Sebanyak 1583 item atau buku ditemukan

Audit Internal: Konsep dan Praktik

Buku Audit Internal ini diterbitkan dengan maksud untuk memperkaya khasanah bacaan mengenai perkembangan profesi audit internal yang pada dekade terakhir ini mulai banyak diminati sebagai salah satu karier profesional. Buku ini cocok bagi mahasiswa baik tingkat diploma, profesi akuntansi, sarjana, dan master serta bagi para praktisi auditor internal baik yang bekerja di perusahaan swasta, perusahaan BUMN dan yang bekerja di Sektor Pemerintah misal BPKP dan Inspektorat. Penulis menyajikan tema-tema terbaru seputar perkembangan profesi audit internal yang mulai diberlakukan pada tahun 2013 sehingga buku ini sangat relevan dan update. Dalam buku ini juga membahas mengenai definisi dan perkembangan audit internal, manajemen risiko, proses audit internal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penyusunan laporan audit,dan quality assurance. Buku ini tidak hanya mengemukakan konsep dan teori tapi juga mengulas implementasinya dengan menyajikan proses yang diperlukan disertai contoh. Pada tiap akhir bab, buku ini “menguji” pemahaman pembaca dengan pertanyaan dan kasus. Oleh karena itu, buku ini sangat relevan bagi para pelajar dan praktisi.

Pada dasarnya proses manajeman risiko dalam AS/NZS ISO 31000:2009
memiliki beberapa kesamaan dengan proses yang telah dijelaskan dalam dasar-
dasar manajemen risiko, tetapi AS/NZS ISO 31000:2009 memiliki tiga proses
yang ...

Teacherpreneurship: Konsep dan Aplikasi

Buku ini merupakan diktat yang bisa digunakan untuk bahan literasi atau kajian perkuliahan Prodi/Jurusan yang menerapkan kurikulum KKNI-SNPT. Tidak hanya bagi Prodi PGMI/PGSD, namun bisa untuk semua prodi yang berbasis pendidikan atau di bawah naungan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Pada BAB I mengkaji tentang “Konsep Dasar Teacherprenuership”. Kemudian pada Bab II tentang “Model Manajemen Teacherprenuership dalam Pendidikan” dan Bab III tentang “Tantangan dan Peluang Teacherpreneurship di Era Milenial” dan BAB III tentang “Praktik Teacherpreneurship”. Teacherpreneurship ini sudah menjadi profil lulusan, kemudian menjadi mata kuliah di PGMI STAINU Temanggung. Apa yang dikonsep di Prodi PGMI STAINU Temanggung tentu masih dalam rangka mencari “kebenaran” dan idealitas. Namun, pada prinsipnya, calon guru harus memiliki jiwa entreprenuer/ wirausaha. Sebab, guru di era milenial, pascamilenial bahkan era alfa ini harus memahami bahwa gelembung disruption setelah era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus dijawab dengan kemampuan yang multipleskill. Salah satunya adalah teacherprenuer tersebut. Hal ini tentu senada dan seirama dengan doktrin bahwa “guru harus kaya” secara materiil. Guru tidak boleh hanya urusan berjuang, namun kata berjuang itu sendiri adalah dialektika antara “berju” dan “uang”. Meski profesi guru tidak untuk mencari materi saja, namun, secara person, guru haruslah kaya hati, harta, dan kouta. Sebab, jika guru kaya, mereka akan mapan dalam melakukan perubahan mendasar dalam pendidikan. Maka dari itu, guru kaya adalah sebuah keniscayaan di era disrupsi ini. Maka dari itu, bekal teacherprenuership inilah yang menjadi ikhtiar untuk menyiapkan calon guru yang berjiwa kaya. Apakah hanya kaya harta? Tentu tidak. Harta hanya bagian dari pendukung jiwa, sarana dan media guru berjuang mendidik anak-anaknya. Akhir kata, selamat membaca buku ini dan pahamilah, bahwa teacherprenuer hanya bagian dari usaha menjawab, dan menyesuaikan, serta menguasai zaman. Mengapa demikian? Sebab, hanya orang yang mampu membaca zeitgeist (spirit zaman) yang bisa bertahan. Masalahnya, sudahkah kita bisa membaca spirit zaman ini?

