Sebanyak 21453 item atau buku ditemukan

Teaching English to Young Learners

(Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris kepada Anak-anak)

Buku ini hadir untuk memberikan sedikit pencerahan khususnya bagi para pengajar bahasa Inggris bagi usia dini mengenai bagaimana bahasa Inggris sebaiknya diajarkan, sekaligus bagaimana memahami proses perkembangan anak dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajarannya. Buku ini bisa dimanfaatkan oleh orangtua yang akan memulai mengajarkan bahasa Inggris kepada anaknya, guru yang akan mengajarkan bahasa Inggris khususnya bagi siswa TK dan SD, yang akan mengajarkan bahasa Inggris pada siswa pemula (beginner learner), pihak yang akan membuka pendidikan non-formal berjenjang (kursus) bahasa Inggris, maupun pembuat kebijakan kurikulum bahasa Inggris.

Buku ini hadir untuk memberikan sedikit pencerahan khususnya bagi para pengajar bahasa Inggris bagi usia dini mengenai bagaimana bahasa Inggris sebaiknya diajarkan, sekaligus bagaimana memahami proses perkembangan anak dalam upaya ...

Mengawal Reformasi Pembangunan Ekonomi Telaah terhadap Governance di Berbagai Negara

Buku ini menunjukkan betapa pentingnya peranan governance dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam pembangunan ekonomi. Menurut UNDP, karakteristik good governance adalah Partisipasi (Participation), Penegakan Hukum (Rule of law), Transparansi (Transparancy), Daya Tanggap (Responsiveness), Berorientasi pada konsensus (Consensus orientation), Keadilan (Equity), Keefektifan dan Efisiensi (Effectivennes and Efficiency), Akuntabilitas (Accountability), serta Visi Strategis (Strategic Vision). Kesembilan karateristik yang ini saling memperkuat dan tidak dapat berdiri sendiri. Partisipasi masyarakat di dalam setiap proses pembuatan kebijakan publik merupakan hal penting sebagai cermin asas demokrasi di suatu negara. Hal ini menjadi sangat tepat ketika partisipasi publik kemudian diangkat menjadi salah satu prinsip yang harus dijalankan oleh pemerintah dalam upaya mewujudkan good governance (kepemerintahan yang baik).

Buku ini menunjukkan betapa pentingnya peranan governance dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam pembangunan ekonomi.

Perlindungan Masyarakat Hukum Adat dan Masyarakat Tradisional

(Telaah Keadilan Amartya K. Sen)

Buku ini menganalisis hal-hal mendasar dimulai dari pembedaan antara masyarakat hukum adat dan masyarakat tradisional, adanya inkonsistensi penggunaan terma, dianutnya weak legal pluralism dalam sistem hukum nasional. Tulisan ini juga mengulas tidak optimumnya perlindungan terhadap masyarakat tradisional dan masyarakat hukum adat sebagai masyarakat yang kurang beruntung (lemah) berdasarkan telaah keadilan Amartya Sen yang berada dalam naungan paradigma konstruktivisme.

Tulisan ini juga mengulas tidak optimumnya perlindungan terhadap masyarakat tradisional dan masyarakat hukum adat sebagai masyarakat yang kurang beruntung (lemah) berdasarkan telaah keadilan Amartya Sen yang berada dalam naungan paradigma ...

PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN GRAMMAR

Sebuah Telaah Berbasis Temuan Riset

Buku ini memuat kajian komparatif tentang penggunaan perangkat lunak aplikasi NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL pada pembelajaran grammar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Pasuruan. Di bab pertama, tim menyajikan deskripsi komparatif antara menu dan fitur yang dimiliki oleh NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Dengan mengetahui deskripsi ini, tim penulis berharap pembaca akan dapat menginisiasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan juga sesuai dengan kegunaan menu serta fitur yang terdapat di NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Oleh karena itu, di bab kedua, tim menjabarkan penerapan strategi dalam proses pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Bab ketiga menjelaskan tentang capaian yang dihasilkan dari proses proses pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Bab ketiga ini terdiri dari tiga sub bab yang membahas capaian mahasiswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada bab terakhir, tim menyajikan fenomena unik yang terungkap pasca pelaksanaan pembelajaran grammar dengan menggunakan NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL. Fenomena ini adalah grammar berdasarkan feeling yang tentu memiliki dimensi beragam terkait sebab dan klasifikasi jenisnya.

Buku ini memuat kajian komparatif tentang penggunaan perangkat lunak aplikasi NST TOEFL Explorer dan Genius TOEFL pada pembelajaran grammar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Pasuruan.

