Sebanyak 4587 item atau buku ditemukan

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BIDANG TEKNOLOGI

Terminologi, Prosedur dan Pengembangan Program dan Instrumen

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama. Alhamdulillahirobbil-‘alamin, penulis panjatkan puji syukur ke hadlirat Alloh SWT atas segala limpahan rahmat-Nya, sehingga buku ini dapat dipersembahkan kepada para pembaca. Paparan teoretik yang terkait dengan konteks dan ranah bidang teknologi beserta pembelajarannya, serta berbagai terminologi terkait dengan evaluasi yang dilengkapi dengan kiat-kiat dalam prosedur pengembangan program dan instrumen evaluasi menjadi isi utama dalam buku ini. Tampilan dan bentuk kemasan paparan buku ini lebih berdasarkan pada karakteristik isi bidang kajian, penggunaan bahasa dan kerangka pikir yang mudah dipahami oleh pembaca. Berbagai contoh kiat pengembangan program dan instrumen evaluasi diangkat dari pengalaman penulis, antara lain sebagai konsultan pengembangan bidang pembelajaran, evaluator berbagai program hibah perguruan tinggi, evaluator proposal dan laporan penelitian, serta akreditasi jurnal perguruan tinggi di Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M), tim pengembang instrumen seleksi untuk masuk perguruan tinggi, tim Pengembangan instrumen sertifikasi guru dalam jabatan dan pra-jabatan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, peneliti dalam bidang pembelajaran, pembimbing dosen muda dan mahasiswa program S1, S2, dan S3, dan fasilitator berbagai kegiatan seminar dan pelatihan yang terkait dengan pengembangan pembelajaran dan evaluasi yang relevan dengan rumpun bidang keahlian guru besar penulis yaitu Teknologi Pembelajaran Kejuruan Teknik.

Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen ini merupakan buku edisi pertama.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian Keterampilan Berbahasa, (7) Penilaian Apresiasi Sastra, dan (8) Uji Kemahiran Berbahasa. Pembaca diharapkan berkompeten; a. Mampu membedakan konsep evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes. b. Mampu mendeskripsikan sejarah kebijakan ujian nasional di Indonesia, penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan mekanisme penilaian pembelajaran. c. Mampu merumuskan prinsip-prinsip penilaian. d. Menerapkan penilaian berbasis HOTS. e. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kebahasaan dan kesastraan. f. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berbahasa. g. Mengembangkan instrumen penilaian apresiasi sastra. h. Menguasai uji kemahiran berbahasa Indonesia.

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian ...

Handbook of Research for Educational Communications and Technology

A Project of the Association for Educational Communications and Technology

First Published in 2008. Routledge is an imprint of Taylor & Francis, an informa company.

To illustrate how such an integration could be useful, we recall conducting an editorial review of a manuscript submitted by Klein and Pridemore (1992) for publication in ETR&D. The focus of their study was the effects of cooperative ...

Self-directed learning research: An imperative for transforming the educational landscape

This book will benefit specialists in the field of the education sciences. It represents significant progress in knowledge production. Self-directed learning has become increasingly important, not only for education in South Africa but also for education sciences in the international arena. This is a result of the changing education landscape, caused by the demands of the 21st century as well as the rapid change in knowledge production. Learners should be equipped with skills to take responsibility for their own learning. New innovative strategies should be incorporated into teaching and learning in order to meet the changing demands in education. Traditional teacher-centred practices are still the norm in most South African schools and higher-education institutions and do not adequately prepare students for lifelong learning in the 21st century. The content focuses on the theory behind self-directed learning, explores strategies such as cooperative learning, problembased learning, case-based teaching and large-group teaching that enhance self-directed learning and the use of blended learning in a self-directed learning environment. The book demonstrates how self-directed learning can be enhanced in mathematics, computer-science and life-science education and through the use of student tutors for geography. Digital technology could, for example, also be used in innovative ways for education in isiZulu folk poetry. The findings are based on original empirical research and a sound theoretical-conceptual framework. In an environment of rapidly changing knowledge production, this book responds to the challenge of how to equip learners with the necessary skills to take responsibility for their own learning. The book presents innovative teaching and learning strategies for meeting the changing demands in education. Group activities, the responsibilities of learners and the obstacles that hinder their learning are analysed, and the way in which educators can support them is discussed. Educational values such as mutual trust are discussed, and self-directed assessment is explored. This is a timely collective work authored by experts who subscribe to the approach of self-directed learning. Educators should discover new teaching and learning strategies and value the integration of self-directed learning in the classroom.

Jan Botha, Professor in the Centre for Research on Evaluation, Science and Technology (CREST), University of ... The Publisher (AOSIS) and the Domain Editorial Board certify that the manuscript was subjected to a rigorous peer review ...

Industrial Economics

Monopoly is one of the topics under market structure in microeconomic theory. Comparatively, based on conventional economics, monopoly is the third best solution in economics because under its operational theories it can create Dead Weight Loss (DWL) to the society in term of increasing price and reduce quantity of product in order to increase monopoly profit and reduce the consumer surplus. However in my book of Industrial Economics: Monopoly in Islamic Perspective shown that monopoly power under control of Islamic man it will create more social benefit rather DWL. For example ZAM-ZAM water in Mecca Saudi Arabia is a natural monopoly the only one in the world, but King of Saudi Arabia he is an Islamic Man in this regard he can freely supply ZAM-ZAM water to the people all over the world. Nonetheless, if he is an economic man (Characters of selfish and opportunist and main motive of profit maximization) he can put the price of the only natural monopoly to the people based on his own greediness and monopoly power. To see the Islamic Ethic, Morality and Altruism as well as characters of Islamic Man, under monopoly power, although he/she is a monopolist it still could give benefit to society at large. In this regard, please refer to the above book for your additional knowledge in the field of discipline.

