Sebanyak 2009 item atau buku ditemukan

37 Masalah Populer

Untuk Ukhuwah Islamiyah

Ikhtilaf dan Mazhab – Bid’ah – Memahami Ayat dan Hadits Mutasyabihat – Beramal Dengan Hadits Dha’if – Isbal – Jenggot – Kesaksian Untuk Jenazah – Merubah Dhamir (Kata Ganti) Pada Kalimat “Allahummaghfir lahu” – Duduk di Atas Kubur – Azab Kubur Talqin Mayat – Amal Orang Hidup Untuk Orang Yang Sudah Wafat – Bacaan al-Qur’an Untuk Mayat – Membaca alQur’an di Sisi Kubur – Keutamaan Surat Yasin – Membaca al-Qur’an Bersama – Tawassul – Khutbah Idul Fithri dan Idul Adha – Shalat di Masjid Ada Kubur – Doa Qunut Pada Shalat Shubuh – Shalat Qabliyah Jum’at – Bersalaman Setelah Shalat – Zikir Jahr Setelah Shalat – Berdoa Setelah Shalat – Doa Bersama – Berzikir Menggunakan Tasbih – Mengangkat Tangan Ketika Berdoa – Mengusap Wajah Setelah Berdoa – Malam Nishfu Sya’ban – ‘Aqiqah Setelah Dewasa – Memakai Emas Bagi Laki-Laki – Poto – Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw – Benarkah Ayah dan Ibu Nabi Kafir? – as-Siyadah (Mengucapkan “Sayyidina Muhammad Saw”) – Salaf dan Salafi – Syi’ah.

Ghayat al-Mathlab fi Isytirath al-Waqif Aud an-Nashab ila Darajat al-Qurbfa al-
Aqrab. 32. Fath Rabb al-Arbab ala Lubb al-Albab Syarh Nadzat al-A'rab. 33. Al-
Fawa'id al-'Ajibah fi I'rab al-Kalimat al-Gharibah. 34. Al-Fawa'id al-
Mukhashshishah ...

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI & IMPLEMENTASI)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

A. Pengertian Komunikasi Istilah komunikasi dalam bahasa inggris “communication”, berasal dari bahasa latin “communicatus” yang memiliki arti berbagi atau menjadi milik bersama. Komunikasi dimaknai sebagai hubungan kontak antar dan ...

Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Administrasi sebagai suatu fenomena modern telah teruji kebenarannya yang dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmiah, karena telah memiliki metode-metode analisis, sistematika, prinsip-prinsip serta dalil-dalilnya sendiri. Ke semua ciri keilmiahannya ini dapat diterapkan ke dalam unsur-unsur kegiatan dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan yang ditetapkan. Analisis terakhir ini sangat tepat kalau dihubungkan dengan “trend” yang terjadi di abad sekarang, bahkan di masa akan datang, dengan dalih bahwa semua aktivitas baik di bidang politik, sosial, budaya dan Hankam hanya akan berguna kalau terlaksana secara efektif dan ekonomis. Adapun efisiensi dan efektivitas kerja itu sendiri baru bisa diperoleh bila keseluruhan kegiatan itu dioperasikan melalui tindakan-tindakan administrasi. Salah satu jalur kebijaksanaan pembangunan pendidikan di Indonesia membawa kita pada arah peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Penanganan masalah-masalah pendidikan yang dewasa ini sifatnya semakin kompleks, tidak hanya menuntut kecepatan dan ketepatan melainkan juga menghendaki adanya satu sistem di dalam pendekatan dan pemecahannya. Kenyataan lain yang mendorong pentingnya pengembangan dan pembaruan di dalam sistem pengelolaan pendidikan, baik di sekolah maupun luar sekolah adalah adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan itu sendiri, dan tuntutan masyarakat/pemerintah yang semakin meningkat akan pendidikan yang mampu menunjang pembangunan bangsa dalam arti luas. Kehadiran bidang Administrasi Pendidikan memberikan andil yang besar dalam menjawab segala tantangan pendidikan tersebut, guna menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang mampu memenuhi misi dan tujuan sebagaimana dicita-citakan. Para pemimpin, guru, maupun tenaga pelaksana di lapangan perlu dibekali dengan bidang ini karena mereka berhadapan langsung dengan corak tantangan yang beragam yang membutuhkan suatu penataan secara efektif dan efisien Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Sepanjang kariernya di bidang akademik, Haidir pernah menjalani penugasan sebagai Staf pada Prodi PAI (20052006), ... Aplikasi Kemampuan Guru dalam Mendesain Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum, Mengembangkan Proses Pembelajaran, ...