Buku ini merupakan diktat yang bisa digunakan untuk bahan literasi atau kajian perkuliahan Prodi/Jurusan yang menerapkan kurikulum KKNI-SNPT.

Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS

Laporan keuangan merupakan informasi yang menggambarkan dan untuk menilai kinerja perusahaan, terlebih bagi perusahaan yang sahamnya telah tercatat dan diperdagangkan di bursa. Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan dapat memberikan analisa laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan yang juga mencerminkan fundamental perusahaan sehingga informasi tersebut dapat memberikan landasan bagi keputusan investasi. Ada bagian dalam laporan keuangan yang sering tidak diperhatikan investor, seperti laporan direksi atau manajemen perusahaan. Padahal, pada bagian tersebut manajemen sering kali menjelaskan mengenai perjalanan perusahaan selama ini, prospek dan rencana kedepannya. Angka-angka yang tertera dalam laporan keuangan itu menggambarkan kinerja perusahaan dan kemampuan manajemennya dalam mengelola usaha tersebut. Dari angka tersebut juga dapat dijadikan dasar untuk memproyeksikan apa yang akan terjadi.

Dari angka tersebut juga dapat dijadikan dasar untuk memproyeksikan apa yang akan terjadi. Buku Konsep analisa laporan keuangan dengan pendekatan rasio dan SPSS ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Menelusur Jejak Implementasi Konsep Bangunan Hijau dan Pintar di Kampus Biru

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada. Pada Bab 1 dibahas mengenai isu global, perkembangan kebijakan dalam negeri, konsep dasar, dan sistem pemeringkatan bangunan hijau yang diterapkan di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Pada Bab 2 dan 3 disajikan informasi lebih detail mengenai prinsip-prinsip bangunan hijau berdasarkan sistem GREENSHIP serta parameter ukur bangunan hijau menurut jenis bangunan. Selanjutnya, di Bab 4 dibahas mengenai dasar-dasar teori, standar, serta metode pengukuran dan simulasi yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif parameter-parameter fisika bangunan. Informasi dasar di Bab 4 kemudian didukung dengan pengetahuan yang komprehensif mengenai penerapan teknologi cerdas dan kontrol pada bangunan (smart and control system) yang dibahas pada Bab 5. Implementasi konsep bangunan hijau di beberapa kampus di Indonesia yang dibahas pada Bab 6 membuka studi dan pandangan yang lebih lebar untuk melihat seberapa penting dan besar pengaruhnya ketika konsep bangunan hijau diterapkan di institusi perguruan tinggi. Kajian lebih lanjut dan dalam dipaparkan pada Bab 7 mengenai berbagai studi kasus terkait analisis bangunan hijau dan cerdas di Universitas Gadjah Mada yang telah dilakukan oleh grup riset INSGREEB (Integrated Smart and Green Building) sejak tahun 2012 hingga saat ini. Studi kasus meliputi Gedung Pusat UGM, Perpustakaan Pusat UGM, Asrama Kinanti 1, 2, dan 3, beberapa gedung di Fakultas Teknik, dan beberapa calon gedung baru seperti Smart and Green Learning Center dan Sport Center. Akhirnya, semoga buku ini dapat menjadi sumber informasi yang komprehensif bagi pembaca dalam memahami konsep bangunan hijau dan penerapannya di kawasan perguruan tinggi. Selain itu, semoga juga mampu menjadi rujukan metode dan studi kasus bagi pembaca untuk mendapatkan contoh-contoh yang sistematis dalam mengimplementasikan konsep bangunan hijau. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada.

