Sebanyak 2902 item atau buku ditemukan

Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi) - Jilid 2

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi. Dikatakan penting karena kegiatan ini mengacu pada serangkaian kebijakan, praktik dan berbagai sistem yang terdapat pada suatu organisasi (perusahaan) yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap, dan kinerja karyawan. Oleh karenanya peran departemen SDM (Human Resource Department - HRD) dalam suatu perusahaan menjadi sangat vital, terlebih departemen ini harus dapat mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terkait dengan para pekerja (karyawan) di dalamnya. Bukan hanya aspek tantangan yang datang dari luar organisasi, namun juga aspek internal yang harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang sehat, sehingga pada akhirnya tujuan dari organisasi tersebut dapat dicapai dengan baik. Buku ini menjelaskan materi ke HRD-an secara komprehensif kepada Pembaca, utamanya ditinjau dari aspek strategis perusahaan melalui pemberdayaan SDM yang berkompeten. Materi dalam buku ini disampaikan dari berbagai sisi perspektif, baik dari sisi perusahaan maupun para karyawan, sehingga menjadi sebuah kisi-kisi strategi yang aplikatif untuk diterapkan oleh masing-masing pihak. Selain itu, keistimewaan materi dalam buku ini juga tidak melulu hanya menjelaskan teori, namun juga menjelaskan berbagai teknik penting yang harus dikuasai oleh para praktisi HRD dan diketahui oleh para karyawan. Seperti halnya teknik menentukan jumlah karyawan yang ideal, proyeksi turnover karyawan, teknik dan strategi wawancara berbasis kompetensi, perangkat assesment center, penyusunan struktur dan skala upah, metode penilaian dan model pengukuran kinerja, serta masih banyak lagi berbagai kajian yang menarik di dalamnya. Berbagai materi komprehensif tersebut disajikan ke dalam 13 bab yang meliputi: Bab 1 – Peran Penting Manajemen SDM Bab 2 – Kompetensi Strategis dan Konsep Organisasi Pengetahuan Bab 3 – Perencanaan SDM Bab 4 – Strategi Rekrutmen Kandidat Terbaik Bab 5 – Seleksi dan Penentuan Kandidat Bab 6 – Manajemen Pelatihan Bab 7 – Pengembangan Karyawan Bab 8 – Pemberdayaan dan Pemeliharaan SDM Bab 9 – Manajemen Kinerja (Perspektif Penilaian dan Evaluasi) Bab 10 – Tinjauan Model Pengukuran Kinerja (Implementasi KPI Berbasis Balance Scorecard) Bab 11 – Manajemen Karier Bab 12 – Penghargaan SDM Melalui Kompensasi Bab 13 – Strategi Menetapkan Tingkat Kompensasi Buku ini sangat direkomendasikan untuk dapat digunakan oleh para akademisi perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) pada Program Studi Manajemen, baik program Sarjana maupun Pasca Sarjana, khususnya pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategik). Selain itu, materi dalam buku ini juga dapat dijadikan referensi dan literasi bagi para praktisi SDM (HR), para karyawan, dan masyarakat umum yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang MSDM.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi.

Manajemen Pendidikan Islam

(Analisis Kajian Teori-Teori Kekinian)

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik. Prinsip-prinsip manajemen seperti planning, organizing, actuating, budgeting dan controlling seharusnya mendapatkan perhatian. Sebab tanpa itu semua, pengelolaan pendidikan akan berkualitas rendah dan pemborosan (watages) atau yang dikenal dengan ekonomi biaya tinggi yang merugikan dan mengakibatkan rendahnya produktivitas. Manajemen dalam pelaksanaan program pendidikan bukanlah tujuan tetapi alat atau metode untuk mencapai mutu dan meningkatkan performance yang harapkan. Di indonesia upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan telah dilakukan, salah satunya adalah dengan perbaikan pola manajemen. Kebijakan desentralisasi adalah bentuk pebaikan dan reparadigmatisasi pengelolaan pendidikan dimana terdapat penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya. Diantara aspek yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (provinsi) adalah penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial. Hal ini merupakan jawaban dan solusi keterpurukan pendidikan nasional yang menurut World Bank dalam Educational Indonesia: From Crisis to Recovery disebabkan oleh empat hal yaitu, pertama kompleksitas pengorganisasian pendidikan, Kedua, praktek manajemen yang sentralistik, Ketiga, penganggaran dan pengelolaan pendidikan yang kaku, dan Keempat, manajemen pada tingkat sekolah yang tidak efektif. Buku ini adalah salah satu bentuk usaha memberikan acuan bacaan konseptual-teoritis dalam bidang manajemen pendidikan. Oleh karena itu saya memberi apresiasi terhadap penerbitan buku ini di tengah-tengah masih terbatasnya buku manajemen pendidikan.

Mengingat pentingnya pendidikan sebagai investasi mensyaratkan pengelolaan pendidikan yang cermat melalui prosedur manajemen yang baik.

Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis)

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis. Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika pendidikan yang lain. Pertama, buku ini memiliki menyajikan tentang konsep statistika, sehingga pembaca memahami perbedaan statistik dan statistika. Penyajian bab selanjutnya akan ada pembahasan tentang variabel, data, teknik sampling, teknik penyajian data, ukuran data, serta macam-macam uji hipotesis. Perbedaan kedua, adalah penyajian yang ringkas namun jelas disertai beberapa contoh, khususnya bagi dunia pendidikan.

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis.

