Sebanyak 287 item atau buku ditemukan

PERILAKU ORGANISASI

Perilaku organisasi adalah merupakan bidang studi yang diantaranya mempelajari tentang bagaimana seseorang ataupun individu bisa bergerak dan berperilaku sesuai dengan organisasi, termasuk di dalamnya mempelajari bagaimana mereka bisa berinteraksi satu sama lainnya dan bagaimana mereka bisa bekerja dalam suatu struktur organisasi untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan juga interaksi dengan lingkungan yang berada di luar organisasi. Dan juga terkait dengan Kepemimpinan di dalam berorganisasi dan menjalankan roda organisasi agar tetap berjalan sesuai dengan visi, misi dan tujuanya. Perilaku organisasi merupakan ilmu yang interdisipliner, yang dapat menarik sumber-sumber dari ilmu-ilmu yang lain. Perilaku organisasi juga memberikan petunjuk-petunjuk dan pengarahan yang preskriptif untuk usaha mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Jika secara sosiologi berusaha menjelaskan pengertian tindakan-tindakan individu dan kelompok, perilaku organisasi adalah suatu bidang terapan dari suatu ilmu. Ilmu ini berusaha mencari penggunaan ilmu tingkah laku sosial dalam rangka mencapai hasilhasil yang diinginkan. Dengan demikian diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca baik siswa, mahasiswa ataupun yang lainya dan juga para pengajar sebagai bahan bacaan dan literatur ilmu untuk dapat memberikan pemahaman dan menjelaskan kejadian-kejadian yang terjadi dalam organisasi, dengan demikian dapat mengembangkan cara berpikir tentang kejadian-kejadian di dalam lingkungan organisasi.

Perilaku organisasi adalah merupakan bidang studi yang diantaranya mempelajari tentang bagaimana seseorang ataupun individu bisa bergerak dan berperilaku sesuai dengan organisasi, termasuk di dalamnya mempelajari bagaimana mereka bisa ...

Bunga Rampai Pendidikan

Kumpulan Tulisan tentang Strategi dan Evaluasi Pendidikan

Sekarang ini kita memasuki era global dengan teknologi industri yang terus berkembang pesat. Dalam menjawab tantangan zaman, Pendidikan membutuhkan pembaharuan terus-menerus secara konsisten dengan tidak meninggalkan substansi keilmuan. Dalam mencapai tujuan, pendidikan membutuhkan berbagai komponen yang saling berhubungan. Pendidikan membutuhkan strategi yang relevan berbasis teknologi dalam menjalankan proses pembelajaran. Demi menguatkan penjaminan mutu, evaluasi menjadi sarana mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik dalam menguasai materi yang telah disampaikan. Dengan perpaduan dua komponen tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman utuh tentang proses pembelajaran. Buku ini ditulis merupakan sumbangsih gagasan praktisi pendidikan yang semoga bisa memberikan warna baru bagi para pembaca terutama tentang strategi dan evaluasi pendidikan. Keberhasilan buku ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. “Pendidikan sejatinya sangatlah indah dengan bermacam-macam ilmu pengetahuan baik yang berupa gagasan sampai dengan ranah praktis pada realitas kehidupan. Strategi dan evaluasi pendidikan merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Buku ini mampu menghadirkan gagasan segar dalam ranah strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dipahami oleh praktisi pendidikan.” Mufit Miftachudin, S.Pd.I. (DPRD Kabupaten Batang) “Pendidikan sejatinya adalah upaya terstruktur untuk mendorong transformasi peserta didik dari kondisi tidak tahu menjadi tahu, dari suatu kesadaran menuju kesadaran yang lebih tinggi. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi yang kreatif, dinamis, dan terukur dalam proses belajar mengajar. Buku ini menyuguhkan contoh strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dibaca bagi segenap stakeholder pendidikan, utamanya guru yang terlibat langsung dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas.” Irfandi, M.H. (Dosen IAIN Pekalongan)

Sekarang ini kita memasuki era global dengan teknologi industri yang terus berkembang pesat.

Social Justice and Islamic Economics

Theory, Issues and Practice

Under the rule of the current economic order, social injustice is ever-increasing. Issues such as poverty, inhumane working conditions, inadequate wages, social insecurity and an unhealthy labor market continue to persist. Many states are also unable to produce policies capable of resolving these problems. The characteristics of the capitalist system currently render it unable to provide social justice. In fact, on the contrary, the system reinforces these injustices and prevents economic and social welfare from reaching the masses. Many Muslim scholars have analyzed and, indeed, criticized this system for years. This book argues that an alternative and more equitable theoretical and practical economical order can been developed within the framework of Islamic principles. On the other hand, the experiences of societies under the rule of Muslim governments do not always seem to hold great promise for an alternative understanding of social justice. In addition, the behaviors of Muslim individuals within their economic lives are mostly shaped by the necessities of daily economic conditions rather than by the tenets of Islam that stand with social justice. Until 1990s, studies of Islamic economics made connections between finance and the notion of social justice, but work conducted more recently has neglected this issue. It is therefore evident that the topic of social justice needs to be revisited in a more in-depth manner. Filling an important gap in existing literature, the book uniquely connects social justice and Islamic finance and economics on this topic. Theory, practice and key issues are presented simultaneously throughout this book, which is based on the writings of a number of eminent scholars.

This book argues that an alternative and more equitable theoretical and practical economical order can been developed within the framework of Islamic principles.

Evaluasi Kurikulum Pascasarjana PTKIN di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Implementasinya)

Pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang riil dalam kehidupan di masyarakat, kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan Pendidikan, sudah barang tentu perlu dilakukan pembenahan pembenahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, apalagi kurikulum Pendidikan Tinggi sebagai ujung tombak pengembangan Pendidikan Nasional. Di era revolusi industri sekarang ini, semua lini haris massif dengan teknologi. Kemajuan teknologi yang terus pesat ini merupakan salah satu tuntutan agar dunia Pendidikan juga mengikuti perkembangannya. Pendidikan akan melemah bahkan tidak berdaya jika tanpa diiringi oleh kemajuan teknologi. Dari situlah kurikulum Pascasarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam baik negeri maupun swasta (PTKIN/PTKIS ) harus dilakukan evaluasi secara berkala, agar mampu menyesuaikan dengan kondisi zaman dengan tuntutan teknologi.

studi d) Mewujudkan pengelolaan program pendidikan agama Islam yang baik 3) Tujuan a) Menghasilkan magister pendidikan ... inklusif integratif. c) Pengembang/desainer pembelajaran PAI berwawasan inklusif integratif. d) Konsultan PAI d.

PANDUAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER

LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER DAN APLIKASI TERDISTRIBUSI

Jaringan komputer sangat dibutuhkan oleh semua jenis entitas seperti perusahaan, instansi pemerintah, institusi pendidikan, rumah sakit, industri, ecommerce, dan semacamnya. Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, piranti routing dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan baik secara lokal maupun global. Informasi dan data ditransmisikan melalui kabel-kabel atau nirkabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar data, dokumen, dan juga berbagi sumber daya jaringan seperti printer ataupun hardware dan software yang terhubung dengan jaringan. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Praktikum Jaringan Komputer merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi program studi tingkat sarjana pada bidang teknologi informasi, ilmu komputer, dan prodi lain yang setara. Praktikum Jaringan Komputer ini bertujuan untuk membekali para praktikan tentang keahlian dalam hal merancang jaringan komputer baik itu jaringan LAN maupun WAN. Termasuk di dalamnya kemampuan untuk menganalisis ketika jaringan terjadi kerusakan dan menentukan tindakan perbaikan (troubleshooting) dan verifikasinya. Materi praktikum meliputi perancangan jaringan komputer lokal (local area network) termasuk subnetting dan VLSM (variable length subnet masking), pembuatan kabel jaringan (straight-cable and cross cable), analisis protokol pada layer aplikasi seperti DNS, DHCP, ARP, dan HTTP, konfigurasi network address translation (NAT), perancangan protokol routing baik static-routing maupun dynamic-routing, komunikasi klien-server, konfigurasi server DNS, dan virtualisasi menggunakan perangkat lunak virtualmachine.

Jaringan komputer sangat dibutuhkan oleh semua jenis entitas seperti perusahaan, instansi pemerintah, institusi pendidikan, rumah sakit, industri, ecommerce, dan semacamnya.

Sejarah perjuangan Sunan Ampel

taktik dan strategi dakwah Islam di Jawa abad 14-15

History of Sunan Ampel's role in da'wah activities on Java during the 14th and 15th centuries.

History of Sunan Ampel's role in da'wah activities on Java during the 14th and 15th centuries.

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Dengan mempelajari SKI kita dapat mengambil hikmah dari kejadian-kejadian di masa lalu sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dan tokoh-tokoh muslim lainnya. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang masyarakat Makkah sebelum kedatangan Islam, dakwah Rasulullah Saw. di Makkah dan Madinah, Fathu Makkah, Khulafaur Rasyidin, serta Dinasti Umayyah di Damaskus dan Andalusia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 ...

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Tim Penyusun Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-6924-749 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Sejarah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, dengannya umat manusia dapat mengetahui apa yang terjadi dimasa lampau dan dapat mengambilnya sebagai ibrah untuk kehidupan yang akan datang. Sejarah Sosial Pendidikan Islam merupakan pengetahuan yang membahas mengenai bagaimana pendidikan Islam pada masa lampau ditinjau dari segi sosial hingga perkembangannya sampai di era sekarang. Buku ini berisi mengenai perkembangan pendidikan Islam ditinjau dari sisi sosial pendidikan sejak masa Rasulullah yang berdakwah di Makkah, pendidikan pada masa khulafaurrasyidin serta pada dua dinasti besar yakni Umayyah dan Abbasiyah, perkembangan Madrasah, Pondok Pesantren hingga perkembangan pendidikan Islam di era modern seperti sekarang, dengan berbagai gejala sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Meskipun singkat dan padat, namun dalam buku ini telah memuat seluruh materi yang berkaitan dengan sejarah sosial pendidikan Islam, dan dapat dijadikan rujukan bagi para akademisi guna perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya bagi dunia pendidikan Islam. Waallahu a'lam bishawab www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Tim Penyusun Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-6924-749 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Sejarah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, dengannya umat manusia dapat ...