Pemrograman C: Konsep dan Implementasi

Cocok Bagi Programmer Profesional dan Pembelajar Mandiri

Selamat datang ke bahasa pemrograman C! Buku ini menyajikan pendekatan “belajar dari contoh” bagi mahasiswa, instruktur, dan para profesional. Setiap konsep disajikan dalam konteks program utuh, bukan potongan program. Buku ini berjudul “PEMROGRAMAN C: Konsep dan Implementasi” yang dikhususkan bagi pembaca yang benar-benar ingin menguasai teknik-teknik pemrograman terstruktur dan struktur data menggunakan C. Karena pondasi harus kokoh, buku ini sungguh-sungguh memperdalam konsep-konsep yang mendasari pemograman terstruktur. Buku ini ditulis karena spirit untuk mendokumentasikan gagasan-gagasan pemrograman terstruktur dan struktur data di dalam keluarga besar bahasa C. Di Indonesia, sangat jarang ditemui buku yang mendiskusikan pemrograman C yang mengupas secara detil kelebihan dan kekurangan suatu kode sumber. Buku ini menelaah suatu kode sumber dengan memberikan perhatian khusus terhadap potongan-potongan kode yang dianggap penting. Buku ini dikhususkan bagi siswa programmer profesional serta pembelajar mandiri yang menjadi pemrogram handal.

Selamat datang ke bahasa pemrograman C! Buku ini menyajikan pendekatan “belajar dari contoh” bagi mahasiswa, instruktur, dan para profesional.

Elektrokardiografi Konsep Dasar dan Praktik Klinik

Elektrokardiografi merupakan salah satu alat diagnostik yang sangat bermanfaat bagi tenaga kesehatan. Prosedur pengoperasian alat yang mudah, ketersediaan alat di berbagai daerah yang cukup merata, dan nilai diagnostik yang tinggi menjadi alasan penting bagi tenaga kesehatan untuk dapat melakukan interpretasi EKG dengan tepat. Selain itu, EKG juga mampu memberikan gambaran terhadap kondisi kelainan jantung, baik kelainan secara anatomis maupun fisiologis. Dalam buku ini, akan dijelaskan secara rinci mengenai bagaimana aliran listrik jantung bekerja dan gambarannya pada EKG. Kondisi kelainan jantung yang disebabkan oleh pembesaran ruang jantung maupun gangguan irama juga akan dijelaskan beserta mekanismenya. Buku ini memberikan penjelasan secara sistematis, komprehensif, logis, dan menggunakan bahasa yang ringan agar mudah dipahami. Buku ini juga disertai ilustrasi dan contoh gambaran EKG untuk membantu pembaca dalam memahami penjelasan tertulis dan sebagai media latihan pembaca dalam melakukan interpretasi EKG. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi tenaga kesehatan untuk mengembangkan kompetensinya sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Elektrokardiografi merupakan salah satu alat diagnostik yang sangat bermanfaat bagi tenaga kesehatan.

Konsep Dasar dan Pedagogi Matematika Sequel 2

Buku ini ditulis, salahsatunya adalah untuk membantu para guru dan calon guru dalam memahami serta memaknai konsep-konsep fundamental dalam bidang matematika, khususnya matematika pada jenjang pendidikan dasar. Topik terpilih yang disajikan dalam buku ini antara lain: bangun datar, bangun ruang, pecahan, perbandingan dan skala, bilangan rasional dan irasional, pengukuran, serta pengelolaan data. Untuk mengikuti materi pada buku ini, sebaiknya para pembaca telah mempelajari buku Dasar-dasar Keilmuan Matematika, Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir KritisKreatif, serta Konsep Dasar dan Pedagogi Matematika Sequel 1.

Buku ini ditulis, salahsatunya adalah untuk membantu para guru dan calon guru dalam memahami serta memaknai konsep-konsep fundamental dalam bidang matematika, khususnya matematika pada jenjang pendidikan dasar.

Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan Amos 24

Metode statistik Structural Equation Modelling (SEM) saat ini semakin populer dan diaplikasikan pada banyak bidang ilmu. Berbeda dengan metode statistik seperti parametrik, non parametrik maupun multivariat, SEM melibatkan banyak perhitungan matematis yang sangat kompleks. Namun kemajuan teknologi informasi telah memungkinkan pengolahan data pada sebuah model SEM dilakukan dengan mudah dan cepat. AMOS versi 24 adalah program aplikasi SEM yang sangat user friendly namun juga powerful, sehingga saat ini program AMOS banyak digunakan untuk mengolah berbagai model riset yang menggunakan metode SEM. Buku ini membahas berbagai konsep dasar SEM serta cara penggunaan program AMOS 24 dalam membuat dan mengolah sebuah model SEM. Untuk memudahkan pemahaman, pada setiap topik disertai contoh kasus yang relevan, bagaimana AMOS 24 mengolah data yang ada, serta cara menafsir output yang dihasilkan. Buku ini ditujukan kepada para pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang SEM, selain kepada para Mahasiswa, Peneliti serta para pengguna lain untuk berbagai kegunaan praktis ataupun ilmiah. Isi buku disusun secara sistematis, sehingga pembaca yang belum paham tentang SEM pun tetap dapat mengikuti alur pembahasan dengan mudah. Pembahasan mencakup: •Pemahaman berbagai konsep dasar SEM •Perbedaan variabel laten dan indikator •Kovarians dan Korelasi sebagai dasar estimasi •Identifikasi model SEM •Uji Asumsi Model SEM: normalitas, sample size •Penggunaan ikon-ikon utama AMOS •Membuat dan mengedit sebuah model SEM menggunakan AMOS •Mempersiapkan sebuah Model SEM untuk diuji •Uji Measurement Model •Uji Structural Model •Modifikasi sebuah model SEM •Multiple Group Analysis pada model SEM •SEM dengan Path Analysis •Membuat teks program sebagai alternatif tampilan grafiS

Metode statistik Structural Equation Modelling (SEM) saat ini semakin populer dan diaplikasikan pada banyak bidang ilmu.

Fundamental C++: Konsep Dasar dan Praktek

Cocok Untuk Mahasiswa dan Peneliti

Buku ini dikhususkan bagi mahasiswa dan peneliti, dimana banyak contoh program disajikan untuk mengatrol pemahaman pembaca. Berikut adalah topik-topik bahasan pada buku ini: Bab 1 membahas elemen – elemen dasar C++. Setelah menyelesaikan bab ini, pembaca akan familiar dengan dasar – dasar C++ dan siap untuk menulis program – program yang cukup kompleks. Operasi masukan / keluaran merupakan hal yang fundamental pada setiap bahasa pemrograman. Hal ini dikenalkan pada Bab 2 dan didiskusikan secara detil. Bab 3 dan 4 menyajikan struktur kendali untuk mengubah aliran sekuensial dari eksekusi. Bab 5 dan 6 mendiskusikan fungsi – fungsi yang didefinisikan oleh pengguna. Direkomendasikan bahwa pengguna tanpa latar belakang pemrograman perlu menyediakan waktu ekstra dalam mempelajari Bab 5 dan 6. Beberapa contoh disediakan untuk menolong pembaca dalam memahami konsep – konsep pelewatan parameter dan skop sebuah pengenal. Bab 7 membahas tipe data terdefinisi – pengguna (tipe enumerasi), mekanisme namespace dari C++ Standar ANSI/ISO, dan tipe string. Tipe enumerasi memiliki keterbatasan dalam penggunaannya; Tujuan utama dari tipe enumerasi adalah meningkatkan keterbacaan sebuah program. Bab 8 mendikusikan array secara detil. Bab 9 menjelaskan rekaman (struct) sebagai syarat bagi Anda untuk mempelajari C++ lebih lanjut.

Buku ini dikhususkan bagi mahasiswa dan peneliti, dimana banyak contoh program disajikan untuk mengatrol pemahaman pembaca.

DASAR-DASAR KONSEP PELUANG: Sebuah gagasan pembelajaran dengan pendekatan metakognitif

Uraian materi yang ada di buku ini berbeda dari kebanyakan buku ajar biasa, karena di sini benar-benar menonjolkan identitas pembelajaran yang menganut pendekatan metakognitif. Melalui urutan situasi atau permasalahan yang dimunculkan, diharapkan para pembacanya (mahasiswa) benar-benar dituntun untuk melakukan proses metakognisi yang baik sehingga hasil belajar yang berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi pun dapat tercapai dengan lebih efektif. Selain itu, dalam buku ini juga disampaikan beberapa kajian teoretis mengenai apa itu pendekatan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis pada bagian awalnya, serta di bagian akhir disampaikan hasil penelitian yang dilakukan penulis sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran metakognitif ini.

Uraian materi yang ada di buku ini berbeda dari kebanyakan buku ajar biasa, karena di sini benar-benar menonjolkan identitas pembelajaran yang menganut pendekatan metakognitif.