Statistika Pendidikan

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa ataupun peneliti pendidikan dalam memahami statistika pendikan. Dalam penyusunan Buku ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus turut membantu pelaksanaan penyusunan buku ini, disampaikan ucapan terima kasih yang mendalam. Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

Pengantar Metode Statistika

Teori dan Terapannya dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi

Buku ini dirancang untuk kepentingan perkuliahan statistika di perguruan tinggi. Oleh karena itu dalam setiap babnya banyak menekankan pemahaman konsep-konsep dasar statistika, meliputi gagasan, alasan, dan metode. Dalam konteks pembelajaran, pemahaman atas hal tersebut adalah sangat penting dan utama, sebelum pembelajar diperkenalkan bagaimana mengolah data dengan bantuan program paket komputer. Tanpa pemahaman konsep yang baik, dapat mengakibatkan pemilihan analisis yang tidak sesuai, dan pada akhirnya interpretasi hasil analisisnya juga tidak akan tepat. Bagaimana pun juga, program paket komputer yang kini telah banyak tersedia semisal SPSS, MINITAB, SAS, STATA, Program R, LISREL, AMOS, dan masih banyak lagi lainnya, semuanya hanya alat bantu hitungan, yang dalam pengoperasiannya membutuhkan science behind. Selanjutnya, contoh terapan dalam penelitian juga banyak diberikan. Hal ini untuk memberikan wawasan pada pembelajar, sekaligus menunjukkan urgensi matakuliah dalam bidang penelitian sebagai salahsatu tridharma perguruan tinggi. Bidang penelitian yang banyak dicontohkan dalam hal ini adalah pendidikan dan psikologi. Namun demikian, bidang terapan lainnya semisal teknik, rekayasa, dan social science, juga dapat diadaptasikan. Keterampilan lainnya yang juga diajarkan adalah bagaimana manual penghitungan untuk mendapatkan statistik baik berupa angka, gambar, maupun model matematis. Selain itu juga bagaimana mendapatkannya dengan menggunakan alat bantu komputer. Keterampilan menggunakan alat bantu komputer ini adalah juga sangat penting yang harus dilatihkan. Dalam terapannya, penggunaan program paket komputer hampir mutlak diperlukan. Terlebih untuk analisis yang lebih kompleks dan melibatkan banyak variabel. Oleh karena itu, pada setiap akhir bab dalam buku ini, disertakan contoh bagaimana mengolah data baik untuk kepentingan deskriptif maupun inferensi, dengan memanfaatkan program paket komputer. Dalam hal ini, program paket yang digunakan adalah EXCEL. Tiga hal tersebut, yaitu: (i) pemahaman konsep, (ii) kemampuan menerapkannya dalam penelitian, dan (iii) keterampilan komputasi statistik, menurut penulis ketiga-tiganya harus tersampaikan dalam perkuliahan statistika. Oleh karena itulah, buku ini dikemas sedemikian rupa sehingga tiga hal tersbut dapat tercakup.

Buku ini dirancang untuk kepentingan perkuliahan statistika di perguruan tinggi.

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam Berbagai Pendekatan

Keistimewaan edisi kelima ini selain sebagai textbook yang tetap menjadi sumber tepercaya bagi para orang tua (keluarga), pendidik, guru, dosen, peneliti, serta mahasiswa di bidang perkembangan dan pendidikan anak usia dini (PAU D); juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan sejarah PAU D dari segi keragaman budaya, ilmu pengetahuan perkembangan, penelitian pencegahan dalam praktik dan kebijakan dini pada masa bayi dan balita, serta masa prasekolah, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar, serta membahas perkembangan terbaru dalam kurikulum, strategi penilaian, dan metode pengajaran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

... membaca dan seni bahasa, musik, tarian dan gerakan, dan pendidikan seni. Ilmu pendidikan dan muatan berinteraksi dengan perkembangan anak dan penelitian usia dini untuk menampilkan petunjuk dan isyarat dalam membimbing rancangan, ...

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik

Model pembelajaran scientific merupakan satu model pembelajaran yang menitik-beratkan pada proses. Dalam pembelajaran tersebut siswa dibimbing setapak demi setapak untuk memperoleh hasil, mengikuti model perolehan pengetahuan dan keterampilan serta sikap ilmiah secara sistematis. Meskipun tidak secara langsung dan eksplisit disebutkan bahwa peserta didik juga diharapkan untuk mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sehari-hari, namun secara implisit kemampuan ini dapat diterapkan oleh peserta didik. Di Australia, tujuan pembelajaran bukan hanya kognitif, afektif dan psikomotor saja, tetapi action, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh oleh peserta didik dapat diterapkan di masyarakat, oleh diri peserta didik atau diinformasikan di masyarakat di sekeliling kehidupannya. Buku Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar ini merupakan suatu lompatan dari strategi pembelajaran yang ada dengan langsung menamakan model yang ditulisnya sebagai pembelajaran scientific. Penyajiannya cukup komprehensif, runtut, dan mudah difahami. Model penyajian seperti inilah yang sangat dinantikan oleh para guru, mungkin juga para dosen yang mengajarkan model pembelajaran mutakhir untuk diterapkan dalam kelas. Oleh karena itu saya sebagai salah seorang pendidik yang dikatakan sudah banyak makan garam karena mulai mengajar sejak 1960, mengalami bagaimana perkembangan titik fokus pembelajaran mulai dari berpusat pada materi (subject matter oriented), kemudian berpusat pada guru (teacher centered), kemudian beralih berpusat pada peserta didik (student centered).

KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yng estetis, dalam gerakan yang ... guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu ...

Teknologi Informatika Dengan Pendekatan Kontekstual

Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan perkembangan pada Teknologi Informatika. Sederhananya penegertian dari Teknologi Informasi adalah fasilitas - fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung dan meningkatkan kualitas bidang infomasi setiap lapisan masyaraka secara cepat dan berkualitas

Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan ...