Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan. Praktik pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok atau lembaga dalam membantu individu atau kelompok untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan studi pendidikan adalah kegiatan seseorang atau kelompok dalam rangka memahami pendidikan. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan hukum. filosofis, sosiologis, kultural, dan psikologis yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Selanjutnya landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan untuk menjemput masa depan. Landasan spiritual keagamaan. Landasan ini merupakan landasan utama yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran bagi anak didik. Landasan spiritual keagamaan ini menyangkut dengan hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Pendidikan dapat dipahami dari dua sudut pandang, yang pertama studi pendidikan dan yang kedua praktik pendidikan.

Pendidikan Dasar di Daerah Perbatasan

Potret dan Upaya Peningkatan Kualitasnya

Di berbagai berita, masih sering kita temui potret siswa-siswi sekolah yang harus berjalan beberapa kilometer, melewati jembatan berbahaya, atau perlu melepas baju untuk berjalan melewati sungai beraliran deras menuju ke sekolah. Semua ini menunjukkan bahwa akses terhadap pelayanan pendidikan dasar di Indonesia belum begitu merata. Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah studi yang dilakukan penulis terhadap pelayanan pendidikan dasar di perbatasan. Penulis melakukan observasi komprehensif terhadap pelayanan pendidikan di perbatasan, menganalisis daftar hambatan dan aspek pendukungnya, lalu merumuskan model inovatif dari pelayanan pendidikan yang seharusnya dijalankan semua elemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di perbatasan. Buku ini patut dipelajari siapa pun yang terpanggil untuk menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya mereka yang concern pada diskursus pelayanan publik dan pendidikan. Buku ini diharapkan memberikan sumbangsih pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bimbingan Konseling (BK) belum ada guru pendamping. ... penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gejala penempatan guru mata pelajaran untuk mengajar sesuai dengan keahliannya belum memenuhi kriteria SPM pendidikan dasar. d.

Bangkit Dari Dasar Jurang Kehidupan

"Ujian bisa datang secara tiba-tiba. Perjalanan hidup ini tidak selamanya mulus, ujian yang datang silih berganti bisa membuat kita jatuh terpuruk. Buku ini berisi pengalaman saya saat mencapai prestasi yang dimimpikan setelah sepuluh tahun bekerja. Tiba-tiba saya mendapat ujian serangan epilepsi yang membuat saya terpuruk. Ditemani istri yang setia memotivasi, saya bisa bangkit kembali dan kini sebagai owner perusahaan konsultasi, pelatihan di bidang Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Trainer NLP bersertifikasi internasional. Prestasi saya semasa SD biasa saja dan langganan nilai 5 untuk pelajaran matematika. Namun, saya memiliki keinginan, motivasi tinggi hingga bisa kuliah di Akademi Kimia Analisis, menjadi mahasiswa terbaik. Lalu diterima bekerja di salah satu perusahaan minuman ternama sebagai karyawan kontrak di posisi teknisi laboratorium. Prestasi selama bekerja bisa membuat posisi di perusahaan itu naik sedikit demi sedikit. Di usia belum genap 30 tahun, saya meraih impian sebagai manajer Quality Assurance (QA), manajer termuda di perusahaan tersebut. Saat merasakan kebahagian meraih impian dan merancang impian selanjutnya tiba-tiba mendapat ujian itu datang. Kondisi fisik yang semakin memburuk menyebabkan saya kehilangan motivasi. Pekerjaan kantor yang sebelumnya berjalan lancar kini mulai keteteran, saya sering tidak masuk kerja dan cuti sakit selama tiga bulan. Dengan sisa-sisa kekuatan mencari solusi untuk bangkit dari keterpurukan, mulai dari konsultasi ke dokter, pemberian obat secara rutin, konseling hingga mengikuti seminar motivasi, terapi motivasi mandiri sehingga bisa kembali membangkitkan kekuatan motivasi yang telah lama terkubur. Dari pengalaman menangani epilepsi dan mengikuti seminar internasional tentang pemberdayaan pikiran, kini saya menjadi instruktur terapis, trainer bersertifikasi internasional di bidang pemberdayaan pikiran bawah sadar, Neuro Linguistic Programming (NLP). Menjadi motivator yang memberikan motivasi, pelatihan dari satu tempat ke tempat lain."

Di bawah bendera HRNLP, saya telah menyelenggarakan terapi motivasi massal, bimbingan konseling, pelatihan sertifikasi international NLP, aplikasi NLP untuk pengajaran dan sertifikasi hipnoterapis. Alhamdulillah, belum genap setahun ...

Dasar-Dasar Manajamen Pendidikan

Manajemen Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengatur berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan dan laboratorium untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan. Pendidikan yang memiliki visi dan misi yang jelas akan menciptakan lulusan yang berkualitas. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya penerapan manajemen pendidikan. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Manajemen Pendidikan: Konsep dan Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 2 Pendekatan dan Tantangan dalam Manajemen Pendidikan Bab 3 Pengawasan/Supervisi Dalam Lembaga Pendidikan Bab 4 Manajemen Berbasis Sekolah Bab 5 Manajemen Kurikulum Bab 6 Manajemen Peserta Didik Bab 7 Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 8 Manajemen Sumber Daya (Biaya dan Sarana Prasarana) Bab 9 Sistem Informasi dalam Manajemen Pendidikan: Konsep dan Pelaksanaan dalam Lembaga Pendidikan

... guru BP yang memiliki keahlian dalam hal bimbingan konseling, pegawai tata usaha yang memiliki keterampilan dalam sistem manajemen informasi dan administrasi, perpustakaan membutuhkan pustakawan yang dapat mengelola perpustakaan ...

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Tahukah Kamu? Tingkat penyerapan dalam belajar 20% dari yang kita baca, 30% dari yang kita dengar, 40% dari yang kita lihat, 50% dari yang kita katakan, 60% dari yang kita kerjakan, 90% dari yang kita lihat, kita dengar, kita katakan dan sekaligus kita kerjakan Ungkapan Seorang Filosopher, Khong Fu Tse “Yang saya dengar, maka saya lupa, yang saya lihat, maka saya ingat, yang saya lakukan, maka saya mengerti/memahami” Dalam Creating The Future, tujuan terpenting pendidikan adalah “belajar bagaimana belajar” (Luis Alberto Machado, Ph.D). Problematika pembelajaran pada umumnya bersifat komplek, sedangkan kompleksitas belajar dan pembelajaran itu dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya: pengaruh budaya , pengaruh sejarah, hambatan praktis, karakteristik guru sebagai pembelajar, karakteristik siswa, dan proses belajar. Secara umum, buku Problematika Pembelajaran di SD ini diterbitkan dengan membahas pengaruh budaya, pengaruh sejarah, dan hambatan praktis dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Bimbingan Konseling : Edisi Ketujuh, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011) Rochaety, Eti dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sardjan Kadir dan Umar Ma'sum. 1982. Pendidikan di Negara Sedang ...

Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Persiapan materi yang bersifat teoritis penting artinya dalam mempersiapkan calon guru, namun latihan praktis tidak kalah pentingnya dari semua teori itu. Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] di sekolah-sekolah merupakan media terbaik untuk melatih calon guru dalam mengajar dan melatih kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan-keterampilan mengajar tersebut sebelum terjun ke lapangan pendidikan yang sesungguhnya dimana mereka sudah jauh dari bimbingan, arahan dan pantauan pembimbing. Berlatih mengajar di kelas dengan peserta didik 40 orang dan alokasi waktu 40 menit dalam satu pertemuan merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi seorang calon guru yang sedang berlatih [praktikan], perhatiannya sering tertuju pada peserta didik yang sedang belajar sehingga terabaikan tujuan utamanya bahwa dia sedang belajar mengajar. Bahkan jika praktikan mengalami kekeliruan mengajar akan berakibat langsung pada sekian banyak peserta didik. Untuk melengkapi kekurangan tersebut, dikembangkan pengajaran mikro [micro teaching] guna menunjang Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM], artinya sebelum calon guru dikirim ke sekolah- sekolah untuk mengikuti Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] mereka terlebih dahulu dilatih melaksanakan pengajaran mikro [micro teaching]. Dalam pengajaran mikro, calon Keterampilan Dasar Mengajar Guru Penulis: Rabukit Damanik, M.Pd. Rakhmat Wahyudin Sagala, M.Hum. Tri Indah Rezeki, M.Hum. iv guru [praktikan] dilatih untuk menguasai sejumlah keterampilan, melakukan berbagai bentuk langkah dan kegiatan, yang dilanjutkan dengan diskusi tentang masalah-masalah yang dihadapi, dengan menggunakan rekaman video, dihadiri dosen pembimbing, dan saling bertukar peran antara praktikan. Bagaimana konsep pengajaran mikro, apa latar belakang historis dan teoritis yang mendasarinya, keterampilan mengajar apa saja yang dilatihkan dalam pengajaran mikro, apa saja macammacamnya dan apa manfaatnya

... kegiatan pembelajaran berulang-ulang, dan guru sudah kewalahan menanganinya, maka guru tersebut dengan penuh kebijaksanaan dapat meminta tolong atau bekerjasama dengan pimpinan sekolah, guru bimbingan [konselor], dan atau orang tua.

Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3

Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 3 ini merupakan buku yang sangat diperlukan oleh guru yang bertugas mengajar di depan kelas. Bagi guru di semua jenjang, tingkat, dan jenis pendidikan tidak akan terlepas dari tugas membuat alat evaluasi yang merupakan tahap akhir dari proses pembelajaran. Bagi guru mata pelajaran, baik yang di-UAN-kan maupun tidak sangat membutuhkan kemampuan untuk dapat membuat soal yang tepat dan berkualitas. Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 3 ini merupakan sesuatu yang dapat dipelajari dengan cara yang sangat mudah, karena selain bahasa dan uraiannya yang jelas, juga praktis untuk menjadi contoh pembuatan soal-soal setiap ujian yang menjadi tonggak akhir sekolah.

Buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 3 ini merupakan buku yang sangat diperlukan oleh guru yang bertugas mengajar di depan kelas.

Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan dalam Kebersamaan

Buku ajar pendidikan inklusif sekolah dasar ini membahas tentang: pengertian pendidikan inklusif dan landasannya, anak berkebutuhan khusus dan karakteristiknya, pola penyelenggaraan pendidikan inklusif yang berisi tentang kurikulum inklusif serta pola pembelajaran dan penilaiannya. Buku ajar ini sebagai bahan perkuliahan juga dilengkapi Komptensi Dasar dan soal tes Uji Kompetensi mahasiswa. Hal ini diharapkan agar mahasiswa benar-benar menguasai materi perkuliahan dan terampil mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.

3) Pengelolaan kelas dan sekolah, 4) Keyakinan dan motivasi yang tinggi dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang berkulitas sehingga mampu mencapai hasil yang efektif. Keempat kunci menurut McLeskey tersebut telah dikembangkan dengan ...