Sebanyak 238 item atau buku ditemukan

Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA), khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami, lugas, dan komunikatif, sehingga siswa akan mudah mempelajari dan mengamalkan isinya. Adapun buku ini membahas tentang konsep usul fikih, sumber hukum islam, konsep hukum syar’i dalam islam, al-qawa‘idul khamsah, dan kaidah-kaidah usul fikih. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa di bidang fikih, antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA), khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas XII.

Fikih Madrasah Aliyah Kelas X

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA), khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami, lugas, dan komunikatif, sehingga siswa akan mudah mempelajari dan mengamalkan isinya. Adapun buku ini membahas tentang Konsep Fikih dalam Islam; Pemulasaraan Jenazah; Zakat; Ibadah Haji dan Umrah; Qurban dan Aqiqah; Kepemilikan dan Akad; Konsep Perekonomian dalam Islam; Syuf’ah, Wakalah, Shulh, Dlaman, dan Kafalah; Hukum Islam tentang Pelepasan dan Perubahan Harta; dan Riba, Bank, dan Asuransi. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa di bidang fikih, antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA), khususnya untuk Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum ...

INOVASI DISRUPTIF

STRATEGI UNTUK MEMENANGKAN USAHA

Istilah disrupsi mulai populer di Indonesia sekitar 5 tahun terakhir saat munculnya moda transportasi online: Gojek. Tahun 2017 terjadi demo yang dilakukan para pengemudi ojek pangkalan di 10 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Bogor, dan Malang). Gojek adalah salah satu contoh inovasi disruptif. Inovasi yang mengganggu ojek pangkalan karena pelanggan ojek pangkalan beralih ke jasa Gojek. Dengan berbagai keunggulannya melalui inovasi, yaitu aplikasi di ponsel Android dan iOS, Gojek mampu menarik pengguna baru yang sebelumnya adalah bukan pengguna moda transportasi roda dua. Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption. Namun,inovasi disruptif ada yang bersifat inovasi disruptif low-end, prosesnya relatif lama, tidak menciptakan pasar baru, hanyalah model bisnis berbiaya rendah yang tumbuh dengan menarik pelanggan perusahaan yang sudah mapan. Produk pangan, khususnya pangan fungsional di Indonesia adalah salah satu contoh inovasi disruptif low-end. Pangan fungsional sangat penting bagi kesehatan manusia dan dapat diproduksi dengan biaya murah di Indonesia. Buku ini lebih banyak membahas inovasi disruptif low-end yang dapat dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi bahan pangan lokal. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa inovasi disruptif tidak selalu dilakukan oleh usaha yang bermodal besar dan berbasis teknologi atau usaha rintisan (start-up). Buku ini tidak hanya membahas teori, tetapi disertai hasil penelitian yang dilakukan oleh para penulis selama 5 tahun terakhir. Selama 3 tahun terakhir penelitian menggunakan pendekatan pendamping pada UKM/IKM sehingga argumentasi yang disampaikan berdasarkan fakta empiris. Selain penelitian, para peneliti juga menindaklanjuti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan workshop. Prinsip triple helix (akademisi, pemerintah, dan pebisnis), bahkan quadruple helix (triple helix ditambah komunitas) diterapkan selama proses penelitian sampai dengan pengabdian kepada masyarakat. Buku ini layak dan cocok dibaca oleh berbagai kalangan dalam triple helix dan quadruple helix. Bagi akademisi (dosen, mahasiswa, dan peneliti), hasil penelitian yang disajikan di buku ini bisa membuka peluang penelitian untuk jenis bisnis selain industri makanan atau penelitian terkait topik-topik yang disajikan di bab terakhir (agenda ke depan). Bagi pengusaha, buku ini menyajikan informasi tentang karakteristik inovasi disruptif sehingga menyediakan alternatif pilihan jenis inovasi disruptif yang sesuai dengan kondisi usaha. Selain itu, disajikan pula potensi bisnis pada industri pangan fungsional. Model peningkatan daya saing berkelanjutan pada UKM/IKM berbasis inovasi disruptif sangat cocok bagi pemerintah daerah karena UKM/IKM adalah basis ekonomi daerah maupun nasional.

Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption.

Ancangan dan Best Practice Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi

Karakter dipahami sebagai hal yang sangat mendasar bagi keberadaan suatu bangsa. Dengan pendidikan karakter, berbagai spirit dan nilai ideal suatu bangsa ditanamkan dan dikembangkan. Buku ini merupakan buku seri ke-2, sebagai kelanjutan dan pemerlengkap dari buku seri ke-1, yang hadir karena diilhami oleh pentingnya menanamkan dan menguatkan jati diri bangsa dengan nilai-nilai karakter luhur pada diri generasi muda. Isi buku ini didasarkan pada kajian teoretik dan penelitian lapangan dalam kerangka rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan sumber daya manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang penulis lakukan secara intensif selama tiga tahun terakhir ini. Buku ini dimaksudkan juga sebagai pendeskripsian dan pemaknaan atas praktik pendidikan karakter di tiga perguruan tinggi di Indonesia. Pembahasan dan penguaraiannya berfokus pada persoalan landasan pengembangan, nilai yang dikembangkan, dan program/kegiatan yang dikembangkan dalam pendidikan karakter oleh ketiga perguruan tinggi tersebut, sebagai ANCANGAN DAN BEST PRACTICES. Buku ini layak dibaca bagi pemerhati dan pengembang pendidikan karakter. Bukan hanya yang berkecimpung di pendidikan tinggi. Pengembang pendidikan karakter di tingkat sekolah menengah dapat pula mengambil hikmah, tentu dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian secara proporsional dan kontekstual. Secara keseluruhan, buku ini bermanfaat menambah wawasansecara komprehensif, faktual, dan inspiratif dalam penguatan pendidikan karakter yang sedang aktual sekarang.

Karakter dipahami sebagai hal yang sangat mendasar bagi keberadaan suatu bangsa.

Buku khutbah Jumat

menebar perdamaian, membumikan Islam rahmatan lil alamin

PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING DI SEKOLAH DASAR

Bagi seorang guru, meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu tugas yang wajib dijalani. Guru sebagai pelaksana dalam proses belajar mengajar harus mampu mengelola kelas agar proses belajar mengajar menarik perhatian siswa, sehingga hasil belajar dapat tercapai dengan baik. Keterampilan membaca merupakan kunci menuju pembelajaran kemampuan membaca. Maka sudah selayaknya menjadi perhatian guru karena penguasaan terhadap keterampilan membaca ini pada masa sekarang berada pada taraf masih rendahnya motivasi belajar, sehingga hasilnya sangat memprihatinkan. Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.

Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.

PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada dasarnya ditekankan pada keutamakan kemampuan untuk berkomunikasi, berpikir, mempertajam perasaan dan kemampuan mengapresiasikan sastra. Kemampuan untuk berkomunikasi di sini mencakup empat kemampuan pula, yaitu kemampuan menyimak, kemampuan berbicara, kemampuan membaca dan juga kemampuan menulis. Membaca merupakan salah satu soko guru pendidikan pengajaran. Membaca merupakan syarat mutlak memasuki majelis ilmu. Dengan mempunyai keistimewaan membaca mampu meliputi tembok tinggi formalitas keilmuan. Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar ini berisi 9 (sembilan) bagian pembahasan, yaitu Pendahuluan, Pembelajaran, Membaca, Ciri Pembaca yang Baik, Faktor yang Mempengaruhi Membaca, Tujuan Membaca, Jenis-jenis dan Metode Membaca di Sekolah Dasar, Membaca Pemahaman, dan Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar.

Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar ini berisi 9 (sembilan) bagian pembahasan, yaitu Pendahuluan, Pembelajaran, Membaca, Ciri Pembaca yang Baik, Faktor yang Mempengaruhi Membaca, Tujuan Membaca, Jenis-jenis ...

Setiap Pensiunan atau PHK-wan Wajib Baca Buku Ini!

Kehilangan pekerjaan, entah itu pensiun ataupun terkena dampak perampingan (PHK), merupakan ketakutan yang cukup beralasan bagi sebagian besar pekerja karena kehilangan sejumlah, atau bahkan seluruh, penghasilan yang menopang kehidupan diri dan keluarganya. Bagi yang pensiun mungkin tidak terlalu bermasalah karena masanya sudah jelas dan ditentukan sedari awal bekerja. Setidaknya, ada persiapan-persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut masa pensiun. Namun, berbeda halnya dengan perampingan atau PHK yang bisa terjadi kapan pun tanpa diduga. Ketika ini terjadi, rasanya 'dunia mau kiamat.' Keterpurukan pasca-PHK akan semakin menjadi bila tidak ada langkah tepat yang diambil. Di balik itu semua, bagi beberapa orang justru masa-masa pensiun atau PHK menjadi 'anugerah' tersendiri. Sebagian mereka justru menuai sukses dan keberlimpahan ketika mereka mampu bangkit melewati masa-masa pahit. Buku ini membagikan sejumlah kisah 'orang-orang hebat' yang mampu bangkit dari keterpurukan pasca pensiun atau PHK. Tidak berhenti di situ, buku ini mengulas sikap dan langkah tepat yang diperlukan ketika masa itu tiba. Selain itu, sikap ketika dihadapkan pada pilihan: akan melamar kerja atau membangun bisnis juga secara terstruktur tersaji di buku ini. Ketika putusan pensiun atau PHK telah dijatuhkan, perjalanan hidup masih panjang dan harus dijalani. Siapkah kita menghadapi masa-masa itu? Mari kita persiapkan sedari sekarang! Yakinkan pada diri bahwa kita mampu melewati masa-masa pahit karena `PHK atau pensiun bukanlah kiamat. -Tangga Pustaka-

Kehilangan pekerjaan, entah itu pensiun ataupun terkena dampak perampingan (PHK), merupakan ketakutan yang cukup beralasan bagi sebagian besar pekerja karena kehilangan sejumlah, atau bahkan seluruh, penghasilan yang menopang kehidupan diri ...