Sebanyak 29147 item atau buku ditemukan

Pendidikan seni tari

buku guru sekolah menengah pertama

Teaching of the Indonesian dance in junior high schools; teacher's manual.

Teaching of the Indonesian dance in junior high schools; teacher's manual.

PROFIL PRODUK INOVASI

Inovasi merupakan salah satu penciri Universitas generasi ketiga yang selain dititik beratkan pada penyelenggaran pendidikan dan riset, yang tidak kalah pentingnya adalah berfokus pada pengembangan inovasi. Dalam rangka memasuki fase tersebut serta dengan status Universitas Hasanuddin (UNHAS) sebagai PTNBH, maka sejumlah perubahan signifikan telah dilakukan, termasuk organisasi. Salah satu perangkat organisasi yang memiliki peran strategis dalam pengembangan inovasi di UNHAS adalah Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan. Melalui manajeman yang terintegrasi UNHAS berkomitmen untuk mengembangkan bisnis berbasis inovasi untuk mengoptimalkan income generating, sebagai perguruan tinggi inovasi yang merupakan penciri universitas generasi ketiga yang modern. Skema kemitraan yang dimaksud dilakukan secara silih berganti sebagai demand push (permintaan pasar) ataupun supply push (tawaran dari perguruan tinggi). Produk-produk inovasi yang dimiliki UNHAS yang merupakan buah karya dari para akademisi atau researcher-nya memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produk yang dapat memasuki pasar dan memeberikan pilihan dan pengalaman baru bagi masyarakat. Lebih dari itu, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan ini juga mendapat amanah untuk mengembangkan kerjasama hilirisasi produk-produk yang dihasilkan oleh UNHAS. Dengan demikian, keberadaan direktorat ini membuat pengelolaan inovasi UNHAS menjadi lebih terintegrasi. Untuk mendukung implementasi kebijakan ini, langkah-langkah pembenahan terus dilakukan secara simultan dan bekelanjutan. Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan bekerja mulai dari identifikasi potensi inovasi yang dihasilkan dari risetriset, melindungi hak kekayaan intelektual, mengembangkan produk-produk inovasi sampai pada proses komersialisasinya. Input dari pengelolaan inovasi ini adalah hasil-hasil riset terapan, sementara outputnya berupa income generating yang akan bermanfaat bagi pengelolaan institusi. Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan inovasi dan kewirausahaan tersebut, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan juga mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak. Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.

Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.

Prasetiya Mulya EDC On Entrepreneurship Education

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan. Hasil dari suatu pendidikan kewirausahaan, tidak hanya di Indonesia, masih sering dipertanyakan. Setelah melalui proses pendidikan kewirausahaan, siswa akan menjadi apa atau menjadi bagaimana? Pertanyaan tentang hasil yang dapat diukur dari suatu proses pendidikan adalah hal yang wajar, karena menyangkut penggunaan sumber daya yang tidak sedikit, dan waktu yang cukup banyak dialokasikan oleh para siswa di dalam program. -Prasetiya Mulya Publishing-

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan.

Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling luhur dan mulia. Ia diciptakan secitra dengan Allah. Padanya Tuhan memberikan anugerah "akal budi". Dengan akal budinya, manusia memiliki kemampuan olah pikir sehingga mampu menciptakan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhannya. Akal budi inilah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Kemampuan olah pikir dan kemampuan mencipta adalah kemampuan dasar manusia. Olah pikir dan cipta adalah makna yang terkandung dalam pengertian kreativitas. Manusia memiliki kemampuan berkreasi. Kemampuan berkreasi inilah yang membuat manusia merasa berdaya dan hidup. Dengan kreativitasnya manusia terus menerus mampu mengatasi berbagai persoalan yang ditemui dan mampu menciptakan hal - hal baru yang meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dengan kreativitas manusia mengembangkan diri dan menjelajahi hal - hal baru dan ruang - ruang pengetahuan baru. Dengan demikian kreativitas adalah hal mendasar yang perlu dipahami, digali dan dikembangkan terus menerus oleh setiap manusia.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling luhur dan mulia.

Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis

Metode design thinking merupakan sebuah salah satu thinking tools yang bersifat human-centered atau berpusat pada manusia. Dalam proses berinovasi metode design thinking digunakan dengan memusatkan titik perhatian kepada pengguna hasil inovasi. Hasil akhir yang diharapkan dari metode ini dapat berupa suatu gagasan, ide, produk jasa yang terus mengalami perubahan mengikuti dinamika penggunanya. Dalam buku ini, proses inovasi dengan metode design thinking dijabarkan dalam enam fase, metode design thiking dilakukan dalam enam fase. Keenam fase tersebut yaitu; definisi, riset, interpretasi, evaluasi, membuat prototip, dan evaluasi. Masing-masing fade akan disajikan lebih rinci dalam buku ini dengan masing-masing keterampilan yang dibutuhkan dalam melakukan masing-masing fase. Enam fase ini berupa panduan yang dijabarkan untuk memudahkan pemahaman proses inovasi menggunakan metode design thinking. Buku ini memberikan uraian mengenai metode design thinking dalam proses inovasi bisnis yang dapat digunakan baik oleh individu, mahasiswa dan akademisi, praktisi bisnis, dan pelaku start-up business guna menambah pengetahuan berupa perspektif segar dan pendekatan baru dalam proses inovasi bisnis. Di samping metode-metode Manajemen yang sudah ada, metode design thinking menganalisa suatu permasalahan melalui sudut pandang kreatifitas dan empati dengan masyarakat yang juga pengguna dari hasil inovasi. Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini memberikan penjelasan yang dapat langsung dipraktikan dan dipelajari, dilengkapi dengan soal-soal latihan dan kertas kerja (worksheet) untuk menunjang pemahaman pembaca.

Metode design thinking merupakan sebuah salah satu thinking tools yang bersifat human-centered atau berpusat pada manusia.

Kebangkitan UMKM Melalui Inovasi Geoproduk Berbasis Geodiversity & Kearifan Lokal

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark). Geopark merupakan konsep yang terbaik saat ini, karena mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya alam di sekitar lokasi yang memiliki keunikan geologi dengan tujuan, yaitu perlindungannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. UMKM sebagai komunitas yang ada dan penting dalam geopark mengembangkan geoproduk berdasarkan geodiversity dan kearifan lokal memiliki kekuatan untuk bangkit dari krisis-krisis yang terjadi. Geoproduk merupakan produk atau jasa yang memiliki keunikan juga ramah lingkungan dan berada dalam lingkungan geopark. Buku ini memberikan gambaran tentang definisi geoproduk, ciri-ciri geoproduk, proses pembuatannya, model bisnis, rantai nilai, manajemen risiko UMKM, dan strategi pemasaran bagaimana geoproduk bisa menjadi unggulan bagi UMKM di Indonesia. Contoh kasus UMKM geoproduk ditampilkan dalam bentuk narasi mulai dari geoproduk yang ada di geopark Indonesia, hingga geoproduk yang ada di geopark negara-negara lain yang masuk ke dalam UNESCO Global Geoparks (UGG).

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark).

Inovasi Rumah Cokelat

Studi Kasus Hilirisasi Industri Cokelat di Provinsi Sulawesi Tengah

Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil cokelat terbesar di Indonesia, industrialisasi coklat secara hulu-hilir harus segera diinisiasi. Rumah cokelat, merupakan inovasi Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah kerja sama dengan Kementerian Perindustrian, sangat strategis dan bermanfaat bagi pembangunan ekonomi daerah serta mendukung Program Hilirisasi Industri cokelat di Sulawesi Tengah. Di samping kehadirannya merupakan inovasi daerah, dalam aktivitasnya pun melakukan berbagai kreativitas dan inovasi pembinaan, yakni melakukan hal-hal yang baru dan bermanfaat bagi industri kecil dan menengah cokelat. Hingga saat ini, rumah cokelat merupakan satu-satunya industri bahan setengah jadi cokelat yang ada di Daerah ini, dengan harapan ke depan rumah cokelat dapat bersinergi serta menjadi pemantik lahirnya industri cokelat skala besar dari pihak Swasta/BUMN di Provinsi Sulawesi Tengah.

Rumah cokelat, merupakan inovasi Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah kerja sama dengan Kementerian Perindustrian, sangat strategis dan bermanfaat bagi pembangunan ekonomi daerah serta mendukung Program Hilirisasi Industri cokelat di Sulawesi ...

Manajemen Perubahan & Inovasi: Upaya Meningkatkan Daya Saing Organisasi

Buku manajemen perubahan ini disusun untuk memberikan pemahaman atas teori dasar manajemen perubahan sebagai landasan fundamental dalam melaksanakan perubahan di dalam organisasi, juga memberikan gambaran mengenai konsep manajemen inovasi yang akan berguna untuk menciptakan solusi dalam peningkatan keunggulan dan kualitas organisasi dan implementasinya di dalam organisasi.