In this regard, please refer to the above book for your additional knowledge in the field of discipline.

Handbook of Ethics of Islamic Economics and Finance

Since the financial crisis of 2007/2008, a renewed discussion on the ethics and finance is being examined from different dimensions – finance for good society, responsible finance, ethical finance, financial crimes, and financial repression. The principal objective of this Handbook on Ethics of Islamic Economics and Finance is to provide a deeper understanding of the ethical underpinning of Islamic economics and finance. The reader will notice that the Handbook reflects a diversity of views on the subject of economic and business ethics in Islam across the intellectual spectrum of Muslim thought over the globe. Handbook attempts to find answers to some questions concerning the definition and characteristics of the ethical system in Islam. What is its goal and how do its rules and practices ensure welfare for individuals and society? Are the moral principles universal and invariable or do they change and adapt with the social changes of communities and progress in science and technology? Is the present generation accountable for the welfare of future generations? Where is the boundary between law and ethics and who guarantees their adoption and implementation?

He teaches Microeconomics, Econometrics, Economic systems and History of Economic Thoughts. His most important books are: Ownership, Justice and Growth in the Process of Development of Economic Thoughts, Imam Sadiq University (AS).

Pengantar Ilmu Ekonomi (Konsep, Teori dan Praktik)

Buku dengan judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Konsep, Teori dan Praktik) merupakan buku pembelajaran, sumber refrensi dan pedoman belajar, buku ini mencakup tentang konsep dasar pengantar ilmu ekonomi; teori keseimbangan parsial dan umum (penawaran dan permintaan); teori elastisitas permintaan dan penawaran; teori nilai guna; teori produksi; teori pasar; teori ekonomi moneter; teori konsumsi; tabungan dan investasi; keseimbangan pasar dan pertumbuhan ekonomi inflasi serta pengangguran.

Buku dengan judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Konsep, Teori dan Praktik) merupakan buku pembelajaran, sumber refrensi dan pedoman belajar, buku ini mencakup tentang konsep dasar pengantar ilmu ekonomi; teori keseimbangan parsial dan umum ...

PENGANTAR EKONOMI PEMBANGUNAN

Suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang dan mendapatkan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.

Suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang dan mendapatkan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya ...

PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN PERADABAN EKONOMI ISLAM

(Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis)

Ekonomi islam merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sistem ekonomi berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Nama lain untuk ekonomi Islam adalah ekonomi syariah. Istilah ekonomi Syariah juga tak terpisahkan terkait dengan sumber sistem ekonomi berbasis syariah, Al-Qur’an dan As Sunnah. Bahkan, penggunaan istilah “Ekonomi Syariah” tidak steril untuk perdebatan. Beberapa intelektual Islam, seperti Tariq Ramadhan, mengatakan apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah sebenarnya adalah etika bisnis Islam. Artinya, yang membedakan sistem ekonomi syariah dari yang lain adalah prinsip-prinsip etisnya. Keberadaan ekonomi Islam dianggap menjadi seperangkat prinsip ekonomi alternatif yang menentang sistem ekonomi yang berlaku. Kita tidak dapat memahami pengertian dari ekonomi ini tanpa memahami prinsip-prinsipnya. Dimensi penting yang perlu dipahami di sini adalah prinsip ekonomi. Dalam ekonomi tradisional kita mengatakan bahwa sistem ekonomi kapitalis, prinsip ekonomi, adalah pengetahuan.Tetapi dalam ekonomi tersebut, prinsip-prinsip ekonomi adalah produk pengetahuan yang sumbernya adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Berdasarkan hal tersebut maka, buku ini menyajikan segala yang dibutuhkan oleh para pengelola ekonomi dalam menjalankan roda perputaran pengelolaan ekonomi islam agar dapat menciptakan kualitas dan kuantitas ekonomi islam yang baik. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang ekonomi, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguru tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang ekonomi.

... Islam Economic Theory And Practice , Terjemahan Paton Arif Harahap Yogyakarta : Dana Bakti Primayasa , 1997 . Manurung , Jonni , Ekonomi Keuangan Dan Kebijakan Moneter , Salemba Empat , Jakarta , 2009 . Muftifiandi , Praktek Ekonomi ...

Pengantar Ekonomi Islam

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji. Buku ini dikembangkan berdasarkan pada konsep dasar ekonomi Islam yang lahir bukan sebagai sebuah pengetahuan baru.Ekonomi Islam merupakan sebuah konsep keilmuan Islam yang telah dipraktekkan sejak masa Rasulullah yang dilanjutkan oleh para sahabatnya yang dibingkai dalam konteks sains ekonomi modern. Kandungan yang ada pada buku ini berisikan pembahasan mengenai: konsep dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam, fiqih ekonomi kontemporer, landasan hukum ekonomi Islam, jenis akad dalam ekonomi Islam, konsep teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam, produksi dalam ekonomi Islam, konsumsi dalam ekonomi Islam, distribusi dalam ekonomi Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam ekonomi Islam, pasar modal syariah, wakaf dan ekonomi Islam di Indonesia.

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji.