Sebanyak 132 item atau buku ditemukan

Seni kerajinan mebel ukir Jepara

kajian estetika melalui pendekatan multidisiplin

Wood-carved furniture industries in Jepara.

Hal itu terbukti dengan kepatuhan dan baktinya kepada orang tua , serta
keikutsertaannya dalam mengasuh anak - anak keluarga pribumi untuk mengaji
dan membaca Al - Qur'an . Hal itu sekaligus menyangkal interpretasi keliru
terhadap ...

Literasi Media dan Peradaban Masyarakat

Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media. Menekankan pada aspek edukasi di kalangan masyarakat, agar mereka tahu bagaimana mengakses, memilih program yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan. Perkembangan media saat ini semakin pesat ada dampak positif maupun negatif, sangat berbahaya apabila tidak dibarengi dengan ilmu yang ada di dalam masyarakat apa lagi di media sosial siapapun bisa mengakses-nya yang dan tidak semua paham tentang media literasi tersebut. Informasi yang faktual dengan data-data yang bisa dipertangungjawabkan cenderung akan diabaikan karena tidak sesuai dengan keyakinannya. Buku ini berisi hasil riset mahasiswa dengan tema utama literasi media. Diolah dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami pembaca.

Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media.

Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum. Selain itu, adanya penguatan-penguatan informasi mengenai sains yang sesuai dengan abad 21 menjadi unsur tambahan yang sangat direkomendasikan. Terbitnya buku ini di tengah-tengah dinamika pendidikan PAUD diharapkan dapat membantu Guru atau mahasiswa calon guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran PAUD yang inovatif dan terkini. Terlebih lagi, dalam buku ini dijelaskan mengenai berbagai model pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendekatan saintifik yang sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013 untuk PAUD.

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum.

Konservasi sumber daya alam

perspektif Islam dan sains

Nature conservation from Islamic and scientific perspectives in Indonesia.

perspektif Islam dan sains Ulfah Utami. DAFTAR TABEL Tabel 1. Kejadian
Tsunami yang ... Daftar Satwa yang Dilindungi dan Dasar Hukum / Peraturan
yang Melindunginya ... ....... 225 Tabel 7. Jenis - jenis Tumbuhan yang Dilindungi
240 ...

Media, Kebudayaan, dan Demokrasi

Dinamika dan Tantangannya di Indonesia Kontemporer

Perkembangan dan dinamika pascareformasi dalam konteks politik, demokrasi, dan budaya merupakan topik yang memperoleh perhatian tersendiri, khususnya dalam bidang komunikasi, politik, dan sosiologi. Kesadaran kita sebagai individu, masyarakat, dan warga negara tidak lepas dari pengaruh media. Perkembangan teknologi dan beragamnya informasi, turut membentuk dan mewarnai berbagai relasi sosiokultural dan politik. Media kian lekat dengan kehidupan, bahkan turut terlibat dalam internalisasi nilai-nilai di masyarakat. Buku ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi peneliti, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum yang menaruh minat dalam mengkaji tentang keterkaitan antara media, kebudayaan, dan demokrasi.

Buku ini diharapkan menjadi salah satu referensi bagi peneliti, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum yang menaruh minat dalam mengkaji tentang keterkaitan antara media, kebudayaan, dan demokrasi.

Dasar-Dasar Mikrobiologi Makanan di Bidang Gizi dan Kesehatan

Buku ini disusun sebagai pegangan mahasiswa S-1 Gizi ataupun mahasiswa program studi lain yang relevan. Ilmu mikrobiologi makanan sangat dibutuhkan oleh ahli gizi agar mereka dapat menyiapkan makanan yang aman dan bebas dari cemaran mikrobiologis. Oleh karena itu, ahli gizi dituntut untuk mengetahui mikroorganisme apa saja yang dominan pada berbagai sumber bahan pangan dan potensi bahayanya jika keberadaan mikroorganisme tersebut tidak dikendalikan. Pada buku ini juga disampaikan materi terkait bagaimana cara mengidentifikasi mikroorganisme dalam makanan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan pembelajaran mikrobiologi makanan ialah untuk membantu tercapainya kompetensi utama (KU) sarjana gizi, yaitu menguasai landasan ilmiah ilmu gizi yang meliputi ilmu biomedik, ilmu pangan dan ilmu gizi (KU1), serta mampu melakukan pengelolaan kegiatan penyelenggaraan makanan massal (KU4). Dengan kompetensi ini, sarjana gizi diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah dalam penyelenggaraan makanan massal terutama kaitannya dengan aspek mikrobiologis dan keamanan pangan. Dengan adanya buku ini, mahasiswa diharapkan mampu menentukan mikroorganisme secara kualitatif dan kuantitatif, dapat mengidentifikasi mikroorganisme yang menguntungkan dan peranannya dalam pengembangan pangan, gizi, dan kesehatan, serta mampu mengidentifikasi mikroorganisme yang merugikan dan pengaruhnya terhadap keamanan pangan. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini disusun sebagai pegangan mahasiswa S-1 Gizi ataupun mahasiswa program studi lain yang relevan.

Manajemen Gizi dalam Kondisi Bencana

Buku ini disusun untuk memberikan salah satu referensi di bidang manajemen gizi dalam kondisi bencana. Buku ini memuat penjelasan mengenai peran ahli gizi, masalah gizi yang dapat terjadi, dan penyelenggaraan makanan dalam kondisi bencana. Buku ini diharapkan dapat menjadi petunjuk praktis dalam memberikan bantuan makanan dan asuhan gizi dalam situasi darurat kebencanaan sehingga bermanfaat dan berkontribusi terhadap pengembangan manajemen gizi dalam kondisi bencana

Buku ini disusun untuk memberikan salah satu referensi di bidang manajemen gizi dalam kondisi bencana.

Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta

Buku Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta ini berisi informasi kandungan zat gizi beberapa makanan khas Yogyakarta baik makanan tradisional maupun makanan yang sedang naik daun di kalangan pecinta wisata kuliner, misalnya sate jamur, sate klathak, sambal belut, wedang uwuh, kopi joss, dan sebagainya. Buku ini berisi hasil kajian yang dilakukan oleh Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran UGM mengenai berbagai macam makanan khas Yogyakarta dan kandungan zat gizinya. Buku ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan baik mahasiswa, dosen, peneliti, maupun masyarakat umum. Pembaca akan mendapatkan informasi mengenai kandungan zat gizi makanan per takaran saji maupun per 100 gram dari tiap-tiap jenis makanan khas Yogyakarta. Selain itu, buku ini juga memaparkan mengenai teknik yang tepat dalam mengukur kandungan zat gizi pada makanan. Pengukuran kandungan zat gizi pada sampel makanan dilakukan di laboratorium di lingkungan Universitas Gadjah Mada yaitu Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT), Laboratorium Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian, dan Laboratorium Gizi Kuliner, Fakultas Kedokteran. Pembahasan juga dilengkapi dengan kajian mengenai keamanan makanan, ukuran Rumah Tangga (URT) untuk makanan, serta Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang berlaku di Indonesia. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada masyarakat luas mengenai makanan tradisional yang ada di Kota Yogyakarta sehingga mereka dapat memilih makanan mana yang cocok untuk dikonsumsi berdasarkan kondisi tubuh masing-masing orang. Sebagai contoh, seorang penderita Diabetes Mellitus sebaiknya menghindari makanan yang tinggi gula sederhana seperti geplak dan lebih memilih konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat kompleks seperti growol dan garut.

Buku Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta ini berisi informasi kandungan zat gizi beberapa makanan khas Yogyakarta baik makanan tradisional maupun makanan yang sedang naik daun di kalangan pecinta wisata kuliner, misalnya sate jamur, ...