Sebanyak 2590 item atau buku ditemukan

INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI BANTU (TEKNOLOGI ASISTIF) MANUAL BOOK PRAKTIK JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KHALAYAK

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Praktik Jurnalistik menjadi mata kuliah pilihan yang ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis jurnalistik sebagai suatu keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Manual Book Praktik Jurnalistik ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa calon guru, baik mahasiswa berkebutuhan khusus maupun mahasiswa pada umumnya, para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal, dan rujukan dalam meninjau teori keterampilan menulis serta penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 dan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Manual Book Praktik Jurnalistik ini dihadirkan untuk membantu dan mendukung kegiatan belajar mahasiswa disabilitas/berkebutuhan khusus dengan hambatan lamban belajar (slow leaner), interaksi sosial, berkepribadian tertutup, kesulitan konsentrasi, dan menulis. Materi pada buku ini dirancang untuk memberi penguatan dan motivasi bahwa siapa pun bisa menulis, bahkan mereka yang memiliki hambatan khusus sekalipun.

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa.

Explore Bahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI

Buku EXPLORE BAHASA INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa, karena memiliki keunggulan sebagai berikut. Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M(Mengamati-Menanya-Mencoba-MenalarMengomunikasi/Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya. Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building). Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

Buku EXPLORE BAHASA INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa, karena memiliki keunggulan sebagai berikut.

MERAWAT NALAR DAN BAHASA

Buku yang sedang Anda pegang ini adalah bunga rampai, antologi, kumpulan tulisan dari sejumlah pengajar di Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Antologi ini terbit atas gagasan Dahri Dahlan dan sambutan para sejawat beliau di Prodi Sastra Indonesia. Dahri berkata, “Alangkah keren bila para dosen itu menulis, lalu dihimpun dan dipersembahkan bagi orang banyak.” Untuk Merawat Nalar dan Bahasa, semua kontributor bersepakat bebas memilih tema, bentuk, dan gaya. Hasilnya adalah tujuh belas tulisan yang sebentar lagi Insya Allah akan Anda baca. Buku ini terbagi dalam tiga kelompok, dari filsafat (lima tulisan), bahasa (empat tulisan), sampai sastra dan kajian budaya (delapan tulisan). Di samping kebebasan menulis tema, gaya penulisan juga diberikan ruang untuk bergerak bebas. Oleh karena itu, antologi ini tidak hanya menyajikan ragam tema, tetapi juga alternatif bentuk dan gaya dalam menulis. ebagian kontributor memilih bentuk dan gaya ilmiah sarat rujukan. Sebagian lagi memakai bentuk dan gaya ilmiah sekaligus populer. Selebihnya, menggunakan bentuk dan gaya khas resensi, kolom, atau esai. Ada yang menawarkan pengetahuan, sebagaimana yang berlangsung di ruang-ruang kuliah, ada pula yang menawarkan pengetahuan, perenungan, dan penyadaran, selazim yang terselenggara di komunitas-komunitas kajian nonkampus.

Di Kaltim Post, metodologi dan kurikulum berfokus pada jurnalisme terapan. Latihan-latihannya mengutamakan pembentukan kemampuan kewartawanan. Bukan sekadar pengalihan pengetahuan, yang notabene mudah mereka peroleh di ruang-ruang ...

Pengantar Manajemen

Teori, Fungsi dan Kasus

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen. Dengan dibuatnya buku ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen, manajemen tidak hanya mencakup kegiatan untuk mencapai dan memenuhi sasaran organisasi saja tapi juga dapat melaksanakan kegiatan-kegiatannya dengan efektif dan efisien.

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen.

Implication of Sharia Compliant Banking for Liquidity Risk Management - The Case of Meezan Bank