Pendidikan Dan Perubahan Sosial

(Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih)

Bismillah, segala puji bagi Allah, salam sejahtera tercurah kepada para nabi dan manusia pilihan-Nya. Buku yang berada di tangan anda ini adalah buku untuk memenuhi literatur mahasiswa dan steakholders pengelola pendidikan, misalnya pada mata kuliah Ilmu Pendidikan, Manajemen Pendidikan (Islam), Pengantar Pendidikan (Islam), Pengembangan Kurikulum—juga untuk khalayak, sebagai bahan bacaan dan semakin melengkapi khazanah keilmuan tentang Ilmu Pendidikan (Islam), Pendidikan dan problem yang dihadapinya dalam berselancar dengan era digital dan revolusi industry 4.0. yang memerlukan pemberdayaan sumber daya manusia yang tidak merasa selalu berada di zona aman—sebagaimana yang diungkapkan oleh Prof. Rhenald Kasali, dengan selalu melakukan inovasi. Pada tulisan saya di salah satu surat kabar ―Pendidikan bukan Kuburan Massal, ada yang menarik ketika menurut Paulo Freire bahwa pendidikan sama dengan pembacaan kritis dan mengamati fenomena perkembangan pendidikan kita sekarang ini. Ketika kemudian paradigma pendidikan bergeser dari sekolah formal ke sekolah non-formal. Pandangan bahwa sekolah formal memandang potensi semua anak sama—bahkan ada yang berpandangan cenderung mematikan potensi anak menjadi kuburan massal, harus sama kecerdasan intelektualnya. Padahal penemuan terbaru adanya kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh setiap anak dan berpotensi sukses dengan potensinya masing-masing, jika kemudian dikembangkan dan didorong lebih maksimal. Sekolah alam, home schooling, sekolah sepak bola, sekolah seni, sekolah wirausaha modern dan semacamnya saat ini berkembang dengan cepat. Bahkan sekarang di era disrupsi—ada semacam konsorsium yang membutuhkan tenaga kerja tanpa mempersyaratkan ijazah, yang penting memiliki skill dan kompetensi di bidang IT dan digitalisasi untuk secara online melayani konsumen/pelanggan. Maka ini harus disikapi dengan bijak, kritis dan radikal tentang model dan implementasi pendidikan yang lebih diarahkan pada pemberdayaan peserta didik dan pemberdayaan sosialnya. Mekanisasi‘ peserta didik dalam pembelajaran adalah sebuah proses dehumanisi yang sangat berbahaya dalam kelangsungan kehidupan anak untuk mencapai kedewasaannya. Ungkapan school is mirror society (sekolah/lembaga pendidikan adalah cermin masyarakat) seyogyanya benar-benar mewarnai pendidikan yang sedang berlangsung. Sebagai konsekuensinya, lembaga pendidikan harus ikut berperan aktif dalam memecahkan problem social. Oleh karena itu—tentu harapan kita, kepada para pemimpin— pendidikan harus terus diberdayakan, prosesnya harus terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), maka diharapkan pemerintah bersama kalangan swasta terus berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas. Hal ini ditujukan antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan sistem evaluasi. Perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Meski usaha tersebut telah dilakukan, pada kenyataannya upaya pemerintah belum cukup berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam perspektif/kerangka sekolah sebagai ujung tombak pembangunan pendidikan, merupakan sesuatu prioritas yang harus dipikirkan dalam merencanakan formula reformasi pendidikan oleh para pemimpin kita. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan merupakan lembaga strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Sekolah mau tidak mau akan menjadi pusat perhatian seluruh elemen bangsa untuk dikaji kembali. Kajian dimaksud dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasannya yang lebih efektif dan efisien. Berangkat dari konteks ini, maka buku ini dihadirkan kepada para pembaca, pegiat pendidikan, praktisi dan simpatisan pendidikan— walaupun dimodif dari penelitian karya ilmiah—mudah-mudahan bermanfaat dan menginspirasi dalam melakukan human invesmant yang tentu butuh waktu lama—satu bahkan dua generasi—yang berbeda dengan membangun infrastruktur. Wal akhir, tidak lupa penulis ingin mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu diterbitkannya buku ini. Bapak H. Duryat (almarhum) dan ibu Hj. Jaetun—yang sudah memberikan jalan dengan ikhlas dan sabar mendidik kami, kakak dan adik, juga Dra. Hj. Nadiroh Nuryaman, M. Pd. I—istri tersayang, anak-anak kami tercinta— Ahmad Fikri Aziz M., dan Naufal Bahrul Ilmi M., Civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan sahabat-sahabat di Prodi MPI yang setia membantu terselesaikannya buku ini, berdiskusi— sharing—yang tidak bisa disebut satu persatu; seluruh civitas academika STIT/STKIP al-Amin Indramayu, maupun teman-teman di SMA Islam At- Taqwa Kandanghaur dan terima kasih juga saya sampaikan kepada pihak penerbit yang telah berkenan mencetak dan menerbitkan buku ini. Hanya kepada Allah kita memohon taufik dan hidayah-Nya, semoga bermanfaat. Billahi fi sabili al-haq Indramayu, 12 Januari 2020 Penulis

Bapak H. Duryat (almarhum) dan ibu Hj. Jaetun—yang sudah memberikan jalan dengan ikhlas dan sabar mendidik kami, kakak dan adik, juga Dra.