Salah satu model kemitraan hubungan pemerintah, swasta dan masyarakat dikemukakan oleh Savas (2000). Dalam bukunya Privatization, berdasarkan jenis dan sifat barang, Savas membedakan penyediaan barang publik dapat dilakukan melalui ...

Kreativitas, Inovasi, dan Keunikan sebagai Daya Tarik Perpustakaan

"Perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka adalah 3 pilar yang saling terkait saling mendukung. Perpustakaan sebagai tempat informasi ilmu pengetahuan dan aktifitas masyarakat, pustakawan sebagai pengelola yang harus kreatif inovatif supaya pemustaka mendapatkan kenyamanan, krasan, dan ketagihan dengan perpustakaan. Kini, pandemi Covid-19 memaksa layanan perpustakaan berubah total, dimana pegawai mulai work from home yang harus dimanfaatkan untuk produktif dan berbenah, sehingga pada saat pelayanan kembali normal maka pustakawan diharapkan mempunyai nilai lebih." Drs. Isa Ashari, M.M., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang "Buku ini hadir untuk memberikan wadah berbagi antar pustakawan di Kota Magelang terkait dengan berbagai inovasi dan keunikan yang dimiliki oleh perpustakaan tempat mereka bekerja. Inovasi dan keunikan yang luar biasa akan lebih bermanfaat jika dibagi untuk kemajuan bersama dengan dituangkannya pengalaman dan ide yang dimiliki melalui sebuah karya, yakni tulisan." Jamzanah Wahyu Widayati, S. I. Pust., MA., Ketua PC IPI Kota Magelang "Buku ini memberikan manfaat bagi pengembangan kompetensi pustakawan dan bermanfaat juga bagi pengembangan dunia kepustakawanan Indonesia." Itmamudin, SS., M.IP., Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Tengah (PD IPI Jateng) dan Pustakawan di IAIN Salatiga

Inovasi dan keunikan yang luar biasa akan lebih bermanfaat jika dibagi untuk kemajuan bersama dengan dituangkannya pengalaman dan ide yang dimiliki melalui sebuah karya, yakni tulisan." Jamzanah Wahyu Widayati, S. I. Pust.

Dari Mahasiswa untuk Indonesia: Kewirausahaan dan Inovasi di Era Digital

Buku ini berisi karya-karya terbaik dari lomba karya ilmiah mahasiswa dan poster inspirasi wirausaha FESTA 2019 yang terlalu berharga untuk hanya dijadikan material lomba, tanpa didiseminasikan lebih jauh kepada lingkungan akademik dan masyarakat demi kemanfaatan yang lebih luas. Buku ini berisi beberapa karya, diantaranya adalah: 1. Karya Raya: Realisasi Karya Anak Bangsa Melalui Platform Crowdfunding demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045 oleh M. Dewi & V. Rizki 2. Sistem Informasi Limbah Menjadi Berkah (SILIDAH) oleh Y. I. A. Nugraha 3. Marisa: Masakan Rumah Inovatif Siap Antar oleh Y. Jakharia, E. V. Florensia, & H. Rahmanadi 4. Pengaruh Penetapan Target Penjualan terhadap Pemasaran Melalui Optimalisasi Media Sosial pada Mahasiswa oleh M. Ningrum 5. Memberdayakan Ghiroh Entrepreneuship Generasi Muda untuk Menunjang Industri Kreatif Era Digital oleh Yamti, E. Kurniawati, & A. N. Afifah 6. E-Bulog (Electronic Badan Urusan Logistik) : Rancangan Aplikasi Solusi Keberlanjutan Bulog di Tengah Kebijakan BPNT oleh R. A. Rahman 7. Bijarinesia: Bimbingan Belajar Bahasa Indonesia dalam Jaringan oleh A. Lisa, A. W. A. Putri, & K. Dewi 8. Mengembangkan Kreativitas Entrepreneurship Berbasis E-Commerce dengan Sofa Ecobrick untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat oleh D. Prastyawan, M. H. Ryananda, & M. Nurrohmah 9. Pasarkita: Pengembangan Traditional Marketplace sebagai Solusi Konstruktif Maksimalisasi Laba Pelaku UMKM oleh M. Sulistiawati, V. D. Pitaloka, & M. Y. H. Nur Alifi 10. Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna

Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna