Sebanyak 169 item atau buku ditemukan

MAHFUDHAT FADLAILUL IMAN Cerdas Bersama Metode Tikrar

Kehadiran buku ini penulis ingin memberikan sumbangsih pemikiran, dalam rangka percepatan menghafal tanpa menghafal dengan metode tikrar dengan cara membaca di ulang-ulang sehingga proses membaca dan proses belajar dapat terukur kemampuannya dalam hitungan menit sebagai bukti nyata ketercapaian proses belajar, penulis yakin setiap orang ingin pintar dan cerdas dan inysaAllah pasti tercapai jika disampaikan dengan metode yang tepat dan efektif serta menyenangkan semoga Allah memberikan hidayah, keterbukaan hati dan intelektual sehingga mampu berfikir benar berkata yang benar serta bertindak secara benar. Harapan penulis sebelum buku ini dibaca agar bertawassul terlebih dahulu kepada Nabi, kepada pendiri Nahdlatul ulama’, serta pendiri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong semoga melalui tawassul Allah semakin memberikan kecerdasan dan mampu menjadi identitas keislaman yang dapat menghiasi kehidupan sehari-hari menjadi anak bangsa pelopor khoiru ummat ditengah-tengah kehidupan generasi melenial dengan tetap menjaga identitas islam rahmatan lil’alamin dan menjaga budaya bangsa Indonesia sebagai bangsa santun dan ramah serta tolong menolong agar tetap mendapatkan pertolongan dari Allah Swt.

... B. Islam Dalam Hadits.....................................................18 C. Islam Dalam Qaulul
Ulama' ......................................19 Doa Islam.......................................................................
...............21 BAB 3 Ihsan......................................

Bukti-bukti sains dan sejarah kerasulan Muhammad

Adakah gelaran-gelran itu berkaitan dengan orang yang sama? Mungkinkah semua itu sebenarnya Nabi Muhammad? Buku ini ditulis untuk umat Islam bagi menjawab segala persoalan dah tohmahan yang dilontarkan kepada nabi. Jawapan-jawapannya diambil daripada kitab-kitab suci pelbagai agama serta pandangan tokoh-tokoh intelek bukan Islam kepada nabi. Buku Bukti-bukti Sains & Sejarah Kerasulan Muhammad pasti memantapkan pemahaman kita perihal Islam di samping menjelaskan maklumat sebenar kepada bukan Islam.

2730. 260. Letterto Najmi Sahib, George Bernard Shaw,hal.54 dalam
Muhammad in NonMuslims' Eyes, Kh. Jamil Ahmed, Shalimar Pub, Karachi,
1978,hal. 55. 261. TheGenuine Islam, George Bernard Shaw, Singapore, 1936,
Vol. 1, No. 8.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga dalam menyikapi hal tersebut penulis mencoba menelaah secara sistematis terkait kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia dengan demikian dapat dianalisa kelemahan dan kekuatannya serta dapat menghasilkan corak dan solusi terhadap pendidikan agama Islam era 4.0 tersebut. Penghimpunan buku ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang studi mata kuliah Kebijakan Pendidikan. Selebihnya buku ini juga bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai calon guru serta bahan bacaan para dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Harapan penulis semoga buku ini dapat menjadi blueprint bagi para guru, dosen dan mahasiswa sebagai calon-calon guru masa depan yang membawa tugas mulia yakni mengajar, mendidik, dan di dalamnya termasuk penilaian serta pengabdian.

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga ...

Pendidikan Karakter ala Pesantren

Terjemah Adaptif Kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim

Buku ini membahas tentang keutamaan ilmu, belajar dan mengajar; karakter murid kepada diri sendiri, guru dan ilmunya; karakter guru kepada diri sendiri, ilmu dan muridnya; serta karakter terhadap sarana-prasarana belajar, terutama buku pelajaran.

Buku ini membahas tentang keutamaan ilmu, belajar dan mengajar; karakter murid kepada diri sendiri, guru dan ilmunya; karakter guru kepada diri sendiri, ilmu dan muridnya; serta karakter terhadap sarana-prasarana belajar, terutama buku ...

