putus sekolah terjadi di masa anak remaja. Padahal bila merujuk pada mandat undang-undang, setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan demi pengembangan potensi, minta, dan bakat dirinya agar kelak dapat meneruskan estafet perjuangan bangsa dengan bekal intelektual, sikap, dan kepribadian yang baik. Memang faktor terbesar dari masalah ini terletak pada ekonomi. Namun patut diketahui bersama, selain faktor ekonomi, terdapat faktor-faktor lain yang menjadi penyebab dari realitas remaja putus sekolah. Faktor-faktor tersebut yakni kurangnya kemampuan dan minat remaja dalam partisipasi pendidikan sekolah, kondisi tempat tinggal remaja, adat-istiadat, dan ajaran-ajaran tertentu. Remaja putus sekolah tentu menjadi masalah sosial yang harus mendapatkan perhatian lebih, terutama karena dampaknya bukan hanya dirasakan oleh individu remaja itu sendiri, namun juga masyarakat secara luas. Atas dasar inilah diperlukan upaya penanganan remaja putus sekolah dari berbagai pihak seperti keberadaan lembaga, pihak-pihak terkait baik pemerintah atau masyarakat serta peran pekerja sosial. Salah satu upayanya yakni dengan memberikan pelayanan sosial yang bertujuan agar remaja yang putus sekolah tetap mendapatkan pendidikan di luar sekolah demi bekal kehidupannya mendatang. Dalam konteks ini lahirlah Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) yang tersebar di masing-masing pemerintah daerah. Hadirnya buku ini menjawab minimnya buku yang terkait pelayanan sosial. Semoga buku ini mampu menjadi referensi bagi pekerja sosial, aktivis sosial, akademisi, dan stakeholder terkait. Buku ini menyajikan bagaimana potret remaja yang putus sekolah, pelayanan sosial yang diberikan UPT PSBR Jombang pada remaja putus sekolah hingga peran pekerja sosial. Hadirnya buku ini juga sebagai upaya mensosialisasikan program layanan yang telah dilakukan oleh UPT PSBR Jombang. Dengan demikian, apresiasi kepada tim penulis atas terbitnya buku ini. Semoga mampu menjadi media menyampaikan informasi dan perkembangan khazanah ilmu pengetahuan khususnya pada profesi pekerja sosial. Selamat membaca!

Salah satu upayanya yakni dengan memberikan pelayanan sosial yang bertujuan agar remaja yang putus sekolah tetap mendapatkan pendidikan di luar sekolah demi bekal kehidupannya mendatang.

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi 4.0 menghadirkan tantangan baru dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang manajemen sumber daya manusia. Di masa sebelumnya sumber daya manusia hanya dianggap sebagai faktor produksi. Kini sumber daya manusia merupakan salah satu aset terpenting (human capital) yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan perkembangan organisasi atau perusahaan di masa depan. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor strategis bagi keunggulan kompetitif organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan tantangan dan paradigma Revolusi Industri 4.0. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Syarah Sejarah Pemikiran HOS Tjokroaminoto

Buku ini membahas peristiwa dan alasan yang melandasi seorang Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto menerbitkan karya-karya fenomenal beliau seperti: Islam dan Nasionalisme, Islam dan Sosialisme, Memeriksai 'Alam Kebenaran, Moeslim Nastionaal Onderwijs, Tarikh Agama Islam, Reglemen untuk Umat dan Tafsir Program Asas dan Tandhim. Ditulis oleh tujuh pensyarah, buku ini memberi gambaran dengan bahasa yang mudah dipahami bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam tentang siapa HOS Tjokroaminoto. Dapatkan versi cetaknya di penerbit.urup.or.id

Buku ini membahas peristiwa dan alasan yang melandasi seorang Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto menerbitkan karya-karya fenomenal beliau seperti: Islam dan Nasionalisme, Islam dan Sosialisme, Memeriksai 'Alam Kebenaran, Moeslim Nastionaal ...

Sejarah Melayu menemukan diri kembali

... AHMAD Kesusasteraan dan Etika Islam V. MATHESON ( editor ) Tuhfat al -
Nafis ISMAIL HAMID Kesusasteraan Melayu Lama dari Warisan Peradaban
Islam UMAR JUNUS Sejarah Melayu : Menemukan Diri Kembali 1 3 9015 01134
4184.

Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP

Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Guru merupakan tenaga kependidikan yang dituntut memiliki tingkat kemahiran dan keahlian yang memadai untuk melaksanakan tugas membimbing, mengajar, dan mendidik peserta didik agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik itu secara optimal. Dengan kata lain, guru sebagai tenaga kependidikan harus mempunyai kualifikasi profesional yang perlu dikoordinasikan secara padu agar jasa kependidikannya terhadap peserta didik menjadi optimal dan utuh. Undang-undang Guru dan Dosen (UU no.14 tahun 2005) menyatakan bahwa guru profesional adalah guru yang mampu berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan menggunakan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu. Sebuah hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru merupakan faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan dinilai dari prestasi peserta didik (Sudarnoto, 2009). Lebih lanjut dijelaskan bahwa 36% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor kualitas guru, faktor lainnya adalah manajemen (23%), waktu belajar (22%), dan sarana fisik (19%). Reformasi pendidikan dalam bentuk apapun yang dilakukan, seperti pembaharuan kurikulum, penyediaan sarana prasarana dan penerapan metode mengajar yang kreatif tanpa adanya peran guru yang berkualitas, maka peningkatan mutu pendidikan berpeluang besar tidak akan mencapai hasil maksimal. Tetapi faktanya, kualitas sebagian guru di Indonesia sebagai pendidik dan pengajar peserta didik masih dipertanyakan oleh masyarakat (Sudarnoto, 2009). Buku Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

D. Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Inggris ....................................................... 22 1. Kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris............................................................ 22 2.

Antologi hasil penelitian manajemen kelembagaan dan pembelajaran dalam praksis pendidikan Islam

On Islamic education management in IAIN Mataram, Nusa Tenggara Barat Province, Indonesia; collection of research reports written by IAIN Mataram lectures.

Integrated Management from E-Business Perspective

Concepts, Architectures and Methodologies

E-Business covers a broad spectrum of businesses based on the Internet, including e-commerce, e-healthcare, e-government and e tailing. While substantial attention is being given to the planning and development of e-business applications, the efficiency and effectiveness of e-business systems will largely depend on management solutions. These management solutions demand a good grasp of both the technical and business perspectives of an e-business service. There have been many books on the Internet based on e-commerce, Internet protocols, distributed components etc. However, none of these books address the problem of managing e business as a set of networked services. They do not link enterprise management with network and systems management. This book provides an overview of the emerging techniques for IT service management from a business perspective with case studies from telecommunication and healthcare sectors. It integrates the business perspective with relevant technical standards, such as SNMP, WBEM and DMI. This book presents some concepts and methodologies that enable the development of effective and efficient management systems for networked services. The book is intended to familiarize practicing managers, engineers, and graduate level students with networked service management concepts, architectures and methodologies with reference to evolving standards. It should be useful in a number of disciplines, such as business management, information systems, computers and networking, and telecommunications. Appendix 2 is based on TeleManagement (TM) Forum's documents on TOM (GB921,GB910 and GB908). While this appendix has explained the basic management concept of an e-telco, TMForum now recommends the use of eTOM as explained in www.tmforum.com. An overview of eTOM is available in the report The TeleManagement Forum's enhanced Telecom Operations Map (eTOM) by Michael Kelly appearing in the Journal of Network and Systems Management in March 2003.

There have been many books on the Internet based on e-commerce, Internet protocols, distributed components etc. However, none of these books address the problem of managing e business as a set of networked services.

Handbook of e-Business Security

There are a lot of e-business security concerns. Knowing about e-business security issues will likely help overcome them. Keep in mind, companies that have control over their e-business are likely to prosper most. In other words, setting up and maintaining a secure e-business is essential and important to business growth. This book covers state-of-the art practices in e-business security, including privacy, trust, security of transactions, big data, cloud computing, social network, and distributed systems.

This book covers state-of-the art practices in e-business security, including privacy, trust, security of transactions, big data, cloud computing, social network, and distributed systems.

E-Business and Distributed Systems Handbook

Overview Module

"This is overview of an extensive handbook that systematically discusses how to translate e-business strategies to working solutions by using the latest distributed computing technologies. This module of the handbook paints the big picture of the Next Generation Real-time Enterprises with numerous case studies to highlight the key points. "

"This is overview of an extensive handbook that systematically discusses how to translate e-business strategies to working solutions by using the latest distributed computing technologies.