Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Responsivitas dan Akuntabilitas Organisasi Publik

Teori dan Implementasi

Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memperkaya khasanah bacaan responsivitas dan akuntabilitas sektor publik dalam paradigma administrasi publik. Tujuan lainnya adalah untuk membantu para mahasiswa di dalam memahami konsep-konsep responsivitas dan akuntabiltas sektor publik. Buku ini juga berupaya menjembatani pemahaman konsep responsivitas dan konsep akuntabilitas publik dengan dunia praktik khususnya di lingkungan pemerintah daerah. Sehingga pada dasarnya buku ini pembahasanya lebih fokus pada beberapa konsep yang berkembang di sektor publik terkait responsivitas dan akuntabilitas. Materi pembahasan buku ini terdiri atas 11 (sepuluh) bab. Dalam buku ini digambarkan dan diuraikan contoh kasus pada pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo yang berkaitan dengan bagaimana kondisi nyata tingkat responsivitas dan akuntabilitas rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada publik. Mengapa daerah Gorontalo menjadi objek yang diteliti karena Provinsi Gorontalo merupakan salah provinsi baru pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara yang tingkat pertumbuhan ekonominya yaitu 6,74% sedangkan Provinsi Sulawesi Utara yaitu 6,32%. Untuk rata-rata nasional, pertumbuhan Provinsi Gorontalo berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,1%. Namun hasil penilaian lembaga formal seperti Kementerian PAN-RB justru tingkat akuntabilitasnya rendah. Kondisi ini merupakan sebuah anomali dalam pembangunan yang mengusung demokrasi. Realitas dari anomali ini harus bisa terpecahkan di dalam sebuah strategi dan arah kebijakan yang tepat bagi setiap daerah kabupaten/kota yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.

Tujuan penyusunan buku ini adalah untuk memperkaya khasanah bacaan responsivitas dan akuntabilitas sektor publik dalam paradigma administrasi publik.

PROFIL PRODUK INOVASI

Inovasi merupakan salah satu penciri Universitas generasi ketiga yang selain dititik beratkan pada penyelenggaran pendidikan dan riset, yang tidak kalah pentingnya adalah berfokus pada pengembangan inovasi. Dalam rangka memasuki fase tersebut serta dengan status Universitas Hasanuddin (UNHAS) sebagai PTNBH, maka sejumlah perubahan signifikan telah dilakukan, termasuk organisasi. Salah satu perangkat organisasi yang memiliki peran strategis dalam pengembangan inovasi di UNHAS adalah Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan. Melalui manajeman yang terintegrasi UNHAS berkomitmen untuk mengembangkan bisnis berbasis inovasi untuk mengoptimalkan income generating, sebagai perguruan tinggi inovasi yang merupakan penciri universitas generasi ketiga yang modern. Skema kemitraan yang dimaksud dilakukan secara silih berganti sebagai demand push (permintaan pasar) ataupun supply push (tawaran dari perguruan tinggi). Produk-produk inovasi yang dimiliki UNHAS yang merupakan buah karya dari para akademisi atau researcher-nya memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produk yang dapat memasuki pasar dan memeberikan pilihan dan pengalaman baru bagi masyarakat. Lebih dari itu, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan ini juga mendapat amanah untuk mengembangkan kerjasama hilirisasi produk-produk yang dihasilkan oleh UNHAS. Dengan demikian, keberadaan direktorat ini membuat pengelolaan inovasi UNHAS menjadi lebih terintegrasi. Untuk mendukung implementasi kebijakan ini, langkah-langkah pembenahan terus dilakukan secara simultan dan bekelanjutan. Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan bekerja mulai dari identifikasi potensi inovasi yang dihasilkan dari risetriset, melindungi hak kekayaan intelektual, mengembangkan produk-produk inovasi sampai pada proses komersialisasinya. Input dari pengelolaan inovasi ini adalah hasil-hasil riset terapan, sementara outputnya berupa income generating yang akan bermanfaat bagi pengelolaan institusi. Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan inovasi dan kewirausahaan tersebut, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan juga mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak. Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.

Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.