Filsafat Perselingkuhan Sampai Anorexia Kudus

Buku ini adalah buku filsafat populer yang memiliki aspek paradoxa. Paradoxa adalah kata dari Bahasa Yunani yang berarti ‘menyimpang dari pendapat umum’. Para itu berarti menyimpang. Sementara doxa berarti pendapat umum. J udul tersebut tepat menggambarkan isi buku ini, yakni upaya untuk berpikir tentang kehidupan dengan sudut pandang yang unik, yang berbeda dari pendapat umum masyarakat. Buku ini adalah kumpulan tulisan populer saya yang telah dipublikasikan di berbagai media, baik lokal maupun nasional. Buku ini lahir dari refleksi saya atas berbagai peristiwa yang terjadi, baik di level nasional maupun pengalaman personal, yang kemudian dibagi menjadi tiga ranah refleksi, yakni refleksi tentang kehidupan berbangsa, tentang pendidikan, dan refleksi personal saya tentang kehidupan. Itulah tiga dimensi kehidupan yang menjadi pergulatan saya selama ini. Yang perlu diingat adalah, bahwa refleksi bukanlah pijat refleksi, melainkan memikirkan ulang apa yang telah terjadi secara mendalam! Banyak orang masih belum mengerti arti kata refleksi dalam konteks ini. Apa keunggulan buku ini dibandingkan dengan kumpulan tulisan yang bertebaran di toko buku lainnya? Buku ini adalah sebuah refleksi filosofis yang dibahasakan secara populer, dan mencoba untuk menyoroti berbagai hal dari sudut pandang yang unik. Harapannya adalah pembaca bisa menentukan sudut pandang mereka sendiri pada akhirnya. Beberapa refleksi terasa begitu personal. Namun janganlah lupa bahwa kita bisa melihat kehidupan seluruh alam semesta di dalam hati orang yang bergelut dengan kehidupan!

Buku ini adalah buku filsafat populer yang memiliki aspek paradoxa.

PENGANTAR MAQASID Al-SHARI‘AH

Terma maqasid al-Shari‘ah di era kontemporer seperti sekarang ini banyak mendapatkan perhatian serius dari para akademisi dan pemikir muslim, terlebih dari ahli-ahli hukum Islam. Terma maqa>s{id yang terwacana saat ini tidak sekedar sebagai kajian berbasis nilai, atau hanya mengkaji tentang hikmah-hikmah dan tujuan-tujuan hukum syariat, akan tetapi semakin melus hingga menyentuh dimensi ontologi dan epistemologi syariat Islam. Dengan kelengkapan obyek pembahasannya kajian maqasid diakui sebagai sebuah disiplin ilmu yang mandiri dalam rumpun studi hukum Islam dan tersaji secara terpisah dari ilmu usul al-Fiqh. Kajian maqasid ini dianggap lebih mampu menampilkan konsepsi pemikiran hukum Islam yang relevan dan progresif untuk mengantarkan hukum Islam yang lebih humanis, berkeadilan dan bermoral sesuai dengan misi pensyariatan.

Terma maqasid al-Shari‘ah di era kontemporer seperti sekarang ini banyak mendapatkan perhatian serius dari para akademisi dan pemikir muslim, terlebih dari ahli-ahli hukum Islam.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Buku ini disusun sebagai salah satu bahan ajar dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, khususnya di Perguruan Tinggi Islam. Dalam buku ini disajikan materi pembelajaran Bahasa Indonesia dan telah disesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Buku ini juga dilengkapi contoh dan tugas di setiap akhir topik pembahasan.

Buku ini disusun sebagai salah satu bahan ajar dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, khususnya di Perguruan Tinggi Islam.

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA

Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi karena perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap dan maju. Di antara para psikolog ada yang tidak membedakan antara istilah perkembangan dan pertumbuhan namun ada yang lebih setuju menggunakan istilah pertumbuhan. Hal ini mungkin untuk menunjukkan bahwa seseorang bertambah dalam berbagai kemampuan yang bermacam-macam bahwa ia lebih mengalami diferensiasi dan juga ia pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih mengalami integrasi. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan yang mennyangkut ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni. Menurut pendapat para psikolog istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang tampak. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi perkembangan psikologis, pertumbuhan fungsi-fungsi otak misalnya memungkinkan anak bisa tersenyum, berjalan, bercakap-cakap dan lain sebagainya. Kemampuan berfungsi dalam tingkat yang lebih tinggi ini sebagai hasil sebuah pertumbuhan yang biasa disebut sebagai kematangan. Perkembangan dapat pula dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat intergrasi yang lebih tinggi berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan dan belajar. Sedangkan psikologi kepribadian lebih memusatkan perhatiannya pada sifat-sifat kepribadian yang umum dan yang khusus (yang membedakan seseorang dari yang lain) serta kombinasi sifat-sifat tersebut hingga mewujudkan totalitas kepribadian tertentu. Psikologi perkembangan lebih mempersoalkan faktor yang umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi di dalam diri kepribadian yang khas itu. Titik berat yang diberikan oleh para psikolog perkembangan ada pada relasi antara kepribadian dan perkembangan, hal ini disebabkan oleh pendapat sebagian besar para psikolog bahwa keseluruhan kepribadian itulah yang berkembang meskipun beberapa komponen dapat lebih menonjol perkembangannya pada masa-masa tertentu daripada komponen lainnya misalnya fungsi indra dan fungsi motorik menonjol pada tahun-tahun pertama.

Pengalaman Organisasi; Ketua Umum Keluarga Siswa PGAN Puteri Malang (
1968-1069), Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pusat (LDP) PMII di Malang (1976-
1978), Pimpinan Majelis Taklim AlIqlimiyah Samarinda (anggota + 3000 orang) ...

FILSAFAT ISLAM SEBUAH WACANA KEFILSAFATAN KLASIK HINGGA KONTEMPORER

Dalam banyak kalangan, filsafat dipersepsi sebagai sebuah pengetahuan yang menyeramkan, susah, ruwet, dan membingungkan. Sehingga sering terdengar ungkapan para penikmat filsafat “Kebingungan adalah awal dari terkuaknya kebenaran”. Namun demikian, benarkah filsafat merupakan suatu disiplin yang tidak membumi. Sehingga tidak banyak orang yang sudi mendekatinya, Secara sederhana, filsafat dapat dimaknai sebagai metodologi berfikir. Dengan demikiran, jika berfikirnya secara metodis maka sudah pasti akan dilakukan secara sistematis (terencana, step by step), komprehensip (Menyeluruh /Multiperspektif) dan radikan(Berfikir keras, sampai pada hakikat yang dapat difikirkan). Pada tahap inilah kemudian filsafat seakan menjauh dari kebanyakan orang yang gemar berfikir sederhana. Sementara itu, filsafat sebagai sebuah metodologi berfikir, memiliki tiga cabang (landasan) yang dapat digunakan untuk menetap sebuah proyek sudah layak disebut sebagai ilmu atau tidak. Yaitu pertama disebut landasan ontologis; cabang ini menguak tentang objek apa yang ditelaah ilmu. Bagaimana hubungan antara objek tadi dengan daya tangkap manusia (seperti berpikir, merasa dan mengindra) yang membuakan pengetahuan. Kedua disebut dengan landasan epistemologis; berusaha menjawab bagaimana proses pengetahuan itu diperoleh. Mulai dari sumber pengetahuan, metode mendapatkan pengetahuan, sampai pada verifikasi / pemeriksaan tentang ilmu yang diperoleh. Sedang yang ketiga disebut dengan landasan aksiologi; landasan ini akan menjawab, untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan. Bagaimana kaitan anatar acara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah normal.

Dalam banyak kalangan, filsafat dipersepsi sebagai sebuah pengetahuan yang menyeramkan, susah, ruwet, dan membingungkan.

Anak kita memang pintar cerdas

panduan membina potensi diri anak-anak

Menurut Susan K . Golant di dalam bukunya The Joys and Challenges of Raising
a Gifted Childs berpendapat , kanakkanak yang pintar cerdas menunjukkan
minat yang tinggi bagi belajar , curiga dan mempunyai perasaan ingin tahu yang
 ...