Master's Thesis from the year 2011 in the subject Business economics - Banking, Stock Exchanges, Insurance, Accounting, grade: B, Oxford University, language: English, comment: Congratulation for a well done paper, abstract: From the start of commercial banking since1970s Islamic banking and finance has revealed progressive expansion over the globe. Pakistan, as one of the largest Muslim nation in the world, has taken some policies and established some strategies in order to develop Islamic banking industry in the country. Islamic banking, like commercial banking, faces a number of implications that may influence their operational performance. One of such implications is liquidity risk that provides extra features in the situation of Islamic banking. Both the Sharia rules and the international standards of banking propose that banks must have some strong management policies concerning to implication of liquidity risk, such as a liability committee and reactive asset, system of internal control and useful information, and techniques for managing deposits to decrease liquidity on-demand, in order to manage the liquidity risk and its implications. The purpose of this study, therefore, is to analyze the liquidity risk management and its implications in Islamic banking. This objective is fulfilled through the case study of Meezan Bank in Pakistan Islamic banking industry. The methods of data collection and analysis in this study include a combination of qualitative and quantitative research methods to reach the aims and objectives of this research. Additionally, the primary data with the help of questionnaire survey was also collected with the intention of understating the real practices and implications of liquidity risk management. It was examined from the perspectives of depositors of Islamic banking and Islamic bankers in order to provide further sights on the issues related to liquidity risk management. The empirical analyses conducted in this research demonstrate

Master's Thesis from the year 2011 in the subject Business economics - Banking, Stock Exchanges, Insurance, Accounting, grade: B, Oxford University, language: English, abstract: From the start of commercial banking since1970s Islamic ...

Meraih Prestasi Belajar dengan Tahfidz Al-Qur'an Tinjauan Sekolah Islam di Jakarta

Sekolah Dasar (SD) Azhari Islamic School (AIS) Lebak Bulus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pengelolaan program tahfizh. Prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui hafalan al-Quran, semakin tinggi tingkat hafalan al-Quran semakin tinggi pula prestasi akademik siswa. Kesimpulan tersebut didasarkan atas temuan penelusuran tulisan sebagai berikut: hafalan al-Quran memengaruhi nilai prestasi belajar sebesar 35,6%. Hal ini didukung oleh hasil statistik menghafal al-Quran dan peningkatan prestasi belajar siswa.

Dari hasil penulisan bahwa hasil uji korelasi sederhana menunjukkan bahwa motivasi belajar dimata kuliah Pengantar Mikro Ekonomi memiliki hubungan dengan yang lebih tinggi dibandingkan dengan uji korelasi yang dihitung pada mata ...

TAHSINUL QUR’AN: Cara Cepat Belajar Al-Qur'an

Belajar dan mengajar membaca Al-Qur’an sampai dengan cara yang baik sesuai dengan makhraj dan tajwid adalah kewajiban baik secara individual bagi setiap muslim dan muslimat maupun secara kolektif atau kelembagaan, dan secara khusus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) telah menetapkan bahwa membaca Al-Qur’an sesuai dengan standar ilmu tajwid adalah menjadi salah satu target mutu UAD (berdasarkan SK Rektor Nomor 75 Tahun 2009), yang harus dicapai oleh seluruh mahasiswa, bahkan bukan saja oleh mahasiswa, tetapi oleh seluruh karyawan dan dosen Universitas Ahmad Dahlan.

Setiap orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk penggunaan secara komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda ...

Implementasi Metode Pembelajaran Audio Visual berbasis Kartu Pintar sebagai Media Ajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Padirah, Jebres

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan. Melalui itu, TPA memberikan pembelajaran keagamaan, terutama pada anak-anak, dalam rangka menciptakan generasi yang cerdas secara intelek dan emosional tetapi juga cerdas rohani. Sehingga dalam pelaksanaanya TPA harus memiliki mutu dan kualitas yang baik. Hal tersebut terwujud dalam bentuk keberadaan sarana dan prasana pendukung yang mumpuni dan memadai. Permasalahan terbesar yang dialami oleh TPA dewasa ini adalah keberadaan dari sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti dalam hal keberadaan pengajar serta metode pembelajaran yang dilakukan. Pada buku ini dijelaskan tentang trobosan metode pembelajaran audio visual berbasis kartu pintar sebagai media ajar yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas dari Taman Pendidikan Al-Qur’an. Mitra kami merupakan salah satu TPA di Kota Surakarta, yaitu TPA Padirah yang mengalami permasalah-permasalahan yang lazim dialami oleh sebuah TPA seperti kurangnya pengajar, waktu pembelajaran yang singkat serta metode pembelajaran yang masih konvensional. Menyadari permasalahan tersebut TPA Padirah ingin berbenah sehingga melalui program ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas TPA Padirah.

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan fasilitas pendidikan informal yang berfokus pada pendidikan keagamaan.