Pembaharuan sistim pendidikan pondok pesantren sebagai usaha peningkatan prestasi kerja dan pembinaan kesatuan bangsa

pesantren Kiyai Ma ' shum Lasem , untuk tafsir Baidhawi mengaji pada Kiyai
Baidlowi juga di Lasem , untuk Hadits Bukhari ... ( KH Dimyathi ) , Wonokromo (
KH Abdul Azis dan almarhum KH Hasbullah ) terkenal dengan Qira' ah al Qur '
an . 4 .

Hajjah Rahmah el Yunusiyyah dan Zainuddin Labay el Yunusy, dua bersaudara tokoh pembaharu sistem pendidikan di Indonesia

riwayat hidup, cita-cita, dan perjuangannya

Biography of Rahmah el Yunusiyyah, 1900-1969 and Zainuddin Labay el Yunusy, 1890-1924, Islamic modern educators from Padangpanjang, Sumatera Barat Province.

... pertama dan utama dari orientasi manusia , maka dalam awal masyarakat modem pertimbangan ekonomi telah menggeser posisi agama sebagai pertimbangan pertama dan utama itu , baik dalam model masyarakat kapitalis maupun Komunis .

Pendidikan berbahasa santun

Demikian pula halnya isi pembicaraan dan cara menyatakannya , tidak dapat
lepas dari pendidikan yang dialaminya . ... pola strategi pembelajaran bahasa
santun , berdasarkan telaah lapangan dengan tetap berpegang pada Al - Qur '
an .

Pendidikan Agama Islam : Al-Qur'an Hadis Untuk Madrasah Aliyah Kelas XI

Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 10 Bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Buku pelajaran Al-Qur'an Hadis untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 ...

PANDUAN LENGKAP MENGAJAR TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN Berdasarkan Kurikulum Yayasan Syamil Qur’an Nunukan

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya. Berdasarkan pengamatan penulis selama menjadi pengajar di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA/TPQ) sejak tahun 2004 sampai sekarang, belum ada satu buku pegangan para asatidz/asatidzah (guru/pengajar) dan santri yang praktis dan sistematis untuk materi yang diberikan, maka hadirnya buku ini diniatkan penulis dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut sekaligus mengamalkan hadits Nabi: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhari). Buku ini terdiri atas 4 jilid. Setiap jilid berisi 1 tahun pembelajaran, yang di bagi atas 2 semester. Pembahasan dalam buku ini meliputi: taharah, bacaan salat, bacaan surah pendek, hafalan doa harian, akidah, akhlak, mahfuzhat, kisah Islami dan lain-lain. Setiap bab mulai dari buku jilid satu dan seterusnya telah disesuaikan mulai dari materi yang paling dasar hingga menuju level materi yang lebih tinggi secara bertahap, sehingga akan mempermudah para pengajar dalam memberikan materi kepada para santri. Walau demikian karena buku ini tiap bagian pembahasannya dibuat secara ringkas, perlu kiranya para guru/pengajar untuk mengembangkan materi yang singkat tersebut, tentu dalam hal ini para pengajar harus mempersiapkan diri dengan memperkaya referensi materi dan metode mengajar yang inovatif sehingga pembelajaran yang diajarkan lebih menarik bagi para santri. Terakhir, semoga buku ini bermanfaat, kritik dan saran yang kontruksif dari pembaca untuk perbaikan buku ini sangat dinantikan.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan ikhtiar penulis dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan taman-taman pendidikan al-Qur’an yang membutuhkan sistematisasi pembelajaran bagi para santrinya.